Sabtu, 16 Desember 2023

Review Film : Rumah Masa Depan

Sebelum ujian semester, saya ajakin neng Marwah refreshing dulu. Kali ini ajakin nonton saja. Kebetulan juga ada film yang bisa ditonton neng Marwah. Sebuah film yang sebenarnya sudah populer pada tahun 80-an, sebuah serial berjudul Rumah Masa Depan, dan ini menjadi pelopor serial keluarga. Konon katanya serial Rumah Masa Depan ini banyak disukai, dan berjaya pada tahun itu, diputar di TVRI. 

Dan sekarang ada remake nya, jadinya kan penasaran ingin nonton. Meski dulu saya nggak sempat nonton serialnya, hehe. 




Rumah Masa Depan ini menceritakan tentang sebuah keluarga harmonis, Sukri (Fedi Nuril), Surti (Laura Basuki) dan kedua anaknya Bayu (Bima Azriel) dan Gerhana (Ciara Brosnan), btw terlihat ya dari nama ayah dan ibu nya yang "jadul" jadi menambah unik film ini, menurut saya. 

Keluarga Sukri - Surti ini merencanakan liburan, akhirnya mereka memutuskan untuk berlibur. Sibuk dengan barang bawaan masing - masing untuk berlibur, namun sayang ternyata akhirnya mereka harus terpaksa ke Desa Cibeureum, kampung halaman ayahnya karena pak Musa (Cok Simbara) ayah Sukri meninggal dunia. Meskipun enggan, Surti, Bayu dan Gerhana harus ikut dan mengiyakan. 




Setelah pemakaman pak Musa, ternyata mereka tidak bisa langsung pulang untuk kembali ke Jakarta karena ibu Musa (Widyawati) berurusan dengan polisi karena sebuah kasus, bu Musa dijadikan tersangka pemukulan pak Lurah, lah kok bisa yah? 

Kebayang dong, anak kota harus tinggal di desa? Gimana yah? Harus menyesuaikan. Bayu dan Surti yang memperlihatkan bahwa mereka tidak betah dan tidak nyaman berada disana, karena bu Musa nenek Bayu dan mertua Surti itu memang galak dan judes. Jadi mereka tidak betah. 

Bayu akhirnya bertemu dengan Cempaka (Maisha Kanna) dan juga Sangaji (Zayyan Sakha), membuat Bayu betah tinggal di Cibeureum. Sementara Gerhana terus berusaha untuk mendapatkan hati sang nenek yang terkenal judes dan galak itu. 


Masalah pun datang terus, mampukah keluarga Sukri menyelesaikan berbagai masalah yang datang bertubi - tubi itu? 


Film Rumah Masa Depan dan Serial Rumah Masa Depan

Rumah Masa Depan ini seakan membawa kembali ke masa lalu, dimana pedesaan yang khas dan juga untuk elemen aslinya pada serial lawas juga masih digunakan loh. Seperti nama, karakter dan theme song nya juga masih sama meski diaransemen ulang. 


Untuk esensi ceritanya pun masih sama, kampung halaman Sukri yang merupakan pondasi kehidupan Sukri, meski ada penyesuaian dengan perbedaan zaman dan kemajuan teknologi. Dimasukkan juga bagaimana kecanggihan teknologi bisa memajukan peradaban di Cibeureum. Surti, seorang chef dan youtuber terkenal, rajin berbagi resep makanan dan ternyata menjadi inspirasi untuk para warga desa Cibeureum. Meskipun latar pedesaan namun kecanggihan teknologi tetap ditonjolkan. 


Kesimpulan: 

Rumah Masa Depan ini membuat kita harus masuk, menyelami permasalahan dalam keluarga yang ada di desa Cibeureum, masalah masa lalu yang menjadi dendam. Nunasa kebersamaannya menyatu dengan baik dan alami. Apalagi karakter yang diperankan Widyawati, luar biasa. 

Saya rekomendasikan banget nih buat teman - teman tonton. 


Sampai jumpa dipostingan selanjutnya, 


Tian lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon