Senin, 27 Mei 2024

Cara Praktis Menggunakan Mesin Las dengan Benar Bagi Pemula

Menggunakan mesin las dengan benar untuk pemula, gimana yah? Tentunya, sebelum menggunakan mesin las, harus melakukan persiapan yang baik dan juga tepat, untuk pastikan kesehatan dan juga keselamatan diri dan orang yang berada di sekitar. Jangan sampai menggunakan mesin las namun malah merugikan orang yang di sekitar kita. 


Cara menggunakan mesin las dengan benar

Jadi, penting banget nih untuk para pemula. Melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum menggunakan mesin las. Perhatikan beberapa langkah yang harus dilakukan : 

Periksa Terlebih Dahulu Kondisi Mesin Las 

Penting, memastikan mesin las dalam kondisi baik dan tidak rusak. Periksa juga semua kabel, konektor dan bagian lainnya yang ada pada mesin las. Pastikan semuanya tersambung dengan baik, tidak ada yang rusak. 


Apa saja jenis mesin las?

Lakukan Inspeksi Area Las 

Selanjutnya, lakukan inspeksi pada area kerja. Pastikan bebas dari bahan yang mudah terbakar dan juga bebas dari benda yang bisa mengganggu proses las. Wajib juga memastikan sirkulasi area kerja dengan udara yang memadai, supaya nanti asap dari pengelasan tidak mengganggu pernafasan diri dan orang sekitar. 

Siapkan Peralatan Keselamatan 

Tidak kalah penting, memastikan sudah melengkapi semua peralatan keselamatan mengelas. Peralatan keselamatan yang harus disiapkan adalah helm pengaman, kacamata las, sarung tangan pengaman, sepatu keselamatan dan juga pakaian yang bisa melindungi tubuh dari percikan api atau dari radiasi las. 

Pengertian welding mig dan pengelasan mig

Nah, selanjutnya apa yang harus dilakukan? 

Mengatur parameter mesin las. Mengatur parameter mesin las ini penting untuk mendapatkan hasil pengelasan yang berkualitas. 

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatur parameter mesin las, diantaranya:

  • Mengatur voltase. Voltase itu bagian yang penting dalam pengaturan mesin las. Semua tipe mesin las punya voltase yang berbeda, jadi wajib banget baca panduan manualnya. Saat mengatur voltase, harus perhatikan ketebalan logam yang akan di las. Makin tebal logam yang akan di las maka semakin tinggi voltasenya. Dan sebaliknya. 

  • Atur arus listrik. Kan tadi disebutkan kalau makin tebal logam yang akan di las maka arus yang dibutuhkan itu akan semakin tinggi, jadi pengaturan arus listrik ini harus disesuaikan juga. 

  • Atur kecepatan pengumpanan kawat. Kawat pengelas itu merupakan bahan tambahan yang digunakan untuk mengisi celah antara dua logam yang akan di las. Untuk kecepatannya harus diatur dengan benar, tergantung juga pada ketebalan logam yang akan di las. 

  • Atur aliran gas pelindung. Aliran gas pelindung diatur dengan benar, sebagai upaya untuk mencegah oksidasi yang terjadi pada proses pengelasan. Aliran gas pelindung bisa disesuaikan dengan jenis logam yang akan di las. Jenis gas pelindung yang digunakan untuk las logam aluminium akan berbeda dengan jenis gas pelindung untuk las stainless steel. 

Itulah, tips sederhana yang bisa diterapkan para pemula ketika akan menggunakan mesin las. 

Jika ditanya, beli dimana mesin las nya? Jangan ragu, langsung saja ke Kawan Lama Sejahtera. Mereka jual mesin las terlengkap. Banyak pilihan mesin las berkualitas tinggi dan juga aksesorisnya untuk penuhi kebutuhan dalam proses pengelasan. Mulai dari industri manufaktur sampai proyek konstruksi, Kawan Lama Sejahtera ini solusi tepat. 


Rekomendasi mesin las listrik di KawanLama

Jenis mesin las di Kawan Lama Sejahtera ini beraneka ragam, ada mesin las listrik, mesin las gas, mesin las mig, untuk pengelasan mig, mesin las argon dan banyak lagi. Juga tersedia berbagai kapasitas daya yang menyesuaikan kebutuhan proyek. 

Kenapa Harus di Kawan Lama Sejahtera?

Karena kualitas adalah kunci utama. Betul? Makanya saya rekomendasikan untuk membeli di Kawan Lama Sejahtera, karena produk yang mereka tawarkan itu sudah pasti keandalan dan ketahanannya.

Seperti apa contoh mesin las mig?

Aneka mesin las, diantaranya : 

  • Mesin las gas cutting 

  • Mesin las plasma cutting 

  • Mesin las Welding Mig

  • Mesin las Mig 

Selain menjual mesin las, Kawan Lama Sejahtera juga menyediakan berbagai macam aksesoris mesin las, untuk memudahkan pekerjaan las. 

Semoga artikel ini membantu teman - teman yang akan mencoba menggunakan mesin las yah. Terimakasih 


Sumber : https://www.kawanlama.com/category/welding-equipment 


See you,

Tian Lustiana

7 komentar

  1. Wah untuk urusan mesin las, mending serahin ke bapake saja deh Mak. Gak berani aku. Hahaha...

    Thanks infonya Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iya, tapi nggak ada salahnya perempuan juga belajar ya mbak hehe

      Hapus
  2. Habis kepoin websitenya Kawan Lama Sejahtera, ternyata lengkap juga barang-barangnya ya. Barang-barang kecil juga ada

    BalasHapus
  3. Walah kawan lama juga punya kawat las ya, memang ketrampilan ngelas harus diimbangi alat pelindung diri dan tentu saja kualitas las tergantung bahan yang digunakan

    BalasHapus
  4. Ada banyak jenis mesin las ya ternyata.
    Dan ini gak susah mencarinya, tinggal lihat deskripsi fiturnya, ketemu deh yang sesuai kebutuhan ya

    BalasHapus
  5. Wahhh penting banget nih tau cara menggunakan mesin las apalagi buat pemula. Harus tau persiapannya buat keselamatan. Buat nyari mesin lasnya pastikan beli di Kawan Lama. Udah pasti terpecaya dan lengkap tentunya dengan berbagai aksesoris juga.

    BalasHapus
  6. Kerja dengan menggunakan alat berat seperti mesin las tentu membutuhkan kehati-hatian. Saya pernah berada di ruang las, benda tajam ada dimana-mana. Namun, bagi kaum lelaki area seperti ini bisa jadi favorit meski penuh debu. hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon