Tips Agar Liburan Tenang

14.43.00

Assalamualaikum, 

Buat temen - temen yang memiliki jadwal yang terlampau padat, tentu saja libur panjang menjadi momen terbaik untuk santai melepas penat, ya kan gaes? Liburan tuh ke manapun  juga bakalan terasa puas. Apalagi menghabiskan waktunya bersama keluarga atau sahabat, pasti makin seru. Liburan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata nih, dan kayaknya belum terlambat untuk merencanakannya dari sekarang. Mempersiapkan tujuan plesiran, entah di dalam atau luar negeri, menyusun itinerary perjalanan, dan jangan lupa bujet yang dibutuhkan. Bujet liburan ini nih  yang paling penting, haha. 


Mungkin nih ada beberapa temen - temen yang masih bingung untuk menentukan bagaimana Sih supaya liburan tuh menjadi nyaman. Nah dalam artikel ini saya bakalan share beberapa tips agar liburan tetap tenang, berikut tipsnya:

Tentukan Durasi Liburan 
Hal pertama yang perlu dilakukan saat merencanakan liburan adalah menentukan waktu keberangkatan, serta berapa lama nantinya akan menghabiskan waktu. Jangan anggap sepele  loh gaes, karena hal tersebut berdampak pada tujuan, pemesanan tiket perjalanan, sampai hotel atau penginapan.

Nah kalau misalnya mendadak membeli tiket pesawat atau moda trasnportasi lain untuk pulang dan pergi, pesan hotel karena tidak ada persiapan, tentu saja akan berpengaruh pada biaya liburan. Kalau terlalu lama berlibur pun tidak baik bagi dompet.

Susun Perjalanan Sesuai Bujet
Setelah menentukan tanggal keberangkatan, kepulangan, serta lamanya liburan, selanjutnya kita harus mulai menyusun target bujet yang dibutuhkan. Merinci mulai dari kebutuhan anggaran untuk beli tiket pesawat PP (Pulang-Pergi) atau moda transportasi lain, biaya penginapan, sewa kendaraan, tiket masuk objek wisata, biaya makan selama liburan, jajan, sampai bujet untuk membeli oleh-oleh.


Usahakan untuk tidak melebihi target atau total bujet liburan yang sudah ditentukan. Hal ini penting supaya nanti engga mengalami defisit keuangan pasca liburan. Tentunya pilih liburan yang sesuai dengan kemampuan bujet yang sudah dihitung diawal. Jangan memaksakan untuk liburan mewah, menghabiskan dana besar, lalu setelah itu terpaksa berutang ke sana kemari demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Yang ada pulang liburan malah stress karena bujet menipis banget. 

Tentukan Tujuan Wisata Sebelum Berangkat
Supaya liburan semakin menyenangkan, pastikan memilih destinasi wisata terbaik. Temen - temen bisa melakukan riset sederhana, browsing di internet, atau bertanya ke teman tentang tempat-tempat wisata yang asyik buat dikunjungi. Jangan lupa untuk berpikir secara rasional dalam memilih tempat wisata terbaik.


Jika memiliki target bujet yang lumayan besar dan waktu yang panjang, kita bisa pergi ke destinasi wisata yang agak jauh dan sudah menjadi incaran sejak lama. Namun sebaliknya, bila memasang target anggaran yang minim, bisa pilih destinasi wisata terdekat, tapi tetap seru. Jadi harus bisa menyesuaikannya dengan bujet.

Persiapkan Bujet Transportasi dan Akomodasi
Penting sekali untuk mempersiapkan transportasi dan akomodosi beberapa bulan, bahkan setahun sebelum keberangkatan. Mengapa? Karena biasanya membeli tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, harganya bisa lebih murah ya suka banyak diskon gitu gaes. Tidak mau juga kan anggaran liburan jadi membengkak hanya gara-gara persoalan tersebut.

Selain itu, tenang saja engga perlu takut untuk kehabisan tiket maupun penginapan karena sudah banyak di-booking orang. Kita juga bisa mencari promo tiket dan hotel supaya makin hemat.

Mulailah Menabung
Bila semua sudah disusun dengan matang dan detail, kini saatnya mulai mengumpulkan dana khusus untuk liburan. Mulai persiapkan dari dini untuk mencegah terjadinya kebocoran pada keuangan. Alokasikan 10% dari gaji Anda untuk biaya liburan akhir tahun. Tak hanya menabung, tapi bisa juga menyiasatinya dengan investasi berkala untuk biaya liburan. Semakin cepat memulai, maka akan semakin banyak dana yang terkumpul.

Siapkan Bujet Saat Rumah Ditinggal Karena Liburan
Bila sudah mempersiapkan semuanya, setelah itu ada yang perlu disiapkan juga loh, yaitu bujet saat rumah ditinggal seperti pengamanan lebih dan juga bayar pulsa listrik. Saat rumah ditinggalkan, jangan sampai segalanya jadi runyam seperti listrik mati karena ditinggal. Hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Jadi sebelum liburan jangan lupa bayar listrik, jangan sampai selama ditinggal berlibur, listrik rumah mati. Hehe. 


Nah, gimana? Udah disiapkan nih rencana liburannya? Have a nice holiday gengs!!




         Wassalam,


        Tian Lustiana 

You Might Also Like

11 komentar

  1. Yes, liburan memang selalu mengasyikkan dan sukses bikin pikiran kembali fresh sehingga siap untuk kembali ke rutinitas harian.

    Namun ya itu, budget. Kudu dipersiapkan agar kembali dari berlibur, hati tetap tenang yaa? Hehe.
    Thanks untuk tipsnya, Tian, it's really helpful!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Al, liburan juga harus sesuai budget nya biar tetep seneng

      Hapus
  2. Setuju. kalau mau liburan harus dipersiapkan benar. terutama budgetnya. Karena liburan itu tetep kebutuhan tersier seh yak jadi jangan sampai boros disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, budget jangan sampe bikin pusing haha

      Hapus
  3. Bener banget...biaya liburan kudu direncanakan..., Ditabung dulu ..dipisahkan dari kebutuhan wajib lainnya..biar gak kere pas pulang liburan he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh bener, jangan sampe pas pulang liburan kepala cenat cenut

      Hapus
  4. Kemarin baru aja liburan. Staycation di sini aja sih. Baru mau berangkat, eh udah disambut gempa aja. Mau batalin juga sayang, kasihan krucils udah keburu senang. Pas waktu sarapan lagi-lagi disapa gempa :(

    Alhamdulillah sekarang sudah di rumah. Mau liburan malah gak tenang huhuhu

    BalasHapus
  5. Bener banget nih mbak. Kebetulan, aku dan suami juga suka banget travelling. Akhirnya kita bersepakat nih, uang jajan kita tiap bulan harus ditabung untuk alokasi liburan. Supaya pas nanti tiba waktunya jalan-jalan ga bingung dan jebol anggaran yang ada.

    BalasHapus
  6. Saya lagi melakukan semua step di atas nih. Liburannya nanti aja kalau orang2 nggak liburan hehe. Selain lebih murah, tempat2 wisata nggak penuh2 amat

    BalasHapus
  7. Liburanku kali ini gak jauh2 dari kolam renang untuk anakku, Mbak. Tapi, meskipun perginya hanya selemparan kolor, pun butuh persiapan2 seperti di atas.

    BalasHapus
  8. Sepakatttt. Aku termasuk yg kalo liburan kudu banget terjadwal lengkap pake itinerary. Walaupun ntar pas liburan ga saklek mengikuti sih.

    Yang suka bablas dibudget Mba hahaha udah diniatin ga belanja, tapi kadang tetep tergoda.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive