Selasa, 20 September 2022

Kenapa ya Saya Lebih Sensitif Ketika Menstruasi?

Bismillahirahmanirrahim, 


Ketika haid melanda, saya seringkali merasakan nyeri pada sekitaran perut dan juga badan yang terasa pegal - pegal ketika jelang haid. Bukan hanya gejala fisik,  saya juga kerap merasakan gejala emosional. Apakah teman - teman merasakan hal serupa? 




Perempuan itu memang cenderung lebih sensitif yah, apalagi ketika haid / menstruasi, perubahan suasana hatinya itu jumpalitan, tidak bisa ditebak. Kadang happy, mendadak sedih dan tidak menentu. 


Suasana hati yang kadang buruk ini ketika haid ternyata dampak dari premenstrual syndrome atau banyak dikenal dengan sebutan PMS, saya yakin semua teman - teman juga paham ya tentang PMS ini, untuk para wanita pastinya pernah merasakan PMS. Biasanya PMS ini terjadi sekitar 1 sampai 2 minggu sebelum menstruasi. Yang saya rasakan, biasanya suasana hati dan perasaan itu lebih sensitif dan sering alami bad mood, mungkin ini terjadi karena munculnya gejala fisik yang membuat saya tidak nyaman. 


Baca : 

Penyebab Dan Cara Atasi Nyeri Perut Ketika Datang Bulan


Karena Hormon 

Suka bingung, apa sih yang sebabkan saya suka merasa lebih sensitif ketika haid / menstruasi? 

Ternyata, ada partisipasi hormon estrogen yang fluktuatif dalam tubuh. Nah, pas pase ovulasi atau ketika lepasnya sel telur, si hormon estrogen ini dalam tubuh akan mencapai kadar yang paling tinggi. 


Jika fase pembuahan tidak terjadi, maka tubuh akan memasuki fase pra menstruasi. Kadar hormon estrogennya akan langsung menurun drastis sebelum langsung meningkat lagi. 

Banyak loh efek si estrogen ini terhadap tubuh. Hormon ini tuh bisa memberikan pengaruh produksi sekaligus efek dari endorfin kalau kita kaitkan dengan suasana hati /  mood. 




Hormon endorfin ini tuh unsur pada otak yang perannya menghadirkan kenyamanan dan kesenangan. Endorfin juga bisa meningkatkan kadar serotonin yang memiliki peranan dalam pola tidur, suasana hati & nafsu makan. 


Dan, tidak semua perempuan rasakan efek dari si estrogen ini loh. Ada yang bisa lebih sensitif terhadap perubahan kadar hormon ini pas menstruasi. Ini yang sebabkan saya menjadi lebih sensitif ketika menstruasi . 


Baca : Kontrol Emosi Selama Haid 


Jaga mood ketika menstruasi 

Meskipun sering alami rasa sensitif berlebihan dan mood swing, bukan berarti ini tidak bisa kita kendalikan loh. Kita bisa kendalikan supaya mood tetap bisa terjaga meskipun sedang menstruasi, diantaranya : 


  • Berolahraga dengan rutin, lakukan ini apalagi pas dalam fase pra menstruasi.
  • Banyakin asupan cairan.
  • Jangan merokok apalagi minum alkohol.
  • Hindari makanan & minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda dan juga cokelat. 
  • Kalau ingin nyemil, sediakan camilan yang sehat. 
  • Konsumsi susu rendah lemak untuk cukupi kebutuhan vitamin D & kalsium.

Atau bisa juga dengan mengisi waktu luang dengan lakukan aktivitas yang disukai, supaya suasana hati tetap terjaga dengan baik. 


Nah, kalau teman - teman apa saja yang dilakukan untuk menjaga mood tetap oke selama menstruasi? Sharing yuk!



Love,

Tian lustiana 

1 komentar

  1. Enggak Mbak saja, kayaknya semua perempuan juga gitu termasuk saya yang sering mengalami masa PMS di mana mood tidak stabil. Apalagi kalau nyeri datang pengin ngamuk aja, emosi jadi enggak stabil. Ternyata penyebabnya hormon, jadi wajar perlu dimaklumi. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon