Kamis, 26 Oktober 2023

Liburan ke Inggris? Kunjungi 6 Stadion Terbesarnya

Inggris merupakan salah satu negara dengan budaya sepak bolanya yang kental. Seperti yang dikutip dari laman Bola, Liga Inggris tergolong ke dalam lima besar liga sepak bola terbaik yang ada di dunia.


Untuk mendukung banyaknya klub sepak bola di sana, hampir semua klub di Inggris memiliki stadionnya sendiri sebagai rumah mereka. Beberapa stadion bahkan dibangun dengan besar dan megah karena klub-klub Inggris memiliki penggemar dalam jumlah banyak.

Apabila kamu salah satu penggemar dari klub sepak bola Inggris dan tertarik untuk mengunjungi stadion kandang klub favoritmu, kamu bisa memanfaatkan pinjaman bunga rendah untuk mendukung perjalananmu. Penjelasan lebih lanjut terkait beberapa stadion terbesar di Inggris akan dibahas pada bagian berikut.

6 Stadion Terbesar di Inggris

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, klub-klub di liga Inggris sebagai salah satu liga terbaik di dunia memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu, masing-masing stadion yang menjadi rumah dari klub-klub di sana umumnya dibangun dengan besar agar bisa menampung para penggemar menyaksikan klub sepak bola kesayangannya bertanding.

Adapun beberapa stadion sepak bola terbesar yang berada di Inggris yang recommended untuk dikunjungi, yaitu sebagai berikut:

  • Stadion Wembley

Salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Inggris ialah Stadion Wembley. Dikatakan sebagai salah satu stadion terbesar disebabkan karena Stadion Wembley ini memiliki kapasitas penonton sejumlah 90.000.

Stadion yang berlokasi di kota London ini bukan merupakan kandang dari klub-klub yang tergabung di Premiere League, melainkan dijadikan sebagai rumah dari Tim Nasional Inggris.


Pic by Pexels.com

Dengan kapasitasnya yang besar dan mampu menampung banyak penonton, selain digunakan sebagai venue acara olahraga bergengsi seperti untuk Final Piala FA, Stadion Wembley juga kerap dijadikan sebagai venue untuk perhelatan musik.

  • Stadion Old Trafford

Di urutan kedua dari stadion dengan kapasitas terbesar di Inggris ditempati oleh Stadion Old Trafford. Stadion ini cukup terkenal karena menjadi kandang atau rumah dari salah satu klub besar yang bermain di Premier League, Manchester United.

Selain menjadi rumah dari klub dengan julukan Setan Merah, stadion yang pertama kali digunakan pada tahun 1910 ini juga beberapa kali menjadi venue untuk perhelatan olahraga seperti untuk Euro tahun 1966 hingga pertandingan final Liga Champions pada tahun 2003.

Stadion yang berlokasi di kota Manchester, Inggris ini diketahui memiliki kapasitas hingga 74.310 kursi penonton. Selain dibuka saat ada pertandingan, nyatanya stadion ini juga dibuka untuk para penggemar yang ingin berkeliling stadion sekaligus mengunjungi museum di sana.

Apabila kamu tertarik, kamu bisa memanfaatkan pinjaman bunga rendah untuk mendukung rencana perjalananmu ke Inggris ini.

  • Stadion Tottenham Hotspur

Berikutnya ada Stadion Tottenham Hotspur dengan kapasita penonton yang mencapai 62.850 kursi. Stadion ini tergolong sebagai stadion baru karena baru selesai dibangun pada tahun 2019. 

Sesuai dengan namanya, stadion ini menjadi markas dari klub yang juga bermain di liga pertama di Inggris, Tottenham Hotspur. Sebelum dibangunnya stadion ini, Tottenham Hotspur bermarkas di White Hart Lane.

Dengan kapasitasnya yang besar tersebut, stadion yang berlokasi di kota London ini menempati urutan ketiga sebagai stadion terbesar di Inggris. Tidak hanya itu, selain digunakan untuk pertandingan sepak bola, stadion ini juga kerap digunakan sebagai venue untuk perhelatan olahraga lain, seperti misalnya cabang olahraga Rugby.

  • Stadion London

Rumah dari klub West Ham United menempati posisi keempat sebagai stadion terbesar yang terdapat di Inggris. Dengan kapasitasnya yang mencapai 66 ribu kursi, stadion ini juga kerap kali dijadikan sebagai venue untuk beberapa kejuaraan, seperti misalnya Olimpiade London pada tahun 2012.

Meski tergolong sebagai stadion baru, namun London Stadium ini sudah mengalami beberapa renovasi untuk disempurnakan sehingga menjadi markas yang nyaman untuk para The Hammers. 

  • Stadion Emirates

Kemudian di kawasan London Utara, kamu bisa menemukan satu stadion besar yang menjadi kandang dari Arsenal.

Sebelum dinamakan Stadion Emirates, stadion ini terkenal dengan nama Ashburton Grove. Namun semenjak menjadi markas The Gunners, oleh karena adanya sponsor dari maskapai Fly Emirates untuk klub, maka stadion ini berganti nama menjadi Stadion Emirates.

Menempati urutan kelima menjadi salah satu stadion terbesar yang ada di Inggris, Stadion Emirates ini diketahui memiliki kapasitas hingga mencapai lebih dari 60 ribu kursi penonton.

Bagi para penggemar Arsenal, apabila kamu tertarik untuk mengunjungi kandang dari The Gunners, kamu bisa melakukan pengajuan dana untuk menunjang perjalananmu ke London.

Pic by Pexels.com


  • Stadion Etihad

Selain ada Stadion Old Trafford, di kota Manchester juga terdapat stadion besar lain, Etihad Stadium. Stadion ini menjadi markas dari klub Manchester City yang pada musim 2022/2023 lalu memegang titel treble winner.

Kapasitas stadion ini diketahui berkapasitas hingga mencapai 55 ribu kursi penonton yang membuatnya menempati posisi kelima sebagai stadion terbesar yang terdapat di Inggris.


Nah itu dia poin-poin pembahasan mengenai beberapa stadion di Inggris yang memiliki kapasitas besar. Dari beberapa poin di atas, apakah kamu berminat mengunjungi stadion-stadion tersebut untuk menonton pertandingan atau sekedar melakukan stadium tour?


Untuk kamu yang ingin mencoba menjelajahi beberapa stadion terbesar di Inggris, saat ini ada pinjaman bank yang bisa digunakan untuk mendukung rencana perjalanan tersebut. Pinjaman yang bisa kamu coba ajukan ialah digibank KTA. Limit pinjaman hingga Rp200 juta dengan approval hanya 60 detik.


Jika kamu berminat mengajukan produk pinjaman bunga rendah digibank KTA untuk mengunjungi stadion-stadion di Inggris, informasi lebih detail terkait pinjaman tersebut bisa kamu dapatkan di sini.


1 komentar

  1. aku penasaran sama stadion Wembley karena sering digunakan untuk konser musik. Kayaknya mewah banget dan aku ngeliatnya aja cuman bisa bilang "wowww" saking megahnya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon