Rabu, 31 Mei 2023

Pulau Pari: Paket Wisata Murah dan Seru


Pulau Pari belakangan ini namanya sering disebut di kalangan para pecinta traveling. Paket wisata Pulau Pari murah juga menjadi salah satu yang banyak dicari oleh mereka yang ingin mencoba serunya berlibur ke Pulau Pari.


Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibukota namun tetap nyaman dan menyenangkan untuk melepas penat menjadi nilai tambah Pulau Pari sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak hal yang menarik. Tidak heran banyak yang menjadikan Pulau Pari ini sebagai tujuan wisata favorit.




Apa Itu Pulau Pari?

Pulau Pari adalah salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu yang berderet di utara perairan Jakarta. Disebut Pulau Pari karena jika dilihat dari atas, pulau ini berbentuk seperti ikan pari. Pulau yang memiliki luas sekitar 94 Ha dan dapat ditempuh dengan perjalanan hanya dalam waktu 90 sampai 120 menit dari ibukota Jakarta.




Menawarkan keindahan panorama pantai yang eksotis dan spot-spot yang menarik, diantaranya pantai pasir putih, wisata air, hutan mangrove, dan keindahan bawah lautnya yang menawan menjadikan Pulau Pari salah satu destinasi wisata favorit di wilayah Kepulauan Seribu bagi para wisatawan.


Lokasi Geografis Pulau Pari

Pulau ini secara geografis terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pulau ini awalnya merupakan tempat para nelayan dari Pulau Tidung mencari ikan, yang kemudian menetap dan turun temurun hingga sekarang menjadi wilayah permukiman yang jumlah penduduknya hampir 1000 orang.


Pulau Pari ini berdekatan dengan Pulau Kongsi, Pulau Burung, Pulau Tikus, dan Pulau Tengah, tidak jauh dari Pulau Lancang, Pulau Rambut, Pulau Pramuka, dan Pulau Tidung. Pulau ini penduduknya sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan budidaya rumput laut, namun dengan perkembangan industri pariwisatanya, penduduk mulai merambah ke perdagangan dan jasa pariwisata.


Di bagian barat Pulau Pari, terdapat cekungan yang difungsikan sebagai serapan air yang membuat penduduk Pulau Pari ini memiliki akses air tawar yang lebih baik dibanding pulau lain di sekitar Kepulauan Seribu. Di wilayah cekungan yang juga bagian yang berbentuk ekor dari Pulau Pari ini, Anda bisa menemukan banyak budidaya tanaman seperti kelapa, jambu air, pisang, mangga, petai cina, buah naga, dan palem.


Akses menuju pulau ini juga sangat mudah dan terbilang murah dengan menyeberang dari Muara Angke menggunakan kapal Ferry dengan kapasitas mencapai 300 orang. Ada juga akses transportasi alternatif menggunakan speedboat yang bisa Anda sewa dari Marina Ancol, tetapi harganya tentu sedikit lebih mahal.


Paket Wisata Pulau Pari

Sebagai destinasi wisata yang juga dikelola sebagai sektor industri pariwisata, Pulau Pari menyediakan banyak pilihan paket wisata Pulau Pari murah dengan berbagai fasilitas dan destinasi wisata bagi Anda yang ingin menikmati liburan ke Pulau Pari. Berikut ini, beberapa contoh pilihan paket wisata Pulau Pari.


1. Paket wisata Pulau Pari 2D1N via Kaliadem Muara Angke

Jumlah orang                           Paket Standar                           Paket Lengkap

2 orang                                     Rp. 905.000 / orang                   Rp. 935.000 / orang

3 orang                                     Rp. 625.000 / orang                   Rp. 655.000 / orang

4 orang                                     Rp. 555.000 / orang                   Rp. 585.000 / orang

5 orang                                     Rp. 505.000 / orang                   Rp. 535.000 / orang

10-14 orang                               Rp. 385.000 / orang                   Rp. 415.000 / orang

15-19 orang                               Rp. 365.000 / orang                   Rp. 395.000 / orang

20-100 orang                             Rp. 355.000 / orang                   Rp. 385.000 / orang


Fasilitas

·         ✓ Transport kapal PP dari Muara Angke-Pulau Pari

·          ✓Penginapan Homestay dengan fasilitas AC

·          ✓Konsumsi makan 3x per hari

·          ✓Barbeque

·          ✓Welcome drink

·          ✓Camera underwater

·          ✓Sepeda untuk berkeliling

·          ✓Kapal snorkeling untuk menuju spot wisata air

·         ✓Perlengkapan snorkeling

·          ✓Tour guide (pemandu)

·          ✓Banana boat (hanya berlaku untuk paket lengkap)

·          ✓Wisata ke Pantai Perawan, Pantai Bukit Matahari, Pantai Bintang, Pantai LIPI

*keterangan: biaya paket di luar biaya retribusi kawasan pantai (pantai perawan Rp. 5.000 / orang, pantai bintang Rp. 3.500 / orang).


Spot Wisata di Pulau Pari

Pulau Pari memiliki tiga spot wisata utama, yaitu Pantai Perawan, Pantai Pasir Kresek, Dermaga Bukit Matahari yang dikelola sebagai industri pariwisata secara swadaya oleh masyarakat setempat. Sebagian besar pendapatan dari sektor pariwisata di Pulau Pari ini dikelola untuk perawatan kebersihan, pengembangan infrastruktur, fasilitas, dan pembiayaan kegiatan sosial.


Selain itu, Anda juga bisa menikmati spot keliling perkampungan Pulau Pari menggunakan sepeda, snorkeling di perairan dangkal, menjelajah perairan dengan sampan atau kapal cepat. Berikut ini, beberapa spot wisata yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi Pulau Pari.


1. Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan atau yang sering disebut Pantai Perawan ini merupakan ikon wisata pantai di Pulau Pari. Menawarkan keindahan pantai pasir putih yang bersih, alami, dengan nuansa alam yang dilengkapi deretan pepohonan. Pantai Perawan ini menjadi tempat favorit bagi pecinta sunrise, namun, tidak jarang yang menikmati suasana pantai di sore hari yang tidak kalah eksotis.




Anda juga bisa melakukan aktivitas camping di area pantai perawan ini. terdapat juga saung-saung yang menghadap ke laut yang bisa Anda nikmati sambil memesan makanan ringan dan minuman dari kedai-kedai makan di tepi pantai.


2. Pantai Kresek

Pantai Kresek ini terletak di bagian barat Pulau Pari sehingga sangat cocok sebagai tempat favorit untuk menikmati sunset. Tempat ini masih tidak terlalu padat pengunjung sehingga suasana di pantai ini lebih tenang dengan keindahan pantai yang benar-benar alami. Uniknya, nama Pantai Kresek ini juga merupakan singkatan dari kata Keren dan Seksi.


Terdapat fasilitas penangkaran biota laut yang letaknya tidak jauh dari pantai. Anda bisa melihat penangkaran ikan pari, bintang laut, penyu, dan bulu babi milik penduduk lokal.


3. Menjelajah Hutan Mangrove

Aktivitas menjelajah hutan mangrove ini menjadi salah satu kegiatan wajib untuk Anda saat mengunjungi Pulau Pari. Hutan mangrove ini tumbuh secara alami dan dikelola oleh penduduk lokal. Menjelajah hutan mangrove ini dimulai dari Pantai Perawan dengan menggunakan perahu motor.




Waktu terbaik untuk Anda melakukan aktivitas jelajah hutan mangrove yaitu sore menjelang petang menuju sunset karena Anda akan ditemani oleh suasana eksotis pemandangan alam dengan cahaya kekuningan dari matahari sore.


4. Snorkeling

Keindahan Pulau Pari juga disajikan di bawah lautnya dan Anda juga bisa menikmati keindahannya melalui snorkeling. Ini menjadi kegiatan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari.




Aktivitas yang dilakukan dengan berenang menggunakan peralatan lengkap seperti alat bantu gerak kaki katak (sirip selam), masker selam, snorkel, dan baju pelampung. Anda bisa menyewa peralatan lengkap sekaligus pemandu selam yang akan mengarahkan Anda selama kegiatan snorkeling ini.


Itulah sekilas tentang pariwisata Pulau Pari dan paket wisata Pulau Pari murah untuk referensi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Pari.



Sampai jumpa dipostingan selanjutnya,


Tian lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon