Pentingkah Nama Domain Untuk Bisnis?

14.53.00

Bismillah,

Pentingkah nama domain untuk bisnis?
Sebelumnya saya pernah bahas, pentingnya sebuah website untuk bisnis online pada zaman now, nah sekarang saya mau nanya nih sebuah nama domain untuk bisnis itu sama pentingnya gak?



Setelah baca itu, saya jadi mikir bahwa memang betul website untuk sebuah bisnis itu sangat penting dan memiliki banyak manfaat. Jadinya saya kepikiran untuk membangun sebuah website untuk bisnis saya. Tentu saja saya butuh nama domain, ya kan? Nah apakah nama domain untuk bisnis itu penting? Atau biarin asal - asalan juga yang penting ada?



Seperti nama domain blog saya ini menggunakan nama saya sendiri www.tianlustiana.com , maksudnya biar personal branding saya makin kena gitu. Biar orang - orang kenal saya. Sama juga kali ya dengan nama domain untuk bisnis, ingin bisnis saya terkenal juga dong heheh. Makanya karena pentingnya memiliki sebuah website untuk bisnis, nama domain juga penting. Buat temen - temen yang mau memilih nama domain untuk bisnisnya saya punya beberapa tips sederhana nih yang mudah - mudahan bisa diterapkan yah.

Nama domain sebagai branding
Seperti yang saya jelaskan sekilas tadi ya gengs, bahwa nama sebuah domain itu tujuannya sebagai alat branding. Untuk bisnis tentu saja memiliki pengaruh penting untuk memasarkan dan mengembangkan bisnis. Karena nama domain ini adalah branding, maka nama domain harus mudah diingat dan menggambarkan bisnis yang sedang dijalani. Pikirkan nama yang tepat yang sesuai dengan karakter dan bisnis itu sendiri. Domain bisa menjadi identitas sebuah bisnis juga loh.
Jadi pilihlah nama domain yang brandable untuk menunjang bisnis yang dijalani.

Nama domain harus mudah diingat
Jangan bikin nama domain yang bikin orang kesel mengingatnya misalnya nih saya kasi nama website saya " marwahstylefashiononlinepalinglaku.com " kan gimana yah? Kepanjangan bo. Jadi enaknya nih saya bikin aja " marwahstyle.com ", lebih mudah kan mengingatnya? Dan lebih melekat gitu dalam benak. So, buatlah nama domain yang pendek, singkat namun penuh makna. Dan yang paling penting mudah diingat sama konsumen dan calon konsumennya gaes.
Selain nama domain yang mudah diingat, gunakan keyword untuk website bisnis, jadi caranya tuh coba masukkan keyword yang ada hubungannya dengan bisnis yang sedang dijalani kedalam nama domain. Menggunakan keyword pada domain itu bisa membantu SEO website bisnis yang dijalani supaya muncul pada halaman pertama google. Tentu saja ini menguntungkan untuk meningkatkan traffic website.

Research nama domain
Sebelum beli nama domain, pastikan dulu bahwa nama domain untuk bisnis yang kita perlukan ini belum di trademark atau copyright sama bisnis lain. Jangan sampai nama yang sudah di trademark kita jadikan nama domain, bisa kena masalah legal tuh gengs.
Jadi penting ya research dulu sebelum memilih dan beli nama domain.


Jangan menambahkan karakter pada nama domain
Hindari karakter pada nama domain, misalnya"marwah-style.com", menurut para ahli penambahan karakter pada nama domain ini ngaruh sama kekuatan SEO loh, jadi mending ambil amannya saja yah jangan tambahkan karakter apapun pada nama domain.


Sediakan budget untuk perpanjang nama domain
Ini yang paling harus diingat, jangan sampai domain lupa diperpanjang dan expire gaes. Kalau domain expire dan website bisnis kita sedang melambungkan penjualannya tentu ini bakalan ngaruh sama bisnis kan? Makanya buat reminder ketika beli domain, catat kapan tanggal berakhirnya jadi minimal seminggu sebelum sudah kita perpanjang domainnya.


Beli domain di tempat yang terpercaya
Ini penting banget, pilih domain di tempat yang terpercaya. Saya sih belinya di Qwords.com. Kenapa saya rekomendasikan untuk membeli domain di Qwords.com ?
Domain akan langsung aktif
Setelah melakukan pembayaran dan melampirkan persyaratan maka domain akan langsung aktif, kurang lebih 15 menitan lah udah aktif.


Harga domain paling hemat
Untuk harga domain indonesia dan internasional udah paling hemat deh, plus suka ada promo dan diskon untuk ekstensi domain pilihan. Jadi kalau ada yang hemat kenapa pilih yang mahal, ye kan?
Layanan bantuan 24 jam dan fast response pula
Ini yang nyenengin, staf ahli Qwords bakalan membantu kita kalau kesulitan, bantuan tim customer service & technical support ini siap membantu 24jam loh melalui live chat, call center dan support ticket, jadi kalau misalnya gaptek gak bisa pasang domain sendiri, kuy langsung hubungi tim customer service & technical support Qwords.


Itulah gaes beberapa tips sederhana yang bisa saya share yah, tips memilih nama domain untuk melengkapi kebutuhan bisnis. Selalu diingat ya bahwa sebuah domain yang unik dan mudah diingat itu menjadi branding bisnis yang kita jalani.


Baca : PENTINGNYA MEMILIKI WEBSITE UNTUK USAHA ONLINE PADA ZAMAN NOW 



With Love,



You Might Also Like

1 komentar

  1. Jangankan untuk bisnis, untuk blog personal saja domain sangat penting. Saya juga memilih domain yang mudah diingat. Karena nama asli saya agak susah ejaannya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive