Bandung - Yogyakarta Menggunakan Kereta Api Malabar

Bismillah,

Perjalanan Bandung - Yogyakarta dengan menggunakan Kereta Api Malabar. Perjalanan ke Yogyakarta ini sudah saya rencanakan dari beberapa bulan lalu. Awalnya mau pesan tiket Kereta Api Kahuripan yang murah meriah itu loh, namun ketika mau booking selalu full booked, katanya harus pesan maksimal 30 hari sebelum hari keberangkatan, tapi tetap saja, full booked. jadilah kami memesan Kereta Api Malabar seharga 225ribu. Berangkat pukul 15.57 dan sampai ke Yogyakarta itu sekitaran pukul 00.00 malam.

Karena sebelumnya saya belum pernah naik kereta api, jadi saya pikir Kereta Api Malabar ini nyaman lah untuk perjalanan selama kurang lebih 8 jam ini. Ternyata oh ternyata gengs, tempat duduk Kereta Api Malabar ini berhadapan, ada yang enam orang ada yang empat orang. ya mirip sama kereta ekonomi biasa yang 80ribuan. Bedanya kalau yang Malabar Ekonomi ini tuh ada AC dan kursinya memang lebih empuk. Jadi ya sudahlah nikmati saja hehhe.

Karena perjalanan masih sore, jadi pemandangan masih terlihat jelas. Neng Marwah memilih duduk didekat jendela untuk melihat pemandangan. Sesekali dia berdecak kagum sambil bilang "Masya Allah bu, indah banget yah!". Matanya terpesona oleh hamparan sawah dan pegunungan yang indah sepanjang jalan, dia mulai lupa bete nya tadi. Dia bete karena posisi duduk kami berhadapan dengan orang lain, hehe. Tapi alhamdulillah sepanjang jalan neng Marwah senang sekali.

Perjalanan Bandung - Yogyakarta memakan waktu kurang lebih 8 jam. Kereta Api yang kami tumpangi mengalami delay selama 34 menit, jadi harusnya kami sampai pukul 12 malam, jadi pukul setengah 1 malam.

Dalam kereta ekonomi ini pun ada penyewaan bantal, kami tidak sewa karena neng Marwah membawa bantal leher, jadi kami rasa itu cukup. Ada juga yang jualan (tim Restoran KeretaApi) yang menawarkan makanan dan minuman. Ada nasi goreng, bistik, nasi rames, ayam geprek, aneka snack, kopi, cokelat dan lainnya. Saya dan Gina memesan nasi goreng seharga 38rb, neng Marwah memesan bistik seharga 58rb, padahal awalnya kami sudah merencanakan ingin makan di restorannya, namun apa daya restoran ekonomi beda dengan restoran kereta lain wkwkkw, jadi kami makan di kursi saja. Neng Marwah memesan cokelat panas juga seharga 13rb, untuk air mineral itu 6ribu.

Nasi gorengnya enak?
Lumayan lah, tapi untuk harga 38ribu sih ga enak. Karena lapar jadi habis. Namun untuk bistiknya sama sekali ga enak, mahal ga enak pula. Steak nya kayak nugget sapi, kurang enak. Saus nya juga ga enak, hanya sayurannya saja dan kentang yang enak.

Dari stasiun kiaracondong, kami pun melalui beberapa stasiun sebelum akhirnya tiba di stasiun Yogyakarta, diantaranya itu kami berkali - kali berhenti beberapa stasiun untuk menanti penumpang selanjutnya yang akan ikut serta. Inilah beberapa stasiun yang kami lewati ketika hendak ke Yogyakarta :

1. Cipendeuy
  2. Tasikmalaya
  3. Banjar
  4. Kroya
  5. Gombong
  6. Kebumen
  7. Kutoarjo
  8. Yogyakarta

Ketika Kereta Api Malabar yang kami tumpangi sudah memasuki ke stasiun Kutoarjo, saya , neng Marwah dan Gina mendadak segar dan tidak ngantuk lagi. karena kan sebentar lagi akan segera sampai. Benar saja tak sampai dua jam kami pun akhirnya tiba di stasiun Yogyakarta, pukul 00.34 .

Alhamdulillah, Yogyakarta akhirnya saya bisa menginjakkan kaki disini. Semoga bisa menginjakkan kaki di kota lain, aamiin.
With love,

20 komentar

1. aku juga tahun lalu ke Yogyakarta pakai kereta api teh, walau lama di perjalanan tapi seruuu karena bisa sambil istirahat dan melihat pemandangan

Balasan
    1. Iya lumayan nyaman lah yah meskipun berisik hihihi

Hapus
  2. aku suka banget stasiun kereta di Bandung, rapih ya mba, tapi belum coba naik kereta dari Bandung ke Yogya sih. Semoga bisa ya soon

BalasHapus
  3. Jadi kangen main ke yogya lagi. Dulu naik KA dr jkt-yogya aja makan waktu 11 jam. Pantat uda mati rasa 😂

4. Wah keretaaa.. aku suka banget berpergian ke luar kota dengan transportasi nyaman dari KAI, perjalanan terasa nyaman dan tidak terasa sudah sampai saja

5. aaaakk seru banget, aku juga suka naik kereta, dr jogja ke jakarta, dari bandung jakarta seru aja sambil nikmati suasana

BalasHapus
  6. Oh...ini Neng Marwah lagi liburan sekolahnya, teh?
    Aku kangen juga naik KAI.
    Yang pasti, pengalaman perjalanan selalu menyenangkan bersama orang tersayang.

Salam untuk teh Gina yaa, teh...
    Hihii...masih ingat gak yaa...?

BalasHapus
  7. Seru sekali, kak!! Jadi pengen ke Jogja naek kereta juga deh.. Duhh, makin pengen liburan kan karena postinganmu.. T.T

8. Kangen ih kereta an melintasi Jawa. Liat yg ijo2 dan menikmati perjalanan dg santai. Seru banget ya teh

9. Waah makasih loh Teh udah sharing pengalamannya dari Bandung ke Yogya pake kereta api jadi ada sedikit pencerahannya hehe soalnya aku juga pengen ke Yogya nih pake kereta rencananya akhir tahun nanti

BalasHapus
  10. Walopun cangkeul, ke Jogja naik kereta api itu nyenengin. Duh... jadi kepengen ke sana lagi naik KA. Aku juga ke sana naik Malabar. Bobo aja terus di sepanjang jalan. :))))

11. Uniek KaswargantiAgustus 25, 2019

Baru tau nih ada kereta api Malabar yang melayani rute Bandung-Yogyakarta. INi kayaknya masih menggunakan model kereta api lama yang duduknya masih berbanyak orang gitu.

BalasHapus
  12. Kereta api malabar ini kerrta bisnis kali ya mba, masih ada ga dih kereta bisnis? Ku waktu skul dulu suka naik kereta bisnis atau taksaka ke jogja, tapi kayaknya sekarang kereta bisnis ga ada lagi ya

13. Seru sekali yang Menikmati keindahan alami dan pastinya bisa merasakan perjalanan naik kereta api Malabar ini, aku belum pernah menggunakan kereta api ini

14. Asik ya perjalanan dari Bandung ke Jogja dengan berkereta api, seru yang diliat kebanyakan ijo2an, bisa untuk terapi mata.

BalasHapus
  15. Jadi kangen sama Yogyakarta, awal September aku juga rencana mau kesana dan pengen naik kereta. Jakarta-Bandung juga pernah nih aku beberapa kali menggunakan kereta.

16. Asyik memang perjalanan ke daerah Jawa dengan kereta api ya mbak, aku dulu sering banget naik kereta ke Semarang, Semarang udah punya buntut agak mikir lagi naik kereta karena jarak dan waktu. Lebih .ilih yang cuma kisaran 1-2 jam kalau bawa anak hehe

17. Inilah yang akan membuat kita happy. Perjalanan yang menyenangkan dan perut ke isi dengan menu yang ok

BalasHapus
  18. kalo soal naik kereta, aku yg paling suka nih teh. Apalagi dulu masih d Bdg, kayaknya intensitasnya sering banget buat k Jogja dan aku memang milih pake kereta Malabar

19. Serunya bisa jalan2 ke jogja, ku uda lama ni ga ke jogja, jadi kangen deh pengen main ke jogja lagi beb

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.