Kamis, 14 September 2023

Resign dari Kantor dan Memutuskan Menjadi Freelancer Writer

"Menyesal tidak sudah resign?"

Ada yang bertanya hal itu, bahkan sering. Ya, mungkin karena memang saya sudah lama bekerja, dan sekarang malah memutuskan untuk resign. Pasti banyak yang bertanya.




Ya, per tanggal 15 Agustus 2023, saya nyatakan resign dan memilih untuk bekerja di rumah saja.

Jawaban saya : Saya sama sekali tidak pernah menyesali pilihan saya untuk resign dan untuk fokus mengurus rumahtangga (urus anak dan suami), meski pada kenyataannya saya belum menjalankan tugas itu secara sempurna, namun saya akan berusaha lebih baik lagi, ya ini baru sebulan saya resign, jadi saya masih harus banyak beradaptasi dengan kegiatan yang dilakukan di rumah.


Semenjak resign, saya bercita - cita ingin mengerjakan semua pekerjaan rumah, mulai dari mencuci pakaian, mencuci piring, membersihkah rumah sampai menjadi guru les di rumah untuk anak. Capek? Ya tentu. Namun ada rasa bahagia yang belum pernah saya rasakan sebelumnya, namun saya berdoa semoga saya bisa mendampingi anak saya sampai ia berhasil, aamiin. 



Meskipun saya resign, namun alhamdulillah saya tetap berpenghasilan. Saya mendapatkan penghasilan dari hobi saya, menulis. Ah, rasanya bahagia ketika hobi kita bisa dijadikan ladang menghasilkan uang, iya kan?


Meski begitu, saya harus tetap bisa mengatur waktu pekerjaan sebagai freelancer dan juga pekerjaan saya sebagai ibu, jangan sampai meskipun saya di rumah namun saya tetap saja sibuk. Jadi saya akan menyelesaikan pekerjaan menulis saya ketika anak berada di Sekolah, jadi ketika ia pulang sekolah saya akan fokus padanya lagi. Gampang sih keliatannya, hehe. Namun ini merupakan tantangan tersendiri untuk saya.



Repot? Ya tentu saja. Namun saya tetap melakukannya dengan senang hati, toh ini kan pilihan saya untuk resign dan stay at home mengurus keluarga. Jadi ketika suami bekerja dan anak sekolah, saya melakukan rutinitas pekerjaan rumah tangga seperti biasa, biasanya sih sampai jam 10 an, setelah itu baru saya mengerjakan tulisan - tulisan, saya usahakan tidak mepet deadline. Ketika menulis saya bebaskan ide dan pikiran saya berlarian kemana saja , melepaskan diri dari pekerjaan rumah. Terkadang jika jenuh saya mencari cafe supaya bisa bekerja dan mendatangkan lebih banyak ide. Tentu saja supaya otak saya kembali fresh dan ide banyak yang bermunculan kembali.




Ternyata menjadi freelancer blogger dan menjadi kontributor online itu menyenangkan sekali, banyak sekali manfaat lain yang memang saya rasakan, diantaranya adalah. :


Bisa atur jadwal dan lebih menghargai waktu

Ya, ini enaknya bekerja menjadi seorang freelancer, karena saya bisa atur jadwal kerja saya sendiri, jadi bisa membagi waktu antara pekerjaan freelancer dan juga pekerjaan rumahtangga, jadi memang harus smart membagi waktu.

Saya membuat jadwal harian yang bisa membantu saya untuk mengerjakan pekerjaan secara terjadwal dan selesai sesuai waktunya.




Setelah menjadi freelancer, saya kok jadi tambah menghargai waktu. Karena saya merasa tugas saya banyak sekali, selain menjadi freelancer, mengerjakan pekerjaan rumahtangga, menjadi guru les anak, saya juga belajar lagi, jadi memang semua waktu sudah saya tentukan sesuai kebutuhannya.


Penghasilan lebih cuan

Alhamdulillah, saya bisa mendapatkan penghasilan yang lebih, dulu saya gajian sebulan sekali namun sekarang kadang seminggu sekali udah gajian, ada juga yang bulanan. Bahagia ya gajinya banyak, hehe.


Saya mendapatkan uang tambahan yang bisa saya belanjakan sesuai keinginan saya, untuk kebutuhan pribadi saya seperti beli skincare atau makeup. Dan bisa menambah tabungan juga, hehe. Selama kita pintar mengatur uang, percayalah freelance juga bisa memiliki tabungan dan simpanan, loh.


Wawasan lebih berkembang dan mendapatkan lebih banyak teman 

Bukan hanya urusan domestik, saya bisa mengerjakan banyak hal. Jadi wawasan saya perlahan bertambah, saya jadi makin melek informasi nih tentang teknologi, tentang para perempuan zaman now dan juga wawasan lainnya.


Bisa berbagi ilmu dan wawasan dengan para blogger dan influencer ketika ada pekerjaan yang offline, apalagi ketika ada yang email menyampaikan rasa bahagia karena tulisan saya, duh rasanya bahagia sekali karena ternyata tulisan saya bermanfaat.


Saya juga jadi nambah teman, yang biasanya teman kantor saja namun sekarang banyak ada teman dari media juga dan influencer keren - keren. Ah senangnya.

❤❤

Bismillah ya, intinya apapun keputusan yang kita ambil, bersyukurlah dan lakukan dengan sepenuh hati. Menjadi tenaga freelance sekaligus menjadi ibu rumah tangga juga menyenangkan karena memang ada manfaat positif juga kok, jangan lihat repotnya saja, hehe. Yang penting jalani saja apa yang menjadi keputusan kita dengan sebaik - baiknya, dengan rasa tanggung jawab, dan jangan lupa bahagia.


Selalu produktif ya semua ibu - ibu, entah itu mau bekerja dari kantor atau bekerja dari rumah, kalian tetap keren. Sehat - sehat selalu yaaa semua para ibu. 


Love, and see you again

Tian Lustiana 

6 komentar

  1. Wah tidak apa-apa, Kak di rumah menjadi frelance bisa mempunyai banyak waktu untuk keluarga

    BalasHapus
  2. Sebenarnya sayang banget nih ya, Kak soalnya sudah 12 tahun kerja

    BalasHapus
  3. Keren banget, Kak sekarang bisa mempunyai waktu lebih untuk menulis ya

    BalasHapus
  4. Wah benar banget nih, Kak kita harus tetap produktif. Semangat selalu, Kak

    BalasHapus
  5. Tidak apa-apa, Kak meskipun resign. Setidaknya masih berpenghasilan ya, Kak. Semangat

    BalasHapus
  6. Bener Mbaaa, memutuskan resign dr kantor setelah berapa belas tahun kerja, aku juga ga nyesel kok. Banyak yg nanya, gimana fan, udh mulai pengen kerja lagi ga? Jawabannya ga tertarik blaaaas 🤣🤣

    Enakan resign kayak Skr, aku msh dpt income, yg bahkan jauuuh lebih gede dari gaji bulanan, hasil dari trading saham. Lalu aku bebas traveling tanpa mikirin batasan cuti 😂. Ini pentiiing banget. Kalo pas kantoran palingan cuma setahun sekali travelingnya, Skr mah, bisa 3x setahun dan waktunya juga ga bentar.

    Yang penting sebenernya, saat memutuskan resign, kita harus udah mikirin Mateng plus minus yg bakal kita hadapi. Udh tahu alternatif income dr mana. Jadi ga akan ada penyesalan 😄

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon