Itinerary Yogyakarta Part 1

Bismillah, 

"Asik, kita jadi ke Yogyakarta bu?" Tanya neng Marwah dengan antusias. 
"Iya, kita berangkat jumat sore, dan pulang minggu malam!" Jawab saya. 
"Terus nanti di Yogyakarta, kita kemana aja bu?" Tanya neng Marwah lagi. 

Dia memang antusias sekali ke Yogyakarta, apalagi ketika saya jelaskan disana ada banyak sekali peninggalan sejarah, termasuk candi - candi dan museum bersejarah lainnya. Makanya pas saya bilang kita sudah beli tiket Kereta Api untuk ke Yogyakarta dia langsung ceria dan banyak tanya. Nanyain nanti selama di Yogyakarta mau kemana saja dan nanti mau makan apa disana. Makanya saya buat itinerary nya sama neng Marwah biar dia juga tau mau kemana aja nanti selama kita di Yogyakarta.


Jadi, kami bertiga berangkat dari Bandung (saya, neng Marwah dan Gina) Jumat sore, sementara ada kak Novi dan Kayyisa anaknya yang sudah berangkat jumat pagi nya.

Baca : Bandung - Yogyakarta Menggunakan Kereta Api Malabar

Jumat, 16 Agustus 2019 
Kami berangkat dari stasiun kiaracondong, sampe ke stasiun Tugu Yogyakarta itu pukul 00.34 . Setelah turun dari kereta api kami bergegas ke Alfamart, beli pop mie. Haha, iya kami lapar lagi meskipun sudah makan di kereta tapi rasanya lapar kembali menyerang. Jadilah kami beli pop mie , air mineral dan minuman yang seger - seger. Selesai.

Kami berjalan, karena kami tidak bisa order taksi online di area stasiun, jadi kami berjalan beberapa kilometer buat order taksi online. Setelah beberapa kali cancel akhirnya ada juga taksi online yang mau mengantarkan kami ke hotel. Kata mas driver taksi online nya memang sebenarnya area tadi saya nunggu masih zona merah, tapi karena malam - malam ya dia nekad aja bawa hehe, alhamdulillah kebayang kalau ga ada yang angkut.


Dari stasiun Tugu ke Hotel Amaris jalan Dipenogoro Yogyakarta itu sekitar 10 menitan, ongkos taksi online nya tuh 12ribuan. Sesampainya di Hotel Amaris, proses Check in cepet, kami langsung mendapatkan kunci kamar yang kebetulan masih dilantai dasar, se lantai sama lobby jadi ga usah capek - capek ke atas. Seneng deh.

Sampe kamar, kami langsung eksekusi pop mie. Kebetulan diluar persis samping kamar ada dispenser jadi kami bisa menggunakan air panas untuk membuat popmie. Selesai makan, alhamdulillah kenyang. Neng Marwah dan Gina solat isya dulu sementara saya sedang libur solat. Selesai solat, cuci - cuci langsung deh tidur.

Baca : Hotel Amaris Dipenogoro, Yogyakarta


Sabtu, 17 Agustus 2019 
Sebenernya kami sudah sampai tanggal 17 agustus tengah malam, haha. Jadi jumat kami habiskan di kereta Malabar.

Sabtu pagi, pukul setengah lima kami sudah bangun, bersiap giliran mandi kemudian solat. Sekitar pukul 06.00 pagi selesai dan langsung menuju ke area sarapan. Mungkin karena masih pagi jadi area sarapan masih belum terlalu penuh dan makanan pun masih banyak. Jadi kami leluasa mau ambil makanan apa saja.



Setelah selesai sarapan, kami pun bersiap berangkat ke Malioboro, ya sesuai itinerary hari ini pagi - pagi sekali kami harus sudah berangkat ke Candi Borobudur. Kak Novi dan Kayyisa sudah stand by juga di hotel, jadi kami akan berangkat ke Candi Borobudur dari Hotel. Kami pun order taksi online , nominalnya tuh 180rb. Lumayan lah kami bisa bagi 3 ongkosnya. Perjalanan ke Candi Borobudur tidak terlalu lama sih, kurang lebih satu jam kami sudah sampai di Candi Borobudur.




Sesampainya di Candi Borobudur masih pagi, jadi berjalan pun masih semangat soalnya mentari belum tinggi. Suasana lumayan penuh sih,mungkin karena hari libur juga bertepatan dengan 17 Agustus 2019 jadi orang - orang juga mau nya main kesini kali yah. Di area Candi kami puas - puasin deh foto - foto dan melihat - lihat stupa dan relief yang ada disana. Detailnya nanti saya akan tuliskan di postingan terpisah ya gaes.


Selesai berkeliling area candi dan puas ber selfie ria kami pun turun, selesai soalnya masih ada tujuan lainnya. Namun dalam perjalanan pulang kami terpukau sama mbak - mbak yang menawarkan untuk memasuki area Museum Kapal Samudra Raksa. Neng Marwah juga penasaran ingin masuk, jadilan diluar itinerary kami memasuki museum Kapal Samudra Raksa ini. Setelah puas berkeliling area museum dan wahana nya kami pun pulang.


Pulang dari kawasan Candi Borobudur itu akan melewati semacam pasar gitu, banyak sekali yang berjualan dan saya rasa perjalanan pulang ini lebih jauh dibandingkan masuk tadi.


Dari Candi Borobudur, karena kelaparan akhirnya kami langsung menuju ke tempat makan, Warung SS Spesial Sambel. Kami berlima makan berbagai macam loh dari ayam, ikan dan cumi sampai babat pun dihidangkan, berapa semua itu? 160rb saja bo, murah kan? Selain murah juga enak banget. Enak banget apa karena lapar? Entahlah.


Selesai dari SS kami langsung ke daerah Malioboro, untuk solat dzuhur disana. Dari Warung SS, daerah Mantrijeron kami langsung meluncur ke Malioboro, masih menggunakan taksi online. Karena di Yogyakarta tuh ga ada angkot gaes, adanya Trans Jogja tapi ribet nyari halte nya jadi yang paling mudah yang menggunakan taksi online.


Finally, kami sampai di daerah Malioboro. Panas sekali, karena kami sampai sekitar jam 14.00 . Kami langsung ke mesjid terdekat untuk solat dzuhur. Setelah selesai sholat, kami pun menyusuri jalan Malioboro dan mampir bentar ke Malioboro Mall.


Dari situ kami merencanakan untuk mengunjungi Taman Sari (Water Castle) yang jaraknya lumayan dari Malioboro, jadilah kami pesan taksi online lagi. Padahal harusnya kami main ke Benteng Vredeburg dulu yang terdekat, karena ga tau kami malah memilih ke Taman Sari dulu, kemudian dari Taman sari kami pun kembali ke daerah Malioboro, ke Benteng Vredeburg. Selesai dari Benteng Vredeburg kami langsung nyari makan dulu, makan pempek Ny,Kamto. Padahal di Bandung juga ada loh, haha. Selesai dari Pempek Ny, Kamto tuh kami menyusuri daerah malioboro bentar dan kemudian kami langsung melaju ke daerah alun - alun selatan, soalnya neng Marwah pengen banget naik mobil nyala.


Setelah capek berkeliling mengendarai mobil menyala, kami pun kelaparan lagi. Awalnya kami ingin menikmati makan malam di House Of Raminten, namun ada rekomendasi lain namanya SILOL Cafe & Eatery gitu. Jadi kami pun langsung jalan ke Silol. Lumayan penuh Silol ini, dan saya menyesal kenapa ga ke House of Raminten aja yang Djogja banget, kalau Silol ini sih di Bandung juga banyak cafe eatery gini mah, but ya sudah lah kami pun menikmati makan malam yang B aja hihih, tapi alhamdulillah.


Selesai makan kami langsung ke hotel, udah sekitar pukul 22.00. Sampai hotel capek, dan langsung cuci - cuci. Neng Marwah langsung tidur setelah sholat. Saya dan Gina kelaparan lagi, lapar mata tepatnya, kami gofood gudeg mercon bu Tinah yang katanya enak banget. Kami order sekitar jam 11 malam sampai ke hotel orderannya hampir setengah 1 malam, katanya antri banget di Gudeg Mercon Bu Tinah nya. Setelah lama nunggu, hilang deh kesalnya karena rasa Gudegnya enak banget, ah sayang kami hanya beli satu bungkus untuk dimakan berdua.

Alhamdulillah kenyang yaa Rabb, kami pun tidur. Selesai sudah perjalanan di Yogyakarta hari ini, sabtu 17 agustus 2019. Besok kami harus bangun pagi lagi dan bersiap belanja oleh - oleh.

Baca : Jangan Sampai Lewatkan Hal ini Jika Liburan Ke Yogyakarta

Baca : Itinerary Yogyakarta part 2 



With love,








Posting Komentar

20 Komentar

  1. Penasaran banget sama jogja, baca itenery di jogja makin mupeng pengen kesanaaaa Huhu..sebenernya itu aku ikutan foto di jogja da sama kalian,ada di paling belakang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy kita planning darl ke Yogyakarta berjamaah. Ah iya kamu yang lulumpatan wae yah mun bade difoto teh wkwkwkw.

      Hapus
  2. Samaa nih aku juga selalu antusias kalo Mama ngajak ke Jogja, paling seneng kalo udah main ke Candi Borobudur, Prambanan, sama ke Malioboro hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku belum pernah ke Prambanan, huhuhu insya allah next travelling ke Prambanan ah.

      Hapus
  3. aku waktu ke yogya nginepnya di hotel Neo teh, sebrang2an sama stasiun Tugu makanya ga pake ojek2an hahahaa tp emang nyari taksi onlen di yogya agak susah ya? dibanding di Bandung

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah akhirnya sampai Jogja juga Neng sama Ibu. Aku udah lama nggak ke Borobudur nih kangen juga. Tapi sekarang Jogja makin banyak tempat penginapan gemes nih jadi ada rencana buat staycation-staycation tempat lucu gitu :D

    BalasHapus
  5. Wah seru bgt jalan jalan ke yogya ya jd mau kesana lagi soalnya trakhir pas mau kesana tuh kurang lama dan ga puas hahaga

    BalasHapus
  6. Duh jogja cantik banget. Aku sering ke jogja tapi ngga pernah sampai malem ih. Ternyata menraik juga ya suasana malam harinya. Kapan2 coba ah

    etherealpotato

    BalasHapus
  7. Jogjaaa..
    Selalu merindu dengan kesederhanaan kota ini.

    Btw,
    Aku kok gak ditawarin ke Museum Kapal yaa...pas ke Borobudur, hehhe...kan jadi pengiin...
    Isinya ada miniatur kapal-kapal gitukah, teh?

    BalasHapus
  8. Jogja emg bnyk bgt tmpat wisata nya ya, dulu ak pas ke borobudur pas sore sore mau tutup 🤣🤣 taman sari jg wajib dikunjungi ya, bgus buat poto2

    BalasHapus
  9. Wuih seru banget bisa jalan-jalan ke Jogjakarta bareng Marwah juga. Eh itu, makan ber-5 cuma 160 ribu? Murah pisaaaaan. Kepengen deh bisa main ke Candi Borobudur bareng anak-anak juga. 😍

    BalasHapus
  10. Asiknya liburan bareng gini yah.. jadi mupeng bgt sama wisata Jogja dong, bikin wish list ah dan nabung dulu buat liburan

    BalasHapus
  11. Kangen banget sama Yogyakarta, kebetulan bulan September ini aku kesana karena ada acara. Rencana juga mau lihat sunrise di Candi Borobudur karena cuakepnya dan mudah-mudahan cuaca disana mendukung.

    BalasHapus
  12. udah lama banget gak ke Yogyakarta, pengen naik mobil nyala jugaaa wkwkwk XD Sama mau jajan juga di House of Raminten XD

    BalasHapus
  13. Rindu Yogya teramat sangat meski sudah berkali-kali ke sana, aku selalu punya alasan buat balik lagi. Yang paling aku rindu adalah 'teh' nya.

    BalasHapus
  14. Suka bgt deh foto di Candi Borobudur pas setelah hujan, warna 2 batunya semakin cantik di foto, semakin jelas bentuk2nya semuanya.

    BalasHapus
  15. baca postingan ini aku jadi kangen jogja:( kayaknya udah dua tahun akugak ke sana. pengen ke borobudur lagiiii

    BalasHapus
  16. Jalan-jalan ke Jogyakarta akhir tahun kemarin malah belum selesai ditulis ya

    BalasHapus
  17. Jadi kangen main ke Yogya lagi... seru-seru tempatnya dan harganya serba muraaaahhh

    BalasHapus
  18. Asik banget jalan ke jogja! Aku udah lumayan lama juga gak kesana. Terakhir kesana main ke prambanan, liat kenny G lagi prepare mau event jazz. Jadi pingin kesana lagi :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.