Aman Pilih Investasi dimasa Pandemi Bersama Prudential Indonesia

Juni 21, 2020

Bismillah, 

Dimasa Pandemi ini, ingin berinvestasi apa menarik semua investasi? 
Jawabannya adalah kebanyakan orang malah ingin menarik investasi atau mencairkannya. kenapa? Ya itu sih banyak alasan tergantung dari masing - masing orangnya yah. 



Ngomongin masalah investasi nih, siapa yang sejak dulu rajin berinvestasi? Atau malah sekarang ingin berinvestasi? Iya dimasa Pandemi gini ingin berinvestasi? Serius. 

Jadi, 16 Juni 2020 lalu saya mengikuti webinar yang bahasannya seputar "investment highlight & market outlook". Webinar ini diadakan oleh PT. Prudential life Assurance (Prudential Indonesia). Prudential Indonesia ini sudah dikenal sebagai pemimpin pasar industri jiwa Indonesia. Webinar ini pun disponsorin juga oleh Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) yang merupakan perusahaan Manajer Investasi dengan total dana kelola nya tuh terbesar di Indonesia dan sudah dipercayakan juga mengelola investasi Nasabah Prudential Indonesia. 

Ditengah Pandemi gini, ada pencerahan nih gengs. Prudential dan Eastspring membagikan rasa optimis nih untuk kita semua, terkait dengan kondisi pasar Indonesia saat ini. Supaya kita tetap bisa mengatur perencanaan jangka panjang dan tetap bisa berinvestasi. Untuk apa? Ya untuk mencapai imbal investasi yang lebih tinggi dong, apalagi di new normal ini. Apalagi nih semenjak pandemi, pasar modal naik turun alami koreksi. Belum lagi dampak low ekonomi, huhu. 

Pada webinar itu, ada pembahasan dari ibu Novi Imelda selaku Chief Investment Officer yang menjelaskan bahwa untuk menanggapi kondisi pasar saat ini yang terdampak oleh Pandemi dan tekanan global, maka tindakan yang diambil oleh Prudential dan Eastspring tuh adalah mengambil sejumlah strategi sebagai wujud langkah awal meminimalisasikan volatilitas investasi nasabah. 

Apa saja nih yang menjadi kekuatan bagi prudential dan eastspring? 


  1. Sebagai pemimpin pasar yang punya pengalaman banyak dan sudah mendalam di sektor keuangan, Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia punya posisi kuat untuk mendampingi nasabahnya menghadapi kondisi pasar yang tidak pasti. 
  2. Sudah punya pengalaman menjaga kepercayaan dari nasabah dimasa krisis sebelumnya, pas dulu krisis finansial tahun 2013. 
  3. Prudential dan Eastspring sudah didukung performa kuat, dalam kondisi pasar yang sedang bergejolak tahun 2019 lalu, Prudential mencatat total dana investasi yang menguat itu 3% menjadi Rp. 74,5 T dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp. 72,1 T. 
  4. Pada tahun yang sama juga, ada catatan hasil investasi sebesar Rp. 5,4 T, yang didorong pemulihan indeks harga saham gabungan (SHG). Eastspring sendiri mencatat total dana kelolaan itu sekitar 92m08 T per 31 Desember 2019, terbesar di Indonesia. 

Dari fakta itu, sudah tidak ada keraguan lagi dong tentang kinerja Prudential Indonesia dan EastSpring Indonesia, mereka juga menerapkan prinsip kehati - hati an secara optimal dalam pemilihan saham dan hanya memiliki fundamental yang baik.

Buat temen - temen yang tertarik sama investasi obligasi, jangan khawatir soalnya kedua perusahaan ini konsentrasi pada obligasi pemerintah yang dianggap lebih likuid. Harapannya bisa meminimalisasikan risiko tapi juga tetap efektif dalam meningkatkan kinerja ketika nanti pasar kembali pulih. 

Seperti yang dijelaskan bu Novi bahwa para nasabahnya itu akan diberikan portofolio dana investasi yang beragam. Misalnya seperti PRUlink Rupiah Equity Fund, PRUlink Fixed Income dan PRUlink cash Fund yang mana sejak awal peluncurannya mencatatkan hasil yang positive. Makanya penting kan untuk para nasabah buat memastikan polis tetap aktif, agar mendapatkan perlindungan dan tetap bisa berinvestasi sesuai profil resiko & tujuannya sendiri. 





Selain Bu Novi, ada juga Pak Alan T Darmawan selaku Chief Executive Officer dari EastSpring Indonesia. Dijelaskan bahwa dalam tingkatan global, pasar masih akan cenderung negatif sentimen nya dan volatilitas pasar masih tinggi. Pak Alan sih optimis memprediksi kondisi pandemi ini masih bisa terkendali meskipun memang butuh waktu yang tidak singkat. Tapi ekonomi akan terus bertumbuh meskipun produktivitas nya menurun dalam waktu beberapa bulan, yang mengakibarkan memperlambat pertumbuhan. 

Berdasarkan pengalamannya juga nih yang disampaikan pak Alan, situasi yang saat ini terjadi itu cuman fluktuasi sementara saja dan akan pulih kembali, yakinlah. Diakibatkan stabilitas fundamental ekonomi makro Indonesia yang relatif masih stabil. 

Ya semoga saja kondisi pasar & ekonomi bisa segera pulih dan kondusif, aamiin. Mari tetap berinvestasi dimasa Pandemi ini. Percayakan pada Prudential Indonesia dan EastSpring Indonesia. 





With love,


You Might Also Like

1 Comments

  1. manfaat banget tips-tipsnya mba. terimakasih ya. semangat buat kita :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut