Minggu, 26 Maret 2023

Tips Sukses Berjualan Online untuk Masyarakat di Pelosok Tanpa Modal Besar

Bismillahirrahmanirrahiim,

Tinggal di daerah pelosok tidak membatasi kesempatan kita untuk memulai usaha. Salah satu usaha yang cukup menjanjikan adalah jualan online. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan digital semakin pesat, sehingga kebiasaan dan gaya hidup masyarakat juga mengalami perubahan.


Tips Sukses Berjualan Online untuk Masyarakat di Pelosok Tanpa Modal Besar


1.Pelajari Teknologi dan Internet

Ketika berjualan online, maka harus memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi maupun internet dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam platform yang kita gunakan ada banyak tools dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda. 

Sekarang, ada banyak kelas maupun kursus daring berbasis teknologi yang siap membantu. Bahkan, ada banyak kelas digital marketing yang secara spesifik akan membantu kita membuat strategi pemasaran digital dengan baik dan benar.


Tips Sukses Berjualan Online untuk Masyarakat di Pelosok Tanpa Modal Besar

Selain itu, mempelajari teknologi dan internet juga memudahkan kita dalam melayani pelanggan secara profesional.


2. Analisis Kebutuhan Masyarakat dan Tentukan Produk yang Tepat

Sebelum memulai bisnis jualan online, kita perlu mencari tahu dulu produk apa sih yang dibutuhkan masyarakat. Untuk melakukan riset ini, kita bisa memanfaatkan pencarian di Google, Google Trends maupun menggunakan tools khusus yang mampu membantu riset produk. 


Tips Sukses Berjualan Online untuk Masyarakat di Pelosok Tanpa Modal Besar

Setelah mengetahui berbagai produk tersebut, pastikan produk yang dipilih dapat dijual dalam waktu lama. Artinya, meskipun produk tersebut sedang banyak digunakan masyarakat tapi belum tentu bisa dijual untuk waktu yang lama.


3. Pilih Platform Jualan Online yang Mau Digunakan

Di era digital ini, muncul berbagai platform jualan online dengan berbagai penawaran yang menarik. Pastikan platform yang dipilih adalah yang paling tepat untuk kita dan juga pelanggan.

Ada beberapa cara memilih platform toko online yang terbaik, antara lain : 

  • Mencari tahu rekam jejak platform.

  • Apakah platform tersebut digunakan banyak orang?

  • Tingkat kepuasan dan kepercayaan pengguna.

  • Apakah mudah digunakan oleh konsumen dan penjual?

  • Apakah kontak layanan pelanggan mudah dihubungi?



4. Manfaatkan Fitur-fitur Toko Online Secara Maksimal

Setiap toko online tentu memiliki berbagai fitur unggulan, maka tugas kita adalah menggunakannya dengan baik. Salah satu fitur yang cukup menguntungkan adalah asuransi.


Tips Sukses Berjualan Online untuk Masyarakat di Pelosok Tanpa Modal Besar

Fitur asuransi ini ditanggung secara penuh oleh penyedia dan Anda sebagai penjual tidak dibebankan biaya apapun. 


5. Gunakan Media Sosial untuk Mempromosikan Produk

Sukses berjualan online juga tidak bisa lepas dari media sosial. Melakukan promosi di media sosial sangat menguntungkan, sebab ada banyak pengikut yang bisa melihat produk jualan yang kita tawarkan.

Selain itu, ada fitur tagar yang bisa digunakan untuk menjangkau lebih banyak audiens untuk melihat bisnis yang sedang kita jalani. Selain itu, berpromosi di media sosial juga bisa dilakukan dengan social media ads agar bisnis kita muncul di beranda pengguna lain.


Tips Sukses Berjualan Online untuk Masyarakat di Pelosok Tanpa Modal Besar

Memanfaatkan media sosial untuk berjualan telah terbukti dapat membantu meningkatkan pendapatan. Seperti dilansir dari Pricebook, pemilik akun TikTok bernama sohibcemilan misalnya, berdasarkan data dari situs KaloData.com, pendapatan rata-rata per hari akun ini ada di kisaran Rp 115 jutaan.

Akun TikTok bernama Eat Sambal adalah contoh sukses lain yang berhasil memanfaatkan internet untuk berjualan. Kombinasi produk dan penyampaian melalui konten yang menarik menjadi kunci utama kesuksesan mereka.

Oh ya, masyarakat di pelosok juga berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui program Sobat IndiHome (SOBI). Informasi lengkap tentang program ini bisa ditemukan di situs SOBI.


6. Bekerja Sama dengan Produsen, Petani, dan Pengrajin untuk Mendapatkan Produk

Untuk menghemat biaya produksi maupun operasional, kita bisa menyiasatinya dengan bekerja sama dengan penduduk lokal, baik para pengrajin maun petani. 

Umumnya, kerja sama semacam ini tidak membutuhkan biaya besar sebab berasal langsung dari pihak pertama. Keuntungan lain dari kerjasama ini adalah menjaga stabilitas ekonomi masyarakat maupun UMKM sekitar.


7. Memastikan Produk Diterima Konsumen dengan Baik

Ketika berjualan online pastikan sistem pengiriman sudah berjalan dengan baik. Sebab kualitas produk yang diterima konsumen juga berpengaruh pada tingkat kepercayaan pelanggan.

Tidak ada salahnya bagi untuk belajar bagaimana cara mengemas produk yang baik. Bahkan, kita juga bisa mencari tahu bahan pembungkus apa yang paling baik. Karena, beberapa produk harus dikemas dengan pembungkus dan diperlakukan secara khusus.

Tips Sukses Berjualan Online untuk Masyarakat di Pelosok Tanpa Modal Besar


Untuk bisa sukses berjualan online tentu butuh waktu yang tidak sebentar, karena ada banyak hal yang harus dilakukan. Kita juga perlu memastikan penggunaan koneksi internet yang cepat dan stabil sehingga memudahkan proses berjualan dan mempromosikan bisnis secara online, misalnya dengan menggunakan internet IndiHome dari Telkom Indonesia

Selamat menjalankan bisnis onlinenya ya, semoga sukses selalu!


see you,

Tian Lustiana


24 komentar

  1. Wah sekarang di daerah pelosok pun bisa bisnis online bakalan memudahkan dan memberikan peluang besar ini daripada hanya dijual di daerah tersebut. Menarik juga bisnis seperti ini, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Afuh Tian, soeecjless drh binda liat tampilan blog dan konten yang menarik ini. Kl deket mah bunda datengin deh ke rumah Mak Tian biar bljrnya cepet pinter. Mau baca lg x ya biar mantap pengertian bagaimana cara dan trik2 utk jualan online. Salut buat Mak Tian. Salam dari Tangerang Selatan.

    BalasHapus
  3. Sekarang di pelosok udah masuk inet jadi nggak ada kendala untuk bisnis online ya mba. Karena kan kalau dulu tuh masih tersendat2, sekarang udah aman dong ya jaringan makin meluas

    BalasHapus
  4. Yup untuk sukses berjualan online, tentu tidak bisa dalam waktu yang singkat. Tapi jangan berkecil hati, karena walau tinggal di pelosok pun, asal koneksi internet stabil, tetap bisa sukses jualan online

    BalasHapus
  5. yes selama jangkauan internet menembus pelosok dunia maka jualan online bisa dilakukan tanpa modal

    BalasHapus
  6. Saya sempat mencoba ikut memberdayakan produsen di kampung, waktu itu bisnis souvenir dan makanan khas. Lumayan sih, sama2 untung. Cuma sepertinya waktu itu belum terlalu menguasai strategi marketing digital. Jadi deh gak lanjut. Sekarang, dari manapun lokasinya, bisnis mah bisa jalan aja selama internet lancar.

    BalasHapus
  7. Dengan kemajuan teknologi yang ada, hambatan untuk memulai bisnis pun semakin terminimalisir ya. Memang harus banyak yang dipelajari untuk tahu celahnya, tapi itu akan menjadi investasi jangka panjang.

    BalasHapus
  8. Sekarang meskipun tinggal di pelosok bisa berkembang yah. Bisa ikutan sukses jualan online karena udah ada internet cepat seperti IndiHome yang membantu memasarkan produk UMKM ke seluruh penjuru negeri.

    BalasHapus
  9. Berjualan online emang keliatannya mudah padahal butuh keuletan juga ya mbak untuk mempromosikan produk juga upgrade produk sesuai keinginan pelanggan.
    Salah satu yang perlu dimiliki buat bisa berjualan ya internet yang bagus supaya bisa memperluas jangkauan pemasaran ya.

    BalasHapus
  10. Iya nih kalau di daerah tuh mau memajukan usaha yang paling utama kenceng di online ya. Ini juga harus dibarengi dengan adanya internet cepat, karena mau gak mau sekarangkan sudah serba digital untuk pemasaran ya.

    BalasHapus
  11. Dengan jangkauan jaringan internet yang luas, masyarakat yang ada di pelosok pun bisa mendapatkan manfaatnya, ya. Dengan internet yang cepat dan stabil, siapa saja bisa menjalankan jualan online.

    BalasHapus
  12. Eat sambal ini kontennya bagus, dan jualannya out of the box. Jadi gitu ya kalau mau jualan online. Harus berani coba dan konsisten.

    BalasHapus
  13. Platform jualan yang baik tentunya juga ikut mendorong produk kita makin populer dan tentunya menambah daya tarik pembeli ya

    BalasHapus
  14. Saat ini, belajar internet kaya semi wajib ya. Soalnya kan lumayan dan sangat berpeluang buat bisnis. Kalau gaptek, ya nanti kurang bisa tersebar luas usahanya

    BalasHapus
  15. Sukses jualan online sekarang bisa diraih siapa pun, tak harus yang ada di kota aja. Yang penting bisa menangkap peluang pasar dan rajin promosi agar makin diketahui banyak orang tentang produk yang kita jual.

    BalasHapus
  16. Internet cepat dan stabil dari IndiHome ini memberikan banyak kesempatan ya mbak
    Termasuk bagi masyarakat desa ini

    BalasHapus
  17. Sekarang enak ya maak serba dimudahkan asal ada internet yang was wes wusss jepret2 produk share di internet atau olshop jualan deh...

    BalasHapus
  18. Sekarang jualan online dimudahkan sekali dengan adanya internet jadi bisa berjualan di mana saja bahkan tanpa modal bisa promosi dan mendapatkan cuan

    BalasHapus
  19. Mau jualan gak punya modal pun sekarang bisa ya, asal ada kemauan pasti ada jalan. Dengan memanfaatkan teknologi kita bisa berbisnis online, yang paling penting punya koneksi internet yang cepat

    BalasHapus
  20. Bisnis yang sempurna dengan membreak-down segala jenis permasalahan dan akarnya sejak awal. Sehingga ketika menjalankannya sudah siap dengan permasalahan yang ada di lapangan. Dengan internet cepat, ilmu mengenai bisnis dan strateginya bisa dengan mudah diakses.

    BalasHapus
  21. Daerah pelosok bukan penghalang untuk bisnis online dengan internet stabil dan cepat IndiHome

    BalasHapus
  22. Zaman now penting banget kolaborasi ya mbak, apalagi juga membidik pasar online harus bisa mempergunakan teknologi internet dan juga memiliki rekan bisnis untuk memenuhi bahan baku. Pakai internet yang cepat Agar bisnis lancar

    BalasHapus
  23. Bener banget jualan online bisa dengan modal minimal dengan adanya internet tinggal mau nggaknya manfatin secara maksimal

    BalasHapus
  24. Iya nih, kadang mau jualan online, eh kepentok modal. Huhuhu. Ternyata bisa ya jualan online dengan modal keciiil. Makasi sharing infonya ya maaaak

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon