Rabu, 27 Oktober 2021

Melek Keuangan dengan Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021

Bismillah,

Kenapa sih harus paham literasi keuangan? 
Karena dengan melek / paham finansial itu bisa membantu kita di setiap aspek keuangan pribadi. Kita jadi bisa membuat anggaran, bisa memilih investasi pada instrumen yang oke dan hal lainnya seputar pengelolaan keuangan. 


Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021



Literasi keuangan mengacu pada kemampuan untuk paham dan juga menerapkan keahlian kita dalam manajemen keuangan, dalam berinvestasi atau melakukan anggaran. Kondisi ini melibatkan kemampuan kita untuk memahami banyak prinsip dan juga konsep keuangan. Mulai dari mengelola utang, belajar menabung, merencanakan masa depan keuangan keluarga dan hal lainnya. Belajar literasi keuangan ini penting untuk stabilitas keuangan jangka panjang, loh. 


Manfaat memahami literasi keuangan itu apa saja sih? Banyak banget dong, tapi pada postingan kali ini saya akan ulas salah satunya. Salah satu manfaatnya adalah kita menjadi bisa membuat keputusan keuangan yang lebih baik lagi. Yap, dengan kita melek finansial maka kita akan lebih teredukasi tentang keuangan. Karena kita sudah dibekali banyak ilmu. Ilmu tentang rekonsiliasi rekening bank yang kita miliki, ilmu tentang utang piutang, cara kelola uang secara bertanggung jawab, membayar tagihan tepat waktu dan juga merencanakan masa depan. 


Karena memahami literasi keuangan itu penting, makanya diperlukan sekali edukasi seputar keuangan untuk masyarakat. Salah satunya adalah dengan adanya bulan inklusi keuangan. Bulan inklusi keuangan ini digelar sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk - produk dan juga layanan keuangan. 




Inkluasi keuangan ini punya banyak manfaat, diantaranya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat, dilakukan dengan pemerataan akses terhadap layanan produk & layanan keuangan. 

Inklusi Keuangan ; ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk & juga layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (peraturan OJK No.76/PJOK.07/2016) 

Mengenai Bulan Inklusi Keuangan (BIK) ini, ada yang sudah tahu belum kalau ternyata bulan Oktober ini dinyatakan sebagai BUlan Inklusi Keuangan, yang mana sudah ditetapkan sejak 2016 lalu. 

Ternyata, banyak hal yang sudah kita lakukan loh dalam melakukan inklusi keuangan. Salah satunya adalah dengan memiliki tabungan di bank, melakukan transaksi online, investasi dan juga asuransi. Saya yakin, temen - temen semua sudah sering melakukan aktivitas itu semua kan? 



Tujuan Bulan Inklusi Keuangan 2021 

Tentu saja, dengan diadakan Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini ada tujuannya dong, diantaranya adalah : 

Mendukung pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). PEN ini diinisiasi pemerintah untuk meminimalisasikan dampak pandemi. 
 Membuka akses - akses keuangan ke berbagai lapisan masyarakat. 
 Meningkatkan pemahaman & juga awareness masyarakat. 
 Memublikasikan program literasi & inklusi keuangan juga perlindungan konsumen. 
 Mengkampanyekan budaya nabung diberbagai sektor jasa keuangan. 




FINANCIAL EXPO BULAN INKLUSI KEUANGAN 2021 


Mengingat bulan ini adalah bulan Inklusi keuangan, Otoritas Jasa keuangan (OJK) yang berkolaborasi dengan Industri Jasa Keuangan menyelenggarakan Financial EXPO 2021 yang dilakukan secara virtual. Tujuan diadakan FIN EXPO BIK 2021 ini adalah untuk memberikan edukasi kepada kita semua (masyarakat) akan pentingnya akses ke layanan jasa keuangan dan juga pentingnya perlindungan asuransi jiwa. 





Saya, penasaran nih dan nyobain deh jalan - jalan secara virtual ke Pameran FIN EXPO BIK 2021 yang diselenggarakan secara virtual sejak 18 Oktober 2021 sampai 02 November 2021. Sebelum berkunjung ke pameran, temen - temen wajib mendaftarkan diri ke website : https://www.finexpo-bik2021.id/



Tidak jauh berbeda dengan pameran yang dilakukan secara offline, saya menemukan banyak sekali booth loh. Saya berselancar dari satu booth ke booth lainnya, semua booth itu memberikan informasi tentang penjualan produk & jasa keuangannya. Ada juga webinar tentang edukasi keuangan dan pameran jasa keuangan yang menyajikan berbagai promo plus ada doorprize senilai jutaan rupiah loh, duh makin happy nih jalan - jalan virtualnya. 


BOOTH ASURANSI PRUDENTIAL INDONESIA 


Perjalanan virtual saya di FIN EXPO BIK 2021 ini berkunjung dari satu booth ke booth lainnya, sampai akhirnya saya masuk ke booth Prudential Indonesia. Dan pas banget nih bertepatan dengan hari Asuransi Nasional, 18 oktober 2021 jadi bisa sambil dirayakan juga nih dengan tema "Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali, Pahami, Miliki"


Baca : 




Karena merasa asuransi ini penting, makanya saya berkunjung ke booth Prudential Indonesia, di booth ini saya bisa mendapatkan banyak informasi tentang betapa pentingnya asuransi. Informasi yang saya dapatkan pun sangat mudah dicerna, karena disuguhkan dalam bentuk tayangan visual (video).  Kebingungan saya tentang pilih asuransi, selesai sudah karena saya nonton video dari Merry Riana yang menjelaskan segala hal tentang asuransi. Mulai dari produk asuransinya sampai cara pembayarannya. Jadi paham juga bawa banyak program dan promo Prudential yang bisa dipilih dan juga disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita. 



Dari video yang ada di galeri Prudential Indonesia, saya mendapatkan beberapa tips nih dari Merry Riana, tips tentang memilih asuransi kesehatan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, adalah : 


Mempersiapkan anggaran. 
 Pahami dulu kebutuhan atau fasilitas yang diinginkan. 
 Tentukan premi yang akan dibayar, tentunya disesuaikan dengan kesanggupan.
 Pahami juga tentang masa pertanggungan yang ada.
 Pelajari jenis penyakit apa saja yang akan ditanggung. 



Video yang ada di galeri booth Prudential Indonesia ini membuat saya teredukasi agar tidak sembarang dan tidak bingung pilih jenis asuransi. Buat temen - temen juga nih yang merasa bingung mau pilih asuransi apa, langsung saja kunjungi booth Prudential Indonesia yah. 

Di virtual boothnya Prudential, kita bisa mendapatkan banyak informasi dan juga promo tentang produk - produk asuransi Prudential, diantaranya ada asuransi jiwa syariah PRUCinta, asuransi jiwa syariah PRUCerah dan juga PRULink Syariah



Layaknya di pameran offline, kita juga bisa bertanya langsung tentang produk - produk Prudential, hanya saja karena virtual jadi pertanyaan bisa diajukan lewat pesan via whatsapp atau email. Nanti akan mendapatkan balasan dan juga penjelasan terkait dengan produk asuransi yang ditanyakan. 

Wah, seneng banget deh saya bisa berkunjung ke acara FIN EXPO BIK 2021 ini, jadi saya bisa mendapatkan banyak insight seputar keuangan nih, dan gak bingung lagi memilih asuransi. Kalau kamu gimana, sudah berkunjung ke FIN EXPO BIK 2021 ? Yuk, jangan sampai ketinggalan yah, catet loh hanya sampai tanggal 02 November 2021 saja. 




See you, 



Tian Lustiana 

4 komentar

  1. woow Tian, cantik amat mere mere gehese outfitnya!

    Semarak kayak beneran mau jalan jalan ke bazaar ya, padahal virtual! Enak ya jalan jalan di sini, jadi pinter nih aku, mendapat edukasi keuangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah jadi malu heheh.


      Iya keren yah edukasi keuangan di BIK ini

      Hapus
  2. Paham tentang keuangan memang harus dikuasai semua orang mengingat pentingnya mengelola di zaman sekarang kalau tidak begitu hidup akan sulit. Apalagi yang berkaitan dengan investasi yang sering membuat orang tertipu, jadi harus memehami dengan benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa betul banget. harus paham yah tentang keuangan.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon