Apa Sih Bounce Rate

by - 10:31:00 AM

Assalamualaikum, 

Dalam dunia perbloggingan banyak banget yang harus dipelajari, selain attitude tentunya. Salah satu diantara hal yang wajib dipelajari itu adalah bounce rate, ngaruh ga sih kalau bounce rate gede atau kecil pada blog kita? Ini juga yang saya tanyakan dan kadang juga mikir, ish apaan sih bounce rate itu. 

bounce rate


Jadi, pemirsah bounce rate itu adalah persentase pengunjung yang datang ke blog kita dan yang meninggalkan halaman blog, gini gini pokoknya ketika ada manusia yang masuk ke blog kita dia tidak hanya membuka satu halaman saja, misalnya nih saya datang ke blog seseorang kemudian saya klik halaman label A dan udah deh saya ga buka lagi, kurang lebih seperti itu yang saya tangkep, kalau ada yang lebih paham mohon jelaskan yah. 


Bounce rate ini ada perhitungannya dan otomatis, hmmm macam menghitung akuntansi saja heheh. Jumlah yang membuka satu halaman / jumlah total kunjungan dan dikalikan 100 persen. 


(JML PENGUNJUNG MEMBUKA SATU HALAMAN/JML TOTAL KUNJUNGAN) X 100%


Dicontohkan seperti ini : 

Blog saya mendapatkan kunjungan dengan totalnya 500 orang dan diantara mereka itu yang membuka satu halama sebanyak 300 orang, maka perhitungan bounce rate saya adalah : 

(300/500) x 100% = 60% 

Bounce rate blog saya jadi 60%.  Bagus apa buruk sih??? katanya sih kalau bounce rate ini harus kecil, tapi entahlah. hehehe. 

Apakah yang menyebabkan bounce rate blog itu menjadi buruk??? 

Salah satu pencetusnya adalah kualitas artikel yang kurang bagus. Terus template juga mempengaruhi, navigasi blog dan loading blog yang lama pake banget. 

Untuk mengatasi bounce rate yang buruk gimana? 

Karena bounce rate menjadi salah satu yang mengindikasi kualitas blog maka perlu dong diperhatikan. Agar bounce ratenya ideal maka buatlah artikel yang berkualitas, yang menarik minat orang untuk membacanya, fokus. Dengan artikel yang berkualitas otomatis orang bakalan senang membaca kan??

Perbanyak konten blog, rajin posting artikel yang relevan dan berkualitas serta sesuai dengan tema blog. Katanya tingkat kepadatan konten dan relevansi pada masing - masing artikel konon mampu membuat bounce rate mengecil. Semakin banyak artikel berkualitas maka peluang bounce rate langsing pun semakin tinggi. 

Desain template, penting nih karena bisa membuat pengunjung nyaman atau tidaknya. Desain template yang berlebihan atau warnanya yang membuat mata perih kadang juga malesin, pasang template yang simple namun indah biar pengunjung bisa betah. 

Loading blog, kadang emang nyebelin kalau singgah di blog yang lola alias loading lama, ya udah klik deh dan BYE. Percepat saja loading blognya dengan meminimalkan widget yang kurang penting.


Menghubungkan artikel. Hubungkan satu artikel ke artikel lain dalam satu halaman blog dan biasanya sih dibilang anchor text, penting juga buat SEO karena bisa membuka potensi agar halaman lainnya dibuka pengunjung juga. 


Dan back to kualitas konten, itu mah tetap juaranya. Yang penting artikelnya berkualitas, yakin deh pengunjung bakalan balik lagi. 

Sekian paparan saya tentang bounce rate, jika ada yang salah atau kurang tepat silakan ditambahkan yaaaa. 

Wassalam,


Tian Lustiana 

You May Also Like

23 komentar

  1. Oh begitu, jadi semakin kecil bounce nya semakin bagus yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang saya tangkep gitu hihihihi :D

      Delete
  2. ternyata ada rumusnya juga menghitung bounce rate hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cobain hitung mbak Titis hehe

      Delete
  3. baru tau kalo makin kecil makin bagus hihi, tfs mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iya mak :D, kembali tengkyu mak

      Delete
  4. nice info teh, nuhuuun. *jadi tahu*

    ReplyDelete
  5. Yes, makin kecil bounce rate semakin bagus. Artinya orang makin betah mangkal di blog kita. Gak cuman sekedar numpang 1 postingan dan lewat begitu saja. Sbrnya gak perlu ribet ngitung pake rumus sih, di GA (Google Analytics) juga ada. Yah intinya kalo BRnya 90% keatas ya berarti belum boleh berbangga dgn pageviews saja. IMHO sih mak.

    ReplyDelete
  6. Banyak ya acuan buat menilai blog kita...

    ReplyDelete
  7. cek bounce rate saya, ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti langsing deh makchi BR nya

      Delete
  8. Belum paham soal bounce rate..hehe, kayaknya perlu ngecek juga nih

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ginian. Cara ceknya gimana sihh?? Ada yang aplikasi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di alexa rank jg ada keterangannya mak

      Delete
  10. Oh, gitu ya teh.
    Aduh alma mah ngeblog karena suka nulis aja tapi ga merhatiin cara dll. Ini aja semingguan ini baru asik ngblog lagi, banyak yang "cerita" yang mau ditulis. Tapi ya itu jadi aja blog alma teh acakadul. Ga jelas Niche-nya hahaa...

    Kaya itu bounce ratenya 100% wkwkkwwk...

    Trus soal blog walking itu, aiiih alma mah newbie banget lah.
    Untunglah ada om gugel, jadi aja banyak nanya gimana-gimananya biar jadi blogger yang baik (both in attitude and blog delivery) hihiii...

    Doain biar bisa better lagi dari yang alma kerjain sekarang ya, Teh. Pengen banget diajarin tips-tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Almaaaaa aktif bloging lagi

      Delete
  11. nice inpo gan :)) Bingung mau komen kalau teknis gini, maklum udah lola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi serasa komen kaskus gan wkwkwkwk

      Delete
  12. ooo', ternyata begitu ya pertimbangannya.. thanks ya mba' abdur

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D