Penyebab Dan Cara Atasi Nyeri Perut Ketika Datang Bulan

April 11, 2020

Bismillah, 

Adakah temen - temen disini yang suka merasakan sakit ketika haid? 
Saya, ya saya tuh setiap datang bulan atau haid selalu saja sakit, apalagi pas awal - awal datang haid, duh nyeri nya kadang sampai ga tahan dan bikin badmood aja akhirnya. Gak nyaman, apalagi pas mules atau kramnya, duh bikin gemes deh. Aktivitas pun menjadi terganggu, iya kan? 


Nah, nyeri perut ketika haid ini sering disebut dismenore , dan biasanya terjadi pada hari pertama atau kedua pas haid datang. Yang saya rasakan tuh nyerinya diperut bagian bawah dan kadang suka mual sampai pusing malah sampai diare loh, duh.  Kadang suka mikir juga, apa saya aja gitu yang seriweh ini kalau awal - awal datagn bulan, nyiksa banget gitu.  Tapi memang sih ga selama periode haid, hanya sehari ya paling lama dua hari, tapi kan lumayan ganggu ya. Lantas apa ya penyebabnya? 

Penyebab sakit perut ketika haid (datang bulan) 

Ternyata eh ternyatam si biang kerok alias penyebab utama sakitnya perut ketika datang bulan itu adalah hormon prostaglandin yang aktif. Aktifnya hormon in tuh memicu kontraksi pada rahim, dan kontraksi in terjadi biasanya beberapa hari sebelum datang bulan, dan inilah yang bikin sakit, nyeri dan engga nyaman. 

Tapi ada juga loh yang kasusnya tuh ga biasa, sakit perutnya berlebihan dan ternyata ada masalah medis, ih amit - amit jangan sampai terjadi yah. Tapi untuk pengetahuan ini saya share yah sakit atau nyeri perut ketika haid yang ada hubungannya dengan masalah medis, adalah : 

Premenstrual Syndrome (PMS). Sering kali yah kita denger istilah ini. Kalau perempuan lagi baperan pasti dibilang, ah PMS ! Nah PMS ini tuh adalah kondisi awam yang diderita perempuan sebelum datang bulan, ini disebabkan adanya perubahan hormon yang drastis pada sistem reproduksinya. PMS bakalan hilang kok dengan sendirinya, jadi begitu darah keluar maka PMS berakhir, gitu katanya. 

 Endometriosis . Ini adalah kondisi dimana ketika sel dinding rahim tuh berada diluar rahim, misalnya tuba falopi, ovarium atau dinding panggul. 

 Peradangan panggul (pelvic inflammatory disease atau PID), penyebab nyerinya tuh karena terbentuk infeksi pada rahum, tuba falopi atau ovarium, biasanya disebabkan bakteri pada penyakit menular seksual. 

 Fibroid rahim. Fibroid merupakan tumor jinak, tapi meskipun jinak bisa menekan rahim dan mengakibatkan nyeri ketika datang bulan. 

 Adenomiosis . Ini termasuk penyakit langka ketika jaringan endometrium tumbuh pada dinding otot rahim, jadi selain menyebabkan nyeri ketika datang bulan juga bisa membuat haid lebih berat dan lebih lama. 

 Stenosis serviks . Ini adalah kondisi yang menandakan dimana leher rahim kecil dan sempit jadi darah menstruasi gak keluar dengan lancar jadi membuat rahim tertekan dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada perut. 


Gimana nih caranya menghilangkan rasa nyeri pada perut ketika haid ?

Banyak sih obatnya, tapi saya jarang minum obat. Takut kecanduan soalnya kalau minum obat terus, hehe. Jadi saya biasanya melakukan hal - hal sederhana ini saja, diantaranya adalah : 

Bekal botol yang isinya air hangat, kemudian saya tempelkan ke bagian perut bawah yang sedang nyeri, ga langsung hilang sih nyerinya namun alhamdulillah meredakan, 
 Mandi air hangat juga bisa membantu meredakan. 
 Olahraga ringan, biasanya saya jongkok berdiri, jongkok berdiri perlahan aja. 
 Kurangin makanan pedas dan gurih dulu selama masa datang bulan. 
 Banyakin minum air putih. 


Semoga membantu ya buat temen - temen yang suka merasakan nyeri perut ketika datang bulan. Semoga sehat - sehat. Aamiin. Kalau ada tips lain menghilangkan nyeri perut ketika datang bulan temen - temen bisa share dikolom komentar ya. Thanks! 



With love, 

Tian Lustiana 



You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut