Pentingnya Menjaga Kebersihan Botol Susu Anak, Terutama di 1000 Hari Perlindungan dengan 8 Protection Dari Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser

Januari 21, 2020

Bismillah, 

Nyuci botol susu adalah aktivitas yang tidak bisa dielakkan, betul bu ibu? Apalagi yah kalau punya anak yang memang aktif minum susu, sudah pasti mencuci botol susu kosong bekas minum anak tuh menjadi aktivitas rutin. Sebelum tidur dan mau tidur pasti selalu cek dulu, adakah botol susu yang harus dibersihkan atau tidak. Kadang kalau lagi males, suka lupa dan nunda - nunda deh nyuci botolnya, padahal kan kalau nunda - nunda nyuci botol bekas susu itu akibatnya ga baik dan fatal loh buat kesehatan anak.

Pengalaman saya dulu, pas neng Marwah masih kecil saya pernah lupa nyuci bekas botol susu neng Marwah yang sudah basi, kelupaan yang membawa petaka. Mungkin terkontaminasi kuman atau bakteri jadilah neng Marwah kena diare, huhuh. Ternyata bukan karena saya lupa nyuci botol saja tapi karena saya kurang bersih juga nyuci botolnya. Dan dokter menyarankan saya buat nyuci pakai pembersih yang khusus, biar bisa membersihkan dengan tuntas.

Sekarang, botol susu Akbar gak pernah lagi deh ditunda - tunda nyuci botol susunya, abis pakai langsung saya cuci. Takut terulang lagi kejadian dulu, huhuhu.

Maka dari itu, penting sekali bukan memperhatikan kebersihan terutama di 1000 Hari Perlindungan. Sejak bayi baru lahir sampai besar pun kebersihan harus diperhatikan. Semua dari perlengkapan bayi harus dibersihkan supaya terbebas dari bakteri dan juga kuman.


Dan inilah beberapa risiko yang bisa saja terjadi dari botol susu yang kotor atau kelamaan didiamkan alias lupa dibersihkan, diantaranya adalah : 


Banyak kuman 
Botol kosong bekas susu biasanya lebih rentan kena kuman loh bu ibu. Kuman - kuman itu diantaranya bisa menyebabkan hepatitis A atau rotavirus, kuman yang dapat bertahan sampe lebih dari satu minggu. Jadi begitu botol susu anak kosong, langsung deh dicuci saja jangan ditunda lama - lama. Biarin capek juga yang penting anak sehat. Nanti juga kalau anak udah besar, malah jadi rindu nyuci botol susu, hehe. 

Gastroenteritis 
Adalah infeksi usus yang bisa bikin anak kena diare dan muntah - muntah. Ini bisa terkena infeksi jika ada orang dewasa yang terinfeksi kemudian batuk atau menyentul bottle nipple loh, jadi pastikan bottle nipple harus selalu terjaga higienisnya. Soalnya infeksi ini tuh akibatnya fatal loh, apalagi jika terkena pada bayi yang baru lahir soalnya rentan banget sama penyakit. Jika membersihkan botol, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian nipple nya juga ya sampai bersih. 

Tempat bersarangnya bakteri
Kebayang kan kalau botol susu menjadi tempat bersarangnya bakteri? Ihiw mendadak merinding kan? Kebayang juga gimana jadinya kalau bakteri berkembang biak? Berbagai penyakit bisa saja terpicu kan.

☆☆☆

Itulah beberapa risiko yang akan terjadi jika selalu menunda - nunda membersihkan botol susu anak, risikonya lumayan bikin serem dan merinding kan? Duh, semoga saja anak - anak kita sehat selalu yah. 


Makanya, saya selalu menchallenge diri sendiri untuk selalu memastikan botol susu anak selalu ada dalam keadaan bersih. Makanya sebelum nyuci dot, biasanya saya cuci tangan dulu, jangan sampai deh ada bakteri yang ikut masuk kedalam botol. 

Proses steril itu perlu atau engga sih? 
Kalau menurut saya sih, perlu enggak nya itu ya tergantung sama kondisi air ditempat kita tinggal. Jika airnya sudah aman maka saya rasa gak perlu deh, tapi beda sih gimana kebiasaan juga. Tapi kadang kita was - was ya? Jadi ya sudah kalau was - was sterilisasikan saja dulu biar aman, insya allah. 

Gimana nih cara membersihkan botol susu yang benar?

Buat membersihkan botol, bu ibu siapkan dulu air hangat, sabun cuci botol dan juga sikat khusus yang akan digunakan untuk membersihkan botol. Sudah ready semuanya? Oke, mari kita membersihkan botol susunya dengan tahapan sebagai berikut :

Bilas botol , nipple dan perlengkapan botol susu lainnya menggunakan air panas 
Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan, yaitu membilas botol susu menggunakan air panas. Kenapa ini dilakukan? Supaya sisa susu yang nempel bisa dengan mudahnya hilang dan nanti ketika dicuci juga jadinya mudah. Saya sih biasanya mengocok - ngocok botol beberapa saat menggunakan air panas supaya semua bekas susu hilang dan luruh sebelum dicuci.

 Kemudian tambahkan sabun dan bilas menggunakan air mengalir
Saya sih gak sembarangan membersihkan botol atau peralatan makan minum anak, saya menggunakan sabun pencuci khusus. Saya menggunakan Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser yang mana formulanya tuh aman buat anak dan juga bisa membersihkan semua peralatan bayi dan anak, bukan hanya botol susu saja tapi buat peralatan makan dan mainan anak juga loh.


Setelah menggunakan air panas, saya biasanya langsung mencucinya dengan menggunakan Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser ini sampai bersih. Kemudian bilas dengan menggunakan air mengalir sampai bersih. Sampai botol atau peralatan makan minum yang dicuci itu kesat dan benar - benar bersih.

 Sterilkan atau keringkan secara alami
Ini sih bebas, bisa dipilih. Kalau ada mesin buat steril ya bisa digunakan, atau bisa langsung saja keringkan secara alami. Kalau saya ada rak khusus buat mengeringkannya, sebelumnya saya lap dulu dengan tisu atau kain bersih yang khusus, supaya kebersihannya tetap terjaga.


Kenapa sih harus sedetail itu membersihkan botol susu atau peralatan makan minum anak?

Karena kan anak - anak itu sistem imun nya tuh belum bener - bener sempurna, jadi jika botol susu atau peralatan makan minumnya kurang bersih maka akan rentan terkena penyakit yang bersumber dari kuman atau bakteri.


Makanya, untuk kebersihan botol susu, peralatan makan dan minum anak dan mainan anak saya tuh percayakan banget sama Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser dan saya juga rekomendasikan untuk temen - temen buat menggunakannya. Kenapa? Karena Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser ini tuh sudah lengkap dengan formula 8 protections yang mana solusi banget buat perlindungan anak loh. Nah apa saja tuh 8 Protections itu? Ini saya jelasin yaa.


1. FOOD GRADE . Semua bahan yang digunakan adalah bahan - bahan yang sudah tersertifikasi setara dengan makanan, sehingga jika tertelan pun masih aman.

2. NATURAL ANTI BACTERIAL. Mengandung bahan alami yang juga mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal pada peralatan makan minum , botol susu dan perlengkapan anak lainnya.

3. STAIN REMOVAL . Kandungannya mampu membersihkan noda yang menempel, membersihkan sisa lemak dan juga bau yang tidak sedap pada peralatan makan minum anak atau botol susu serta perlengkapan lainnya.

4. HYPOALLERGENIC. Bahan yang dipergunakan adalah bahan yang tidak memicu timbulnya iritasi pada kulit, jadi aman.

5. DERMATOLOGICALLY TESTED . Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser  adalah sabun pencuci botol khusus yang sudah teruji secara klinis.

6. MICROBIOLOGICAL TESTED.  Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser ini sudah teruji secara efektif juga dalam membunuh mikro - organisme yang berbahaya.

7. HIGH QUALITY CONCENTRATE. Ga usah banyak - banyak menggunakan Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser  ini, karena sedikit saja botol susu dan perlengkapan bayi lainnya sudah bersih dan terlindungi dari bakteri & kuman.

8. PARABEN FREE. Sleek Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser ini adalah sabun pencuci khusus yang tidak mengandung paraben alias paraben free, tidak mengandung bahan pengawet lainnya juga. Jadi aman banget buat anak. Jadi ini adalah salah satu produk bayi yang aman yah, digunakan untuk mencuci perlengkapan bayi dan pembersih botol.



Alhamdulillah yah, lega sekarang. Ada yang bener - bener bisa melindungi si kecil di 1000 hari perlindungannya. Thanks Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser



Kalau menurut temen - temen gimana? Penting juga kan memperhatikan kebersihan botol susu dan peralatan makan minum anak? Sharing yuk!




With love,


Tian lustiana 













You Might Also Like

192 Comments

  1. Sleek memang terpercaya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan alat makan dan minum anak ya, saya juga make sleek sejak anak pertama dulu.
    Bikin nggak was-was, secara anak saya agak sensitif pencernaannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah aman ya insya allah kalau ada Sleek.

      Hapus
    2. Betul Mba, sejak pakai sleek jadi lebih plong, nyuci perlengkapan anak pun nggak ribet, karena ampuh banget melarutkan bekas susu di botolnya.
      Biasanya lemak susu kan agak susah bersihnya yang mana malah jadi sarang bakteri :)

      Hapus
    3. Aku dulu gak tahu dengan produk semacam Sleek ini. Kirain semua pembersih sama. Untung deh pas anak ke-4 tahu. Jadinya masih sempat beralih ke Sleek ini.

      Hapus
  2. memang ya peralatan anak hrs benar2 bersih dan butuh pembersih yang top

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jangan asal - asalan juga membersihkan peralatan makan minum anak,biar sehat selalu.

      Hapus
  3. pengalamanku memakai Sleek untuk cuci botol susu dan cuci bajunya anakku di awal tahun 2011 berasa kok higienisnya, jadi tenang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah, jadinya tenang yah soalnya memang membersihkan sampe higienis .

      Hapus
  4. Ngeri banget ya teh padahal menurut orang-orang sepele tapi dampaknya luar biasa banget ini, btw di rumah aku stock sleek banyak hehehe karena selain buat bersihin tempat minum rayi juga buat bersihin breast pump hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang hal yang dianggap sepele itu dampaknya bisa jadi besar yah teh Herva.

      Hapus
  5. Sepakat Mbak, penting banget memang perlindungan alat makan, botol susu terhadap kuman. Jadi tenang ada Sleek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah, yang yang pasti jangan tunda - tunda nyuci botol bekas susu anak yah

      Hapus
  6. Wah, saya belum menikah dan memiliki anak . Terimakasih ya mbaa atas artikel jadi tau eh nanti kalau sudah menikah dan memiliki anak harus menggunakan produk apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, belajar dari sekarang ya mbak hehe.

      Hapus
  7. Sleek ini jadi andalan aku juga untuk bersihin perlengkapan anak anak pas mereka kecil. Wanginya suka dan bilasnya cpet krn ga licin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, saya juga suka bilasnya cepet dan gak pake licin memang.

      Hapus
  8. Waahh, aku juga pake ini mba buat si kecil malah masih bayi merah juga botol susuya d bersihkan pake ini,sampe saat ini bahkan skrg udh ada 8 proteksi ya keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah makin lengkap saja , ada 8 proteksi nya nih sekarang, ibu makin tenang deh.

      Hapus
  9. Sebagai orangtua aku seneng banget saat ini produk produk perlengkapan baby sangat konsen terhadap kesehatan, karena bagaimanapun juga kita harus memberikan perlingungan yang maksimal untuk anak anak.. karena masa depan negara kita ada ditangan anak anak kita sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mulai dari peralatan makan dan minum anak yang bersih supaya kesehatannya inya allah terjamin ya mbak.

      Hapus
  10. Saya dulu juga pernah lalai mbak, karena punya beberapa botol susu, kalau malam selesai si bocah minum susu, botolnya nggak langsung di cuci. Alasannya udah ngantuk berat, lagian masih ada botol yang bersih. pas pagi, baru deh kelimpungan saat si kecil minta minum susu, botol kotor semua.

    Emang kebersihan peralatan makan minum bayi itu harus di jaga dengan ketat ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang kalau udah ngantuk suka males nyucinya huhuh padahal ga boleh ya ditunda - tunda gitu.

      Hapus
  11. Dulu pas Azril kecil saya suka menunda nyuci botol karena malas, capek, hehe akibatnya botol susu jadi kotor dan susah buat dibersihinnya lagi. Nyesel karena menunda bersih-bersih. Saya juga pakai Sleek baby cleanser di rumah buat perlengkapan makan dan minum anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya aja pernah melakukan itu huhuhu nyesel memang udahnya teh.

      Hapus
  12. MAsyaAllah mba sehat selalu ya anaknya. akupun sejak anak lahir pakai rangkain dari sleek, kualitas terjamin dan banyak direkomendasikan ibu lainnya.

    BalasHapus
  13. Mom, nanya dong. Kalau sudah dibasuh bersih gini, perlu dibasuh lagi dengan air panas/hangat ngga yah?
    Penasaran aja akutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau dibilas lagi denganair hangat juga bisa kok, lebih bersih insya allah .

      Hapus
  14. Asik ini bisa menjadi sahabat Mamak2 yang punya anak kecil, prodk yang bener - bener bisa melindungi si kecil di 1000 hari perlindungannya seperti Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah jadi bener - bener melindungi nih, tenang hati deh.

      Hapus
  15. Kebersihan perlengkapan makan dan minum anak, sangat penting menurut saya. Terlebih karena anak pertama saya dulu pernah dirawat di RS karena muntaber, makanya saya selalu memilih pembersih terbaik dan aman untuk perlengkapan makan dan minum anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadinya takut yah huhuh, masalah kebersihan ini harus diutamakan banget

      Hapus
  16. Iya banget, 1000 hari pertama anak itu krusial banget deh. Ya gizinya, ya rangsangan tumbuh kembangnya, ya kesehatannya. Kalo salah satu gak bagus, akan sangat disayangkan. Anak bisa gak tumbuh optimal. Untung banget ya, untuk kesehatan dan kebersihan alat-alat makan dan minumnya, kini ada pembersih khusus. Jadinya bisa bersih dari kumah, tapi tetep aman karena bebas dari zat kimia yang bahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa alhamdulillah ada pembersih khusus yang insya allah aman dan membersihkan dengan lebih baik ya teh.

      Hapus
  17. I see mom. Kalo ngga bersih emang rentang banget terkena diare. Dan intinya kudu gercep, pas botol Kotor segera dicuci. Kalo aku at least direndam air sabun dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang harus gercep, jangan ditunda - tunda yah.

      Hapus
  18. Tidak hanya deterjen, Sleek juga punya Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser yaa.. ada refillnya juga lagi ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Sleek tuh lengkap banget yah, alhamdulillah

      Hapus
  19. belum banyak yang tahu ya kandungan paraben free itu tidak perlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, sejak dalam kandungan hingga menapaki masa penting dalam usia tumbuh kembang.

      Formulasi alami Sleek pasti telah teruji secara klinis dan sukses meraih penghargaan sebagai produk perawatan bayi berkualitas yang tepercaya. SLEEK membantu setiap ibu dalam menjaga higienitas agar sang buah hati tetap terlindungi dari kuman penyakit

      Hapus
  20. hiii botol susu anak jd sarang kuman kalau kita gak langsung membersihkannya ya. jangan sampai gara2 botol kurang bersih, anak jd kena penyakit. pakai pembersih dengan 8 proteksi saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa kebayang yah kumannya banyak ih, kasian anak jadinya kalau botol kurang bersih, jadinya bisa sakit.

      Hapus
  21. Sleek selalu ada nih di dekat sink dapur kami. Soalnya sisa lemak susu bakal hilang lenyap kalau dikasih Sleek. Aman rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul lemak susu sirna nih pakai Sleek, senangnya.

      Hapus
  22. Q suka dengan bau sleek yg tidak strong tapi ampuh membunh bakteri susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya senengnya yah ada yang bisa membunuh bakteri & kuman di botol susu anak/

      Hapus
  23. Mantep ahh bu, tercerahkan. Terima kasih tulisannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih sudah berkunjung.

      Hapus
  24. Sleek ini andalan keluargaku juga mbak. Udah pakai sejak adekku kecil dan sampai sekarang juga tetap pakai meskipun gak ada bayi lagi di rumah🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, anakku yang besar juga peralatan makan minumnya masih pakai Sleek pembersihnya.

      Hapus
  25. wah aku pasti pake sleek ini deh kalo mulai ada anak yg butuh minum susu pake botol terus hehe.. soalnya aku emg ga tau knp percayanya sama merk ini karena udah banyak bu ibu yg pake haha.. aku mah gitu orangnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, saya juga gitu percaya sama brand yang sudah banyak dipercaya bu ibu hehe. Insya allah aman yah.

      Hapus
  26. Wah terima kasih mbak buat infonya. Ternyata emang buat membersihkan peralatan bayi gak bisa sembarangan ya. Sleek bisa jadi andalan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah yah sekarang ada yang bisa diandalkan untuk membersihkan bekas susu atau membersihkan peralatan makan & minum anak.

      Hapus
  27. Sleek ini sering banget sih liat aku buat dipake buat jadi pembersih botol. Tapi emang sih botol minum buat bayi ini harus bener-bener steril biar bayinya tidak kenapa-kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau untuk botol susu, peralatan makan & minum anak harus higienis dan aman.

      Hapus
  28. 8 proteksi Sleek Baby memang juwara ya. Karena memang kita mesti hati-hati dengan kebersihan peralatan baby ini. Pilih Sleek memang pas nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, harus hati - hati kalau soal kebersihan peralatan baby.

      Hapus
  29. Kalo untuk menjaga kebersihan perlengkapan dan peralatan bayi emang ga bisa disepelekan ya Teh. harus dengan cara yang benar dan pastinya harus pake produk yang tepat pula. Sleek udah terkenal dengan kualitasnya yang bagus nih dari dulu ya Teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, jangan disepelekan. Bahaya akibatnya.

      Hapus
  30. Aku pernah tanya ke adik perempuan ku, gimana caranya memilih produk untuk peralatan anaknya.
    Yang pertama, hal yang paling mendasar dilakukan cek tanggal kadaluarsa dan k2 food grade.

    Itu ia lakukan bukan apa-apa, yang namanya untuk anak harus serba teliti mengingat sistem imun nya belum sekuat kita orang dewasa.
    Makanya selalu percayakan produk sleek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pokoknya harus higienis dan bersih selalu.

      Hapus
  31. Demi kesehatan anak, emang harus diperhatikan banget deh sabun pencucinya. Ga boleh sembarangan. Harus yang memenuhi standar food grade dan aman bagi kesehatan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya wajib banget ya memperhatikan kebersihannya, jadi harus gunakan pencuci yang food grade.

      Hapus
  32. jd caranya dikasih air panas dulu ya biar lemak susu ilang. siap, bakal saya contek. selama ini saya cm bilas dulu pakai air keran baru deh dikasih sabun, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar lemak bekas susunya hilang dan baunya juga hilang.

      Hapus
  33. tentang 1000 hari perlindungan ini dimulai dengan memastikan bahwa apa yang dipakai oleh anak-anak kita ini aman ya seperti botol susu dan juga peralatan makan minum untuk anak-anak ya teh

    BalasHapus
  34. Aku pribadi belum jadi ibu, bahkan jadi istri pun juga belum hehe. Tapi pas baca artikel kakak aku jadi banyak taunya plus jadi belajar juga pas nanti kelak aku udah punya baby hihibi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun belum jadi ibu harus banyak belajar ya jadi nanti pas sudah ada anak dan menjadi ibu sudah biasa.

      Hapus
  35. Menjaga kebersihan botol minuman untuk buah hati, terutama 1000 hari pertama memang penting banget. Anak harus terhindar dan bakteti, kuman, dan penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, anak harus dipastikan terhindar dari bakteri dan kuman - kuman.

      Hapus
  36. Saudaraku ada yang pakai nih, busanya ga terlalu banyak ya ternya. Itu cukup bagus karena tidak mengandung detergen tinggi yang bahkan kurang cocok utk membersihkan peralatan makan bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cocok banget buat membersihkan peralatan dan perlengkapan bayi.

      Hapus
  37. 1000 hari pertama itu penting buat perkembangan anak. Memang kebersihan terutama botol Susu perlu diperhatikan. Sleek ini kandungannya bagus, ya. Jadi enggak khawatir lagi soal kebersihan buat anak. Bisa buat cuci baju juga ya kalau enggak Salah produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buat cuci pakaian juga ada kok. Lengkap.

      Hapus
  38. Bener banget jangan deh nunda-nunda nyuci botol susu anak, selain berbahaya karena mendatangkan kuman juga jadinya botol berbau yang susah hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu pas anak-anak masih kecil, aku paling strict urusan cuci mencuci botol susu gini. Selalu harus langsung dicuci bersih dan disterilkan dari kuman. Riskan soalnya ya kalau botol atau tempat makan anak-anak jadi tempat hinggapnya berbagai kuman akibat tidak segera dibersihkan.

      Hapus
    2. Iya kalau sudah bau susah hilang memang.

      Hapus
  39. Penting sekali untuk menjaga kebersihan peralatan makan dan minum bagi baby ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anakku yang besar juga masih pakai ini nih buat nyuci peralatan makan dan minumnya.

      Hapus
  40. Ternyata mudah banget ya Mba bersihin make sleek ini
    adek jadi terawat juga kebersihannya untuk botol susunya
    catet ah, brand ini.Biar ntar kalo ada anak ga bingung lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selain mudah juga jadinya lebih bersih dan higienis.

      Hapus
  41. Ih beneran serem bangets yah. Mudah-mudahan aku gak males dan gak nunda-nunda cuci botol bayi di masa depan nanti. Eh, Marwah punya ade yah?

    BalasHapus
  42. Ternyata ada tahapan kita saat membersihkan botol susu. Perlu alat steril atau bak khusus mengeringkan botl susu. Kirain taruh di rak cuci piring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada proses mengeringkannya, bisa juga sih ditaruh di rak cuci piring biasa juga tapi harus dipastikan bersih dan steril.

      Hapus
  43. 1000 hari pertama akan membuat imun si anak lebih kuat sehingga pertumbuhan optimal

    BalasHapus
  44. Setuju banget mbak! Kebersihan peralatan makanan anak emang perlu dijaga. Fyi, waktu si teteh pake sufor dan dedek minum asip sleek adalah andalan. Aku bawa ke Bali jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemana - mana harus bawa yah biar tenang.

      Hapus
  45. Btw, aku Alhamdulillah pernah pake produk ini waktu anak bungsu masih balita. Bikin tenang deh

    BalasHapus
  46. Bekas susu ini memang mudah terkontaminasi, itulah kenapa alatnya harus bersih. Duu pernah juga nyuci botol susu kosong dilamain baunya acemmm, segera direndem air panas & dibilas air panas beberapa kali. Gak lupa pakai Sleek, alhamdulillah aman, anak ga kenapa kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus bersih dan jangan asal - asalan yah.

      Hapus
  47. Botol susu anak memang harus terjaga kebersihannya ya Ceu, apalagi bagian dot nya. Biar gak jadi sarang kuman juga karena mungkin aja ada endapan sisa susu

    BalasHapus
  48. Kalau menurut saya Sleek baby ini memang produk yang paling aman buat bersihin perlengakapan bayi. Pokoknya benar-benar terpercaya deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah ada yang terpercaya yah

      Hapus
  49. Saya sih masih pakai alat steril dot hingga saat ini, tapi tetap saja saya memakai pembersih dot yg anti bakteri, biar yakin bersihnya ya

    BalasHapus
  50. Mencuci botol-botol bayi dengan air panas memang sangat membantu untuk mengurangi bakteri atau virus yang dapat hinggap dan menempel ke makanan bayi.

    BalasHapus
  51. aku juga dulu waktu anakku masih menggunakan dot selalu menggunakan Sleek Baby untuk bersihin botol dotnya. Apalagi kalau sedang traveling keluar kota, ini tuh gampang banget dicarinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa memudahkan yah dan yang pasti bikin tenang.

      Hapus
  52. Memang bahaya banget kalau alat makan terlebih botol susu buat baby kurang bersih. Bisa mengundang aneka bakteri dan penyakit. Untung sekarang ada sleek pembersih khusus untuk botol bayi ya, jadi aman dan praktis

    BalasHapus
  53. Aku dirumah sabun cuci tangan pake sleek juga.. Soalnya emang enak banget wanginya dan bersih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bersihnya total bebas dari bakteri dna kuman.

      Hapus
  54. Aku pakek Sleek ini untuk seluruh peralatan makan anak-anak. Baik anak pertama maupun kedua. Sekarang pun masih sering beli untuk nyuci botol minum mereka. Udah terlanjur nyaman dan merasa aman aja. Jadi kurang nyaman kalau ganti pembersih lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sampe sekarang saya masih pakai buat botol minum anak yang besar, biar aman.

      Hapus
  55. Kalau ada anak batita yang pencernaannya eror, mungkin bukan karena salah makan, tapi bisa jadi ga cermat membersihkan botolnya ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi teh, karena kebersihan gini yang paling utama dan ngaruh ke pencernaan juga.

      Hapus
  56. Anak aku jg pakai sleek mba. Karena bener2 food grade n gak bikin worried. Apalagi sekarang dia lagi fase oral. Semuanya harus dibersihkan pakai sleek

    BalasHapus
  57. Sleek teepercaya dan ampuh buat kebersihan perlengkapan si kecil ya mbak. Ga boleh main2 deh buat anak pokoknya. Cukup pakai produk Sleek aja buat mgebersihinnya
    Semoga sehat selalu anaknya ya mbak 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya , buat anak harus semua diperhatikan yah

      Hapus
  58. Sisa Asi yang udah basi tuh baunya nggak enak banget. Kadang kalau nunda nyuci botol terus kesel sendiri karena bekas baunya nggak ilang ilang. Memang kudu pake sabun cuci khusus kaya Sleek ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya suka bau asem gitu, ga enak baunya dan suka nempel/

      Hapus
  59. Penting bngt ya menjaga kebersihan peralatan baby selain tentunya nutrisi Dan sleek,formula yg Aman jd cocok banget ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi cocok yah, yang penting aman untuk kesehatan anak.

      Hapus
  60. Aku juga suka mengeringkan secara alami sih mbak kalau nyuci botol bayi tapi kalau pas mau dipakai tetep aku steril juga pakai sterilizer. Penting sekali sih menjaga kebersihan alat2 bayi supaya bebas penyakit khususnya penyakit pencernaan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penting banget memang menjaga kebersihan peralatan makan & minum anak itu yah.

      Hapus
  61. Di rumah, saya juga memakai produk Sleek Baby ini untuk mencuci mainan anak yang terbuat dari plastik. Karena sering khawatir mainan yang sudah berserakan di lantai, dimasukkan juga ke mulutnya. Khawatir diare.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mainan anak juga lebih bersih ya dicuci sama Sleek ini.

      Hapus
  62. Tos!! Aku pun pake sleek pembersih dr raya bayi sampe sha2 skrg, aman & gampang bgt di cari karena dijual dimana2.. apalagi skrg udah ada formula baru dgn 8 proteksi, keren bgt lah sleek mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya formula barunya bikin tambah yakin sama Sleek yah

      Hapus
  63. Noted buat tips mencuci botol bayinya teh. Kepakelah ntar buat aku kalau udah punya anak. Jangan lupa pakai Sleek baby aja pokoknya. Sementara sekarang masih cuci dot susunya anak kucing nih yang ditinggal Ibunya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh kasian anak kucingnya ditinggal ibunya.

      Hapus
  64. Iya, nih, Teh. Setuju sekali, karena balita itu rentan sekali, ya, terhadap bakteri-bakteri. Jadi musti lebih aware dengan peralatan yang dipakai yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rentan banget jadi memng masalah kebersihannya harus diperhatikan banget yah

      Hapus
  65. Aku juga selalu ada neh mbak sleek pembersih botol walaupun anak udah ngak minum susu lagi. Buat bersihin kuas make up sampai botol minum juga masih jadi andalan aku banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pokoknya terbaik deh buat membersihkan apapun juga yah hehe

      Hapus
  66. Buat anak memang kita jngan coba2 y moms cari produk yang ramah terhadap anak artinya aman kandungannya buat sabun pembersih alat makan ya Sleek yang tepat

    BalasHapus
  67. Membersihkan perlengkapan bayi udah wajib dehh hukumnya .daripada terkespos bakteri, kuman, mending dicegah lah

    BalasHapus
  68. Saat anak2 msh minum asip dan mpasi, aku juga cuci peralatannya dgn sleek..
    Lebih aman dan higenis

    BalasHapus
  69. Janagn main - main memang ya mba dengan kebersihan perlengkapan anak - anak .. soalnya bahaya kaau tidak terjaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, harus ekstra banget diperhatikannya yah.

      Hapus
  70. 1000 hari pertama sangat anak emang sangat penting sekali mendapatkan perhatian ekstra, salah satunya adalah tentang kebersihan alat makan yang bisanya terabaikan, makannya udah sehat tapi alat makannya tanpa sepengetahuan kita masih banyak kuman tak terlihat. Makanya aku seneng banget karena Sleek memperhatikan itu.

    BalasHapus
  71. Slekk memang aman banget yaa moms buat peralatan anak2 food grade aku jga pakai loh ..

    BalasHapus
  72. Aku pake Sleek juga teh, dari fatih masih bayi. 8 proteksi nya bikin aku tenang kalau cuci pake ini. Eh tapi aku kebalik ya, cuci pake sabun dulu trus baru pake air panas ehehe.

    BalasHapus
  73. Samaan dengan aku di rumah mba Tian.
    Aku pun memakai sleek untuk pembersih perlengkapan bayi dan anak ku ..

    1000 hari pertama memang paling krusial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadinya memang harus lebih perhatian yah

      Hapus
  74. Sleek emang didesign buat bayi dan anak yaa jadi pasti bersih dan aman buat bayi dan anak.. secara mereka lebih sensitif yaa dibanding orang dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt... Makanya kudu hati hati yaa, takut malah ga aman buat bayi
      Sleek memang ok

      Hapus
  75. Waah aku taunya sleek untuk cuci baju ternyata ada jg untuk cuci botol hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lengkap kalau sekarang hehe, semua ada.

      Hapus
  76. penting banget! aku pake sleek juga, disaat anakku dari new born sampe toodler hehehe

    BalasHapus
  77. Botol susu memang harus dibersihkan, apalagi buat adik bayi yang sensitif. Tulisan yang bermanfaat, Mbak... semoga saya disegerakan menikah dan punya adik bayi. Amiiin

    BalasHapus
  78. Sleek emang pembersih dot favorit yaaa, aku juga pake ini dari mulai bersiin barang barang anak pertamaku, sampe yang kedua pun masih hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih tenang yah kalau bersihin pakai Sleek ini.

      Hapus
  79. Tahu bahayanya enggak lagi deh nunda-nunda nyuci botol susu bayi...Jadi tempat bersarangnya bakteri. hiiii. Untung ada Sleek dengan 8 proteksi yang melindungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa jangan sampai botol susu anak jadi sarang bakteri, ih serem

      Hapus
  80. dari dulu sleek andalan banget nih teh, bikin perlengkapan makan minum si kecil aman deh dari kuman dan bakteri, apalagi baby kan suka sensitif kalau peralatannya kurang bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bayi memang sensitif yah jadinya kita harus perhatian termasuk untuk urusan perlengkapan makan minumnya yah.

      Hapus
  81. Sepakat. Jangan sampai si kecil kena diare gara2 botol atau peralatan makannya ga bersih hiks nanti nyesel

    BalasHapus
  82. Kalau aku, pakai deterjen sleek untuk anakku. Bagus deh, bajunya jadi wangi

    BalasHapus
  83. Aku juga pakai Sleek ini untuk membersihkan berbagai perlengkapan si kecil mbak. Apalagi memang mengandung 8 proteksi agar perlengkapan si kecil tetap aman dari berbagai kuman dan bakteri.

    BalasHapus
  84. Dari anak pertama sudah setia sama Sleek ini! bahkan ini anakku sdh 2 tahun pun bebersih alat makan, botol minumnya, sedotannya semua masih pakai Sleek. Anak kedua juga masih akan setia sama Sleek :)

    BalasHapus
  85. Oh Sleek ngga hanya sabun tapi juga bottle dan perlengkapan bayi lain.
    Sehingga tahu kebutuhan baby ya?

    BalasHapus
  86. Menurut pengalamanku sleek emang produk clenser buat baby yang paling teruji dan bisa diandalakn. Karena penting banget ngejaga semua kebersihan barang barang bayi. Apalagi botol minum dan nipplenya. Itu vital banget kan langsung ke mulut. Kebersihannya auto wajib diperhatiin

    BalasHapus
  87. Menjaga botol susu tetap bersih sesikit tricky mmg ya mbak. Apalagi bagian2 yang nyelip dan susah dijangkau. Selain sedia Sleek, juga kudu sedia alat pembersih yg ampuh

    BalasHapus
  88. Memang perlu banget menjaga kebersihan botol susu anak. Baru tadi malam ngebahas ini di rumah, dimulai dari ngebahas susu buat bayi kucing yang baru diadopsi dari jalanan.

    BalasHapus
  89. Sleek ini sudah terpercaya banget ya untuk membersihkan perlengkapan baby. Secara pencernaan baby memang masih rentan terhadap berbagai penyakit, jadi sudah jadi keharusan untuk memperhatikan betul kebersihan alat makan.

    BalasHapus
  90. aku juga pakai ini teh pas ming xia kecil, malah buat cuci buah dan sayur juga karena formulanya aman :)

    BalasHapus
  91. Aku seneng banget ada produk Sleek ini teh Tian, jadi gak was-was pas membersihkan peralatan makan dan minum punya ponakan. Soalnya aman kan, dan seneng banget bebas dari paraben sabunnya :)

    BalasHapus
  92. Sleek ini aku suka juga make. Wanginya soft. Cocoklah untuk nyuci perangkat bayi sehari-hari. Keset juga setelah dibilas, jadi berasa yakin banget bersihnya.

    BalasHapus
  93. Sleek memmang solusi tepat untuk membersihkan peralatan anak dan bayu

    BalasHapus
  94. Cuci botol anak emang gak bisa asal asalan ya kak dan sleek ini emang juaranya deh dalam membersihkan botol susu bayi

    BalasHapus
  95. Sleek! pembersih favoritku wkt anak-anak masih bayiii...baik buat wadah maupun baju, sukaaa, wanginya juga lembuuutt bau bayi terus, hehe. The BEst pokoknya sleek!

    BalasHapus
  96. Pembersih botol susu andalanku nih. Aku juga pakai ini lho sekarang 😊

    BalasHapus
  97. Bener nih, kalau punya bayi segala sesuatunyabharus diperhatikan dengan baik. Terutama kebersihan botol susunya. Gak mau deh anak sakit gegara kita asal-asalan dalam mencuci botol susunya. Sleek ini aman banget untuk bayi.

    BalasHapus
  98. sleek yang biasa aku pakai juga nih soalnya kalo bibi dirumah yang nyuci sih gpp merk lain kalo aku yang nyuci mjusti pake slee doang nih yang cocok dikulit

    BalasHapus
  99. memang kalau untuk bayi harus khusus yah ga cuman untuk baju tapi untuk kebersihan botol juga harus dijaga yah

    BalasHapus
  100. kalau pakai sleek berasa lebih aman ya, mbak jadinya soalnya formulanya memang khusus untuk membersihkan peralatan bayi

    BalasHapus
  101. ini aku pake buat perlengkapan dapur lain bisa ga sih kaa? soalnya dirumahku gaada bayi taapi pengen steril aja gitu haha

    BalasHapus
  102. Aku juga pake sleek ini mba, selain desain packagingnya yang lucuk, wanginya juga khas banget , anak2 aja suka :)

    BalasHapus
  103. Sleek..emang favorit. Aku sdh pakai 6tahun mba. Walau sekarang anak ku sdh besar, tetap aku cuci botol tempat minum dan makan mereka pakai Sleek

    BalasHapus
  104. Kebersihan botol terutama buat susu itu penting banget. Jangan sampai ga bersih jadi diare. Ya Allah kasian deh. Aku juga pakai sleek loh Mba.

    BalasHapus
  105. waaah.. ngebersihin peralatan anak ternyata butuh treatment ekstra ya mba. Tapi kakak ipar aku juga pakai sleek. Emang bagus bgt katanya

    BalasHapus
  106. Penting banget ya ternyata buat ga nunda-nunda bersihkan botol di dedek. Tapi bayi saya masih asix, mungkin beberapa bulan lagi udah mulai bersih2 botol dan piring makanan bayi. Saya ikuti deh ntr tipsnya. Makasih sharingnya

    BalasHapus
  107. Rina UmaraishaFebruari 05, 2020

    Saya selalu suka wanginya sleek mom. Waktu saya hamil anak pertama, pas menuju due date, tiap malem saya nyicil nyuciin baju2 dan perlengkapan bayi. Masyaalloh, seneng banget dg perasaan saat itu, ditambah wanginya sleek yang lembut, bayi banget, bikin syaa ga sabar ketemu dg bayi saya :)

    BalasHapus
  108. jujur akubaru tau kalau cuci peralatan bayi itu harus pake peralatan khusus, sampai akhirnya aku tau di indo salah satu produk yg bagus untuk itu sleek :") ternyata emang beneran oke ya mba

    BalasHapus
  109. Aku suka pakai Sleek Baby untuk mencuci botol bayi, soalnya tak adeu bau-bau tak sedap lagi. Begitu kena Sleek Baby dot langsung bau segar dan bersih dari lemak susu. Baby jadi nggak gampang sakit diare/muntah-muntah.

    BalasHapus
  110. Membersihkan botol susu anak memang butuh dilakukan segera. Yes benar kalau nggak segera dibersihkan akan menyebabkan kuman, bakteri, dll. Aku juga nenbersihkan botol atau peralatan makan anak menggunakan sleek karena memang pas dan cocok. Yang penting itu sleek tidak terlalu wangi

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut