30 Hari Bercerita, Pekan 4

30 Hari Bercerita, Pekan 4

Bismillahirrahmanirrahiim,

30 Hari Bercerita sudah masuk pekan 4, yang mana sudah berakhir bercerita di bulan Januari. Alhamdulillah saya bisa konsisten menyelesaikan 30 hari bercerita ini, meski mood naik dan kadang turun bahkan hilang, namun masih bisa dikendalikan. 




Ah, bahagia sekali bisa menuangkan apa yang dirasakan dan apa yang ada dalam pikiran ke dalam cerita tulisan, bahagia banget saya bisa konsisten terus bercerita dalam caption instagram.

Inilah, cerita saya di pekan terakhir bulan Januar 2023 


 23/365

TERTIPU 

Kamu, tertipu. 

Iya kamu sudah tertipu. Kamu sudah mengira bahwa kamu sedang berjalan menuju masa depan, namun nyatanya tidak ada itu masa depan. Sesungguhnya kita sedang berjalan menuju kematian. 


Coba deh lihat, dunia ini semakin jauh dan akhirat itu makin dekat. Lantas apa yang dimaksud masa depan? 





Angan - angan tidak akan putus sampai kematian yang akan memutuskannya, jangan sampai kita wafat dalam keadaan penuh rasa sesal. 


Melihat ke belakang, telaah hari yang sudah dilewati. Apa yang akan dihadapi itu hanyalah angan belaka, kelak akan dihisab apa yang sudah kita lakukan bukan apa yang kita mimpikan. 


Itukah yang disebut masa depan? 



24/365

BAHAGIA 


Semua orang inginkan bahagia, sekarang dan selamanya, betul? Saya juga ingin bahagia, bersama orang - orang yang saya sayangi. Untuk bahagia itu banyak sekali caranya, setiap manusia punya definisi bahagia yang beda.


Apa itu bahagia? 

Apakah dengan membeli semangkuk seblak membuatmu bahagia? tapi beberapa jam kemudian bikin sakit perut. 

Apakah bahagia dengan membeli smartphone model terbaru? Namun, beberapa bulan kemudian ada model baru lagi dan akan membuat lebih bahagia. 


Sampai kapan kita kejar kebahagiaan jika definisinya pada barang atau objek tertentu? Apakah benar kebahagiaan itu harus dikejar? 


Bahagia saya adalah bisa bersama orang - orang yang memberikan insight baik, dan memberikan peluang yang bermanfaat untuk hidup saya. Membersamai BloggerBDG bersama tim admin ini adalah salah satu kebahagiaan saya dari sekian banyak kebahagiaan. 


Seperti ini, saya bahagia memiliki kawan yang saling memahami meski kami tidak saling sapa atau bertemu setiap hari, terima kasih atas kebahagiaan yang diberikan. 




25/365

Baru Tau


Sudah berada di lembar kisah 25 bulan Januari. Waktu memang terasa cepat sekali yah, baru tau? Ah tidak, saya sudah tau sejak dulu bahwa waktu itu memang si pencuri ulung, yang suka tiba - tiba melesat dengan sangat cepatnya. 


Yang saya tidak tau adalah waktu yang berkualitas itu susah dicari. Waktu yang terlewatkan itu akan kembali dikenang, jika tidak ada kenangan bagaimana? apa yang akan kita rindukan? 


Saya baru tau bahwa setiap waktu itu harusnya berkualitas, bersamamu, bersamaku, kita. Jangan pernah ada waktu yang hilang begitu saja tanpa ada kisah. Jangan sia - sia kan waktu bersama orang yang tersayang, luangkan waktu sebanyak mungkin, peluk orang yang kita sayangi sesering mungkin, ya mungkin saja itu pelukan terakhir. 


Baru tau kan kalau selama ini waktunya terbuang sia - sia?


Saya, baru tau bahwa waktu yang saya habiskan dulu banyak yang tidak berarti, banyak yang hilang maknanya. Ah, tak peduli lagi karena memang saya tidak bisa mengulang waktu, biarlah seperti itu. 


Mari kita gunakan waktu mulai dari sekarang sebaik mungkin, sayangi orangtua sebesar apapun semasa mereka masih ada, sayangi pasangan, sayangi anak, sayangi saudara, kawan dan sahabat. Serta terus sebarkan kebaikan, meskipun kebaikan itu tidak akan selalu diterima dengan baik. 


Saya baru tau kalau saya harus lebih bijaksana lagi menghabiskan sisa waktu ini, karena saya tau nya waktu itu berjalan begitu saja.


Sudahkah dipergunakan dengan sebaik - baiknya detik, menit dan jam dalam hidup ini?



26/365

KAPAN NAMBAH ANAK? 


Rasanya, sudah pusing kepala ini mendengar pertanyaan serupa setiap bertemu kawan atau saudara yang lama tak jumpa. Apa mereka tak ada pertanyaan lain selain menanyakan kapan saya nambah anak lagi. 


Nambah anak kok seperti nambah nasi di restoran nasi padang “ Bang nambah nasi dong”, duh punten ya no offense nih, nambah anak nggak semudah itu. Tidak semua orang diberikan kemudahan untuk bisa nambah anak. 


Katanya, “ Ayo Tian nambah anak, nanti kalau kamu meninggal siapa yang akan mendoakanmu, kalau anak banyak ya banyak doanya tar”. 

Tarik napas dulu deh, gini yah masalah yang mendoakan memang benar anak solih / solihah itu akan menjadi investasi kita kelak jika meninggal, tapi bisa menjamin banyak anak itu mereka akan selalu ingat dan mendoakan kita? Wallahua’lam bishowab. 


Punya anak itu nggak semudah melahirkan terus kita lepaskan saja, kita kasi makan, selesai. Tidak semudah itu, punya anak itu harus banyak mikirnya. Kita orang tua harus memberikan yang terbaik, mulai dari pakaian, tempat tinggal, makanan yang bergizi , minuman, sekolah yang terbaik, ilmu agama, dan lainnya yang mana semua itu akan dipertanyakan kelak sama Allah. Sudah bener nggak nih Tian membesarkan anaknya, sesuai syariat Islam apa nggak. Duh takut kan kalau kelak dihisabnya malah anak yang menuding kita nggak ngasih ilmu bermanfaat dan tidak menunaikan kewajiban dengan baik, naudzubillah. 


So, please yang suka nanya aku nambah anak kapan berhenti yah. Mending nanya yang lain, mungkin bisa nanya gimana kabarnya sehat? Jangan pula menanyakan kenapa saya makin gendut , hahah.


Sekian curhat saya di hari ke - 26 bulan Januari 2023 ini. 


27/365

PERJALANAN PANJANG 


Kita, manusia sedang berada dalam perjalanan kehidupan. Kita memiliki dua destinasi, pertama ketika di alam ruh yang merupakan alam pertama yang kita lalui dan disinilah kita berkomitmen pada Allah atas segala hal hidup kita. Kemudian kita masuk ke alam rahim, di alam ini kita alami proses mulai dari nutfah, alaqah, mudghah dan idzam hingga kita berbentuk sempurna sebagai manusia dengan wajah dan bentuk yang berbeda - beda. 


Perjalanan pun dilanjutkan menuju destinasi berikutnya, dunia. Ya kita sedang berada di dunia, di tujuan yang bukan akhir dari tujuan kita. Dunia ini hanya persinggahan, namun disini kita merasakan banyak lika liku kehidupan, Allah berikan kita jatah usia,rezeki, jodoh , bahagia atau sedih semua sudah dituliskan. 


Dari sini kita kemana? Kita menanti kematian. Kematian bukanlah akhir dari kehidupan kita, tapi awal dari the real life, awal dari kehidupan yang sesungguhnya. Kita akan ke alam barzah yang mana di alam ini kita sendirian, hanya amal yang menemani. Disini kita bisa merasakan amalan kita selama hidup di dunia, namun kita juga akan menuai semua kelakuan kita. Kita bisa melihat kebun surga atau mungkin malah melihat lembah neraka, naudzubillah . 


Yuk ah siapkan bekal untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan kita yang abadi, semoga bekalnya cukup dan bermanfaat. Aamiin



28/365


Hari ke - 28, kali ini mari kita mengarang bebas tentang bapak Budi, Budi dan Ani . Dan ini cerita saya sesuai apa yang ada dalam pikiran saya, cerita ini saya tulis dalam waktu 5 menit saja, haha. Ini imajinasi yang ada dalam pikiran saya. 



Itu bapak Budi . Dia seorang konten kreator yang lumayan terkenal, semua yang ada dalam kehidupannya selalu dijadikan konten. Termasuk tentang kehidupan Budi, anak semata wayangnya. Budi pun tidak bisa menolak, meskipun terkadang dia risih sekali dijadikan bahan konten bapaknya. Hingga suatu hari, bapak Budi meminta Budi mengajak temannya, Ani untuk masuk dalam video konten ketika mereka berdua belajar. tapi Ani menolaknya. Besoknya, Budi diam - diam mengambil video Ani ketika Ani belajar, juga mengambil video kegiatan selama belajar karena permintaan bapak Budi. karena Ani dan teman - temannya serta gurunya tidak suka kegiatan belajar dijadikan konten bapak Budi, maka mereka berdoa supaya Budi lah yang menjadi konten di buku pelajaran, selamanya. Hingga akhirnya Budi terjebak di buku pelajaran. 



29/365

GARUT 


Selalu punya kenangan sendiri jika ke Garut. Ada rasa rindu yang dalam pada kota ini, kota dimana saya bertumbuh dan menjadi remaja disini, merasakan banyak kisah dan cerita. Selalu ada rasa haru ketika ke kota Garut, biasanya bapak yang selalu membersamai setiap kita ke Garut, ada banyak cerita sepanjang jalan. Tentang jalan bahkan tentang perumahan Ikan Mas yang ada di Tarogong, sepanjang jalan biasanya bapak menjelaskan asal muasal suatu tempat meski belum tentu ceritanya benar, namun kami percaya dan sedikit menahan tawa jika bapak bercerita yang agak bodor. 



Kini, perjalanan ke Garut tidak seseru dulu, tidak seseru ketika pergi bersama bapak. Kini sepanjang jalan banyak hening, mungkin kami memiliki kenangan sepanjang jalan ini, jadi ketika dalam perjalanan ke Garut biasanya hanya melihat jalan sambil mengingat cerita bapak dulu. 


Sekarang, selama perjalanan ke Garut saya hanya sering menyeka air mata dan sesekali tersenyum seolah - olah mendengarkan cerita bapak. Ah, rindu sekali. 




30/365

Yang Ingin Ku Mulai 


Ah, tidak terasa yah 30 hari berlalu. #30haribercerita sampai juga ke halaman terakhir, dan saya berhasil menyelesaikannya. Meskipun ini hari terakhir challenge 30 hari bercerita di bulan Januari ini, namun tentu saja bukan akhir. Justru mungkin menjadi pintu awal untuk memulai sesuatu. 


Yang ingin saya mulai adalah menjadi muslimah yang lebih baik lagi, ibadah lebih baik lagi dan lebih mencintai diri supaya bisa terus tebarkan kebaikan dan kasih sayang untuk keluarga. Yang ingin saya mulai adalah belajar hidup sehat supaya saya tidak ketergantungan obat terus, bisa sehat selalu dan panjang umur.




Yang ingin saya mulai itu banyak sekali, yuk ah mulai dari hal kecil kebaikan yang insya Allah akan menjadi sesuatu yang besar. Bismillah lebih banyak lagi berdoa dan berharap pada Allah ya Tian. Yuk mulai dari dari memperbaiki sholat supaya Allah perbaiki juga hidupnya. Aamiin. 


Kalau kamu ingin memulai apa di hidupnya? 



See you,

Tian lustiana



Rayakan Ultah di Hotel Mewah Las Vegas ala Megan Fox

Rayakan Ultah di Hotel Mewah Las Vegas ala Megan Fox

Bismillahirrahmanirrahiim,

Tahun 2022 kemarin mungkin menjadi salah satu tahun yang membahagiakan bagi Megan Fox. Hal ini disebabkan oleh dirayakannya ulang tahun artis berparas cantik ini di hotel mewah di Kota Las Vegas. Tahukah kamu bahwa kamu juga bisa merayakan ulang tahunmu seperti dia bersama KTA?



Namun sebelum mulai merencanakan ulang tahunmu, kamu bisa menyimak berbagai rekomendasi hotel mewah dan kegiatan yang bisa kamu lakukan di pesta ulang tahunmu. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Daftar Hotel Mewah di Las Vegas

Las Vegas adalah kota hiburan yang populer di Amerika Serikat. Maka tak heran, bila kamu akan menemukan banyak hotel mewah di sana yang bisa kamu pilih untuk merayakan ulang tahunmu. Berikut diantaranya:



  • Four Seasons Hotel Las Vegas

Salah satu hotel yang populer di dunia karena kualitas bintang limanya ini berada di dekat Mandalay Bay Resort & Casino. Hotel ini pun mempunyai beragam kamar yang berada di Mandalay Bay Tower.

Selain dekat dengan pusat hiburan, hotel ini juga menawarkan keindahan pemandangan gunung dan Las Vegas Strip yang dapat dilihat dari setiap kamar. Kamar-kamarnya pun luas dan terasa nyaman yang dapat dicapai dengan melewati lorong-lorong yang besar.

  • Las Vegas Hilton at Resorts World

Siapa yang tak tahu Hilton? Benar, jaringan raksasa hotel ini mempunyai resort yang berada di seberang Convention Center, tepat di jantung Las Vegas Strip. Resort dengan bintang lima ini pun dilengkapi dengan kolam renang seluas 2,2 hektar yang langsung menghadap ke Las Vegas Boulevard, lho!

Tak hanya itu, resor ini juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti salon, kelab, bar, hingga teater yang memiliki 5.000 kursi. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan lezat di sini.

  • Bellagio

Hotel bintang lima yang satu ini berada di belakang Air Mancur Bellagio yang populer di Las Vegas. Hotel ini pun menawarkan berbagai kamar yang mewah dengan kamar mandi berhiaskan marmer cantik, lho!

Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih mau berenang di mana karena hotel ini memiliki 5 kolam renang. Selain itu, kamu juga bisa jalan-jalan di taman botaninya yang rindang serta berbelanja di butik-butik mewah.

  • Wynn Las Vegas

Selain hotel-hotel di atas, ada juga hotel bintang 5 lainnya yaitu Wynn Las Vegas. Hotel resort mewah ini berada di Las Vegas Strip. Wynn Las Vegas populer akan kemewahan dari kamarnya yang dilengkapi oleh spa dengan pelayanan lengkap.

Tak hanya itu, hotel ini juga memiliki kolam renang dengan nuansa oasis di tengah gurun pasir. Kamu pun bisa berbelanja di kawasan hotel ini karena dilengkapi oleh berbagai toko dengan brand eksklusif.

Jika kamu tertarik mengadakan pesta ulang tahun di beberapa lokasi diatas, mulailah mempersiapkan dananya. Kamu bisa memanfaatkan KTA bank yang memberikan kemudahan dalam pengajuannya.

Aktivitas saat Pesta Ulang Tahun

Setelah mengetahui beberapa pilihan hotel mewah yang bisa kamu pilih, maka saatnya kita beralih ke mendiskusikan berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama teman dan keluarga di pesta ulang tahunmu. Berikut beberapa di antaranya:



  • Cards Against Humanity

Mungkin kamu sudah tidak awam dengan permainan ini bahkan mungkin kamu sudah pernah memainkannya. Cara memainkannya pun cukup sederhana, yakni seseorang akan mengambil kartu pertanyaan dan orang lain akan memberikan jawaban dengan kartu yang mereka miliki.

Sang pemberi pertanyaan pun akan memilih jawaban mana yang paling menarik. Pemain dengan jawaban yang terpilih pun berhak menjadi penanya. Namun sesuai dengan namanya, jangan harap kamu akan menemukan jawaban “normal” di permainan ini, ya.

  • What Do You Meme?

Permainan ini pun juga cukup populer seperti permainan di atas. Permainan ini pun cukup sederhana, yakni seseorang akan memberikan kartu yang berisi pertanyaan atau kalimat tertentu. 

Orang lain pun akan memberikan kartu meme yang mereka punya. Meme yang paling lucu-lah yang akan menang.

  • Never Have I Ever

Kalau kamu pernah menonton tayangan selebriti luar negeri, pasti kamu tidak awam dengan permainan ini. Dalam permainan ini akan ada seseorang yang memberi pertanyaan apa saja yang mereka inginkan. 

Sisanya akan menjawab apakah ia pernah melakukan hal tersebut atau tidak dengan menunjukkan papan tulisan yang sesuai.

  • Name That Tune

Kalau kamu beserta tamu undangan menyukai musik, maka permainan ini cocok untuk diadakan di pestamu. Caranya cukup mudah, yakni salah satu orang akan menggumamkan suatu nada. 

Orang-orang lainnya pun harus menebak lagu dari nada tersebut. Siapa yang mampu menebaknya paling banyak maka dialah yang menang.

  • Truth or Dare

Permainan ini pasti cukup sering kamu dengar. Ada berbagai cara untuk memainkannya, namun kamu bisa mulai dengan memutar botol di tengah-tengah orang yang duduk melingkar.

Ketika botol tersebut berhenti dan menunjuk ke seseorang, tanyalah apakah ia mau berbicara jujur (truth) atau melakukan tantangan (dare). Setelah itu, berikan pertanyaan yang harus ia jawab atau tantangan yang harus ia lakukan.

Merayakan Ulang Tahun Bersama KTA

Jika kamu tertarik merayakan ulang tahunmu di salah satu hotel mewah di atas, maka kamu bisa mulai menyiapkan budget sekitar Rp150 juta hingga Rp200 juta. Tak perlu khawatir dengan biaya tersebut karena digibank KTA siap membantumu.

Kamu akan memperoleh berbagai keuntungan seperti:

  • Bisa mengajukan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau laman go.dbs.com/kta

  • Proses approvalnya cuma 60 detik

  • Dana langsung cair ke rekening digibank by DBS

  • Bisa mengatur nominal pinjaman sampai Rp200 juta

  • Bebas mencicil sampai 36 bulan

  • Tanpa memerlukan dokumen fisik

  • Syaratnya mudah, yakni mempunyai e-KTP serta NPWP, domisili Jabodetabek, Semarang, Bandung, atau Surabaya, dan berpenghasilan minimal Rp5 juta per bulan

Mudah bukan? Maka dari itu, segera ajukan KTA-mu dan rayakan ulang tahun mewah ala Megan Fox di Las Vegas. Kalau kamu perlu informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi tautan ini . 

See you,

Tian lustiana 

Pekan 3, 30 Hari Bercerita

Pekan 3, 30 Hari Bercerita

Bismillahirrahmanirrahiim, 

Alhamdulillah , i'm proud to my self yang sudah bisa bertahan dan konsisten ngikutin challenge 30 hari bercerita ini. Sudah sampai pekan 3 nih, ya Allah hebat sekali Tian. Meskipun kadang ada keinginan untuk menyerah namun semangat kembali, yuk Tian bisa yuk! 

Ini tulisan saya selama pekan ke-3. 



16/365

RINDU 

Beberapa waktu ini ketika melihat teman - teman yang sedang berkunjung ke Baitullah kok hati merasa beda, ada rasa rindu yang mencekam. Rasa rindu, padahal sebelumnya saya belum pernah ke Baitullah namun entah mengapa kerinduan itu semakin menjadi. 

Mungkin sebagai muslimah yang akan selalu merindukan rumah Allah Ajja Wa Jalla dan semua mengharapkan ingin bisa merasakan beribadah langsung dan menikmati kenikmatan bersujud di Masjidil Haram. 


Terbayang, akan ada rasa bahagia ketika bisa berziarah ke makam Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam  , para Nabiyullah dan para Sahabat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Ah, membayangkannya saja sudah terasa indahnya bagaimana jika saya bisa pergi kesana? 


Tian, keinginan saja belum cukup menjadi bekal untuk bisa ke Baitullah. Masih banyak lainnya yang harus dilakukan, selain hal materi. Namun saya percaya akan jalur langit, saya yakin bahwa suatu hari nanti saya bisa berdoa dan bersujud disana. Merasakan nikmatnya Mekkah - Madinah, aamiin. 


Semoga Allah Ajja Wa Jalla mengundang dan juga memampukan saya untuk bisa berkunjung ke rumah NYA. 


Aamiin Allahummaamiin. 



17/365

Hampir saja menyerah 

Ayo, Tian semangat! 

Sudah mulai kendor nih untuk ikutan challenge 30 Hari Bercerita. Kesibukan memang akan selalu menjadi alasan, padahal nyatanya rasa malas yang menjadi penyebab. 

Banyak cerita yang ingin diungkapkan, ada rasa kesal, marah dan murka. Namun banyak juga cerita tentang rasa bahagia dan takjub, Masya Allah Tabarakallah


.


Kadang yang membuat kita merasakan semua perasaan itu adalah kita sendiri sebagai penyebabnya? Betul? Namun sering juga kita menyalahkan orang lain. Ah, manusia memang begitu yah. 


Yuk, selalu bahagia! 




18/365

SCREENSHOT 

Oke, mari kita bercerita tentang screenshot. Banyak sih hasil screenshot yang ada di smartphone saya, ada bukti transfer, quotes keren, nilai ujian, status bahkan chat dengan orang lain yang terasa pantas untuk discreenshot. Meski lupa alasannya kenapa? 


Dan ini adalah screenshot yang paling saya ingat alasannya, saya screenshot foto ini, dalam hati terbesit, ini adalah dua lelaki yang selalu saya sayang, dua lelaki yang selalu menjaga saya dan dua lelaki ini yang menjadi perantara saya masuk Surga kelak, aamiin.


Dua lelaki ini yang begitu tulus menyayangi tanpa inginkan balasan, keduanya yang sangat paham akan sifat - sifat saya, ah semoga Allah selalu merahmati almarhum Bapak Rahimahullah dan memberikan umur panjang serta kesehatan untuk suami. 


Terimakasih ya Allah sudah memberikan dua lelaki hebat ini dalam kehidupan saya. 




19/365

Selama Babakan Siliwangi hadir, 2018. Saya terhitung baru dua kali kesana. Pertama pas awal pembukaan, sekitaran tahun 2018 itu. Dan kemarin awal tahun 2023. Hmm padahal lokasi Baksil ini tidak terlalu jauh dari rumah, namun kok berat ya kaki melangkah. 


Padahal di Baksil ini bisa jalan sehat santai. Mengitari forest walk yang terbentang hingga 2.3km dengan tinggi 2 meter dari permukaan tanah. Lumayan capek sih, namun senang apalagi dimanjakan dengan suara kicauan burung dan juga udara yang segar serta pemandangan hijau. 


Forest walk ini berkelok - kelok medannya karena memang ngikutin pohon yang ada dan  jangan kaget jika nanti tiba - tiba ada yang bolong juga pas tengah jalan, ini untuk pohon yang batangnya kecil dan nantinya akan tumbuh di area lintasan forest walk ini pohonnya tetap tumbuh. 

Ah jadi kangen ingin kesana lagi deh. Temen - temen ada yang pernah kesana juga? Gimana seru kan? 

Oiya baca keseruan saya berjalan di Baksil yaaa : https://www.tianlustiana.com/2023/01/babakan-siliwangi-hutan-di-tengah-kota.html 



20/365

"Pokoknya, itinerary hari pertama langsung Candi Borobudur ya, Gin. Soalnya pengen bawa neng Marwah ke Candi, nah sisanya mah bebas kemana aja. Nu penting ka Candi."


Itu yang saya inginkan ketika menyambangi Yogyakarta. Setelah puluhan tahun akhirnya saya bisa ke Candi Borobudur yang letaknya lumayan jauh dari Jogja, kala itu kami menggunakan grabcar dari daerah Diponegoro ke Candi Borobudur. 


Pagi sekali, setelah sarapan langsung pesan grabcar sekitar 180ribuan dengan jarak tempuh kurang lebih 36.8km. Setelah kurang lebih 1 jam an akhirnya sampai juga di Candi yang megah ini.



Candi Borobudur ini tuh kaitannya erat sama dua dinasti yang besar, dinasti ini tuh dulu adalah penguasa tanah jawa, Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra, langsung flashback kan ke masa pelajaran sejarah dulu? Hehe. Nah kedua dinasti ini tuh keduanya sama - sama penganut agama Budha yang taat. Rasa taatnya itu diwujudkan dalam bentuk membangun kuil - kuil untuk memuja dewa - dewa mereka. 


Ternyata, Candi Borobudur pernah mengalami kehancuran loh sebelum akhirnya ditemukan oleh Sir Thomas Stanford Raffles pas dulu Inggris sedang menjajah, semua komplek Candi Borobudur ini tertimbun abu vulkanik gunung merapi dan ditumbuhi banyak pohon - pohon lebat. Setelah ditemukan, kemudian dilakukan proses penggalian dan juga dibersihkan kawasan Candi Borobudur ini sampai pemugaran awal. Kira - kira tahun 1973 pemerintahan Indonesia mulai melakukan pemugaran total dibantu UNESCO sampai akhirnya terjaga lah Candi Borobudur yang saya kunjungi sekarang ini.


Buat yang penasaran ingin baca pengalaman saya , Marwah dan teman - temen ke Candi Borobudur bisa langsung baca tulisan lama saya di : 

https://www.tianlustiana.com/2019/11/candi-borobudur.html 


21/365

Dear Tian Lustiana 

Hidup ini sangat berat, hari - hari itu kadang tidak sesuai rencana. Namun kamu hebat karena pertolongan Allah bisa bertahan di setiap situasi.


Dalam setiap bisikan doa yang lirih dan lembut, hatiku selalu mengatakan “Ayo Tian kamu harus kuat dan tegar”. Terimakasih untuk diriku yang sudah berjuang untuk kuat, yang sudah tabah dan selalu menerima setiap amukan badai.



Tian, setiap kehidupan ini diwarnai dengan kesulitan, akan selalu dipeluk tangan kebencian. Namun tetap tenang meskipun dicerca dan direndahkan, stay calm meskipun kerap menangis dan meratap dalam perjuangan yang keras. 


Tian, kenalan lagi yuk dengan diri sendiri, tidak susah loh mengenal diri sendiri namun jarang sekali dilakukan. Kenali diri supaya lebih dalam lagi dalam bermuhasabah, karena itu bisa melihat segala salah dalam diri, basuh diri dengan bantuan Allah, pahami diri dengan banyak mentadabburi Al Quran dan memahami setiap maknanya. 


Jika banyak luka, banyak asa dan angan - angan yuk berdamai lagi dengan diri sendiri jangan sampai tenggelam. 


Tian Lustiana, terimakasih ya untuk selalu kuat dan tetap tegar, meskipun kadang langkah suka gontai ingin berhenti. Kadang juga airmata suka susah terbendungkan, ingin nyerah dan pergi. Namun kuatkan hati lagi bahwa saya kuat dan hebat karena ada Allah yang selalu menjadi pelindung. 




22/365

Minggu pagi, biasanya aktivitas saya ke pasar. Namun berbeda dengan hari minggu ini. Saya dan beberapa teman blogger akan menghadiri acara Beasiswa Pelatihan Content Creator Photography yang digelar oleh Sandination, tempatnya di Upnormal Roaster Bandung. 



Semangat mengikuti acara ini karena memang butuh ilmunya, selain sharing dari bapak Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif ini juga ada ilmu bermanfaat lainnya dari content creator mbak @zataLigouw , ilmu photography dari mas Sutan dan ilmu promosi dari mbak Reni. Sungguh hari minggu yang bermanfaat. 


Setelah pelatihan ini semoga makin banyak ya kalangan muda yang lahir berkarakter pemimpin yang bisa membuka lowongan pekerjaan. Yuk selalu bisa menangkap peluang, menjadi diri sendiri, gunakan kekuatan jaringan dan ciptakan peluang usaha serta lapangan kerja. Yuk makin kreatif!! 


Semoga pekan - 4 saya masih bisa bertahan dan konsisten menulis yah. Bukan hanya menulis di caption instagram namun juga bisa menulis rutin di blog. Aamiin. 


30 Hari Bercerita, Pekan 1 

30 hari Bercerita, pekan 2 



See you,

Tian Lustiana