List Barang Yang Harus dibeli Ketika Belanja Bulanan

Bismillahirrahmanirrahim, 


Mumpung masih awal tahun nih, oke banget untuk membuat perencanaan dan juga mengatur keuangan, supaya lebih baik. Supaya keuangan lebih terarah dan enggak carut marut. Salah satu yang suka menjadi penyebab kebocoran keuangan adalah belanja bulanan, huhuh. Adakah yang sama dengan saya suka over kalau belanja bulanan? 

List Barang Yang Harus dibeli Ketika Belanja Bulanan



Kalau belanja bulanan suka bocor dan over, ini akan berimbas pada kondisi keuangan, gajian masih lama eh uang udah abis, kan sedih. Supaya enggak sedih dan supaya kondisi keuangan tetap baik dan sehat, saya ada tips nih yang mungkin bisa temen - temen terapkan untuk belanja bulanan supaya lebih hemat. 



list belanja bulanan
 

Template list belanja bulanan bisa didownload : List belanja Tian

List barang yang harus dibeli ketika belanja bulanan? 


Untuk saya pribadi, membuat list belanja dan menghemat belanja bulanan ini banyak sekali keuntungannya. Saya menjadi lebih disiplin, saya selalu berusaha membeli apa yang sudah saya list dan membeli sesuai dengan kebutuhan. Saya pun lebih hemat karena saya hanya beli apa yang saya prioritaskan. Memang susah, tapi akan bisa kok jika dicoba. 


Ini adalah list rincian belanja bulanan hemat ala Tian Lustiana, saya mengkategorikan ini semua dalam kebutuhan yang wajib. 



Bahan Pokok ( Beras, Minyak, dan bumbu - bumbu dapur ) 
Beras dan minyak adalah bahan yang wajib ada dalam daftar belanja bulanan saya. Jadi saya sudah paham banget nih takarannya, habis berapa kg setiap bulannya. Jadi enggak akan kelebihan atau kekurangan. 


Saya biasa beli beras yang 5kg dan nyari yang diskon, haha. Kebetulan memang supermarket deket rumah suka ada diskon untuk beras yang biasa saya dan keluarga konsumsi. Kalau minyak saya biasanya beli yang ukuran 2 liter, dan alhamdulillah cukup sebulan soalnya saya jarang masak goreng - goreng yang butuh minyak banyak. 


Untuk kebutuhan dapur atau bumbu - bumbu pun saya biasanya beli yang memang dibutuhkan. Yang kiranya tidak saya butuhkan ya tidak dibeli. Soalnya pernah beli bumbu yang kekinian eh saya gak pakai, malah kadaluarsa dan akhirnya saya buang deh. Sayang banget kan? 






Makanan instant dan cemilan 
Karena neng Marwah suka nyemil hehe, makanya saya anggarkan cemilannya ke daftar belanja bulanan. Dan kalau tengah bulan habis, ya sudah jatah cemilan gak akan saya beli lagi. Ini sudah ada perjanjian sama anaknya, hehe. 


Mie instant pun saya biasanya beli, soalnya kadang suka ingin menikmati mie instant plus rawit dimalam hari, enak kan? Tapi saya gak banyak sih beli mie instant biasanya cukup 6 bungkus, setiap orang  ( saya, suami dan anak ) punya jatah 2 bungkus mie instant sebulan. 


Per-sabun-an 
Mulai dari sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci untuk lap, deterjen dan pewangi pakaian sampai pembersih lantai saya masukkan kedalam list juga. Saya biasanya gak terpatok sama satu merk sih, saya beli yang lagi diskon. Soalnya saya MODIS (Modal Diskon). 


Tissue, kapas dan pembalut 
Ini juga saya masukkan ke dalam list bulanan. Tissue wajah dan tissue dapur. Kapas juga masuk kedalam list karena neng Marwah sudah seneng pake kapas juga untuk membersihkan wajahnya dengan milk cleanser, haha udah abegeh. 


Saya beli semuanya sesuai kebutuhan, ga lebih jadi suka pas aja habis pas akhir bulan. 


Perlengkapan mandi 
Di rumah hanya bertiga ( saya, suami dan Marwah). Sabun mandi saya dan Marwah sama, sedangkan suami kurang suka pakai sabun yang kami pakai, jadi sabun mandinya dua jenis. Shampoo juga kami bertiga beda, untuk saya, suami dan Marwah. Jadi saya beli shampoo dan sabunnya jarang banget yang ukuran besar, belinya yang ukuran standar saja yang cukup digunakan selama sebulan. 


Itu saja sih yang saya masukkan ke dalam list belanja bulanan. Untuk sayuran , buah, telur dan makanan lainnya biasanya saya belanja per dua pekan. Pernah belanja sayuran dan lainnya bulanan, alhasil malah pada busuk dan gak kepake deh. Mubadzir jadinya. 


Gimana? Kalau temen - temen apa saja nih yang masuk dalam kategori belanja bulanan? Sharing yuk! 




Love, 

Tian lustiana 

1 komentar

  1. Wih harus di list kayak gini memang untuk mempermudah manajemen budget biar gak melebar hehe. Kadang itu ada yang ga sesuai sama pendapatan, jadi kerasa kalau bulan ini boros banget karena banyak kebutuhan. Kalau gak diatur bisa kebobolan :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon