Tips Tetap Sehat Selama Musim Hujan

Januari 07, 2020

Bismillah, 

Bulan - bulan terakhir ini adalah bulan rentan penyakit. Bagaimana tidak, musim hujan yang kadang datang dan kadang hilang, ga jelas. Tapi sekalinya musim hujan datang, ga berhenti dan berakibat banjir, seperti yang sedang terjadi di beberapa kota. 




Ketika banjir gini, banyak sekali penyakit yang berdatangan. Mungkin daya tahan tubuh melemah, makanya harus dipertahankan tuh daya tahan tubuh biar selalu sehat meskipun sedang musim hujan seperti ini. 

Ada nih beberapa tips sehat yang bisa temen - temen lakukan supaya selama musim hujan bisa tetap sehat dan fit, diantaranya adalah : 

Rajin minum vitamin 

Vitamin, diperlukan sekali. Apalagi kalau buat daya tahan tubuh tuh vitamin C yang paling bagus buat meningkatkan kekebalan tubuh plus merangsang produksi sel darah putih buat melindungi tubuh dari risiko infeksi dan berbagai penyakit. 

Terus, bukan hanya itu. Rajin konsumsi vitamin C juga bagus memang soalnya Vitamin C mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan stamina tubuh dan bisa mencegah stress dan kelelahan juga. Jadi harus rajin konsumsi vitamin yaaa terutama vitamin C yang bisa juga didapat dari berbagai macam buah - buahan dan sayur mayur. 


Kalau kehujanan, langsung mandi 

Namanya juga musim hujan, jadi kalau hujan dan gak bawa payung atau lupa bawa jasa hujan ya kehujanan. Nah jika ini terjadi, kehujanan basah kuyup baiknya langsung deh mandi, jangan tunggu - tunggu lagi. 

Kenapa harus langsung mandi? 

Ya, sebenernya sih hujan bukan peluang bikin sakit, namun bayangin aja kan airnya itu pastinya mengandung partikel polusi dan juga berbagai macam bakteri yang mungkin saja terbawa angin, belum lagi cipratan dari genangan air kotor pas musim hujan itu kan berpeluang besar menyebarkan bakteri dan virus ke kulit, makanya mendingan langsung mandi aja deh. 

Kurangin jajan sembarangan dan jaga pola makan

Sebenernya bukan hanya pada musim hujan, pada musim biasa juga baiknya kurangin jajan sembarangan, apalagi jajan yang gak sehat. Soalnya kan ga bisa dijamin tuh jajanan sembarangan tuh kebersihannya, apalagi kalau jajanan yang dipinggir jalan. Bagus kan kalau sudah kebiasaan mengurangi jajan di musim hujan ini, nanti bakalan kebawa deh sampai musim kemarau juga, hehe. 

Daripada jajan sembarangan mendingan masak dan bekal dari rumah. Kalau masak di rumah kan bisa tuh di variasikan menu nya biar gak bosan, yang penting kebutuhan karbo, protein, vitamin & mineral dan lemaknya terpenuhi. ya kan? 

Itulah gengs, tips sederhana yang bisa diterapkan supaya tetap sehat selama musim hujan dan sepanjang musim, insya allah. 

Kalau tips sehat hadapi dan jalani musim hujan biar tetap fit dan sehat ala temen - temen ada gak? Sharing yuk. 




With Love, 



You Might Also Like

15 Comments

  1. Nah point ke 2 nih yg suka males di kerjain "kalau kehujanan langsung mandi" paling cuma di keringkan pake handuk ajh krn udah kedinginan. Ternyata penting bgt ya, jd mulai skrg kl kehujanan musti mandi.

    BalasHapus
  2. Betul banget ini tipsnya mba, karena musim hujan itu kita harus bener-bener jaga kondisi tubuh. Apalagi bisa jadi kadang kita keujanan, terus kena flu deh. Kalo saya sih rajin doping vitamin C sama ngejus kalo lagi gak mager hehehe.

    BalasHapus
  3. Hal yang harus saya lakukan yang bagian kurangi jajan dan jaga pola makan. Karena barusan banget sembuh dari diare. Hufth..benar-benar gak enak

    BalasHapus
  4. Nah jajan ini yang sering ngga bisa ditahan
    Walau tahu, air yang mereka pakai sering ngga higienis

    BalasHapus
  5. Terima kasih tips topsnya Mba Tian. Denpasar lagi musim hujan nih. Pas banget buat praktekin semua. Hehehe

    BalasHapus
  6. Bener banget kak, musim hujan kayak gini kalau nggak jaga kesehatan bakalan sering sakit, apalagi flu malah mudah menular

    BalasHapus
  7. Benar banget nih, memang harus menyiapkan daya tahan tubuh dengan vitamin atau suplemen dan juga dua tips lainnya, soalnya penyakit mudah banget menular di musim hujan.

    BalasHapus
  8. Iyes. Kalau udah kehujanan mending mandi. Oh kalau saya biasanya di musin hujan begini, semakin sering makan makanan berkuah hangat atau minum jus buah yang mengandung banyak vitamin C seperti Jeruk atau Jambu. Biar makin tangguh daya tahan tubuhnya.

    BalasHapus
  9. Musimnya lagi gak enak banget nih mbak di sini. Eh musim apa cuaca ya? Ntar hujan deras dan angin kencang, eh tiba tiba panas terik. Anak-anak di rumah mulai kena flu nih.

    BalasHapus
  10. Duluuu banget aku tuh suka ogah mandi kalau habis kehujanan. Alasannya ya kan sudah kedinginan di luar, masa malah sampai rumah diguyur air, sih? Tapi kemudian merasakan kalau habis hujan nggak mandi malah jatuh sakit. Kapok deh jadinya.

    Makanya, sekarang anak-anak kalau pulang sekolah kehujanan, langsung kuminta mandi juga. Jangan bandel seperti emaknya dulu, hahaha ...

    Sehat-sehat terus ya kita semua ...

    BalasHapus
  11. Aku suka deh artikelnya kaka... singkat, padat, to the point tapi informasinya gak setengah-setengah. Keren👍

    BalasHapus
  12. Menjaga pola makan serta jajan sembarangan ini sangat sulit.
    Jujur saya merasa kelebihan BB hahaha
    Jadi selalin menjaga pola makan buat sehat ingin juga biar ga terus naik ini BB.
    Hahaha

    BalasHapus
  13. Makasih tipsnya mbak..
    Emang harus extra jaga kesehatan di cuaca yg g jelas ini ya...
    Yg sulit itu kurangin jajan sembarangan, huhu

    BalasHapus
  14. nah yang disuruh langsung mandi tuh mba, yang kadang saya gak lakuin, hehe cuci kaki aja udahmerinding karena air nya kebawa dingin bangeet hehe. tapi ini nant haris diterapkan mba thankyou yah mba udah berbagi ;)

    BalasHapus
  15. Mba Tian ya ampun karakter nya bikin ngakak ih..lucu-lucu.mandi pun tetep.make hijab dan cantik gitu.
    Aku kadang langsung mandi kadang males mba. Tapi asli enakan kalo udah mandi

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut