Tips Hemat Belanja Bulanan Ala Ibu Zaman Now

10.11.00

Bismillah, 

Yang paling seneng ketika belanja bulanan siapa?
IBU
Yang suka stress pas abis belanja bulanan siapa?
IBU

Ya begitulah. Saya memang paling seneng belanja bulanan, ya namanya perempuan ya gengs, siapa juga yang gak suka shopping, ye kan? Menggebu - gebu sekali kalau pas belanja itu, ingin beli ini dan itu sampe dicatet lengkap kap kap. Tapi kalau belanja bulanan sampai over budget, ini sih udah bukan hal yang menyenangkan lagi ya gengs, udah malesin aja. Apalagi pengeluaran lainnya pun banyak, udah deh siap - siap migrain dipertengahan bulan.
Tips Hemat Belanja Bulanan

Nah, daripada migrain tengah bulan mendingan nih diawal bulan kita usahakan untuk menghemat anggaran belanja, supaya keuangan rumah tangga tetap aman, damai dan bahagia sentosa.

Baca : Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Catat apa yang akan dibeli dan keep istiqomah ya ukhti!
Ini sih udah jadi rahasia umum keleus, cus tulis semua yang akan dibeli. Catat semua jangan sampai ada yang terlewat. Saya biasanya cek dulu nih apa aja yang abis dan memang butuh dibeli, ingat yah kebutuhan bukan keinginan. Kadang memang hasrat membeli yang ga ditulis semakin besar, tapi harus belajar mengalahkan itu. Keep istiqomah ya sama catatan yang sudah dibuat, jangan didustai. Jadi setiap belanja bulanan saya tuh suka sambil megangin catetan yang udah dibuat dan berusaha sekuat tenaga buat komitmen sama diri sendiri, JANGAN BELI KALAU GAK ADA CATATANNYA! Awalnya emang sulit apalagi kalau liat yang buy 1 get 2, atau ada diskon 25% atau ada hadiahnya, ah godaaan banget deh. Namun percayalah selama kita mau komitmen insya allah pasti bisa.

Selain itu juga saya terbiasa menuliskan harganya tar dirumah, nyontek dari struk kan lumayan buat perbandingan bulan depan, apakah harga - harga itu mengalami kenaikan atau penurunan, halah lebay sih Tian. Wait, bukan lebay gaes kan lumayan juga kalau ada selisih harga terus diakumulasikan kan lumayan yeee?

Berlangganan newsletter info diskonan 

Emak - emak banget cyin langganan newsletter berbagai supermarket dan mini market. Apalagi kalau lagi JSM (Jumat, Sabtu, Minggu) duileh itu promo dan diskon bejibun amat gaes, lumayan kalau dimanfaatkan buat menghemat belanja bulanan. Pokoknya jangan lelah cek ricek diskonan ya bu ibu, teteh teteh, pa bapak.

Baca : Belanja Online itu Untung Apa Rugi Sih?

Beli sayuran atau buah - buahan jangan kebanyakan 
Beli seperlunya saja, apalagi kan sayuran atau buah - buahan itu mudah busuk jadi kalau kebanyakan dan gak kemakan, jadinya mubadzir. Jadi saya sih belinya sayuran dan buah - buahan itu ga banyak - banyak lagi dan diperhitungkan misalnya harus habis dalam waktu 3 hari atau seminggu gitu jadi kan lumayan bisa hemat masak dan bisa ngatur menu makanan juga jadinya kalau beli sayuran dan buah - buahan secukupnya. Tapi katanya ada istilahnya food prep sih dan dengan food prep ini alhamdulillah sayuran dan buah - buahan jadi aman terkendali, gak busuk meski semingguan. Tar saya sharingnya lengkapnya sekarang saya juga masih belajar nge food prep soalnya.

Belanja cemilan? boleh kok asalkan diatur belanjanya 
Suami dan anak doyan banget nyemil (ibunya juga sih, ups) nah inilah sumber pemborosan terbesar dalam kehidupan keuangan saya. Bayangin neng Marwah itu tiap liat Alfamart atau Indomaret bawaannya pengen mampir, alasannya beli cemilan. Sehari 3 kali nemu Alfa dan indomaret, tiwas ibu.

Selain cemilan kurang sehat, sekarang tuh saya udah mulai ganti cemilan "aneh" sama buah - buahan, lumayan gaes lebih irit (ibu senang). Alasana utamanya sih biar sehat, alasan lainnya biar hemat. Jadi sekarang ga ada lagi deh alasan mampir Alfa buat beli cemilan karena ibu suka bilang "cemilan buah masih ada di rumah." huhuhu senangnya deh kalau kayak gini.

Baca : Tips Hemat Belanja Bulanan Part 1

Tapi kalau hasrat ngemil terus berkecamuk, palingan beli dikit aja ga sebanyak dulu. Beli yang disukai aja dan harus sampai habis baru bisa beli lagi.

Itulah gaes beberapa tips super simple yang efeknya lumayan besar dalam belanja bulanan keluarga saya. Setelah menerapkan empat tips itu alhamdulilah belanja bulanan gak kalap lagi, yang kalap sekarang tuh belanja skincare, wadezig. Engga deng, hehe. Belanja skincare juga secukupnya saja kok dan yang memang dibutuhkan saja. Belanja itu harus bijak memang supaya keuangan keluarga terkelola dengan baik. Yang jangan pernah dilupakan itu adalah : Jangan mudah dirayu sama keinginan, utamakan dulu kebutuhan! 

Semoga tips hemat belanja bulanan ala saya bisa membantu yaa. 




With Love,




You Might Also Like

59 komentar

  1. Istiqomah pada catatan belanja memang lumayan sulit. Terlebih klo ada diskon xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, awalnya akan terasa sulit hihih nanti lama - lama engga kok

      Hapus
  2. Betul banget tuh tips di atas. Bolehlah dicoba hehe

    BalasHapus
  3. Wah kalau untuk tips yang belanja sesuai dengan yang ada di catatan ini memang susah ya

    BalasHapus
  4. Wah bagus banget nih tipsnya, bisa di coba ibu-ibu :D

    BalasHapus
  5. Ini nih yang susah buat yang suka nyemil :D

    BalasHapus
  6. Wah betul banget tuh. Jangankan ibu-ibu saya aja juga suka kok kalau ada diskonan :D

    BalasHapus
  7. Mayan bantu nih buat bu ibu yg klp kl bnja bulanan...apalg ada discount.. Hi hi... Emg btl tuh belanja itu yg bnr" dibutuhin... Jng plirak plirik 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus belanja yang dibutuhkan saja, yang diinginkan abaikan saja

      Hapus
  8. Suka kalaaapp yak
    tapi aku bawa catatan dan alhmd bisa menahan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah ada catatan bisa membantu yah

      Hapus
  9. Ah, bunda sih "suwer" rada2 gak percaya tuh sama Neng Tian bisa sejalan ama yg ditulis di postingan ini. (ampuuun jangan sambit bunda ma kue bikinan neng Tian). Soalnya kan neng Tian ini hobi banget bikin camilan nfili, jd pastilah utk bisa memenuhi hasrat sesuai sama isi postingan itu hebat banget "pergelutan" melawan "the devil" yg mau bikin kacau pengeluaran neng Tian. Tp alhamdulillah sih tulusannya bikin para ibuk inget Neng Tian kalo lg blanja blanji. Alhasil gak "kalap" hehehe... Ini mah memecut bunda utk berhati-hati kl blanja. Biasanya invet cucu tercintah segala camilan paforit incu teh dibeliiii...alamaaa...

    BalasHapus
  10. Betul banget deh mbak kalau tiap awal bulan udah ngelist tuh tiap mau belanja bulanan. di awal-awal sih sering khilaf tapi lama kelamaan iya apal. Apalagi kalau udah ngatur sesuai pos-posnya mbak hheee
    Tapi ya kadang masih sering khilaf dan suka tergiur sama promo2 gitu hhaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itulah, namanya juga emak - emak kadang ada khilaf nya

      Hapus
  11. Yang suka bikin belanjaan membengkak itu cemilan, ada aja diskonan colat lah, biskuit lah, wafer lah, nggak terasa pas bayar 100 ribu sendiri aja cuma buat cemilan remah-remah gitu hahaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cemilan kyak gitu bkin semua bengkak haha

      Hapus
  12. pengennya sih...>>> JANGAN BELI KALAU GAK ADA CATATANNYA! Tapi kadang, mana tahaaaaan mak. Ngelihat duren, ya beli duren. Lihat mangga, ya hajar. Padahal gak ada di list, hahahaha... Btw, kartunnya cucok meong banget deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ga tahan pas awal - awal aja, kalau udah berusaha pasti bisa

      Hapus
  13. Yes .. utamakan kebutuhan.
    *talktomyself

    Btw, mau tambahin

    Yang paling seneng ketika belanja bulanan siapa?
    IBU
    Yang suka stress pas abis belanja bulanan siapa?
    IBU


    Satu lagi, Mbak:

    Yang suka stres kalo belanja bulanan abis siapa??
    IBUUUU tentu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya bener, kalau belanja bulanan abis, IBU juga yang stress

      Hapus
  14. Walau udah bikin list, tetap ajah waktu belanja ada yg di luar list. Heran. Udah diwanti2 tapi kalau anak yg mau...ngalah dah

    BalasHapus
  15. Jangan mudah dirayu keinginan utamakan kebutuhan...nohok bangets iniii! Hiks
    Aku belanja bulanan berempat, Mbak..jadi kebayang gak 2 anak masuk"in apa yang dia mau ke keranjang, kwkwkk
    Tapi untung dah gede, dikasih tau ga tantrum lagi hihihi
    Tinggal bilang,ini ga usah atau mau pilih ini atau ituuu.
    Tapi ibuknya teteup...ga ada yang ngelarang kan #eh Tinggal akhir bulan puyengnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi jadi biar aman anak - anak jangan diajak belanja bulanan wkwkwkw

      Hapus
  16. Seringnya nih ya kalau aku bawa catatan belanja sih bawa tapi yang dibeli jadi bertambah beberapa jenis. Gak tahu lapar mata mulu kalau lagi belanja hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh lapar mata lebih bahaya dibandingkan lapar perut

      Hapus
  17. Kalau nggak pakai catatan biasanya saya malah kebablasan. Check - check info diskon juga hal utama sebelum belanja, hihi.

    BalasHapus
  18. Mencacat bahan yang ingin di belanja kan itu efektif banget ya teh. Aku dulu nerapin banget pas mau belanja bulanan,lumayan jadi hemat sih karena nggak asal ambil. Beda banget kalau nggak ada catatan, haduh.. Main ambil semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau ga ada catatan emang gitu, suka main ambil saja

      Hapus
  19. Ada catatan, nggak ada catatan tetap aja suka kalap aq tuh. Apalagi, kalau nyamperin counter kosmetik. Haduuuhh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya kalau mampir counter kosmetik, wkwkkw

      Hapus
  20. Dicatat sih mak, tp adaaa aja barang yg dibeli di luar catatan ><

    BalasHapus
  21. Waaa makasih ilmunya mba Tian
    aku ini yang masih bocor melulu haahah
    masih menyesuaikan soalnya wakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlahan aja mbak, nanti lama - lama kebiasaan juga kok

      Hapus
  22. Ilmunya mancay mba Tian. Wah malah jadi kepo sama food prep nih, soalnya saya termasuk yang jarang jarang ke supermarket buat beli persayuran.

    BalasHapus
  23. Hobi aku ini belanja hahahhaha ((((hobi)))) tapi kalo ada tips hemat belanja bulanan mah pasti aku ikutin. biar gak kalap beli ini itu, apalagi kalo ada promo akhir bulan ye kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah, kadang susah mengalahkan ego buat belanja kalap wkwkkww

      Hapus
  24. Tapi kenapa kalau aku udah nulis catatan belanjaan masih tetep beli yang lain teh? Mohon pencerahannya. Hahaha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kamu nackal suka melanggar catatan wkwkk

      Hapus
  25. Aku selalu pakai list belanja sih, tapi kalo ngajakin anak emang suka lolos beberapa cemilan favorit dan itu aja udah nyampe puluhan ribu sendiri.

    Ah iya kalo ada promo aku suka ngintip, kan ada tuh selebaran yang ditaroh di teras rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makanya lebih baik jangan ngajakin anak belanja bulanan wkwkw

      Hapus
  26. Kadang saya suka hilap, Mbak... sudah membuat catatan apa saja yang dibeli. Tapi pas ngelirik sesuatu di pasar/swalayan malah jadi pengen. Itu dia masalah saya, keinginan belum bisa dikontrol, jadinya sedih sendiri kalau kebablas belanja ini dan itu, huhuhu... Sebenarnya perlu banget ya, belanja apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Semoga saya bisa begitu. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,lama - lama nanti bakal bisa kok mbak, semangat

      Hapus
  27. Belanja balaman harus dianggarkan bahkan dicatat apa saja Yg harus dibeli. Soalnya kadang khilaf giru mbak dan tau" uang sudah habis aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya kadang khilaf itu loh, jangan sering - sering khilaf yah

      Hapus
  28. Mantep banget tipsnya teh, palinh susah itu membatasi jajan camilan, meski udah bikin camilan sehat di rumah, tetep aja suka pengen ngemil ciki2an hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jajan camilan memang asik yah hehehe

      Hapus
  29. Setuju banget mba Tian. Aku juga nggak mau membeli belanjaan kalau pas ga butuh. Soalnya kalau bicara keinginan, banyak banget keinginannya mau beli semuanya. Hehhee

    BalasHapus
  30. Aku pagi kulai ngontrak dan belum nemu polanya, jadi beli buah dan sayurnya sering kebanyakan. Mana belum punya kulkas lagi.

    Masih nyari warung yang beli sayurnya bisa nakar sendiri, belum nemu sampai sekarang. Hiks hiks hiks

    BalasHapus
  31. Aku nih yang seriiiing banget tersesat kalo belanja. Bikin catetan udah, tapiiii sering belok ke perabot2 atau baju, wkwkwk. Harus segera insaf nih kalo nggak mau pailit di tengah bulan

    BalasHapus
  32. Susah nih klo disuruh istiqomah sama catatan. Seringnya, ada barang diskon yang gak ada di catatan. Sayang kaaaaannn klo dilewatkan begitu aja. Hahahaha

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive