Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan Dengan Bus

Bismillah,

"Bu, nanti kita jalan - jalan naik bus besar yah!"
Pinta neng Marwah.

Ya, neng Marwah sekarang senang naik bus besar, semenjak pas ada acara outing dari sekolahnya menggunakan bus pariwisata yang besar, katanya menyenangkan melakukan perjalanan dengan naik bus. Apalagi kalau sama teman - teman, bisa sambil bernyanyi bersama juga.


Karena neng Marwah yang minta nih, maka saya dan suami memikirkan untuk liburan ke luar kota dan insya allah bakalan pake transportasi darat, bus. Pasti neng Marwah bakalan seneng deh. Menurut saya sih perencanaan liburan itu memang harus direncanakan jauh - jauh hari, biar semuanya bisa dianggarkan, ya kan? Mulai dari masalah akomodasi, transportasi, perbekalan selama liburan dan biaya lainnya yang mungkin saja datang dan tidak terduga. Jadi liburan pun memang harus direncanakan dengan baik. Setuju gak?

Rencana liburan kami kali ini tuh pengen menggunakan jasa transportasi jalur darat, naik bus umum. Lumayan kan bisa saving more. Karena memang menggunakan bus itu kan jauh lebih murah dibandingkan naik pesawat atau kereta api. Selain itu naik bus menurut saya bisa sambil menikmati pemandangan sepanjang jalan, lebih menikmati perjalanan juga. Kebayang kan kalau ke luar pulau naik bus terus sepanjang jalan bisa menikmati hamparan sawah atau perkebunan nan menawan, wah pasti bakalan menyengkan bukan?Harus buru - buru nih saya searching harga tiket bus lorena Traveloka biar dapet harga yang spesial dan liburannya pun menyenangkan.


Meski ya, menggunakan bus itu memang bakalan memakan waktu lebih lama dan tentu saja ini ngefek ke ketahanan fisik, jadi harus ada tenaga ekstra kalau mau pake bus. Kondisi tubuh memang harus lebih kuat dan sehat juga karena bakalan pegal dan agak sakit leher kali yah karena kelamaan duduk, tapi selama dinikmati sih itu ga bakalan jadi penghalang.


Nah biar nanti pas liburan, dalam perjalanan menyenangkan dan nyaman saya akan memberikan  beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum melakukan perjalanan dengan transportasi darat, bus. Diantaranya adalah :

Jangan berlebihan membawa barang 
Beda dengan pakai pesawat, bagasinya pun lebih gede ya kan? Nah kalau naik bus bagasinya terbatas, harus sadar diri aja ya gaes jangan egois hehe. Jadi sesuaikan saja. Kemasi barang - barang bawaan dengan baik jangan sampai yang gak diperlukan dibawa. Untuk barang - barang yang penting pisahkan jangan disatukan dengan barang lain, barang - barang kecil dan penting seperti dompet, handphone, obat - obatan, earphone, charger, powerbank bisa pakai sling bag yang bisa dijangkau dengan mudah jika dibutuhkan.

Jangan lupa bawa camilan dan minum
Karena menggunakan bus bakalan lebih lama jadi harus persiapkan amunisi (read:camilan) dan minuman yang cukup. Bisalah bawa cokelat, permen, biskuit, keripik pedes biar gak jangar atau pusing cyin, minuman seger dan jangan lupa air mineral harus selalu dibawa yah. Kalau bawa anak, jajanan dan makanan anak jangan lupa, jangan sampai anak kelaparan.

Bantal leher dan penutup mata
Perjalanan jauh dan duduk pula, jadi saya rasa bantal leher ini perlu dibekal, lumayan kan bisa mengantisipasi rasa pegal. Untuk penutup mata juga lumayan berfungsi, istirahat jadi lebih maksimal dan nyaman.

Gunakan pakaian yang nyaman
Jangan pakai baju yang bikin gerah, gunakan saja pakaian yang nyaman dan enak dipakai biar selama perjalanan tidak kegerahan atau tidak kedinginan. Pilih baju yang memang bisa menyesuaikan udara.

Tisu basah dan antiseptik
Saya selalu bawa tisu basah dan antiseptik. Kalau mau makan kan males ke toilet buat cuci tangan jadi andalan saya ya pakai tisu basah atau antiseptik biar tetap higienis.

Buku, gagdget
Gadget pasti ga bakalan lupa dibawa yah. Buku juga boleh lah dibawa buat baca - baca kalau bosan. Malas baca buku? bisa dengerin musik sambil menikmati pemandangan diluar bus, pasti bakalan menyenangkan. Ya kan?

Jaga barang berharga
Ingat, kalau tidur jangan biarkan barang berharga dimana saja, antisipasi dulu. Masukan ke dalam tas barang - barang berharganya jangan sampai lengah dan diambil orang. Amit - amit kan ya gaes, jangan sampai deh liburan jadi kesel karena barang berharganya hilang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sepanjang dalam perjalanan liburan didalam bus. Supaya melakukan perjalanan dengan bus tetap nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk rajin cek harga tiket bus nya ya gaes biar dapat harga spesial, hehe.

Baca : GO KL, bus gratis di Kuala Lumpur

Selamat berlibur dan jangan lupa untuk selalu bahagia!!



With Love,

















21 komentar:

  1. Anak-anakku seneng banget Teh waktu diajak naik bis. Naik DAMRI yang lokal Bandung aja seneng, apalagi waktu diajak keluar kota naik bis. Wuih hepinya kayak mau meet up sama Tayo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak - anak pasti hepi gitu yah, keponakan ku juga kalau baik bus bilangnya mau naik tayo

      Hapus
  2. Noted. Bantal leher dan buku jadi benda wajib yg harus dibawa kl jalan2. Asiik neng marwah mau jalan2 uy..

    BalasHapus
  3. Aku pas hamil anak pertama masih naik bis ke Jogja.
    Hihii...cuma berani Bandung-Jogja.

    Kalau Bandung-Surabaya, emm...belum pernah nyoba tantangan naik bis dengan rute sejauh itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru yah Bandung - Surabaya naik bus, sepanjang jalan bisa nikmatin pemandangan indah dong

      Hapus
    2. Tapi sayangnya...
      Biasanya jadwal keberangkatannya malam, teh...

      Jadi di bus yaa...bobok.
      ((kata suami pas jaman kuliah dulu...))

      Hapus
  4. Waah pasti senang banget Neng Marwah yaa. Benar tuh, harus mempersiapkan diri ya kalau mau naik bus biar sepanjang perjalanan nyaman dan terhindar dari hal-hal tak terduga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus dipersiapkan biar selama perjalanan nyaman

      Hapus
  5. Aku jarang naik bus tapi kadng naik bus shuttle buat trip deket kyk ke Bandung. Bener banget, harus bawa antiseptik duhhh...kadang banyak penumpang sebelumnya agak jorok. Tapi, skrng rata2 bus akap bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang bus udah keren, bersih - bersih yah

      Hapus
  6. Memang seru ya jalan2 pakai bis, tapi kalau saya ga bisa sambil main hp atau baca buku, suka pusing huhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga suka pusing, tapi kadang heheh

      Hapus
  7. Wah menarik sekali tips wisata pakai bis

    BalasHapus
  8. Wah jalan2 jarak jauh pakai bis belum nyoba tuh...kalau bis nya nyaman n kitanya well prepare asyik jg nih ..😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar selama perjalanan aman dan nyaman

      Hapus
  9. Bantal leher dan penutup mata itu betul banget. Leher suka pegel kalau lama berkendara. Terima kasih tipsnya, Tian

    BalasHapus
  10. Terakhir naik bus jarak jauh banget sekira tahun 2008. Jakarta-Surabaya. Selama perjalanan, saya malah mengkhawatirkan sopirnya. Kasian,capek banget. Padahal kan ada 2 shift, gantian sama temennya.hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sopirnya biasanya suka pada gantian gitu, ada sopir cadangan jadi gantian sih heheheh

      Hapus
  11. Camilan adalah item terbanyak yang kubawa tatkala mudik ngebis/ngetravel hihi...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.