kesehatan

Saat Flu Dan Batuk Melanda

10:30:00 AM

Assalamualaikum,

Hai, Februari. Its my month. Biasanya kalau bulan februari itu saya selalu menyempatkan diri untuk one day one post, selalu. Hmm sejak tahun berapa yah? lupa, tapi saya selalu berusaha untuk mengisi blog setiap hari satu post, minimal. 

Saat Flu Dan Batuk Melanda


Namun 1 februari kemarin terlewati begitu saja, hiks. Kenapa??? Yah karena perubahan cuasa dan temperatur yang tidak tentu dan mengakibatkan perubahan juga pada tubuh saya, dan mungkin kemarin imunitas saya sedang menurun juga jadi cepat sekali terserang penyakit. Cuasa yang ga jelas ini memacu virus dan bakteri sangat cepat berkembang biaknya jadi ga heran kalau banyak yang terserang penyakit, termasuk saya. 



Peralihan musim seperti ini keluhan ISPA sering terjadi yah, mulai dari rhinitis, sinusitis, faringitis dan lainnya yang diawali dengan gejala demma, batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Peralihan musim seperti ini juga bisa memicu kambuhnya penyakit asma, jadi yang punya penyakit asma harus ekstra hati - hati yah. 

Persis gejala yang saya rasakan tempo hari, demam, batuk pilek, nyeri otot, sakit kepala dan lelah. Flu ini sebenarnya lemah oleh sinar matahari dan sabun, jadi penularannya masih bisa ditekan yah. Hmm batuk, batuk sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang sedang main di saluran pernapasan atas, penyebabnya adalah flu atau ISPA yang kemudian menjadi lendir dan radang saluran pernafasan. Pada musim yang ga jelas gini, virus flu dan kuman pencetus ISPA emang berkeliaran dimana - mana dan semakin berkembang biak seenaknya mereka, batukpun semakin menggila. Jika batuk terus - terus an harus segera ditangani, karena batuk kering emang menyiksa sampae otot perut dan punggung saya kesakitan akibat batuk terus, serius. 

Yaa gimana dong, perubahan musim mana mungkin saya hindari kan??

Menghindari perubahan musim ya gak bisa kali, jadi salah satu cara yang harus dilakukan adalah mencegah, nah kalau sudah terlanjur basah gimana? ya tangani saja. 
Konsumsi makanan yang bergizi lengkap serta seimbang, usahakan yang kandungan protein, vitamin A, vitamin C nya tinggi sebagai antioksidan mineral, terutama zinc agar tubuh selalu memiliki cukup pertahanan. Selain itu peliharalah lingkungan, dengan memelihara lingkungan maka dengan tidak langsung sudah memutuskan mata rantai penyakit. Kebiasaan hidup yang baik juga bisa menjadikan hidup lebih sehat dengan rajin mencuci tangan. 
Istirahat, ini yang kadang lupa dilakukan. Istirahat yang cukup akan membuat daya tahan tubuh meningkat. Jika hal itu belum saja membuat demam, flu dan batuk reda maka cara jitu pamungkas saya adalah dengan mengkonsumsi obat. Biasanya dengan obat emang cepet hilang, namun memang tidak baik juga jika dikir - dikit obat, dikit - dikit obat. 

Semoga sehat selalu dan dijauhkan dari penyakit yaaa, aamiin. 


Wassalam,

Tian Lustiana 

 


You Might Also Like

13 komentar

  1. saya biasanya kalau udah kena batuk pilek,lagsung siap2 vitamin c yang banyak,makan minum air putih yg banyak,sama tidur hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, istirahat yang banyak emang yang paling jitu :D

      Delete
  2. Aku lagi batuk tiba2.. tenggorokan gatal huhuhuhuuuu

    ReplyDelete
  3. Sepertinya aku mulai kena flu dan batuk juga deh. :( Tapi langsung konsumsi vit c dan makan yang banyak, biar gak tambah parah

    ReplyDelete
  4. aamiin, anak2 nih lagi bapil. hari ini yg kecil ga sekolah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga cepet sehat yaaa anak - anaknya mak Kania

      Delete
  5. Wah baru tahu kalau virus flu lemah sama sabun hehe

    ReplyDelete
  6. Jav jg kmarin batuk ga sembuh2... Terpaksa deh ke dokter...

    ReplyDelete
  7. Senasib mba, 1 day 1 post saya tertunda smp seminggu karena demam flu.. hikss.. salam kenal ya.. smg bs jaga kesehatan terus..

    ReplyDelete
  8. Kebetulan saat ini saya lagi kecolongan mba, flu berat, ihik,,, gak bisa banyak beraktivitas nih

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook