Self Love, Supaya Bisa Lebih Bersyukur

Februari 13, 2020

Bismillah, 

Self love

Pernah denger istilah itu? Kayaknya sering deh, apalagi sekarang kalau baca caption sosial media, kebanyakan menyebutkan self love

Definisi nya tuh apa sih sebenernya? 

Yang saya tangkap sih, self love ini bisa memiliki arti : Cara kita untuk menghargai diri sendiri, mencintai diri sendiri. Menerima semua kekurangan & kelebihan yang ada dalam diri kita ini.


Bagaimana diri ini bisa bertahan, sekalipun didalam keadaan atau kondisi yang sulit, dalam keadaan inilah kita mampu menerima diri ini, jangan menyalahkan namun senantiasa harus selalu memaafkan. Ya, jujur aja kadang saya suka menyalahkan diri sendiri, merasa kesal sama diri sendiri jika tidak berhasil melakukan sesuatu. Dan saya suka lupa berterimakasih dan mencintai diri sendiri ketika saya sudah berhasil melakukan sesuatu, saya kadang melupakan diri sendiri, hiks. 

Adakah kelebihan dari Self love ? 

Menjadi lebih bersyukur! 

Kenapa ? Karena pada kenyataannya, kita menjadi mampu menghargai setiap apa yang sudah diri ini lakukan, setiap apa pencapaian yang sudah diraih. Self love ini dengan memulai nerima semua yang tak nampak dari diri kita, dari pikiran, rasa hingga organ - organ yang kita miliki dalam tubuh ini. 

Gimana nih supaya biar kita ini punya value self love ?

STOP BANDINGKAN DIRI SENDIRI DENGAN ORANG LAIN!!!! 

Itu langkah paling awal untuk memulai self love. Belajar memahami bahwa setiap manusia itu punya kelebihan dan juga kekurangan masing  - masing. Kenali diri lebih dalam dan lebih jauh lagi. Buat saya sih yang penting saya harus lebih paham sama diri sendiri, apa yang saya sukai dan apa yang saya tidak sukai dengan begitu saya lebih bahagia. Dan yang paling penting, saya harus berada dalam lingkungan yang positif, harus ada dalam lingkungan orang - orang atau teman - teman yang memberikan aura baik, jauhi teman yang aura nya negative, itu penting. 

Cara untuk self love, demi hidup yang lebih berkualitas. 


Stop berpikiran negatif 

Jangan pernah pikirkan tentang hal buruk atau negatif, bismillah selalu berpikir positif saja. Susah? iya sih, namun dengan berpikiran negatif justru bikin diri kita tertekan loh dan malah merasa tersiksa. Buat saya, cara paling mudah buat self love ya dengan stop berpikiran negatif. Saya percaya, ketika saya mulai membuang semua pikiran negatif saya malah merasakan langsung efeknya loh, kerasa sama tubuh saya dan kehidupan. 

Berikan self rewards dan lakukan apa yang disukai

Jujur, saya sering menyalahkan diri sendiri jika gagal dalam sesuatu. Dan saya ga pernah memberikan rewards jika saya berhasil, sungguh dzolim saya sama diri sendiri. Memberikan rewards sama diri sendiri tuh ampuh banget loh, ampuh membuat hidup lebih bermakna dan saya merasa lebih bahagia. Rewards ga mesti mahal sih, saya biasa memberikan self rewards itu dengan wujud me time saja, lumayan lah bisa menikmati me time, manjain diri. Misalnya nyalon, ke toko buku , jajan sendirian atau nonton drama korea kesukaan tanpa ada gangguan, bahagia deh rasanya. 


BACA : Luangkan waktu untuk sendiri, untuk tenaga & pikiran yang lebih baik

Selain me time atau manjain diri. Saya juga suka memberikan rewards dengan melakukan apapun yang saya sukai. Its make me more happy. Jadi, saya melakukan sesuatu yang bikin saya bahagia, misalnya jalan - jalan atau sekedar makan seblak sambil baca buku. Yang penting saya bahagia. 

Baca : Me time, bukan bentuk keegoisan

Percaya diri 

Jangan jadikan apa yang kurang menjadi sebab kurang percaya diri. Sulit memang menumbuhkan rasa percaya diri, namun perlahan pasti bisa kok. Tanamkan rasa percaya diri, ini adalah cara memulai self love. Akui semua kekurangan dan asahlah semua kelebihan yang dimiliki, yakinlah bahwa kekurangan & kelebihan tuh saling menyeimbangkan, saling melengkapi. 

Percaya diri bahwa diri ini mampu menaklukan apapun juga, bismillah dan minta selalu pertolongan Allah subhanahuwataala, aamiin. Karena semua akan terjadi atas kehendak Allah, kita hanya bisa berusaha. Betul? 

Itulah gengs, cara sederhana yang mudah - mudahan bisa membantu temen - temen buat menemukan kebahagiaan dalam diri masing - masing, mari memulai self love dari sekarang, jangan tunda lagi. 

Karena jika ga mencintai diri sendiri, apapun yang kita lakukan akan ga ada artinya. Mari tebarkan cinta dan kebaikan atas nama Allah Subhanahuwataala, semoga semua keberkahan ada untuk kita semua, aamiin. 



With love,













You Might Also Like

18 Comments

  1. Brattt bgt deh
    Ga bandingkan dgn orang lain tu kadang dah tau, tapi tetep aja , wah si A bgini ya , mau jg la haha
    Berfikir positif, ini lagi, teori ok, realita hati bolak balik lah positif negatif haha
    Makasih saran2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang memang tekad pikir positive tapi realita hati tak mumpuni, hiks. Meski kumpulkan niat yang lebih besar.

      Hapus
  2. Kita jarang menghaturkan Terima Kasih kepada diri kita sendiri. Mulailah mencintai diri kita sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang terlupakan untuk berterimakasih sama diri sendiri yah

      Hapus
  3. udah bener semua, santuy aja bersyukur dan terima diri apa adanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, bersyukur dan menerima diri apa adanya.

      Hapus
  4. Makanya saya mah masih suka main games secara itu bentuk penghargaan terhadap diri saya atas pencapaian setiap harinya. Jadi ibu rumah tangga itu tidak mudah lho. Karenanya supaya bisa bahagia, waras dan tetap dalam koridor istri yg baik, hahaha... Saya selalu berusaha membahagiakan diri sebagai bentuk self love saya.

    BalasHapus
  5. Harus banyak bersyukur dan mencintai diri sendirii ya Mbaaa
    Makasii banget artikel kontemplatif ini yaaa

    BalasHapus
  6. Bener banget mbak. Perlu bagi kita mencintai dan menghargai diri sendiri. Saya juga tak jarang memberi reward pada diri sendiri atas apa yang sudah saya lakukan.

    BalasHapus
  7. Mencintai diri sendiri dengan selalu bersyukur, jadi hidup terasa lebih ringan tanpa beban dan santai.

    BalasHapus
  8. Terkadang mencintai diri sendiri suka terlupakan ya karena sibuk ingin membahagiakan orang lain, dengan bersyukur dan menerima diri sendiri apa adanya jadi bagian mencintai diri sendiri

    BalasHapus
  9. bersyukur dlu maka akan ditambah nanti hehe

    BalasHapus
  10. Saya egois, menurut beberapa orang, mereka hanya nggak tahu, bahwa kadang ogois itu salah satu bentuk mencintai diri sendiri, SELAMA... tidak merugikan orang lain tentunya.

    Dengan mencintai diri sendirim jadi bisa lebih bersyukur :)

    BalasHapus
  11. Bagus banget nih
    Keputusan manjain diri dan memberikan rewards dengan melakukan apapun yang disuka
    Karena hasilnya untuk keluarga juga

    BalasHapus
  12. Pagi mba Tian
    adem banget baca postingannya di pagi hari ini
    makasih ya mba untuk selalu mengingatkan hal baik
    semangat membuang pikiran negatif

    BalasHapus
  13. Self love sangat penting untuk mencintai diri sendiri dan bersyukur dengan apa yang dimiliki dan dicapai.
    Baca ini membuat saya ingin bikin jurnal self gratitude sebagai bagian dari self love.

    BalasHapus
  14. Mencintai diri sendiri itu langkah awal untuk bisa hidup bahagia..
    Nuce sharing mbak

    BalasHapus
  15. Terimakasih sudah memberi info bagusnya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.