Udah Pake Pelembab Masih Butuh Pakai Serum Lagi Gak Ya?

Assalamualaikum, 

Udah Pake Pelembab Masih Butuh Pakai Serum Lagi Gak Ya? 

Perjalanan dunia per - skinkeran saya tuh B aja. Paling saya tuh cuci muka, peeling / scrub dua minggu sekali atau seingetnya. Pelembab pagi dan krim malam, kalau ingat itu juga. Ya, pengennya sih kulit glowing, sehat, cerah dan merona namun saya tuh orangnya suka cepet bosan, masalah skincare pun sama, cepet bosan. Saya pernah beberapa kali mencoba produk skincare, dari drugstore sampe skincare klinik. Ya gitu, bukan ga cocok kali ya tapi karena saya nya ga rajin jadi kerasanya B aja. 


Seiring nambah usia nih, selain rangkaian facial wash, pelembab, krim malam, maskeran dan peeling saya sekarang nambah pake serum. Hmmm, saya ga yakin sih bakalan rajin pakenya (tapi selama ini lumayan rajin lah), diusia saya sekarang tuh udah harus perhatiin sama pemakaian serum, biar nanti pas kulit sudah berusia senja masih sehat dan kenyal gitu loh. Mupeng kan gaes jika kelak kulit kita masih keren? 

Serum, kecil namun banyak sekali manfaatnya. Jarang deh rasanya saya liat kemasan serum gede, paling gede paling 200ml. Iya ga sih?  



Serum, sebotol kecil biasanya warnanya bening, jernih, teksturnya ringan dan bebas minyak. Konon katanya dalam sebotol serum itu mengandung sejumlah bahan aktif mulai dari vitamin sampe antioksidan semuanya ada dalam satu botol serum itu gaes. Serum itu tujuannya ingin nembus ke bagian paling dalam kulit lebih cepat dan gampang.

Serum ini tuh punya target khusus yakni mendorong regenerasi kulit, mencerahkan, melawan keriput, melawan jerawat, menghilangkan noda hitam dan hiperpigmentasi, bikin warna kulit wajah merata. Banyak yah manfaatnya! 

Serum sama pelembab beda yah? Bedanya apa Tian? 

Seperti yang saya bilang tadi, serum tuh ukurannya selalu lebih kecil. Apalagi ya kalau dibandingkan sama pelembab. Iya gak? 

Meskipun kecil ukurannya, namun serum itu memiliki bahan aktif yang besar manfaatnya loh. Dalam sebotol serum itu ada struktur molekul dan persentase bahan aktif yang kandungannya itu lebih kaya dan sangat konsentrasi daripada kandungan bahan aktif pelembab. Makanya gaes jangan kaget kalau harga serum jauh lebih mahal dibandingkan harga pelembab. 


Perbedaan lain antara serum dan pelembab itu tuh adalah formulasi yang terkandung. Serum ga ngandung bahan pelembab oklusif alias kedap udara seperti petrolatum atau mineral oil yang melindungi air dari penguapan, makanya serum ga bisa lama - lama. Harus cepet abis. 


Jadi serum dan pelembab itu beda yah. Mereka saling membutuhkan, hohoh. 

Cara menggunakan serum wajah 

Untuk menggunakan serum, ga usah banyak - banyak hanya perlu setetes or dua tetes dikit aja, terus ratain keseluruh kulit wajah dan leher. Saya biasanya pakai sehari dua kali, pagi dan malam hari.

Baca : Serum yang cocok untuk kulit berminyak

Oke deh saya rinci aja nih step by step nya sesuai yang saya lakukan yah.


  • Bersihkan wajah, saya sih pakai facial wash. Terus keringkan dengan handuk lembut, eh saya kadang pakai tissue sih, haha. 
  • Setelah bersih, saya pakai toner buat  ngangkat kotoran dan kulit mati yang nangkring di kulit wajah plus toner juga bisa menyeimbangkana pH kulit.
  • Setelah agak meresap tonernya, cus aplikasikan serum. Kalau serumnya ninggalin residu rasa lengket or minyakan gitu di kulit artinya serumnya ga bagus alias tidak bekerja dengan baik. 
  • Setelah itu terusin deh aplikasikan perawatan lainnya sesuai kebutuhan. 
Udah Pake Pelembab Masih Butuh Pakai Serum Lagi Gak Ya? 

Menggunakan serum dan pelembab itu kebutuhan kulit. Kadang emang sih banyak yang bilang udah lah pake serum aja atau pakai pelembab aja udah tercukupi nutrisi untuk kulitnya, ga bisa gitu. Karena suplai nutrisi untuk kulit dari serum dan pelembab itu saling menolong, yang ada di serum ga ada di pelembab dan sebaliknya gitu. Jadi usahain pake keduanya. 


Tapi kalau ngerasa kulitnya oke ga ada masalah dan merasa cukup pake pelembab aja, yo wess bebas sih ehhe, semua keputusan ada ditangan teman - teman semua, ye kan? 









              Wassalam,



                 Tian lustiana 



Posting Komentar

25 Komentar

  1. Terima kasih info kesehatan kulit wajahnya

    BalasHapus
  2. Aku agak malas nih merawat kulit wajah, jadinya mulai deh muncul keriput2 hiks.
    Pengin nyobain pakai serum juga, tapi mesti pilih2 nih ya yang cocok yang mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus pilih yang bener - bener cocok untuk kulit

      Hapus
  3. Kalau baca step by step-nya, berarti yang dikasih ke wajah tuh serum dulu baru pelembap?

    BalasHapus
  4. Aku nggak pakai mba, cukup pakai pelembab saja. Etapi memang jarang make up an juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serum bukan buat make up sih hehe buat nutrisi aja biar kulitnya sehat

      Hapus
  5. Mba, aku pakai serum dan pakai pelembab juga. Karena kulitku kering sih. Tapi memang ya harga serum lebih mahal tapi efektif juga ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa mahal kalau hasilnya oke ya gak masalah ya mbak hehe

      Hapus
  6. Saya mah yg penting skincare dasar dulu, pakai serum dll kalau lg rajin aja hihihi...

    BalasHapus
  7. makasih mak infonya, iya sih kerasa kalau pake serum juga lebih bernutrisi kulitnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan, kulit jadi agak lebih ternutrisi gitu hehe

      Hapus
  8. Aku punya keduanya tp biasanya cm make salah satunya. Selang seling hari. Bukan antara penting mana. Masalahnya males aja. Wkwkwk.. Makanya jadi B aja juga

    BalasHapus
  9. Aku pernah pake serum, habis itu jerawatan. Kayaknya nggak cocok sama kulit. Jadi sementara aku stop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus nyari yang cocok banget kalau mau beli serum

      Hapus
  10. Kalau sudah pakai serum, biasanya saya gak pakai pelembab lagi. kalau pakai double, belum pernah. Mungkin suatu saat bisa ta cobain pakai serum plus pelembab.

    BalasHapus
  11. Aku juga pengetahuan skincarenya cetek banget, padahal sudah sering mampir ke blognya beauty blogger, tetap saja tuh masih kudet soal pelembab dan serum ini.
    Senang baca ini, jadi paham deh apa itu serum dan pelembab.

    BalasHapus
  12. Pernah juga pakai serum tapi ya gitu malas-malasan pakainya karena nggak tahu aturan pakainya dan gunanya buat apa. Setelah baca ini jadi tahu deh manfaat serum.

    BalasHapus
  13. Sejak sadar gejala penuaan dini di wajah (wajah kisam, kering, garis halus di sekitar mata) aku jadi rajin pakai serum. Kalo seharian di rumah, cuma pakai sebelum tidur malam aja.
    Kalo pas bepergian, biasanya dijadikan primer sebelum pakai pelembab.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.