Senin, 12 Desember 2022

Girls’ Tech Day, Siapkan Perempuan di Dunia Kerja Teknologi

Setuju tidak kalau perempuan bisa bersaing dalam bidang dunia kerja teknologi dengan kaum lelaki? 

Yang saya tahu, dunia teknologi itu identik dengan kaum lelaki, padahal tidak begitu yah. Perempuan juga bisa banget masuk ke dalam dunia kerja teknologi loh. 



Sabtu, 26 November 2022 saya dan beberapa teman blogger mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Girls Tech Day yang bertempat di SMKN 2 Bandung. Happy banget loh ketika saya tahu acara ini, karena dari tema saja udah bikin penasaran, yaitu “Girls Tech Day di Indonesia untuk Siapkan Pemimpin Perempuan Masa Depan di Dunia Kerja Teknologi”.

Menarik bukan?

Jadi para kaum perempuan itu harus melek teknologi, harus mau dan siap bersaing dengan kaum lelaki dalam bidang teknologi.


Acara ini tuh perdana loh diselenggarakan di Indonesia, harus bangga ya para perempuan Indonesia. Program ini tuh sangat mengedukasi, menginspirasi dan juga memberdayakan 250 pelajar perempuan dari lima SMA/SMK di Jawa Barat untuk membangun minat dan juga mengejar karir pada bidang teknologi.

Semenjak diinisiasi AWS Girls Tech Day, tahun 2018 sudah memberikan dampak positif loh untuk lebih dari 7 ribu anak perempuan dan juga perempuan muda yang usianya 8 - 24 tahun dari 12 negara di dunia.

Program ini tuh sangat inovatif ya dan harus banget dimanfaatkan nih, diharapkan juga bisa membantu sediakan akses dan kesempatan yang setara terhadap pendidikan STEAM untuk kelompok masyarakat yang mungkin selama ini kurang terwakili pada bidang STEAM ini.

AWS berkomitmen bahwa program yang diprakarsainya ini untuk mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dan juga pemimpin perempuan masa depan pada bidang dunia kerja teknologi di Indonesia.


Program AWS Girls Tech Day

Pada acara Girls Tech Day Bandung ini, para peserta sangat antusias sekali. Terbukti sudah pada semangat ditambah dengan kaos pink yang membuat hari semakin cerah. 

Penasaran kan apa saja yang dilakukan pada acara keren ini?

Ada dua kegiatan utama yang dirancang secara interaktif dan menarik, dengan moderator yang sangat enerjik jadi acara pun berlangsung sangat asik, tidak membosankan meskipun kita hampir setengah hari melakukan kegiatan ini.

 

Women in Tech Talk : Start Your Journey to Pursue the Career Opportunities in Technology

Yuk kejar peluang karir di bidang teknologi, perempuan juga bisa masuk ke ranah teknologi. Dijelaskan pada sesi ini bersama para perempuan yang sudah sukses masuk dalam dunia teknologi. Mereka berbagi tips dan pengalamannya di dunia kerja teknologi. 


Para perempuan itu adalah :

  1. Metha Trisnawati, Co-Founder and COO Sayurbox
  2. Meigy Ulina, Product Manager Transfez
  3. Yashinta Bahana, Head of Business Development T&C Indonesia Amazon Web Services (AWS)

Selain tiga narasumber yang membagikan langkah - langkah awal untuk menginjakkan kaki di dunia teknologi, salah satunya dengan mempersiapkan diri menjadi tenaga profesional di bidang tersebut. Para siswi yang hadir jadi bisa mempersiapkan diri. 

Sebelumnya hadir juga Ibu Dr. Hj. Siti Saidah Yuningsih , M.M.Pd. Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bapak Hidayah Utama Lubis , Community Engagement Manager AWS dan juga Ibu Natalia Soebagjo, Dewan Nasional Prestasi Junior Indonesia yang juga memberikan semangat kepada para peserta untuk mempersiapkan diri dengan ilmu untuk memasuki dunia kerja teknologi. 

Belajar praktik robotika dan coding

Melihat antusias semangat para siswi, saya pun jadi tertarik untuk ikut langsung praktik robotika dan coding. Sesi ini jujur bikin semangat, karena diajarkan tentang fungsi dan cara kerja dari pusat data dan komputasi awan untuk menggunakan perangkat robot quarky dan juga coding pictoblox


Saya dan 150 peserta berkenalan dengan teknologi mutakhir yang ternyata banyak diadopsi oleh dunia industri. 


Sekarang memang, hampir semua dunia industri sudah tidak asing lagi dengan coding, artificial intelligence dan juga robotika.

Ternyata belajar artificial intelligence, coding dan quarky ini bikin tegang tapi asyik, ada kepuasan sendiri begitu quarky ini bisa bergerak sesuai perintah.

Tim penyelenggara berharap dengan adanya rangkaian pembelajaran ini bisa ciptakan pengalaman pertama yang berkesan dan juga mampu menghidupkan imajinasi dengan teknologi. 


Semoga para perempuan Indonesia bisa lebih banyak lagi yang memiliki peran penting dalam dunia teknologi yah, aamiin. Yuk semangat dan siapkan diri sejak dini untuk bisa masuk ke dalam dunia kerja teknologi. 



See you,

Tian Lustiana




15 komentar

  1. Wah menarik ini, tidak hanya laki-laki saja, tapi perempuan juga perlu mengikuti perkembangan zaman dengan literas digital. Termasuk informatika dan coding yang sudah merebak. Jadi pengin ikut girls tech day, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Acaranya seru dan bermanfaat banget ini mbak, sekaligus dapat mengedukasi, menginspirasi dan juga memberdayakan 250 pelajar perempuan dari lima SMA/SMK di Jawa Barat serta membangun minat di bidang teknologi yg lagi booming sekarang

    BalasHapus
  3. Makin bangga jadi perempuan!
    Banyak akses dan program yang mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dan juga pemimpin perempuan masa depan pada bidang dunia kerja teknologi di Indonesia ya.

    Mantab jiwa ini Teh

    BalasHapus
  4. wow sekeren ini SMKN 2 Bandung
    saya sering melintas, gak nyangka sekeren
    wajib jadi pertimbangan untuk ortu yang ingin anaknya merintis karir dibidang ini ya?

    BalasHapus
  5. Nggak bisa memungkiri sih. Akupun berpikir bahwa urusan teknologi itu dunianya cowok.
    Padahal mah cewek juga bisa kalau mau belajar dan berusaha ya, Kak.

    BalasHapus
  6. Nah mungkin ini yang dinamkan kesetaraan ya kak baik laki2 maupun perempuan harus melek literasi digital karena kesempayan terbuka untuk semua

    BalasHapus
  7. Keren acaranya mbak, semoga makin banyak perempuan yang berkiprah dalam bidang teknologi.
    Membaca ini jadi ingat, jaman kuliah dulu sering dapat pertanyaan "perempuan kok kuliah jurusan teknik".

    BalasHapus
  8. Wah acara yang menarik
    Melalui acara ini, perempuan jadi melek teknologi ya mbak
    Biar g gaptek lagi

    BalasHapus
  9. Semua wanita zaman now memang harus melek teknologi supaya tidak dipandang sebelah mata oleh lingkungan
    Dan juga supaya tidak terurus oleh kemajuan zaman....

    BalasHapus
  10. Keren ya Teh ternyata perempuan juga bisa bersaing di dunia teknologi, nggak kalah dengan laki-laki. Girls Tech Day menarik banget acaranya. Moga setelah ini lebih banyak lagi perempuan yang berkiprah di dunia teknologi.

    BalasHapus
  11. Yeay kaum hawa pun dapat makin berkembang dengan teknologi. Jadi semakin berdaya karena memang jaman sih ya

    BalasHapus
  12. Seru banget nih. Dulu pernah kerja di Smart City dan kagum banget sama programmer cewek. Udah saatnya ya perempuan mulai melek dunia teknologi biar gak kalah saing.

    BalasHapus
  13. Teknologi masa kini, alhamdulillah bisa dikuasai oleh siapa saja tanpa memandang gender. Ini berarti kesempatan kerjanya juga semoga terbuka lebar bagi siapa saja yaa..

    Dukung banget acara positif seperti ini..

    BalasHapus
  14. Teknologi yang berkembang cepat menuntut perempuan juga bisa mengimbangi.. keren banget acaranya menyiapkan perempuan untuk siap di dunia kerja terutama di bidang teknologi..

    Aku kelewat infonya huhu padahal pengen ikut juga

    BalasHapus
  15. Setujuuuuuuuu banget. Hehehe. Anak perempuanku aja masih 6 tahun tapi udah tertarik ke teknologi2 gitu. Mungkin lantaran ada darah papanya yang tekno abissssss.

    Asyik banget ada AWS Girls’ Tech Day setiap tahunnya. Pastinya senang lihat hasilnya beberapa tahun kemudian. Alumninya mungkin ada yang sukses dan menginspirasi yang lain.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon