Pelatihan Ultra Mikro Siap Online dan Literasi Digital dari PIP untuk Jangkauan Pasar Lebih Luas

September 20, 2020

Sejak Maret 2020, keadaan ekonomi lumayan memburuk. Apalagi usaha – usaha kecil banyak yang terpaksa gulung tikar karena kehilangan pembeli dan pelanggannya yang juga kehilangan pekerjaan.

Pandemic Covid – 19 ini berdampak pada seluruh sector memang, usaha kecil, karyawan bahkan usaha besar pun banyak yang terkena imbasnya.



Namun banyak juga yang bangkit, sedikit demi sedikit dan kembali berdiri. Hanya mereka yang bisa menyesuaikan yang masih bisa bertahan.

Sekarang tuh kan zamannya digital, jadi mau tidak mau kita harus mau ikutan melek digital apalagi untuk para pelaku usaha mikro. Saya selaku yang memiliki usaha mikro nih merasa tertampar juga loh. Saya harus beneran melek digital, harus bisa jualan via internet untuk merambah konsumen yang lebih banyak lagi, siap tidak siap saya harus siap. Begitu juga pelaku usaha mikro lainnya.

Masih banyak para pelaku usaha yang belum paham bagaimana cara memasarkan jualannya via online, masih banyak yang merasa kebingungan.

Pemerintah pun melakukan berbagai langkah guna memastikan kehidupan sosial dan ekonomi supaya tetap berjalan. Salah satu yang dilakukannya tuh adalah dengan memberikan pelatihan literasi digital bagi pelaku usaha mikro. Pelatihan ini dilakukan supaya para pelaku usaha mikro bisa menjangkau pasarnya lebih luas lagi.

Pusat Investasi Pemerintah Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementrian Keuangan memberikan literasi digital bagi pelaku usaha mikro tuh sebagai cara untuk para pelaku bisnis yang tadinya melakukan usahanya secara konvensional menjadi digital.

Dengan sistem digital ini tuh diharapkan bisa membantu pelaku usaha mikro untuk menjangkau konsumen yang selama ini tidak terjangkau oleh penjualan secara konvensional.

Bahkan ditegaskan juga oleh ibu Ririn Kadariyah selaku Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bahwa dengan beralih ke digital, debitur Ultra Mikro (UMi) tuh bisa menjangkau calon pembeli yang tidak bisa datang langsung ke tempat usaha, tentunya ini memperluas pasarnya dong. Meskipun banyak kendala namun harus tetap semangat memasarkan produk secara digital.

Kenapa selama ini kurang bisa memasarkan produk secara digital? Karena kurangnya pengetahuan dalam menggunakan social media, kurang maksimal. Bukan hanya itu, dari sisi foto juga kurang, caption yang mengundang rasa ingin tahu pun kurang, jadi beneran butuh edukasi menyeluruh.



Makanya PIP yang mana sebagai Badan Layanan Umum menyalurkan pembiayaan UMi ini.

Untuk apa?

Guna mencari jalan keluar atas kendala yang tengah dihadapi para pelaku usaha mikro yang akan terjun ke dunia digital. Perubahan orientasi penjualan ini sebagai salah satu bentuk adaptasi kebiasaan baru untuk UMKM di Indonesia.

Jika pelaku usaha mikro ini gagal beradaptasi dengan kondisi ini, maka target penyaluran dan juga penyebaran pembiayaan Ultra Mikro ini bakalan terhambat dan ini akan menjadi perhatian PIP.

PIP sendiri memiliki kewajiban untuk meningkatkan kapasitas debitur UMi, melalui pelatihan – pelatihan demi tercapainya tujuan pemerintah. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha mikro supaya bisa naik kelas ke program pemerintah, melalui penyaluran Kredit Usaha Mikro dan juga pendampingan guna meningkatkan kapasitas debitur.



Bagus juga ya program pemerintah ini, sadar banget bahwa kalau terhambat debitur UMi untuk berkembang maka akan meningkatkan jumlah penduduk yang terus berada dalam kemiskinan dan terus menerus tergantung pada bantuan social (bansos).

Metode pemasaran online apa saja sih yang dikembangkan untuk para pengusaha UMi ini?

SOCIAL MEDIA HANDLING

Dalam pembekalan ini, peserta pelatihan akan didampingi mentor dan juga tim untuk melakukan penetrasi pemasaran. Pemasaran onlinenya ini dilakukan melalui social media, instagram. Selain itu diajarkan menawarkan produknya di berbagai market place juga. Jadi semakin luas pangsa pasarnya.

CONNECTING TO MARKETPLACE

Dalam hal ini, mentor nanti akan membantu peserta, memberikan fasilitas dan juga mengoptimalkan pembuatan akun market place, google business dan lainnya.

DESIGN PACKING

Untuk pembuatan packaging ini pun diberikan pelatihan khusus pembuatan desain kemasan. Supaya lebih menarik dan menunjang penampilan produknya jika dijual secara online.

Semoga para pelaku usaha yang ikut pendampingan ini usahanya bisa lebih maju dan jangkauan pasarnya bisa lebih luas lagi yah, aamiin.

Untuk temen – temen yang butuh informasi tentang pelatihan dan juga pembiayaan Usaha Mikro ini bisa langsung cek aja di instagram @PusatInvestasiPemerintah atau langsung cek saja informasinya di https:///umi.id/

 

With love,

Tian Lustiana


You Might Also Like

16 Comments

  1. wah mantap nin program PIP mulai dari sosial media, lalu menghubungkan ke pasar hingga mengemas produk. Ayo semangat berwirausaha

    BalasHapus
  2. masih banyak ukm yang belum ngerti memanfaatkan sosial media terutama Instagram nih, bagus ada pelatihan & pendampingan supay abisa memasarkan produknya lebih luas lagi

    BalasHapus
  3. Dulu pengusaha kecil kaya mikir ribet ya pakai digital ini itu. Tapi sekarang dunia berubah apalagi pandemi. Semacam jadi barang wajib nih soal literasi digital buat pengusaha

    BalasHapus
  4. Keren banget... Ikut seneng ada pelatihan kaya gini untuk pengusaha mikro... Kasih tahu teman-teman yang pengusaha ah...

    BalasHapus
  5. nah kan pemerintah sangat mendukung adanya literasi digital PIP untuk bertujuan ke masyarakat langsung pastinya ini membuat mereka semakin maju dan berkembang pesat sebagai pemilik wirausaha

    BalasHapus
  6. online shop kecil imut menggemaskan yang jualannya masih sakumaha hidayah, boleh nggak ikut pelatihan begini? Pengen juga sih dapat pendampingan supaya makin berkembang.

    BalasHapus
  7. Saatnya UKM bangkit.
    Dengan penduduk Indonesia yang banyak, memang Indonesia bisa menjadi market yang bagus.
    Maka gak salah jika pemerintah memberikan fokus ke usaha kecil supaya juga bisa menikmati pasar ini.

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu soal PIP yang tidak Pusat Investasi Pemerintah
    Bahkan ada pendampingan usaha juga
    Mau coba ah buat disebar ke teman teman

    BalasHapus
  9. program pemerintah ini sangat baik. Di jaman digital sekarang, setiap orang memang perlu melek digital dan memanfaatkan teknologi digital ini untuk memperluas jangkauan bisnis. Kalo tidak, ya bisnisnya bakal begitu2 saja, bahkan turun

    BalasHapus
  10. Jadi pengin nyari info lebih detil ttg PIP ini. Pengin tahu syarat lebih detil siapa aja yang bisa mnegikuti programnya. Karena dari paparan di atas sangat menarik dan perlu banget buat pemula di bidang bisnis. Coba aku ulik websitenya deh. Makasih yo, Mbak.

    BalasHapus
  11. Harus ada yang kasih edukasi ke UMKM bagusnya program ini. Buat pelaku usaha kecil masuk ke dunia digital masih bikin was was. Padahal peluangnya lebih besar. Salut deh sama program PIP inj

    BalasHapus
  12. Padahal pelaku bisnis kalau bisa memanfaatkan digital dengan maksimal pun justru keuntungan yang diambil jauh lebih besar ya Mba. Itu mengapa semua orang harus mau belajar dan berinovasi

    BalasHapus
  13. Sekarang udah era digital marketing, sudah saatnya UKM paham pemanfaatannya karena bisa dongkrak penjualan dan branding. Syukur banget diajarin juga desain kemasan dari PIP, semoga bisa bantu banyak usaha kecil bertahan di masa wabah.

    BalasHapus
  14. Bagus banget ini ada program pelatihan yang pas sesuai kebutuhan pengusaha ultra mikro jaman sekarang. Literasi digital penting banget buat memperluas jangkauan pasar

    BalasHapus
  15. membantu umkm banget ya, karena sebenarnya walau pandemik, pasar masih terbbuka leba trutama lewat pasar digital, kapan ada lagi ya ? jadi pengen ikutan

    BalasHapus
  16. Pelatihan marketing digital penting banget nih buat pelaku bisnis umkm, apalagi sekarang zaman serbadigital, program bagus nih moga para pengusaha bisa survive di masa pandemi ini

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut