Senin, 27 Mei 2024

Cara Praktis Menggunakan Mesin Las dengan Benar Bagi Pemula

Menggunakan mesin las dengan benar untuk pemula, gimana yah? Tentunya, sebelum menggunakan mesin las, harus melakukan persiapan yang baik dan juga tepat, untuk pastikan kesehatan dan juga keselamatan diri dan orang yang berada di sekitar. Jangan sampai menggunakan mesin las namun malah merugikan orang yang di sekitar kita. 


Cara menggunakan mesin las dengan benar

Jadi, penting banget nih untuk para pemula. Melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum menggunakan mesin las. Perhatikan beberapa langkah yang harus dilakukan : 

Periksa Terlebih Dahulu Kondisi Mesin Las 

Penting, memastikan mesin las dalam kondisi baik dan tidak rusak. Periksa juga semua kabel, konektor dan bagian lainnya yang ada pada mesin las. Pastikan semuanya tersambung dengan baik, tidak ada yang rusak. 


Apa saja jenis mesin las?

Lakukan Inspeksi Area Las 

Selanjutnya, lakukan inspeksi pada area kerja. Pastikan bebas dari bahan yang mudah terbakar dan juga bebas dari benda yang bisa mengganggu proses las. Wajib juga memastikan sirkulasi area kerja dengan udara yang memadai, supaya nanti asap dari pengelasan tidak mengganggu pernafasan diri dan orang sekitar. 

Siapkan Peralatan Keselamatan 

Tidak kalah penting, memastikan sudah melengkapi semua peralatan keselamatan mengelas. Peralatan keselamatan yang harus disiapkan adalah helm pengaman, kacamata las, sarung tangan pengaman, sepatu keselamatan dan juga pakaian yang bisa melindungi tubuh dari percikan api atau dari radiasi las. 

Pengertian welding mig dan pengelasan mig

Nah, selanjutnya apa yang harus dilakukan? 

Mengatur parameter mesin las. Mengatur parameter mesin las ini penting untuk mendapatkan hasil pengelasan yang berkualitas. 

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatur parameter mesin las, diantaranya:

  • Mengatur voltase. Voltase itu bagian yang penting dalam pengaturan mesin las. Semua tipe mesin las punya voltase yang berbeda, jadi wajib banget baca panduan manualnya. Saat mengatur voltase, harus perhatikan ketebalan logam yang akan di las. Makin tebal logam yang akan di las maka semakin tinggi voltasenya. Dan sebaliknya. 

  • Atur arus listrik. Kan tadi disebutkan kalau makin tebal logam yang akan di las maka arus yang dibutuhkan itu akan semakin tinggi, jadi pengaturan arus listrik ini harus disesuaikan juga. 

  • Atur kecepatan pengumpanan kawat. Kawat pengelas itu merupakan bahan tambahan yang digunakan untuk mengisi celah antara dua logam yang akan di las. Untuk kecepatannya harus diatur dengan benar, tergantung juga pada ketebalan logam yang akan di las. 

  • Atur aliran gas pelindung. Aliran gas pelindung diatur dengan benar, sebagai upaya untuk mencegah oksidasi yang terjadi pada proses pengelasan. Aliran gas pelindung bisa disesuaikan dengan jenis logam yang akan di las. Jenis gas pelindung yang digunakan untuk las logam aluminium akan berbeda dengan jenis gas pelindung untuk las stainless steel. 

Itulah, tips sederhana yang bisa diterapkan para pemula ketika akan menggunakan mesin las. 

Jika ditanya, beli dimana mesin las nya? Jangan ragu, langsung saja ke Kawan Lama Sejahtera. Mereka jual mesin las terlengkap. Banyak pilihan mesin las berkualitas tinggi dan juga aksesorisnya untuk penuhi kebutuhan dalam proses pengelasan. Mulai dari industri manufaktur sampai proyek konstruksi, Kawan Lama Sejahtera ini solusi tepat. 


Rekomendasi mesin las listrik di KawanLama

Jenis mesin las di Kawan Lama Sejahtera ini beraneka ragam, ada mesin las listrik, mesin las gas, mesin las mig, untuk pengelasan mig, mesin las argon dan banyak lagi. Juga tersedia berbagai kapasitas daya yang menyesuaikan kebutuhan proyek. 

Kenapa Harus di Kawan Lama Sejahtera?

Karena kualitas adalah kunci utama. Betul? Makanya saya rekomendasikan untuk membeli di Kawan Lama Sejahtera, karena produk yang mereka tawarkan itu sudah pasti keandalan dan ketahanannya.

Seperti apa contoh mesin las mig?

Aneka mesin las, diantaranya : 

  • Mesin las gas cutting 

  • Mesin las plasma cutting 

  • Mesin las Welding Mig

  • Mesin las Mig 

Selain menjual mesin las, Kawan Lama Sejahtera juga menyediakan berbagai macam aksesoris mesin las, untuk memudahkan pekerjaan las. 

Semoga artikel ini membantu teman - teman yang akan mencoba menggunakan mesin las yah. Terimakasih 



See you,

Tian Lustiana

22 komentar

  1. Wah untuk urusan mesin las, mending serahin ke bapake saja deh Mak. Gak berani aku. Hahaha...

    Thanks infonya Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iya, tapi nggak ada salahnya perempuan juga belajar ya mbak hehe

      Hapus
  2. Habis kepoin websitenya Kawan Lama Sejahtera, ternyata lengkap juga barang-barangnya ya. Barang-barang kecil juga ada

    BalasHapus
  3. Walah kawan lama juga punya kawat las ya, memang ketrampilan ngelas harus diimbangi alat pelindung diri dan tentu saja kualitas las tergantung bahan yang digunakan

    BalasHapus
  4. Ada banyak jenis mesin las ya ternyata.
    Dan ini gak susah mencarinya, tinggal lihat deskripsi fiturnya, ketemu deh yang sesuai kebutuhan ya

    BalasHapus
  5. Wahhh penting banget nih tau cara menggunakan mesin las apalagi buat pemula. Harus tau persiapannya buat keselamatan. Buat nyari mesin lasnya pastikan beli di Kawan Lama. Udah pasti terpecaya dan lengkap tentunya dengan berbagai aksesoris juga.

    BalasHapus
  6. Kerja dengan menggunakan alat berat seperti mesin las tentu membutuhkan kehati-hatian. Saya pernah berada di ruang las, benda tajam ada dimana-mana. Namun, bagi kaum lelaki area seperti ini bisa jadi favorit meski penuh debu. hehe

    BalasHapus
  7. Nggak pernah praktik soal las beginian :)) Tapi kalau dengar Kawan lama, pikiranku udah otomatis kaya... ini tuh one stop solution segala perkakas deh.

    BalasHapus
  8. Untuk urusan perkakas seperti ini tuh memang Kawan Lama tuh tak perlu diragukan lagi ya mak. Kalau memang mau menggunakan sendiri harus teliti ini membaca manual booknya supaya tidak salah dan berbahaya.

    BalasHapus
  9. Kalau saya paling tidak kuat liat orang sedang ngelas. Silau dengan sinar dan percikan api yang keluar.

    Kawan lama ternyata memproduksi mesin las ya

    BalasHapus
  10. Urusan las memang harus diserahkan kepada ahlinya. Kalau sembarang orang bisa fatal...
    Kaum ibu mana mampu, tapi bukan berarti gak bisa ya. Informasi ini penting untuk wawasan dan nambah pengetahuan juga

    BalasHapus
  11. Waaah...saya awam sekali dengan mesin las. Tahunya mesih las cuma kalau pas untuk kerja jadi mengeluarkan bunga2 api he2. Ternyata ada macam2 mesin las yaaa... semoga semua yg bekerja menggunakan mesin las dijauhkan dari lecelakaan.

    BalasHapus
  12. Ada banyak sekali jenis mesin las yaa..
    Dan selain memerhatikan mesin yang digunakan sesuai dengan kebutuhan, juga jangan lupa perhatikan keselamatan kerja. Di Kawan Lama semua tersedia lengkap.

    BalasHapus
  13. Sepengetahuan saya, di sini di Batam, pekerjaan sebagai tukang las juga ternyata ada sertifikasinya. Terutama pekerja las untuk galangan kapal. Nah tentu saja gajinya juga lumayan menjanjikan.

    BalasHapus
  14. Sangat penting mengetahui cara kerja mesin las ataupun cara menggunakannnya dan memang betul tempat terbaik buat beli mesin las ya di Kawan Lama Sejahtera. Sudah terpercaya kualitasnya, sama bisa belanja kebutuhan atau perabotan lainnya.

    BalasHapus
  15. Harus ada ilmunya & hati-hati ya pakai mesin las apalagi untuk pemula penting banget memperhatikan semuanya. Kadang butuh juga ya untuk ngelas2 di rumah

    BalasHapus
  16. Setelah baca artikel ini, saya langsung kepoin situsnya kawanlama. Wow, banyak banget itu tersedia produk mesin industri ya. Bahaya nih kalau pak suamikk tahu, doyan bener dia urusan permesinan gitu. Hahahaha. Ntar langsung check out tuh~

    BalasHapus
  17. Seumur-umur belum pernah pegang mesin las
    Namun, lihat ini kok jadi pengen coba menggunakannya
    Apalagi di rumah memang ada yang butuh dilas

    BalasHapus
  18. menggunakan mesin las ini memang harus benar-benar diperhatikan keamanannya ya, mbak soalnya bahaya banget kalau apinya kena tubuh kita

    BalasHapus
  19. Hmm... Ilmu baru nih ttg dunia per-las-an. Walau saya ga berani mencoba minimal saya tau apa yg harus dilakukan ketika berkecimpung di dunia ini.

    BalasHapus
  20. Aku lumayan sering lihat orang deket pakai mesin las, tetangga sendiri. Dia tuh orang yang ringan tangan banget deh, suka bener2in pager dan benerin mainan anaknya, atau bikin kandang burung sendiri. Memang alat keselamatannya cuma penutup wajah dan sarung tangan sih, tapi untuk di rumah kayanya cukup lah yaa

    BalasHapus
  21. Setuju banget, saat melakukan pengelasan, emang mesti memakai peralatan keselamatan yaaa Kak.. supaya tetap aman dan terlindungi..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon