Rabu, 23 Agustus 2023

8 Bagian yang Wajib dicek ketika Service Motor

"Nanti aku mau belajar sendiri ah ke bengkelnya, kasi tahu saja ya bagian yang wajib dicek saat service motor!" 

Permintaanku pada suami. Ya, karena selama ini saya hanya tahu nya pakai saja, tidak pernah paham kapan ganti sparepart motor. Duh, padahal meskipun perempuan ya harus paham juga ya tentang sparepart motor dan servicenya , jangan hanya pake saja. haha. 

Dengan senang hati, suami pun menjelaskan bagian mana saja yang wajib dicek ketika service motor. 



Service motor itu kan pengecekan kondisi motor secara rutin, biasanya dilakukan kalau motornya sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Nah bagian - bagian yang harus dicek diantaranya bagian saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan juga lainnya. 


Suami menjelaskan nih bawa ada 8 bagian nih yang penting dan jangan sampai terlewatkan ketika service rutin motor. 


1. OLI MESIN

Sudah pada tahu dong bahwa oli mesin ini fungsinya sebagai pelumas. Bukan itu saja, oli mesin juga sebagai pendingin dan pelindung mesin. Makanya, wajib banget nih melakukan penggantian oli secara rutin dan juga disesuaikan dengan jarak tempuh yang sudah dicapai. Rata - rata pabrikannya tuh memberikan rekomendasi penggantian setelah jarak tempuh 2500 km. 

Siapkan juga nih biayanya yah, biayanya untuk pembelian oli yang harganya itu tergantung merk dan juga biaya jasa ganti oli. Jadi beda yah, oli motor biasa sama oli motor matic


oli mesin

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester.

So, wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


2. OLI GARDAN

Wajib nih buat para motor matic user. Fungsi oli gardan itu untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Untuk waktu penggantiannya, gunakan rumus : 2x ganti oli mesin, kemudian baru deh barengi dengan 1x ganti oli gardan. Catat yah, jangan sampai lupa nih.


3. BUSI

Merupakan bagian di motor yang memiliki fungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, menjadikan mesin bisa menyala. Kalau busi ini tidak berfungsi baik, bisa menyebabkan motor menjadi sulit dinyalakan, so kalau begitu langsung deh melakukan penggantian busi.




4. KAMPAS REM

Oke, selanjutnya kampas rem yang menjadi faktor penting nih yang sangat perlu diperhatikan, menyangkut keamanan dan juga keselamatan selama berkendara. Kampas rem ini merupakan salah satu komponen yang sangat besar pengaruhnya untuk keamanan serta keselamatan, yakni ada pada sistem pengereman. Bayangin saja, jika kampas rem sudah tipis, maka rem pun akan menjadi kurang pakem dan bisa sebabkan bahaya bahkan bisa sampai kecelakaan. Makanya penting banget ya memperhatikan dan melakukan pengecekan secara rutin ketika melakukan service motor.


5. FILTER UDARA

Memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran supaya jangan sampai ada kotoran yang masuk, dan menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya nih, sebelum mekanik memutuskan untuk membersihkan filter udara atau bahkan menggantinya, suka dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.


6. AKI / ACCU

Perlu tahu nih bahwa tegangan pada aki motor ini idealnya berada pada 12,3 - 12,6 Volt dalam kondisi mesinnya mati. Nah, kalau mesinnya menyala, tegangan aki itu idealnya berada pada 13,7 - 14,2 Volt.


Jika tegangan aki nya tidak sesuai, kemungkinan ada kebocoran atau kondisi terminalnya karatan, maka mekanik harus melakukan pemeriksaan secara detail. Karena kondisi aki yang sudah nggak layak harus secepatnya diganti supaya bisa tetap menggunakan motor dengan nyaman.


7. BAN

Ini nih, yang penting dilakukan pemeriksaan dan harus dilakukan secara berkala / rutin. Harusnya setiap akan menggunakan motor, periksa dulu kondisi ban. Ketika service motor, mekanik akan fikus cek pada tekanan udara dalam ban dan juga kondisi ban secara keseluruhan dan mendetail, apakah ban itu gundul atau tidak dan hal lainnya terkait ban motor.


8. TUNE UP MOTOR SECARA RUTIN

Tune up motor adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan pada semua komponen, terutama pada komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Biasanya mekanik melakukan pemeriksaan yang fokus pada tekanan ban, kondisi lampu , membersihkan karburator (saringan udara), periksa tegangan rantai, rem dan juga memeriksa klakson.


Perlu diperhatikan nih, bahwa tune up itu adakalanya disertai dengan ganti oli mesin, oli gardan atau penggantian spare part. Tapi, tenang karena mekanik tidak akan langsung ganti, mereka akan memberikan informasi dulu, jika setuju maka mekanik langsung melakukan perbaikan / penggantian spare part.


BENGKEL SERVIS MOTOR TERBAIK

Supaya servis nya bagus dan mekanik juga memberikan pelayanan yang oke sesuai yang dibutuhkan, peer banget nih mencari bengkel servis motor yang bagus. Nah, salah satu bengkel yang direkomendasikan suami adalah Planet Ban. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan, loh.




Ssst, di Planet Ban ini bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Aih apa itu? Kepo kan sama Servis motor mesin rasa baru?

Servis motor mesin rasa baru ini dikenal dengan sistem servis terpadu. Tujuannya itu adalah melakukan servis motor untuk upgrade atau meningkatkan performa dan juga ketahanan motor dengan cara yang cepat, tentu dengan biaya yang lebih hemat.

Fokus yang dilakukan pada pemeriksaan dan perbaikan servis motor rasa baru ini adalah pada bagian vital yang letaknta tersembunyi dan sangat jarang diservis, bahkan jarang sekali dicek dan juga disetel secara rutin. 




Selain di Planet Ban itu ada servis motor rasa mesin baru , ada juga manfaat lainnya melakukan servis secara rutin di Planet Ban, diantaranya adalah : 

Menggunakan oli dan cairan khusus yang memiliki teknologi tinggi, sehingga bisa meningkatkan performa motor serta memproteksi mesin. So, mesin otomatis jadi lebih awet alias jarang rusak. 

  Jika dipadukan dengan menggunakan sparepart asli, pemakaian pun akan menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan jadi lebih enteng.  

  Mengganti oli cukup jika jarak  tempuh sudah mencapai 5000 km saja, ya kira - kira 4 - 6 bulan sekali, nggak perlu sering - sering ke bengkel, jadinya biaya servis pun menjadi lebih hemat. 

  Kita bisa ikut memelihara dan juga menjaga lingkungan hidup loh, karena emisi dan juga polusi dari motor menjadi berkurang. 


Apa sih bedanya servis motor di Planet Ban dan tempat lain? 

Melakukan servis di tempat lain itu biasanya kotoran masih banyak, debu dan sisa pembakaran juga masih ada yang tertinggal pada beberapa bagian mesin motor. Bahkan nih yah masih suka ada kotoran dan debu di blok CVT, yang bikin motor jadi terasa berat. 


Beda jika melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, seluruh part mesin itu akan dibersihkan, sampai - sampai seperti baru. Untuk bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, pokoknya semuanya bersih dari sisa - sisa pembakaran. Debu dan juga kotoran hempas semua, nampak seperti mesin baru. 




Puas banget memang service motor di Planet Ban, motor menjadi seperti ganti mesin alias seperti punya mesin baru. Jadinya tarikan lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin menjadi lebih bersih total. 


Berapa harga service motor di Planet Ban? 

Untuk harganya sangat terjangkau untuk service motor yang sangat lengkap. Service injeksi itu hanya Rp. 20.000.- , service CVT dan sekaligus rantainya itu Rp. 19.500.- , untuk service throttle body juga cuman Rp. 20.000.- , wah terjangkau sekali bukan? 


Alhamdulillah, sekarang saya sudah paham nih manfaat cek kondisi motor secara rutin dan paham juga bagian mana saja yang perlu diservis. Hayoh teman - teman kapan nih terakhir kali service motor? 




Rekomendasi banget nih untuk melakukan service motor ke Planet Ban, untuk mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. 


Yuk langsung saja cek Planet Ban terdekat yah !!!



See you,


Tian Lustiana 


36 komentar

  1. Dulu aku mengira kalau di planet ban cuman buat urusan ban aja.
    Ternyata juga melayani servis motor, menarik ini
    aku sendiri belum pernah cobain di Planet Ban, next time

    BalasHapus
  2. Memang benar nih, memperhatikan kondisi motor itu sangat penting. Wajib cek untuk service

    BalasHapus
  3. Memang banyak nih ya bagian yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan service motor

    BalasHapus
  4. Kalau menurut saya memang mengecek kondisi oli motor itu yang paling penting

    BalasHapus
  5. Memang biasanya kalau perempuan itu tidak peduli sama motornya hehe. Seperti saya

    BalasHapus
  6. Memang melakukan cek atau service dengan berkala ini sangat penting untuk dilakukan ya

    BalasHapus
  7. Karena motor sebagai alat transportasi saya kemana mana maka kudu saya perhatikan juga, Ganti oli 2 minggu sekali.

    BalasHapus
  8. Untuk service, biasanya aku yang berangkat ke bengkel mba.. biasanya pasrah ke mas2 mekaniknya..apa yang harus diganti/dibersihkan. Pernah juga ke planet ban..cuma waktu itu blm paham, ternyata planet ban bisa service juga... Tak kira cuma buat beli/ganti ban doang

    BalasHapus
  9. Delapan bagian ini memang penting sih untuk rajin dicek biar tampil prima. Tinggal bawa ke planet ban ya kalau mau praktis

    BalasHapus
  10. Betul banget sebagai pengguna motor kita harus bagian-bagian dari motor yang penting untuk diperhatikan untuk diservis

    BalasHapus
  11. Halo mba Tian. Baca ini semakin sadar bahwa tampaknya motorku wajib itu ganti oli mesin deh. Berasa aja pas nyetir motor ada sesuatu yang berbeda. Makasih remindernya mba

    BalasHapus
  12. bagian penting yang wajib di cek saat service motor yang sudah disebutkan dalam artikel ini jangan sampai terlupakan yaa

    BalasHapus
  13. duuuh, saya tu sungguh tak paham soal servis-menyervis, karena taunya cuma pake doang, hehehe. Makanya penting banget tuk menyerahkan saja pada ahlinya, ya si planet ban ini. Dengan keunggulannya, gak heran planet ban emang mantap sih

    BalasHapus
  14. Kalau aku sih yang paling utama dan sangat penting harus cek oli, karena udah trauma banget waktu itu gak ngecek kondisi oli motor, tau - tau mati dan udah merembet kemana - mana.

    BalasHapus
  15. Beda ya teh kalau motor udah diservis, rasanya dibawanya tuh enak. Planet Ban recommended ya untuk servis motor juga. Sparepartnya asli, jadi aman untuk kendaraan.. kualitas terjamin

    BalasHapus
  16. Service di Planet Ban ini memang banyak kelebihannya, ya, Teh.
    Di sana seluruh part mesin dibersihkan jadi kayak baru. Sampai bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, pokoknya semuanya bersih dari sisa - sisa pembakaran, ya...

    BalasHapus
  17. Oli mesin nih yang memang harus tepat waktu juga diganti ya karena agar mesinnya gak rewel. Untungnya tuh Planet Ban sekarang banyak ya, soalnya dekat rumahku ada juga dan terpantau ramai kalau lewat situ.

    BalasHapus
  18. Selama ni urusan permotoran dan permobilan paksu sih aku cuma terima pakek aja ternyata banyak juga yg harus diperhatikan ya mbak. Insyaallah mulai skr harus lebih paham dan care sama kendaraan sendiri

    BalasHapus
  19. Teh ini khusus utk motor matic aja rumusnya? 2x ganti oli mesin, kemudian baru deh barengi dengan 1x ganti oli gardan. Klo rumus untuk motor biasa gimana kah?

    BalasHapus
  20. Wah, aku sejak sering turin ke bengkel, jadi tahu apa itu oli mesin dan oli gardan sebelumnya taunya cuma yah oli motor saja, hehehe

    BalasHapus
  21. Pokoknya urusan seperti itu saya langsung serahin ke Planet Ban aja, deh. Lebih praktis dan bisa dipercaya. Apalagi saya kan memang gak ngerti mesin.

    BalasHapus
  22. Gara-gara ada Planet Ban jadi pede serivis motor ke situ ga perlu nunggu paksu akutuu..happy servis motor secara rutin di Planet Ban, seluruh part mesin itu akan dibersihkan, sampai - sampai seperti baru.

    BalasHapus
  23. Sayang ya mesin motor jadi rusak kalau kita absi merawatnya padahal perawatan mudah tinggal bawa ke bengkel dan tentu saja lebih murah daripada kalau terlanjur rusak

    BalasHapus
  24. Service di Planet Ban emang memuaskan ya Tiaan, aku suka sambil lihat pas servisnya karena terbuka tempatnya kita leluasa melihat.
    Btw, 8 bagian yang perlu diservis ini emang penting banget buat biker seperti kitaa biar nyaman momotorannya.

    BalasHapus
  25. Iya nih jangan sampai motor rusak karena kita lalai ya merawat mesin motor sayang banget kakau rusak harganya mahal pisan

    BalasHapus
  26. Jujur nih aku belum pernah nganter sepeda motor sendiri ke bengkel buat service, hihi. Mesti suamiku yang ke sana atau pernah aku ikut juga sih. Tapi gak pernah aku sendirian, haha. Tapi bagian-bagian yang perlu diservis aku tahu dikit-dikit sih. Ya emang harusnya tau ya, gak cuma bisa pakai aja. Hahaha. Btw di deket rumahku juga ada Planet Ban :)

    BalasHapus
  27. Paling kerasa kalau motor kurang servis tuh pas di gas kerasa lola alias loading lama dan berat. Apalagi keseringan kena ujan, remnya suka rada-rada. Jadi kudu banget cek cek rutin di Planet Ban. Biar motor lebih awet juga mesinnya tetap gahar.

    BalasHapus
  28. Sayangnya, si Planet Ban ini belum buka cabang di Makassar (begitu sih kalau aku cek web-nya). padahal pengin juga cek motor rasa baru, harganya hemat pula.

    BalasHapus
  29. planet ban ini memang tawarnnya menggiurkan banget ya. bukan cuma cek oli doang, tapi semua mesin kita di periksa dan ga dikadalin pula.

    BalasHapus
  30. Service motor itu penting untik selalu rutin dilakukan
    Delapan hal diatas ini emang penting untuk di cek di service motor

    BalasHapus
  31. Aku yang rajin banget ngerasain motor dari jaman kuliah dulu. Dan alhamdulillah motor awet sampai sekarang. Beberapa kali juga ganti ban di planet ban pelayanannya juga oke kualitas ya jangan ditanya

    BalasHapus
  32. Iya sih, sesekali perempuan juga perlu ke bengkel buat meriksain motornya, kayak aku selama ini pasti suami yg bawa motor ke bengkel. Kan kita kepo ya, yg wajib diservus tiap bulan tuh apa aja

    BalasHapus
  33. Motorku yang sering bermasalah bannya Mba Tian hiks. Padahal sering ganti kadang sering bocor kayanya ban luar nih yang kudu ganti

    BalasHapus
  34. Suka mampir ke Planet Ban karena isi anginnya gratis. :D

    BalasHapus
  35. Dulu pertama kali ganti ban motor, aku gantinya juga ke Planet Ban. Nah senengnya kalo mau pompa di sana, free. Eh sekarang malah bisa servis rutin ya, harganya juga terjangkau.

    BalasHapus
  36. Jangan sampai terlewat pokoknya ya mbak kalau service motor ini

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon