Senin, 20 Mei 2024

Tips Atasi Rasa Malas dan Prokrastinasi

Bismillah,


“Sudahlah, nanti lagi dikerjakan, masih lama kok deadline nya!” 

Ungkapan dan niat yang seharusnya saya hindari, namun entah mengapa seakan menjadi kebiasaan. Dulu, saya selalu menunda pekerjaan, malah mengerjakannya selalu mepet deadline, padahalkan sebenarnya saya bisa mengerjakannya lebih awal, supaya lebih efisien dan juga waktunya lebih luang. 

tips atasi rasa malas


Well, ternyata prokrastinasi dan malas itu ternyata beda tipis. Jadi, menunda - nunda pekerjaan itu adalah suatu kemalasan. Akhirnya, karena saya nggak mau tuh dibilang malas, akhirnya perlahan mulai merubah pola dan bekerja lebih produktif dan tidak pernah lagi mepet deadline, dan ternyata itu sangat menyenangkan. Bekerja dengan bahagia dan pekerjaan pun dikerjakan dengan baik, karena tidak terburu - buru. 


Perlahan, bisa kok merubahnya. Butuh waktu dan juga niat yang kuat supaya bisa mengerjakan pekerjaan tidak mepet deadline dan juga menghempaskan rasa malas. 


Ini, ada beberapa tips yang saya lakukan sehingga akhirnya bisa terbebas dari prokrastinasi, diantaranya adalah : 


✅ Membuat daftar pekerjaan

Yang pertama saya lakukan, adalah membuat daftar pekerjaan. Saya catat semua job yang masuk, mulai dari menulis sampai edit video dan pekerjaan lainnya. Saya tulis lengkap dengan tanggal deadline nya. Jadi saya bisa memvisualisasikan dan juga memprioritaskan pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. 




✅ Tidak ada pekerjaan yang susah dikerjakan 

Biasanya, saya suka malas mengerjakan sesuatu itu kalau SOW nya saya anggap ribet dan susah, ternyata anggapan ribet dan susah itu adalah mindset, jadi saya harus ubah itu. Jadi, setiap pekerjaan yang masuk, selalu saya anggap mudah dan dikerjakan dengan senang hati, sehingga saya semangat mengerjakannya. 


✅ Deadline diatas deadline

Lah, gimana nih deadline diatas deadline? Hehe, jadi saya tetapkan deadline lebih cepat dari deadline sesungguhnya, supaya saya lebih semangat mengerjakannya.




✅Menghindari gangguan 

Ketika menulis atau editing video, saya biasanya menghindar dari sosmed dan WA. Jadi sementara saya non aktifkan, supaya saya lebih fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan. 



Baca juga : Cara membangkitkan semangat menulis


✅ Reward

Setelah saya berhasil menyelesaikan semua pekerjaan dan tidak mepet deadline, saya biasanya memberikan hadiah pada diri sendiri. Mengapresiasi diri sendiri dengan hadiah kecil yang besar nilainya. Seperti, menikmati makanan favorite, ke coffee shop sendiri, nonton film, ke salon dan hal menyenangkan lainnya. 




Masih banyak lagi sih tips lainnya yang bisa membuat kita hempaskan malas dan prokrastinasi, intinya sih harus disiplin dan juga fokus.  



Baca juga : Gangguan kepribadian dalam diri kita


Saya merasa, lebih bahagia saja dan tidak ada beban jika pekerjaan selesai sebelum batas waktu yang sudah ditentukan. 


Kalau temen - temen gimana nih? Sharing yuk! 




Sampai jumpa di postingan selanjutnya,

Tian Lustiana 

5 komentar

  1. Memang harus bertekad kuat dan disiplin mengerjakannya, jangan ntar2 besok. Yang ada jadi malas dan mepet deadline gawat kan hihihi. Kalau sudah beres semua, kasih reward buat diri sendiri bisa nonton film di bioskop misalnya dll 😃😃

    BalasHapus
  2. Salah satu cara aku untuk mengatasi procrastination adalah dengan bikin to-do list dengan dikasih kode berdasarkan level urgensinya. Sejauh ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa mager menyelesaikan tugas-tugas karena setiap satu tugas/task selesai, bisa langsung dicoret. Puas aja rasanya kalau lihat daftarnya banyak yang dicoret hehehe.

    BalasHapus
  3. Terimakasih tipsnya kak Tian, aku banget nih. Sebenarnya kalau sudah buka laptop, duduk dan buka word itu rasa malas hilang, cuma mau buka laptop itu ada aja kendalanya, alasan anaklah, nanti dululah, termasuk kerjakan pekerjaan rumah dululah, akhirnya pas deadline sampai tengah malam.

    BalasHapus
  4. Salut teh..
    Aku masiii aja berjuang melawan rasa malas.
    Aga sedih kalo uda tau penyakitnya begituu... berulang dan berulang lagii.. Bener-bener kudu disiplin sama diri sendiri sih.. dan kasih self reward yaah..

    BalasHapus
  5. related nih sama si Aisyah, tokohku dalam mengatasi prokrastinasi,
    Aisyah belajar bahwa kunci untuk mengalahkan prokrastinasi adalah dengan mengambil langkah kecil dan tetap konsisten!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon