Tips Menjaga Kesehatan Mental di Musim Wabah Covid-19

April 02, 2020

Bismillah, 

Work From Home, Belajar di Rumah . Sekarang semua menetapkan itu ya gengs. Beruntung sih yang bisa Work From Home, yang belum WFH semoga selalu diberikan kesehatan yaa sama Allah Subhanahuwata'ala. Aamiin. 

Sudah hampir mau sebulan ya kita bercengkrama dengan musim wabah Covid-19 ini. Buat saya ini beneran mimpi buruk, saya serasa sedang main film. Kebayang kan? Kadang saya suka mikir, apakah ini mimpi? Ternyata ini nyata gengs, ini real terjadi dalam hidup kita. Allah sedang memberikan cobaan, namun saya yakin, cobaan ini tidak akan melampaui batas kemampuan kita, insya allah ini akan segera berakhir. Aamiin. 


Pemberitaan yang tidak wajar, hoax dan berita negatif lainnya hanyalah membuat risau dan jujur kegalauan melanda itu bikin imunitas menurun loh, gitu katanya. Berpengaruh banget sama kesehatan mental, apalagi buat yang punya gangguan kecemasan atau OCD (gangguan obsesif impulsif). 

Gimana nih caranya biar kita bisa tetap menjaga kesehatan mental? Soalnya kalau masalah menjaga kesehatan dan kebersihan sih udah biasa dan saya yakin semua orang tuh paham, bener? Masalahnya sekarang justru kesehatan mental yang semestinya harus dijaga. 

Tips menjaga kesehatan mental selama wabah Covid-19



✔️Selektif sama berita 

Sekarang tuh yah, berita banyak sekali disebar. Gak peduli itu berita bener atau engga, yang penting share. Sebel ga sama yang kayak gitu? Saya sih sebel banget. So, buat menjaga kesehatan mental kita nih gengs, mendingan batasi saja waktu membaca atau nonton berita yang malah bikin cemas dan galau. 

Jika banyak menyerap informasi negatif justru malah stress dan bikin mental turun, bener? Kata nya kalau kita stress, imunitas itu drop juga. Jadi mending pilih berita, dan bacanya yang beneran informatif plus positif aja. Skip yang hoax. 

Saya pribadi, jika kebanyakan baca tentang wabah Covid-19 ini malah bikin saya cemas loh. Malah saya ga bisa tidur dan pikiran negatif menyerang. 

Baca : 

PRUTOTAL CRITICAL PROTECTION & PRUTOTAL CRITICAL PROTECTION SYARIAH , PRODUK INOVATIF UNTUK PERLINDUNGAN KONDISI KRITIS TANPA BATASAN JUMLAH PENYAKIT DARI PRUDENTIAL


✔️Rehat sejenak dari sosmed

Inginnya sih saya rehat dari sosmed, namun tuntutan kerjaan tidak memungkinkan. Jadi caranya saya skip aja beritanya dan saya unfollow temen yang suka share informasi hoax dan negatif seputar wabah ini. Demi kesehatan mental saya, saya unfollow sementara. Maafkan ya teman. 

Di grup whatsapp juga saya suka skip dan clearchat jika ada indikasi share berita aneh dan negatif, ya daripada saya jadi ga bisa tidur, ye kan? 


Untuk awal - awal saya sendiri memang rajin mantau perkembangan wabah COvid- 19 ini namun lama - lama kok saya jadi malah tersiksa dan terganggu. Jadi perlahan saya mulai rehat dari informasi gitu, dan alhamdulilah sekarang agak tenang. Yang penting saya jaga kesehatan saja. 

✔️Cuci tangan, tapi sewajarnya saja. Jangan berlebihan 

Sehari saya cuci tangan lebih dari 10 kali, sampai tangan saya kering. Jadinya berlebihan ga baik kan? Jadi sewajarnya saja deh cuci tangan, jangan sering - sering. Setelah cuci tangan jangan lupa pakai lotion atau pelembap biar tangan tetap lembap. 


BACA : 

✔️Jangan terlalu lelah

Saya yakin, kalau pandemi ini akan segera berakhir. Aamiin kan gaes. 


Andaipun masih butuh waktu, jangan terlalu lelah. Istirahat lah. 

Atasi kecemasan dengan beberapa hal ini : 

Menerima dengan ikhlas , terima saja insya allah semua akan terasa tenang. Ingat selalu bahwa Allah ga bakalan menguji kita lebih dari batas kemampuan kita.
Lepaskan semua pikiran yang negatif. Datangkan semua pikiran positif dan banyak berdoa, berdzikir dan lebih mendekatkan diri pada Allah, sang maha kaya, sang maha pemilik segalanya. 

Karena lelah, hanya membuat kita lemah


Yang penting, banyak doa ya gaes. Doakan selalu dalam setiap sujud dan selepas sholat semoga pandemi ini segera berakhir dan sebelum Ramadan tiba semua selesai. Agar ketika Ramadan kita bisa khusuk beribadah dan menggapai kemenangan dengan ceria, sehat dan hati gembira, aamiin. 

Untuk semuanya, semoga Allah selalu melindungi dan memberikan kesehatan serta keberkahannya. Aamiin. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan masker yah, biar kita saling menjaga





With love,


You Might Also Like

3 Comments

  1. Alhamdulillah bisa skip dan puasa socmed aku juga teh, dan itu semuanya berkat support system keluarga terutama pasangan jadi bisa melalui masa wfh dan sfh dengan asyik. Alhamdulillah...

    Sehat-sehat terus teteh dan keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,saya juga rehat sejenak dari sosmed. biar waras hehe. RAisa dan keluarga juga sehat - sehat ya

      Hapus
  2. Saya juga lebih giat untuk menenangkan pikiran daripada memikirkan wabah ini yang lama kelamaan malah membuat stress

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut