Rabu, 24 Januari 2024

Intip 4 Ide Desain Taman Indoor dan Tips Membuatnya!


Tianlustiana.com. Ingin punya taman yang unik di rumah? Indoor garden bisa menjadi ide yang tepat untuk membuat suasana hunian menjadi lebih berwarna. Kenapa tidak memilih rooftop garden atau outdoor garden saja? Dua jenis taman tersebut sudah banyak dimiliki orang sehingga terkesan biasa saja.


Jika ingin menampilkan sesuatu yang menarik, maka kamu perlu membuat kebun atau taman yang berbeda dari kebanyakan orang. Kamu bisa menggunakan pinjaman kilat untuk membuat indoor garden estetik yang memanjakan mata. Berikut beberapa ide taman indoor yang bisa kamu jadikan inspirasi. 



4 Ide Desain Indoor Garden

Rumah yang ideal seharusnya memiliki taman sebagai pelengkap keindahannya. Membuat taman dalam ruangan memang tidak mudah karena memerlukan penataan yang rumit, kerumitannya itulah yang justru menjadi tantangannya. Berikut beberapa ide desain indoor garden yang bisa kamu coba untuk mempercantik tampilan rumah:

  • Kebun Indoor Berisi Tanaman Herba

Apa kamu termasuk orang yang suka memasak dan mengonsumsi ramuan tradisional? Ide kebun dalam ruangan ini sangat cocok untuk pencinta produk organik. Selain tanaman herbal kamu bisa melengkapi kebunmu dengan beberapa jenis sayuran dan herba masakan. 

Sebaiknya memilih tanaman herbal yang sering dipakai untuk memasak atau membuat ramuan tradisional. Tanaman herba umumnya lebih mudah dirawat, sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk memeliharanya. 

  • Taman Bunga di Sudut Ruangan

Apa kamu punya banyak sudut ruangan yang kosong? Yuk, coba hiasi ruang kosong tersebut dengan tanaman hias agar terlihat menarik. Sudut-sudut kosong di sekitar rumah sangat cocok dijadikan sebagai hutan mini untuk menghadirkan nuansa alami.

  • Memadukan Interior Kontemporer dengan Indoor Garden

Jika kamu ingin mempercantik gaya interior ruangan tanpa mengubah sisi minimalisnya, maka ide indoor garden kali ini sangat tepat. Interior bergaya kontemporer yang berpadu dengan indahnya warna-warni tanaman hias akan membuat ruangan terlihat lebih hidup.

Tambahan beberapa bonsai di sudut ruangan agar elemen alaminya semakin kuat, bonsai juga memberi kesan elegan pada ruangan. Penataan formasi tanaman juga perlu diperhatikan agar tidak terlihat berantakan. 

  • Kebun Mini di Area Dapur

Sebagian orang sering menghiraukan tampilan dapur karena terlalu fokus pada interior ruang tamu dan ruang keluarga. Membuat kebun mini di area dapur sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati nuansa alami saat memasak.

Pemandangan hijau di area dapur akan membuatmu lebih bersemangat menciptakan hidangan lezat untuk keluarga. Namun, dibutuhkan biaya yang lumayan banyak untuk merombak dapur dan membuat taman mini. 

Dengan mengajukan pinjaman kilat kamu bisa mengubah interior dapur sesuai apa yang diinginkan tanpa perlu pusing masalah biaya.


pexels.com

Tips Membuat Indoor Garden di Rumah

Nuansa alami dari taman indoor akan membuat penghuni rumah merasa nyaman berlama-lama di rumah. Tak hanya itu, kehadiran tanaman di dalam rumah juga membuat udara terasa lebih segar dan sejuk. 

Membuat indoor garden memerlukan perencanaan yang matang, mulai dari jenis tanaman hingga konsep tatanannya harus dipersiapkan. Berikut beberapa tips membuat taman indoor yang bisa kamu terapkan di rumah:

  • Pemilihan Jenis Tanaman Harus Tepat

Perlu dipahami bahwa tidak semua jenis tanaman dapat tumbuh secara optimal saat berada di dalam ruangan. Kaktus dan sukulen termasuk tanaman hias yang mampu bertahan di dalam ruangan. 

Cara memeliharanya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Jika ingin menanam bahan-bahan dapur, kamu bisa memilih cabai, daun bawang, tomat, tanaman herba, dan semacamnya.

  • Memasang Lampu LED di Sekitar Taman

Pemasangan lampu LED sangat penting terutama pada ruangan yang minim terkena cahaya matahari. Lampu LED akan membantu mengoptimalkan proses fotosintesis pada tanaman, sehingga pertumbuhannya tidak terganggu meski tidak terpapar sinar matahari.

Selain berguna untuk membantu proses pertumbuhan tanaman, lampu LED juga dapat mempercantik tampilan taman. Pemilihan tata letak dan warna lampu sangat mempengaruhi tampilan ruangan, sehingga perlu pertimbangan yang matang sebelum memutuskannya.  

  • Sesuaikan Pernak-pernik Taman dengan Konsep 

Pemilihan pot, rak tanaman, dan pernak-pernik dekorasi lainnya harus disesuaikan dengan konsep. Sebelum membuat indoor garden kamu harus menentukan konsepnya terlebih dahulu. Komposisi dekorasi yang selaras akan membuat tampilan taman terlihat cantik dan menarik. 

  • Utamakan Desain yang Simpel 

Konsep indoor garden yang terlalu rumit justru akan terlihat aneh saat dipandang. Utamakan desain taman yang sederhana namun terlihat berkelas dengan panduan warna yang soft. Bila perlu gunakan jasa design interior untuk menata tanaman dan memiliki dekorasi yang tepat. 

Apa kamu punya ruangan kosong di rumah? Daripada dibiarkan kosong, lebih baik dialih fungsikan menjadi indoor garden. Selain untuk mempercantik tampilan rumah, taman indoor juga bisa membantu menciptakan suasana sejuk di dalam rumah.

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat taman indoor sangat bervariasi tergantung jenis tanaman dan bagian ruangan yang ingin direnovasi. Tidak perlu khawatir masalah biaya karena kamu bisa menggunakan pinjaman KTA online untuk membuat indoor garden idaman. 

Dengan mengandalkan pinjaman digibank KTA, kamu bisa mendapatkan dana berlimit hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Apply tidak perlu melampirkan dokumen fisik dan cicilan dapat dilakukan hingga 36 bulan.

digibank KTA
pexels.com


Yuk, segera ajukan pinjaman KTA dan wujudkan indoor garden mewah idamanmu di rumah sekarang! Dapatkan informasi lebih lanjut tentang ketentuan dan syarat pengajuan pinjaman kilat di digibank KTA dengan klik di sini!


Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon