Ketika Perasaan Tiba - Tiba Tidak Enak

by - 8:13:00 PM

Assalamualaikum, 

Lagi pengen curhat nih, hihi. Entahlah hari ini kok perasaan saya tetiba saja menjadi beda. Serasa berat gitu dada ini, ada yang pernah merasakannya juga???

Tiba - tiba saja gak enak hati padahal emang lagi gak ada yang dipikirin atau emang lagi gak ada masalah apapun, pernah gak?

Pokoknya suasana hati lagi ngedrama aja, kesel pengennya diem dan sendirian. Dibilang lagi marah juga enggak, dibilang lagi kesel juga enggak, duh kenapa sih yah? Pokoknya gak jelas banget deh sebabnya apa. Bad mood ajalah judulnya. Atau mungkin karena saya kurang tidur? 

Ini disebut gelisah kali yah, dimana kondisi psikologis saya sedang merasa tidak tenang, sedang bingung dan sedang tidak tentram. Dan keadaan ini biasanya ditandai dengan komponen somatik, emosional, kognitif dan perilaku. Mungkin wajah saya bisa lebih memperlihatkan keadaan hati saya yang sesungguhnya.

Kegelisahan itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Kegelisahan juga ada jenisnya loh, hmmm saya sedang merasakan kegelisahan jenis mana yah? hihihi. 


  • Kecemasan Obyektif. Kecemasan ini cukup ekstrem, karena kecemasan ini adalah sikap yang ketakutan akan ancaman seseorang yang jelas dan nyata, maka timbullah kecemasan ini. 
  • Kecemasan Neorotis. Ini timbul secara naluri, timbul disebabkan karena penyesuaian diri, phobia dan rasa takut lainnya karena kegugupan. Misalnya suka cemas ketika ketemu orang atau lingkungan baru. kadang kecemasan ini juga dialami pas pertama masuk kerja, pertama masuk sekolah pokoknya pas pertama memasuki dunia dan lingkungan baru. Semacam ada rasa takut tidak diterima dan perasaan lainnya. Ada kah yang pernah merasakan kecemasan ini??? Atau kecemasan pas nunggu transferan?? iya itu sih beti, alias beda tipis, wakakaka. 
  • Kecemasan moril. Ini penyebabnya adalah diri sendiri. Mungkin lelah, mungkin sedang kurang sehat dan kemungkinan lainnya. Kecapean juga bisa membuat orang tiba - tiba gelisah loh. Faktor lainnya yang menyebabkan kecemasan moril ini adalah perasaan bersaing, ya mungkin dalam pekerjaan. Atau persaingan lain yang membuat kecemasan ini selalu melanda. 

Hmmm dan sepertinya saya terkena kecemasan moril deh. Saya emang lagi kurang nyenyak tidurnya, begadang terus. Kecapean juga iya, sepulang kerja lagi kejar sertifikasi jadi beraktivitas terus sampe larut malam, hmmm. 

Terus gimana dong? cuekin aja gitu kalau perasaan lagi gak enak??? 

Kalau saya sih lagi ga enak hati suka diem dan dengerin lagu kesukaan atau baca al-quran dan mendekatkan diri pada Allah SWT, ini adalah cara paling ampuh dan selalu jitu. Karena semua masalah kalau dicurhatkan pada Allah swt suka menjadi ringan dan semoga langsung hilang, aamiin. 


Sekian curhatan saya hari ini, semoga hati ini langsung plong dan lega dan besok sudah tenang kembali, :). 

Nah kalau temen - temen sedang gundah gulana biasanya ngapain???


Wassalam,

Tian Lustiana 


You May Also Like

38 komentar

  1. Kalo aku dibawa tidur mak biasanya hihi. Tp kadang jg dibawa bersihin kamar mandi haha, paling ampuh buat melampiaskan emosi ga enak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bersihin kamar mandi ide cemerlang tuh, meluapkan emosi positif yah

      Delete
  2. Ketika tiba-tiba perasaan tak enak, aku akan merenung, mencoba mengngat-ingat kejadian sejak pagi bangun tidur, hehehe.
    Apakah ada sesuatu yang mmebuat hati tak enak? kadang-kadang ketemu jawabannya, kadang-kadang tidak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi harus mengingat2 yah mak, kalau enggak ingat yowess la yah haha. Semoga bahagia aja terus kita semua mak

      Delete
  3. aku nih sering kena kecemasan moril, huhuy, pelampiasannya liat2 mainan bayi, lucu2, meski belum tentu beli hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya oke juga tuh liat mainan yang lucu2

      Delete
  4. diam, menyendiri, berpikir menatap bintang-bintang, menikmati diri sebagai hamba Allah, atau tidur, tu cukup ampuh rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menatap bintang - bintang sambil mendengarkan lagu kenangan

      Delete
  5. Sy sering ngalami perasaan ga enak secara tiba2 dan ge kenal tempat/ waktu. Tp ga tau penyebabnya, py Maakk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi mungkin emang sedang lelah :D

      Delete
  6. Saya sering banget tuh mbak, terutama kalo masa-masa PMS.. solusinya sih saya butuh waktu buat sendiri dulu biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sendiri lebih baik kalau sedang gundah gulana

      Delete
  7. Kayanya aku pernah kaya gini. Iya seperti ada seauatu gitu. Nggak tenang. Dan gatau maunya itu gimana... tapi aku lupa sih sebenernya itu karena apa. Skarang udah gak pernah gitu lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suka geje ya perasaan itu, huahaha

      Delete
  8. beberapa kali pernah, sampe kadang suka pengen marah2 sendiri.. kalo udah gitu, biasanya menjauh dari anak, trus nonton tv atau tidur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus menjauh dari anak, harus sendirian :D

      Delete
  9. Iya pernah beberapa kali suka tetiba cemas, pengen nangis, rada kesel, bingung kudu piye.... akhirnya emang saya buat tidur atau baca buku dan menghindar dari gadget sih Mak, ben rodo tenang hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener, baca buku bisa mengalihkan kegelisahan

      Delete
  10. Aku malah bisa di bilang sering ngerasain perasaan nggak enak gini, aku malah kayaknya kurang piknik nih haha tiap hari kerja mulu pikniknya jarang aduh nggak balance banget ya mba :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih berarti harus piknik yah, btw saya juga kurang piknik kok :D

      Delete
  11. Saya? Pernah... Perasaannya suka bikin campur aduk. Saya sih suka disembunyikan kalo lagi ga enak hati atau sedih di depan orang lain. Nanti pas waktunya sendiri suka tiba-tiba pecah kalo denger musik atau lantunan Al-quran.

    Makasih ya mak Tian, selalu menginspirasi.

    Salam hangat,
    Zia

    ReplyDelete
  12. yang penting jangan berpikiran negatif aja..ntar kebawa-bawa beneran..

    ReplyDelete
  13. Salah satu cara saya ngilangin kesel nyikat kamar mandi, emosi terlampiaskan hasilnya positif he.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi :D jadi bersih kamar mandi nya ya

      Delete
  14. Saya sering banget tuh teh kayak gitu, biasanya saya langsung ngaji dan dzikir biar hati tenang kembali.

    ReplyDelete
  15. Perasaan yg seperti itu datang tiba2 ya,Mbak. Aku pernah ngerasain. Ngga jelas dan bikin betee. Hahaha

    ReplyDelete
  16. Cewek kalo lagi PMS emang gitu mba, temen saya sebulan sekali juga gitu

    ReplyDelete
  17. beberapa hari ini saya sering seperti merasa tdak enak ..
    dan itu datang nya tiba tiba ..
    kenapa iaa ??

    padahal saya sudah mengurangi minum akohol dan merokok ?

    ReplyDelete
  18. Ya ni mak.
    Sy pun sering merasakn ky gt.
    Gmna y cra'a biar perasaan itu hilang
    Hehehehe

    Ky ada yg mengganjal di hati y mak.

    ReplyDelete
  19. Sy jg mengalami hal serupa mak
    Perasaan g enak sll aja dtang tba"
    Ky ada meelngganjal di dada y mak
    Hehehehehe

    ReplyDelete
  20. pernha juga ngerasain yg beginian, tapi coba untuk relax n stay calm and be positive

    ReplyDelete
  21. Kayaknya saya juga pernah mengalami yang seperti ini. Kalo sudah begini biasanya saya mencoba mencari penyebabnya. Kalo gak ketemu biasanya saya tidur saja hehehe

    ReplyDelete
  22. Biasanya kalo saya solusinya ya tidur :D

    ReplyDelete
  23. bikin santai aja :)
    tetep positif thingking dan makasih banyak atas berbaginya kak.

    ReplyDelete
  24. kalau saya.. makan yang banyak habis itu tidur.. hehe

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D