Cara Membangkitkan Kembali Semangat Menulis

09.10.00

Assalamualaikum,

Semangat menulis itu kadang naik, kadang turun tapi ya lebih banyaknya sih turun. Males deh bawaannya kalau mau nulis itu. Kenapa yah? 

Padahal ya dulu waktu masih awal - awal ngeblog itu rajin banget, saking rajinnya saya nulis sehari bisa 2 sampai 4 artikel, sungguh. Seiring berjalannya waktu, saya kadang mengalami up and down dalam menulis, tapi saya merasa butuh untuk nulis tapi males, ah gimana ini? 

Sampai akhirnya saya ngulik nih dan menemukan formulasi untuk membangkitkan gairah menulis lagi, hmmm.  Iya alhamdulillah sih setelah memantapkan formulasinya, males juga kalau datang gak lama kok. Dan inilah beberapa formulasi yang saya terapkan agar komitmen saya untuk tetap nulis masih bisa direalisasikan. 

Cara Membangkitkan Kembali Semangat Menulis

NIAT DAN HARAPAN 

Niat. Penting banget ini. Saya yakin semua temen - temen ini punya niat awal ketika ngeblog, ye kan? 

Ada yang niatnya untuk menuangkan hobi semata, ada yang emang karena suka aja tanpa niat apa - apa dan ada juga loh yang ngeblog karena uang,hmmm kalau niatnya karena uang saya yakin ngeblognya ga dari hati. 

Baiknya, jangan niatkan ngeblog karena uang. Karena setelah uang itu tidak ada lagi makan blog akan kosong, iya gak? Saya sih awalnya dulu nulis blog karena saya suka nulis dan media blog inilah satu - satunya andalan saya untuk menuangkan apa yang ada dalam kepala dan hati. Saya suka nulis sejak kecil, jadi jika seandainya sekarang ngeblog bisa menghasilkan uang, ya itu saya anggap bonus. 

Jika niat bukan karena uang, saya yakin ngeblog bakalan jalan terus meski kadang ada lah malas - malas dikit mah. 

Ada niat ada juga harapan. Harapan saya sih simple, nulis, nulis, nulis dan ada yang baca, itu aja. Jadi ini yang bikin saya kembali bergairah untuk nulis, apalagi ketika ada email masuk yang nanyain postingan terbaru saya, beuh rasanya sehari pengen nulis ratusan artikel, tapi gak bisa wkwkkw. 

OPTIMIS 

Jangan pesimis gaes, meski memang sulit untuk menjadi optimis. Saya juga sebenernya pernah pesimis. Pesimis apakah ada yang baca blog saya, duh saya mah blogger apa atuh cuma remahan steak, padahal merendah seperti itu seumpama doa loh, doa mah harus yang bagus - bagus kan?

Pengorbanan blogger itu keras cuy, bayangkan saja kalau sedang asik nulis terus belum disave dan tiba - tiba listrik mati, hayang ceurik? atau langsung pengen nyari yang jual genset murah ? Rasanya pengen punya genset sendiri kan? 

Cara Membangkitkan Kembali Semangat Menulis
Rasanya pengen beli genset ini deh, biar menulis blog lancar jaya.
Photo taken from :  http://www.abcpowergenset.com/

Kebayangkan sedihnya tulisan yang hilang karena listrik mati? Dan harus ngulang nulis lagi? kebayang kan? 

Makanya harus optimis, supaya gairah menulis bangkit kembali. 

JADWAL MENULIS

Harus konsisten, salah satu cara agar konsisten saya membuat jadwal menulis. Buat saya menulis meskipun di blog itu butuh konsisten dan juga memerlukan kematangan rencana, pola dan wajib ada strategi ngeblog, supaya semuanya terlaksana dengan baik, ye kan?
Cara Membangkitkan Kembali Semangat Menulis

Jadi bikin jadwal menulis yang tentu saja gak ganggu aktivitas harian, kerja, ngurus rumah, ngurus anak, ngurus bisnis semua masih bisa dilaksanakan, plus ngeblog. Susah? Ah kata siapa, cobain dulu sana bikin jadwal baru deh bilang susah. 

Ketiga formulasi itu mampu membuat saya bangkit dan kembali bergairah menulis. Yang penting ngeblog itu harus nyaman. Selain kenyamanan juga kemampuan kita harus terus diasah, sering aja baca - baca blog para master biar ilmu nya nambah. 

Disiplin juga perlu, ya meskipun blogger namun mendisiplinkan diri itu wajib, harus taat pada deadline, haha. Kalau bisa sih jangan mepet deadline kalau ngerjain artikel biar agak santai gitu. 

Jadi sebenernya sih gampang ya membuat jiwa ini terus bergairah menulis, asalkan paham akan tiga formulasi tadi. Niat dan harapan terus harus optimis dan lanjut dengan membuat jadwal menulis supaya semangat bergejolak kembali, dan its really work loh buat saya. 

Nah kalau temen - temen ada gak tips atau formulasi khusus untuk meningkatkan semangat untuk menulis blog lagi? Sharing yuk. 


Wassalam,


Tian Lustiana 



FYI: 

Photo taken from : Pexels.com 
Edit by: Canva 






You Might Also Like

4 komentar

  1. Hmm saya jadi semangat nulis lagi nih, hehe. Makasih tipsnya ^^

    BalasHapus
  2. Kalau dijadwal emang enak yaa Mbak :D Jadi gak ada kata lain buat males-males.

    BalasHapus
  3. Nah yg dijadual itu suka ga komit sama jadual kalo saya hehe..

    BalasHapus
  4. Kemarin sempat ngalamin maleeees nulis. Ternyata rasanya ampun deh. Susah dijelaskan ... Hihihi. Tapi akhirnya aku nikmati aja proses itu. Dan back to nulisnya, ya itu dia. Ingat niat awal menulis. Dan kudu dipaksain dikit biar bangkit lagi

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla