Hitung dengan Mortgage Calculator Sebelum Membeli Real Estate

 

Kurang lebih 2 - 3 tahun ya pandemi covid melanda, bukan hanya di Indonesia namun di dunia. Otomatis banyak yang alami penurunan angka, banyak kerugian, ekonomi langsung down. Alhamdulillah, sekarang perlahan perekonomian sudah mulai menggeliat, bangun kembali meskipun perlahan. 


 



Pandemi, benar - benar terasa pada sektor properti dan real estate, dampaknya lumayan berat. Banyak sekali harga properti dan rumah yang sempat turun drastis, disebabkan pola pikir masyarakat yang mengurangi pengeluaran, salah satunya mengurangi pembelian aset. Ya, karena memang ekonomi anjlok, makanya masyarakat hanya membeli apa yang benar - benar mereka butuhkan saja. 


 

Pandemi perlahan berlalu, alhamdulillah awal tahun 2022, perekonomian pun mulai bangkit, sektor properti dan real estate pun mulai bangkit perlahan. Jadi, yang mungkin punya keinginan untuk membeli rumah real estate ataupun bangunan real estate lainnya, yuk kita hitung dulu dengan mortgage calculator


 

Sebelum kita menghitung, gimana kalau kita pahami dulu apa sih yang disebut real estate itu? Dulu saya begitu mendengar real estate itu selalu terbayang rumah - rumah orang kaya yang besar dan tinggi dan berada di kompleks elit.  Dan ternyata, real estate itu merupakan tanah atau lahan serta objek benda yang ada didalamnya, so bisa berupa bangunan atau lainnya. Real estate ini berdiri pada lahan secara permanen. 


 

Ternyata, real estate juga bisa dibagi menjadi tiga bagian, perumahan, komersial dan juga industri. Real estate itu bisa juga sekolah, perkantoran, ruko , taman bermain, dan lainnya, jadi tidak melulu perumahan. Real estate dikembangkan oleh developer dan bisa dijual kembali, jadi cocok banget ya untuk investasi juga. Bisa digunakan untuk pribadi  atau bisa juga disewakan kalau nggak mau dijual. 


 

Untuk pemula yang ingin membeli rumah real estate sebagai properti, yuk baca dulu beberapa tipsnya. Jangan sampai mengambil langkah terburu - buru, karena banyak hal yang wajib dipelajari sebelum memulai investasi properti. Salah satunya adalah harus memperhatikan proses pembelian properti, ya tidak mudah. 


 

Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memulai investasi properti untuk pemula. 

 

Pilih Lokasi yang Tepat 

Lokasi merupakan suatu hal yang paling utama ditentukan sebelum hendak membeli rumah real estate atau memulai bisnis properti. Biasanya memutuskan membeli rumah atau membangun rumah itu karena lokasi yang strategis. Pertimbangan lokasi inilah yang menjadi faktor utama yang memang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis properti.




Karena lokasi sangat mempengaruhi harga jual properti. Lokasi yang strategis, mudah dijangkau dan dekat dengan pusat keramaian itu menjadi salah satu nilai plus dan membuat harga jual nantinya akan lebih tinggi. 


Pilih Developer Terpercaya 

Sebelum memulai, penting banget mengetahui latar belakang developer properti. Jangan asal percaya begitu saja, pastikan performanya baik. Pilih pengembang / developer yang sudah memiliki pengalaman minimal lima tahun , dan cari informasinya melalui website. 




Cek Harga Pasar 

Ingat, jangan sampai terburu - buru ketika akan membeli properti. Banyak sekali yang perlu ditinjau ulang sebelum memberikan keputusan untuk membeli. Cek terlebih dahulu harga pasar yang sedang berlaku. Jadi, harus mengetahui harga pasaran rumah yang akan dibeli. Lakukan pengecekan harga pasar secara online atau bisa juga melakukan riset langsung. Jadi bisa mendapatkan harga terbaik. 




Hitung menggunakan Mortgage Calculator 


Ada yang sudah mengenal Mortgage Calculator? 

Mortgage, merupakan pemberian pinjaman yang berupa kredit dalam jangka waktu panjang. Ya, kalau di Indonesia bisa disebut KPR kali yah. So, mortgage calculator ini merupakan kalkulator yang bisa kita pergunakan untuk menghitung estimasi berapa besarnya cicilan setiap bulannya. Ya, semacam kalkulator hipotek yang bisa kita gunakan untuk mengetahui berapa besaran yang harus kita siapkan untuk sebuah investasi real estate.



 

Kalau tidak mau membeli secara cicilan, mortgage calculator juga bisa dijadikan estimasi  tabungan wajib teman - teman perbulannya, dan ditargetkan beberapa tahun sesuai yang diinginkan. Jadi kita punya bayangan. 




 

Meskipun mortgage calculator ini asal UK (mortgagecalculator.uk) , namun tetap saja bisa digunakan di negara mana saja, termasuk Indonesia. Mudah saja, nanti kita tinggal konversikan ke mata uang Indonesia. Atau mata uang negara yang kita gunakan. 




 

Keunggulan menggunakan mortgagecalculator.uk , bisa memberikan simulasi hitungan dengan cepat dan juga akurat. Tampilannya pun sederhana dan ketika kita gunakan untuk melakukan hitungan simulasi, ga pake lama. Pada websitenya juga menyediakan grafik pembayaran pinjaman bersama dengan tabel amortisasi bulanan serta tahunan, lengkap sekali. Keren yah? 




 

Keren banget, menggunakan sistem Internasional gini jadi kita bisa menghitung investasi menggunakan berbagai mata uang, semangat juga kan untuk bekerja menghasilkan cuan lebih banyak lagi supaya bisa lebih banyak bisnis propertinya. Aamiin. 

 

Semoga kita semua dimudahkan yah untuk bisa memiliki rumah real estate dan juga bisnis properti lainnya, aamiin. 





See you my next post,

Tian lustiana

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon