Visitor Vs PageView Blog

by - 3:27:00 PM

Assalamualaikum,



Setelah sebelumnya saya pernah bahas tentang beberapa sebutan dalam dunia perbloggingan seperti bounce rate, alexa rank, DA dan PA dan lainnya sekarang saya ingin cerita tentang visitor dan pageview blog. Selama ini saya anggap mereka berdua ini adalah sama saja, namun saya salah pemirsah hahah *kunyah kacamata*. 




Visitor Vs PageView Blog



Anggapan saya selama ini visitor dan pageview blog itu sama aja ga ada bedanya. Yang sama adalah keduanya sama - sama memiliki pengaruh terhadap traffic blog, gitu yah? Hmmm jadi mari kita urai perkata dulu deh, visitor itu kan artinya pengunjung atau seseorang yang datang melihat blog. Pageview itu halaman yang dikunjungi visitor, ya ya ya jelas sekarang kalau visitor bukanlah pageview blog. 

Visitor adalah pengunjung blog.Pageview adalah jumlah halaman yang dikunjungi visitor. 

Dari arti sih bedanya jelas yah. Misal nih yah dalam satu hari blog saya punya 800 visitor dan perharinya mereka membuka 5 halaman, maka blog saya ini pageviewnya 4000 perharinya. Tapiiii kalau 800 visitor yang mampir ke blog saya itu cuman membuka satu halaman blog saja maka pageview blog saya hanya 800 dalam satu hari, jadi jelas kan dari mana saya mendapatkan angka 4000 diatas tadi??? 

Jadi mendingan mana? mendapatkan visitor yang banyak ataukah pageview yang melimpah ruah??? 


Kalau saya sih bakalan pilih jumlah visitor yang banyak ke blog saya, dengan visitor banyak maka pageview juga bakalan ngikutin, ini IMHO ya. Dalam satu artikel bisa disiasati dengan menyisipkan artikel lain yang  yang pernah kita tuliskan namun masih berhubungan. Dengan menyisipkan artikel ini juga bisa mengurangi bounce rate, saya juga udah pernah cerita tentang bounce rate kok. 

Biar banyak yang berkunjung maka blog harus menampilkan tulisan yang tidak membosankan, tulisan yang informasinya paling banyak dicari dan hal lainnya yang membuat blog kita enak disinggahi berlama - lama. 





Simple sih ngebedain antara visitor dan pageview yah, hihih. Tidak serumit yang saya bayangkan diawal haha, intinya sih kita terus keep blogging dan sharing tanpa lelah, dengan kualitas artikel yang tetap dan akan selalu utama. Untuk yang mau cek visitor dan pageview nya bisa langsung mendarat ke histats.com . Disana bakalan terlihat jelas berapa banyak visitor yang hadir setiap hari ke blog kita dan berapa banyak mereka melirik halaman blog kita setiap kali berkunjung. Silakan kepoin deh, heheh atau malahan yang lain udah pada tau kali yah tentang histats ini, hihih. 


Wassalam,


Tian Lustiana 








You May Also Like

10 komentar

  1. Baru ngeh nih Mba bedanya visitor sama pagview.. Selama ini aku nulis ya nulis aja.. gak begitu merhatiin visitor atau pageview.. ternyata penting banget ya byk yg mengunjungi blog kita itu ..

    ReplyDelete
  2. iyaa bener banget. Visitor banyak akan berbandinh lurus dengan pageview yang banyak pula. :D

    ReplyDelete
  3. Yes akhirnya tahu tentang beda visitor ini

    ReplyDelete
  4. *manggut-manggut menyimak tulisannya :)

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
  5. Banyak yang gak tau bedanya dua ini deh :D

    ReplyDelete
  6. Di Arisan Ilmu Jogja kemarin udah diterangin juga sama Carra, tp maklumlah diriku lemot, jadi baca ini juga kudu pelan2 dipahami heheee

    ReplyDelete
  7. kalo page view mah, kita yg buka aja udah masuk hitungan yah teh hehe
    jadi kalo mau Pv nambah mah tiap hari weh rajin buka buka blog sendiri wkwk *gada kerjaan

    ReplyDelete
  8. Wah..mb tian keren..blognya baguuus...informatif...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D