Senin, 30 November 2020

Manfaat Ruangkelas Untuk Murid

Beberapa waktu lalu saya pernah nih bahas tentang Ruangkelas. Ruangkelas ini punya manfaat tersendiri, baik untuk guru ataupun untuk muridnya. 

Temen - temen baca review saya yang membahas manfaat ruangkelas untuk guru. Nah, kalau pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat ruangkelas ini untuk murid. 



Sudah pada tau kan apa itu ruangkelas dari Ruangguru? 

Adalah merupakan layanan sistem kelola pembelajaran secara jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan murid secara daring / online. 

Selain memberikan manfaat untuk guru, ruangkelas ini pun memiliki manfaat untuk murid / siswa nya.

Apa saja nih manfaat ruangkelas dari ruangguru untuk murid?

Siswa / murid bisa menerima materi

Materi yang disampaikan guru kepada murid/siswa itu berupa video pembelajaran ruangbelajar yang berisi video pembelajarabn yang bisa dilihat secara berulang jika ada kendala tidak paham, berupa dokumen yang berisi pembelajaran dan bisa juga berupa tautan link yang mengarah ke website atau link lain yang isinya pembelajaran seputar materi yang disampaikan. 

Siswa dapat mengerjakan tugas

Selain mendapatkan materi pembelajaran, siswa pun bisa mengerjakan tugas – tugasnya yang sudah diberikan guru. Tugasnya bisa berupa soal – soal pilihan ganda ataupun soal berupa esai. 



Kalau pilihan ganda, guru yang membuat soal sendiri, latihan topik ruangbelajar dan latihan bank soal ruangbelajar yang bisa membuat makin semangat mengerjakan soal.

Soal esai, dibuat oleh guru sendiri dengan harapan siswa bisa lebih paham dalam menyerap materi pembelajaran dan diimplementasikan dengan mengisi soal esai dengan baik. Dan semua soal – soal ini wajib dikerjakan dan dijawab oleh siswa.

Siswa dapat memberikan komentar

Siswa bisa memberikan komentar, bisa berinteraksi langsung dengan guru atau Tanya jawab dengan guru melalui fitur komentar pada tiap tugas atau materi yang diberikan guru.

Siswa dapat melihat hasil tugas

Siswa dapat melihat langsung hasil tugas yang telah dikerjakan sebelumnya melalui tombol “lihat lembar kerja”. Nah pada lembar kerja ini, para siswa bisa mengetahui jawaban yang tepat dari setiap soal – soal. Jadi bisa tau jawaban yang salah dan benar.

Siswa bisa mengikuti live teaching

Siswa mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan pengajaran langsung dari guru, bisa berinteraksi dengan guru dan siswa lainnya via chat box, siswa bisa berinteraksi dengan guru melalui camera dan audio, ini bisa dilakukan setelah guru melakukan konfirmasi pada fitur raise hand.

Siswa bisa berdiskusi dalam group chat

Siswa bisa melakukan komunikasi dengan guru dan juga siswa lainnya yang sekelas dalam satu group chat. Siswa yang baru bergabung pun tetap bisa melihat chat sebelumnya dan juga guru atau siswa bisa melampirkan file dalam bentuk foto ataupun dalam bentuk dokumen.

Wah, banyak kan yah manfaat ruangkelas dari Ruangguru ini untuk murid / siswa? Makin mantabs kan ngandalin Ruangguru untuk menemani belajar anak – anak.

Gimana nih ada yang pernah nyobain fitur ruangkelas ini? Sharing yuk



With love,

Tian lustiana 


 

 

 

 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon