Fungsi Serum Untuk Kulit Wajah

Januari 13, 2021

Bismillah, 

Semenjak masuk usia 30+++ saya tuh jadi lebih perhatian sama skincare, padahal dulu tuh termasuk yang paling males kalau pakai skincare. Salah satu skincare yang enggak pernah saya skip pakai untuk saat ini adalah, SERUM. 

Kerasa banget soalnya pakai serum dan enggak pake serum. Kalau pake serum tuh seriusan kulit jadinya lebih kenyal dan sehat, kerasa banget. Jadi saya tuh rutin pakai setiap pagi dan juga malam. 


Fungsi Serum Untuk Kulit Wajah

Fungsi serum untuk kulit wajah 

Sebelumnya, saya mau jelasin dulu nih tentang serum. Serum, biasanya tuh dikemas dalam botol mini dan berwarna jernih, teksturnya sangat ringan dan juga bebas minyak. 

Ada yang bilang kalau serum ini tuh semacam pelembap yang teksturnya lebih ringan. Bahannya memiliki konsentrasi yang lebih tinggi jadinya bisa tembus ke bagian kulit yang lebih dalam dan juga lebih cepat, mudah dan juga meresap dan merata dengan sempurna dibandingkan pelembap biasa. 

Awalnya dulu saya gak terlalu tertarik sama serum, saya pikir cuman nambahin kerjaan aja wkwkkw, karena emang harus telaten pake serum tuh, sedikit tapi harus merata ke semua kulit. 

Ternyata, serum ini punya misi khusus untuk kulit. Jadi serum ini ada target yang lebih spesifik, diantaranya serum oke untuk mendorong peremajaan kulit, ampuh mencerahkan kulit, menyamarkan bahkan menghilangkan flek, bekas jerawat, noda bandel dan hiperpigmentasi dan bisa meratakan warna yang tidak merata. Amazing banget emang! 


Fungsi Serum Untuk Kulit Wajah

Serum berdasarkan fungsinya

Serum itu dibagi menjadi beberapa jenis lagi, disesuaikan dengan fungsinya. Jadi memang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Ada serum yang digunakan sebagai produk anti-aging, ada yang sebagai pencerah wajah, pelembap wajah, serum yang diformulasikan untuk menangkal radikal bebas, serum untuk kulit sensitif dan berjerawat, serum yang dibuat khusus untuk memperbaiki tekstur kulit wajah dan lainnya. Tentunya temen - temen harus beneran gunakan serum sesuai dengan jenis & kondisi kulit yah. 

Serum sama pelembap biasa itu bedanya apa sih? 

Lihat dari kemasannya aja beda, hehe. Pelembap jarang banget dengan kemasan se mungil serum, bener gak sih? 

Serum tuh, meskipun kecil mungkin namun zat aktif yang terkandungnya tuh sangat oke banget untuk kulit wajah. Bahannya lebih kaya dibandingkan formula atau bahan dalam pelembap. 

Untuk serum, bahan - bahannya tuh yang beneran dibutuhkan saja. Jadi gak ada kandungan bahan pelembap oklusif atau kedap udara seperti petrolatum atau minyak mineral yang bisa lindungi kandungan air dari penguapan. 

Kalau dibandingkan dengan pelembap, serum wajah tuh bahan dasarnya air. Ga ada unsur minyak sama sekali yang bisa menyumbat pori - pori dan penyebab jerawat, jadi bahan serum tuh beneran pilihan dan manjain kulit banget. 

Jadi serum dan pelembap itu beda, dan keduanya pun punya cara beda untuk memanjakan kulit. 

Gimana nih tipsnya memilih serum yang terbaik untuk kulit? 

Yang pertama harus diperhatikan adalah memilih serum sesuai dengan kebutuhan jenis kulit ya. Karena kan setiap kulit itu beda. Jadi otomatis kebutuhannya pun berbeda. 

Untuk jenis kulit berminyak 

Untuk temen - temen yang punya jenis kulit berminyak, pilih serum yang sama sekali enggak ada campuran minyaknya dan memang rata - rata serum tanpa minyak yah, jadi cocok banget untuk jenis kulit berminyak. 

Serum paling baik untuk kulit berminyak itu sebaiknya harus mengandung bahan aktif seperti vit C, hyaluronic acid, salicylic acid, gliserin, niacinamide dan asam laktat

Jadi pas beli serum, sila di cek dulu yah kandungannya. 


Fungsi Serum Untuk Kulit Wajah

Baca  : Serum yang cocok untuk kulit berminyak

Untuk jenis kulit kering & sensitif 

Serum tuh ampuh banget untuk melembapkan kulit, jadi sangat disarankan untuk yang punya jenis kulit kering dan sensitif nih. 

Untuk yang jenis kulit kering, setelah membersihkan dengan facial wash, tunggu dulu selama 15 menit baru deh pakai serum, ini tujuannya supaya serum gak cepet masuk ke dalam kulit, untuk meminimalisasikan iritasi. 

Untuk yang punya jenis kulit sensitif memang harus lebih selektif dan hati - hati memilih kandungan serum. Jangan asal pilih. Secara umumnya sih bahan aktif yang disarankan untuk yang berjenis kering & sensitif adalah : hyaluronic acid, gliserin, panthenolniacinamide, minyak atau ekstrak tumbuhan. 

Untuk jenis kulit normal & kombinasi 

Biasanya kulit normal & kombinasi ini masuk dalam kategori jenis kulit yang baik - baik saja. Untuk yang memiliki kulit kombinasi ini, untuk pemakaian serum bisa dikonsentrasikan pada bagian yang berminyak, seperti bagian dahi, hidung dan area dagu. 

Serum yang bagus untuk jenis kulit normal & kombinasi ini tuh sebenernya agak mirip untuk yang jenis kulit berminyak. Namun biasanya harus cobain dulu mana yang paling tepat dan cocok. 

Cara menggunakan serum yang benar 

Menggunakan serum tuh gak perlu banyak - banyak, sedikit saja paling hanya butuh 1 - 2 tetes saja dan itu bisa diratakan pada seluruh permukaan wajah dan juga leher, terutama pada area yang bermasalah. Lakukan rutin dua kali sehari setiap pagi dan juga malam hari. 

Baca : Azalea Brightening Serum

Step by step menggunakan serum

  • Bersihkan kulit wajah dengan facial wash atau facial foam, bebas sih tergantung biasanya pakai apa. Bilas sampai bersih dan keringkan pakai handuk atau tissue. 
  • Apply toner untuk menyeimbangkan pH kulit. 
  • Tunggu sampai 1 - 2 menit, saya sih biasanya pas kulit masih dalam keadaan lembap langsung saya apply serum. Karena kulit dengan kondisi lembap itu akan lebih cepat menyerap serum dibandingkan dalam kondisi kering. Sambil nunggu meresap, biasanya saya pijat lembut, ini juga bisa membantu meratakan serum ke semua bagian kulit. 
  • Setelah selesai, kalau pagi hari saya biasanya lanjut dengan menggunakan moisturizer, sunscreen. Kalau untuk malam saya biasanya lanjut night cream dan eye cream. 
Mudah sekali bukan? 

Meskipun mudah, ternyata masih banyak loh yang salah menggunakan serum. Hmm, kira - kira salahnya seperti apa yah? 

Kesalahan yang dilakukan jika salah menggunakan serum tiu bisa mengurangi fungsinya pada kulit loh, jadi temen - temen harus beneran memperhatikan langkah - langkahnya yah. 

Dan inilah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan dalam penggunaan serum. 

✖️ Tidak pakai pelembap 
Serum emang mengandung bahan - bahan aktif yang melembapkan, namun bukan berarti kita bebas skip pelembap. Soalnya, produk pelembap tuh memiliki fungsi lain juga, yakni menyerap skincare lebih baik termasuk bekerjasama dengan serum. 

✖️ Menggunakan pelembap terlebih dahulu sebelum serum
Jangan salah step by step nya juga ya gengs. Kalau pakai pelembap sebelum serum, ini akan sulit untuk serum menembus kulit. Jadi urutannya harus bener - bener diperhatikan yah. 

✖️ Cuman pakai serum yang mahal 
Harga memang jadi patokan untuk menilai suatu produk, tapi untuk masalah serum, yang mahal belum tentu mengandung bahan yang cocok untuk kulit, betul? 

Jadi kalau beli serum, jangan lihat harganya saja namun juga cek bahan - bahan yang terkandung didalamnya. Cek bahan aktif yang memang diperlukan sama kulit kita. 

✖️ Memakai serum terlalu banyak / berlebihan 
Aturan pakai serum tuh 1 - 2 tets, menyesuaikan kondisi kulit. Jadi gak perlu menggunakannya dalam jumlah banyak. Yang penting merata dan masuk kedalam kulit, itu point nya. 


Gimana nih? menurut temen - temen apakah serum memiliki fungsi penting dalam tatanan per - skincare - an ? Yang punya pengalaman dan ilmu lebih tentang serum mari kita sharing dan ngobrol yah, siapa tau bisa memberikan insight untuk yang baca, terimakasih. 


Sampai bertemu lagi dipostingan saya selanjutnya, jangan lupa untuk follow sosial media saya ya : 

instagram : @Tianlustiana 
twitter : @Tianlustiana 



With love,

Tian lustiana 


You Might Also Like

27 Comments

  1. Dulu sebelum kenal sama skincare, bagiku semua skincare itu sama loh, ternyata setelah menggeluti dunia make up dan skincare, serum dan essence aja ternyata beda. Beda kandungan dan peruntukannya :)
    Dan walaupun jadi nambahin kerjaan, tapi tetap aku lakukan sih, rajin pakai serum setiap hari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAnfaatnya lumayan oke untuk kulit ya si mungil serum ini.

      Hapus
  2. Aku juga suka pake serum kalo kulit lagi membutuhkan saja, misal lagi kering atau flek bertengger , kusam teramat parah. Tapi kalo lagi normal, cerah, dan merasa biuti ga pernah pake, cukup pelembab sama sun protection aja.

    BalasHapus
  3. Aku pakai serum baru setahunan gini hahaha padahal udah kepala empat :) Telat bener yaks hihihi...Dulu2 aku ga peduli sama perawatan wajah, malah males pakai sunscreen. Ternyata serum tuh enak ya di kulit wajah, mudah meresap. Oh cara pakainya begituuu, baiklah biar ga salah lagi heheh TFS yaaa mb Tian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik terlambat daripada engga sama sekali kan mbak Nurul. hehe. Sama - sama kembali kasih yah. Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  4. Wanita memang ga jauh jauh dari skin care dan kalau udah care banget yaaa harus pake serum, karena lebih jooos hasilnya

    BalasHapus
  5. Note nih untuk serum jenis kulit berjerawat. Iya nih, sebagai emak-emak kulitku berminyak dan rada berjerawat semacam komedo gitu. Kalo pake serum mungkin bisa merawat kulitku suoaya nggak terlalu berminyak lagi.

    BalasHapus
  6. inget banget saat aku mulai concern dengan merawat kulit wajah karena kerutan dan flek hitam yang makin bertambah membuat kulit jadi lebih kusam, saat itu selain rutin menggunakan sunscreen aku juga rajin banget, malah jatuh cinta sama serum wajah

    BalasHapus
  7. Saya agak jarang pakai serum. Tetapi, rutin pakai pelembap. Noted, deh. Berarti serum duluan yang dipakai, ya

    BalasHapus
  8. Tipe kulit aku kering mbak, makanya kalau essence + serum + pelembap tuh wajib banget dipakai biar kenyal selalu

    BalasHapus
  9. benar sekali mbak, saat usia 30 aku juga mulai pakai serum wajah
    pilihanku sih masih pake serum yg vitamin C biar kulit tetap terawat

    BalasHapus
  10. Aku termasuk yang suka pakai serum sekarang ini. Bikin kulit jadi lebih lembab dan kenyal hehehe. Sayangnya aku pakai serum ketika usia sudah diatas 35, mudah-mudahan masih bisa menghambat kerutan-kerutan hehehe

    BalasHapus
  11. Ternyataaaa se-PENTING itu ya mbaa
    Baiklahh, daku berniat untuk rajin dan disiplin pakai serum, ahhh
    supaya auto glowing :D

    BalasHapus
  12. Noted banget. Biasanya nih, kalau udah pakai serum, skip pelembab. Padahal itu kesalahan besar. Sama kalau pakai serum ya cukup 2 tetes aja, jangan sampai berlebihan. Okelah. Thanks infonya, Mbak.

    BalasHapus
  13. aku nih lagi rajin banget merawat diri di rumah termasuk penggunaan serum juga. Beberapa serum sudah aku coba nih tapi ada yang selalu jadi favorit juga.

    BalasHapus
  14. Kadang masih salah kaprah pakai serum nih. Banyak-banyak supaya cepet ngaruh ke kulit ternyata cukup sedikit aja ya..

    BalasHapus
  15. Penting banget ya pakai serum, aku juga udah rutin pakai serum walaupun gak dari dini banget. Udah beelajar dari biuti2 urutan pakai skincare yang benar supaya gak salah & maksimal hasilnya

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah loh pake serum..hehhe Jadi makin tahu nih tentang cara pakainya..jadi ntar kalo nemu serum yang cocok...tinggal inget ulasan di blog ini...

    BalasHapus
  17. Sekarang saya juga lagi rajin pakai serum, Teh. Seneng kalau abis pakai serum, kulit kerasa lebih lembab dan kenyal. Eh ternyata pakainya gak perlu banyak-banyak ya? Saya pakainya sampai lima tetes hihihi, kebanyakan ya...

    BalasHapus
  18. Baru tahu kalau serum itu dipakai dua kali, jadi dipakai pas pagi hari dan malam hari ya. Baru lanjut ke day cream dan night cream. Pantesan aku pakai serum kayak nggak berhasil gitu hahaha..

    BalasHapus
  19. Aku juga baru umur 40 an ini pakai serum. Telat ya. Hahaha. Oua baru tau ternyata meski udah pakai serum masih harus pakai krim malam ya mbak. Aku kalau udah serum gak pakai lagi krim malam..Baca ini baru tau kalau salah . Berarti urutannya serum baru krim malam ya

    BalasHapus
  20. Meresahkan memang, kalo gak punya serum.
    Hehhee....uda semacam jatuh cinta banget, soalnya bikin kulit lembab dan mengunci kelembabapan.

    Teh, rekues doonk...bahas tentang ampole.

    BalasHapus
  21. Sampai saat ini belum pernah pakai serum padahal kulit perlu y mba, jadi mikir nih apalagi usia semakin cantik hihi

    BalasHapus
  22. Itulah ya kenapa akhir akhir ini serum jafi idaman para wanita Indonesia. Bahkan sekarang banyak bertebaran lokal serum yang bagus bagus hasilnya, dilihat dari banyak testimoni

    BalasHapus
  23. Selama ini aku suka pake serum tapi untuk kondisi tertentu aja Mak. Misal lagi ada masalah kulit wajah seperti jerawat atau kulit kusam, biasanya saya baru pake serum yang mengandung active ingredients seperti AHA, BHA, niacinamide, dll. Jadi nggak dipake setiap hari. Cukup membantu dalam pemulihan masalah kulit wajah sih kalau udah dipake. Misal udah hilang, saya kembali ke skincare basic tanpa pake serum.

    BalasHapus
  24. aku juga rajin pakai serum sekarang mba.. apalagi usia sudah di atas 40 hehehe, lagi cantik - cantiknyaaa

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut