Reaching To The Worlds With The Word

Selasa, 30 April 2019

Pantai Madasari Pangandaran, Alternatif Wisata Pantai di Jawa Barat

Bismillah,

Mana suaranya yang sedang butuh asupan vitamin SEA? 
Sama dong, saya pun sedang membutuhkan asupan vitamin sea nih, biar ga terlalu penat otaknya. 

Pantai Madasari Pangandaran kini sudah tidak asing lagi bagi mereka yang mencari alternatif liburan pantai selain Pantai Barat Pangandaran yang sudah lama dikenal. Bagi yang pertama mengunjungi Pantai ini dijamin temen - temen bakalan jatuh hati dan ingin kembali ke Pantai Madasari secepatnya. 


 
Pantai Madasari Pangandaran kadang disebut Bulben atau Bulak Benda. Pantai Madasari menyajikan panorama alam yang spesifik yang dihiasi dengan pulau-pulau kecil berpadu dengan hijaunya dataran Masawah, selain itu Pantai ini juga dihiasi oleh batu-batu karang yang unik dan pantainya yang cukup landai.


Pantai ini menghadirkan panorama alam yang masih alami. Madasari memang masih cukup asli, belum banyak sentuhan yang berarti. Saat ini, destinasi Pantai Madasari masih dikelola oleh masyarakat melalui Pemerintah Desa setempat.


Pada hari-hari biasa, sedikit wisatawan yang datang ke Pantai ini, mungkin karena lokasinya memang jauh dari pusat kota Pangandaran. Wisatawan biasanya ramai pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari-hari libur nasional. Walaupun jumlahnya belum sebanyak wisawatan yang mengunjungi Pantai Barat atau Pantai Timur Pangandaran, namun kunjungan wisatawan ke pantai ini mengalami peningkatan. 


Lokasi dan Rute Menuju Pantai Madasari

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jika  melihat peta, pantai Madasari berada di sebelah selatan Pantai Batu Karas. Jaraknya dari Pantai Batu Karas ke Pantai Madasari sekitar 18,5 km. Jika temen - temen menggunakan kendaraan, hanya butuh  waktu sekitar 30 menit dari Pantai Batu Karas menuju Pantai Madasari.

Di sekeliling objek ditumbuhi dengan pepohonan hijau dengan hamparan dataran, serta di dalamnya ada jalan setapak sehingga temen - temen juga bisa berjalan kaki, karena ada jalan setapak yang menghubungkan kedua pantai ini, namun cukup jauh jaraknya sekitar 13 km. Setidaknya memerlukan waktu 2 jam 40 menit untuk sampai ke Pantai Madasari ini. 



Terletak di desa Masawah Kecamatan Cimerak, Pantai Madasari ada di sekitar 20 km dari Green Canyon ke arah selatan. Pantai ini dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan atau sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran. Karena itu dari pusat kota Pangandaran, Pantai Madasari bisa ditempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.



Adapun rute yang bisa Anda lalui, dari pusat kota Pangandaran ambil arah ke Cimerak, melewati Pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Dari Cimerak Anda bisa lurus menuju Legok Jawa, dari sana Anda bisa ambil jalan ke kiri menuju Bulak Benda hingga sampai ke Pantai Madasari.


Rute lainnya, dari Cimerak Anda bisa langsung belok kiri menuju desa Masawah, teruskan ke Bulakbenda dan sampai Pantai Madasari. Namun disarankan, Anda mengambil jalur Legok Jawa. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah jika mengambil jalur Legok Jawa.


Tiket Masuk Pantai Madasari

Jika Anda menuju Pantai Madasari Pangandaran sebagai pejalan kaki, Anda cukup membayar Rp. 2.500 untuk tiket masuk. Jika menggunakan sepeda motor tiket yang harus Anda bayar Rp 7.500.

Sementara untuk kendaraan sejenis jip, sedan dan kijang tiket masuk Rp. 19.000 saja. Jika menggunakan bus kecil, tiketnya Rp. 36.000. Sementara bus sedang tiket masuk yang harus dibayar, Rp 68.000. Jika Anda bersama rombongan menggunakan bus besar, Anda hanya perlu membayar Rp. 83.500 untuk masuk ke Pantai Madasari.

Dengan tiket yang lumayan murah tersebut, Anda bisa menikmati fasilitas penunjang yang ada di Pantai Madasari, yakni Camping Ground, Area Parkir, Gazebo dan juga toilet.


Keunikan Pantai Madasari

Pantai Madasari dihiasi pulau-pulau kecil. Hamparan pasir yang membentang luas layaknya permadani akan menyambut Anda begitu menginjakkan kaki di pantai ini. Salah satu ciri khas dari Pantai Madasari adalah keberadaan pulau-pulai kecil di pinggir pantai. Setidaknya ada enam pulau. Masing-masing bernama Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai.


Pantai ini akan cocok untuk Anda yang hobi berpetualang. Anda bisa menjelajah alam yang ada di seputar kawasan Pantai Madasari. Konon menurut penduduk setempat masih terdapat banyak hewan liar seperti cangehgar atau ayam hutan, bila beruntung Anda bisa menjumpainya dan memotretnya untuk mengabadikan petualangan Anda di Pantai Madasari.


Pantai Madasari Pangandaran tempat yang cocok untuk melepas penat. Pantai Madasari yang cenderung sepi sangat pas untuk Anda melepas penat.  Dengan memandangi pemandangan alam yang cantik, akan membantu Anda untuk rileks sejenak dari berbagai rutinitas.

Hantaman ombak yang akan Anda dapati di Pantai ini seperti tidak ada henti-hentinya akan terlihat seperti orchestra yang menenangkan jiwa. Selain itu, percikan air laut yang membentur karang lalu pecah tak beraturan ke arah langit biru akan menyegarkan pandangan Anda.

Anda juga bisa menikmati senja di Pantai Madasari sambil dihibur oleh segerombolan burung-burung yang akan bermalam di pulau karang di tengah laut. Namun Anda juga perlu hati-hati apabila air pantai sedang surut. Karena masih banyak terdapat bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak.

Karena itu, perlu Anda ketahui terutama bagi yang ingin berwisata ke Pantai Madasari, apabila air pantai surut Anda harus waspada karena di kawasan pantai masih terdapat bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak. 


Namun, pastikan Anda mendapat momen menyenangkan yang bisa Anda saksikan di Pantai Madasari, yakni Anda bisa melihat deburan ombak yang menabrak karang-karang yang memiliki tinggi bervariasi dari 5 meter hingga 6 meter. Hal ini, tidak bisa Anda saksikan di setiap Pantai, dan Pantai Madasari merupakan salah satu Pantai yang bisa menyajikan keindahan tersebut.

Pantai Madasari ini mampu menyuguhkan panorama alam yang sangat indah nan menawan. Bukan hanya itu, hempasan ombak laut yang terbilang cukup besar layak dijadikan tempat untuk berselancar. 


Meskipun jarak yang ditempuh menuju Pantai Madasari ini lumayan jauh, namun di sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan keindahan alam yang tak kalah memukau.

Bagi anda yang menyukai keheningan alam, berwisata ke Pantai Madasari di Jawa Barat ini adalah aktivitas yang cocok untuk menenangkan pikiran. Pasalnya, kawasan pantainya masih terlihat begitu alami dan jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Namun, di area pantai telah disediakan beberapa fasilitas umum, seperti Mushola dan Tolilet untuk mempermudah aktivitas Anda selama berlibur.


Aktifitas yang Bisa Dilakukan Selama Berlibur di Pantai Madasari

Jika Anda mengunjungi Pantai Madasari, selain bisa bermain air di tepi pantai, Anda juga bisa berfoto-foto atau bisa juga menikmati udara pantai. Anda juga bisa memancing dari atas batu karang. Atau mungkin Anda tertarik untuk bakar-bakar ikan di pinggir pantai.

Pantai Madasari juga sangat pas jika dijadikan sebagai lokasi camping. Terutama karena banyak spot hamparan rumput di sekitar pantai yang bisa dijadikan sebagai camping ground.

Grup Band legendaris Slank bahkan pernah melaksanakan acara Jambore Slanker Jabar yang ke-10 (Aniversary 10th)  Paguyuban Slanker Jawa Barat (PSJB) di pantai Madasari pada tanggal 18 – 19 Oktober 2014 lalu.


Pada jambore tersebut para slanker Jawa Barar juga mengadakan bakti sosial dengan membersihkan pantai dan memberi bantuan 19 toilet atau WC Umum di Pantai Madasari. Bahkan ada prasastinya langsung yang ditandatangani oleh para personel Slank.

Bagi Anda yang tertarik untuk camping, Anda bisa menghubungi penduduk setempat untuk bertanya dan agar ditunjukan tempat yang paling strategis yang bisa dijadikan sebagai camping ground.  Termasuk lokasi yang dekat dengan fasilitas Kamar Mandi dan WC.


Anda juga bisa menggunakan jasa penyedia paket wisata yang sudah banyak hadir di Pantai Madasari, sehingga Anda tidak perlu membawa peralatan camping sendiri.

Anda bisa datang bersama rombongan atau menjadikan Pantai Madasari untuk tempat gathering perusahaan. Lokasinya juga cocok untuk melakukan outbond atau pun game-game yang biasa dilakukan dalam acara-acara gathering. Selain camping, Anda juga bisa menjelajah alam di sekitar Pantai Madasari.


Anda bisa melakukan petualangan dengan menjelajahi alam di sekitar Pantai Madasari yang indah. Menurut warga setempat di sekitar Pantai Madasar Pangandaran masih terdapat hewan-hewan yang hampir punah, misalnya ayam hutan atau cangehgar.

Bukan hanya itu, terdapat juga pulau-pulau kecil di kawasan pantai tersebut, sehingga menambah pemandangan alam yang sangat menarik dan menakjubkan. Karena itu, alangkah baiknya jika Anda berkunjung ke Pantai Madasari ini ramai-ramai seperti bersama keluarga atau teman teman, agar suasananya lebih asik dan juga seru.

Jika Anda berada di Pantai Madasari hingga petang, Anda bisa menyaksikan keindahan dari pesona matahari terbenam. Anda tentu wajib berfoto dengan background dari panorama alam yang alami untuk menjadikannya sebagai momen yang mengesankan. 


Sebaiknya Anda juga membawa bekal makanan atau minuman dari rumah untuk lebih berhemat dan bisa dinikmati saat senja hari mulai datang. Akan tetapi ingat, jika Anda berniat untuk pulang kembali sebaiknya jangan pulang terlalu larut malam karena akses jalan terbilang tidak mudah untuk keluar dari Pantai ini.

Nah, jika Pantai Pangandaran sudah sering Anda kunjungi, dan terlalu padat ketika Anda kunjungi di hari-hari libur, Pantai Madasari Pangandaran bisa jadi alternatif pilihan Anda untuk berwisata Pantai. 

Baca :  Tips Agar Liburan Tenang 



With Love,


Tian lustiana


2 komentar:

  1. Baru tau dan lebih bagus ya cuman emang jauh banget soalnya kemarin k Batu karas aja jauh banget teh, kapan2 main deh

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online Lotere Number Games
    Pilihan permainan tebak angka dengan berbagai pilihan odds menarik secara LIVE

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.