Tips Diet Sehat Untuk Anak Remaja

Bismillahirrahmanirrahim,

"Neng, diet ya. Kurangin berat badannya!" Pinta ibu sama sama neng Marwah yang semenjak pandemi berat badannya terus bertambah. Kebanyakan rebahan dan tidak mau olahraga, sukanya ngemil pula, hehe. Jadi bagaimana tidak melar dari hari ke hari. 

Bukan hanya neng Marwah sih yang harus diet, ibu juga harus hehe. Sama, ibu juga semakin melar dari hari ke hari, timbangan semakin nganan , susah sekali mau ngiri, huhuh. 



Neng Marwah masih remaja, masih banyak alami perubahan, pertambahan tinggi badan, terbentuknya otot sampai perkembangan seksualnya masih terus bertumbuh. Jadi jangan sampai dietnya menghambar proses tumbuhnya, jadi harus menerapkan diet yang sehat. 

Diet sehat untuk anak remaja, bukan berarti mengurangi makan saja, namun juga menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang. Pola makan sehat untuk anak remaja sangat dibutuhkan untuk tetap mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan remaja yang pertumbuhannya itu sangat cepat. Supaya mempertahankan berat badan yang ideal dan juga memiliki tubuh yang sehat. 

Agak gampang -  gampang susah sih menentukan diet untuk anak remaja yang masih aktif, banyak hal yang harus diperhatikan.  Karena usia remaja ini, pertumbuhan tubuhnya masih aktif berlangsung. Para remaja ini masih tetap butuh asupan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Gimana dong pola diet sehat yang tepat untuk neng Marwah si anak remaja ini? 


Makan tetap tiga kali sehari 
Pola makan tetap tiga kali sehari ini saya terapkan pada neng Marwah, jadi neng Marwah tidak melewatkan sarapan, makan siang dan makan malam. Jangan sampai skip sarapan dan makan malam hanya karena alasan sedang diet.



Skip sarapan dan makan malam, malah membuat tubuh kehilangan nutrisi penting dan yang ada tidak membuat berat badan turun. Yang ada malah pusing karena kekurangan asupan nutrisi. Sarapan itu baik karena sarapan sehat bisa memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menemani proses kegiatan sehari - hari termasuk proses belajar. 

Penuhi kebutuhan gizinya 
Selama diet, perhatikan asupan nutrisinya. Konsumsi makanan yang mengandung banyak gizi.  Pastikan asupan terpenuhi, seperti asupan karbohidrat sebagai sumber energi bisa didapatkan dari nasi, roti, kentang, pasta, dan lainnya. Protein untuk memperkuat tubuh bisa didapatkan dari biji - bijian, ikan, telur, kacang - kacangan dan lainnya. Batasi protein yang tinggi lemak seperti daging merah. 



Asupan serat seperti sayur dan buah untuk membuat tubuh merasa kenyang. Lemak sehat juga jangan sampai abai, karena membantu pertumbuhan dan perkembangan remaja plus bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut, bisa didapatkan dengan rajin konsumsi aplukat, biji - bijian, minyak zaitun, ikan berlemak dan lainnya. Asupan vitamin dan mineral lainnya seperti kalsium, vitamin D untuk memperkuat tulang dan gizi bisa dari susu dan produk susu, zat besi bisa diperoleh dari bayam dan biji - bijian untuk mendukung pertumbuhan. 

Hindari lemak jenuh, gula & garam 
Asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi baik dikonsumsi , jangan lupa juga untuk menghindari asupan lemak jenuh, gula dan garam. Yang termasuk dalam makanan lemak jenuh itu adalah makanan cepat saji dan daging olahan, biasanya anak - anak lebih suka makanan gini nih, huhu. Makanan tinggi gula dan garam pun harus dihindari. Konsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kelebihan berat badan hingga obesitas pada anak remaja. 



Cukupi kebutuhan cairan tubuh 
Penuhi kebutuhan cairann tubuh dengan cara minum 6 - 8 gelas sehari. Konsumsi cairan termasuk air putih, susu rendah lemak dan minuman yang bebas gula. Lebih baik sih konsumsi air putih saja. 



Pilih camilan atau makanan selingan yang sehat 
Neng Marwah tuh suka banget nyemil, dan kadang suka males makan nasi.  Harus pilih camilan yang sehat juga. Untuk camilan, hindari camilan yang tinggi gula, lemak dan garam. Jangan nyemil permen, cokelat, biskuit, keripik atau minuman bersoda, bisa membuat berat badan melonjak. 



Pilih cemilan yang sehat, seperti buah - buahan. Kalau neng Marwah untuk makanan selingan biasanya lebih suka makan mie, saya percayakan mie sehat dong ke Lemonilo. 




Mie lemonilo ini selain sehat juga banyak pilihannya, ada mie lemonilo goreng, lemonilo pedas korea  dan juga ada mie lemonilo kuah juga. Duh kan jadi kebayang nih menikmati mie lemonilo kuah yang bisa diseruput kuah, jangan lupa tambah sayuran dan juga cabe rawit yah, hehe. Dijamin enggak gagal diet. 




Makan dalam porsi yang cukup 
Supaya berat badan anak remaja tetap ideal, harus banget kontrol porsi makannya. Makan dengan porsi yang cukup, jangan berlebihan. Jadi siapkan porsi kecil untuk dikonsumsi. Jadi anak terbiasa menikmati makanannya dengan porsi yang cukup. 


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan supaya diet anak tetap berlangsung dengan oke dan kebutuhan nutrisi dan gizinya tetap terpenuhi. 


See you,

Tian lustiana 

23 komentar

  1. Remaja paling pengin punya tubuh ideal sampai melakukan diet tapi kadang pengin yang instan malah bahaya padahal. Memang lebih baik dengan menerapkan diet sehat kayak gini, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Sebetulnya remaja tidak perlu diet karena masih dalam masa pertumbuhan, dengan memperbanyak.aktifitas fisik, apa yg di konsumsi di bakar melalui aktifitas.

    Lemonilo cara sehat mengkonsumsi mie instan 👌

    BalasHapus
  3. Suatu hari anak lelakiku yg masuk usia pre-teens bilang kalau dia ga mau terlalu gemuk. Aaaih..sudah peduli penampilan. Dia komit untuk tidak terlalu banyak makan (meski nggak ketat2 amat sih), trus banyak olahraga. Beneran dia ga menggembung selama pandemi ini. Emaknya nih harus nyontoh si bocah..

    BalasHapus
  4. anakku baru masuk usia pre-teen masih belum concern dengan diet dan bentuk tubuh tapi bisa nih aku terapin ke dia dalam waktu dekat

    BalasHapus
  5. Lemonilo juga mie kesukaan molly nih mbak. Tapi molly suka yg versi koreanya. Enak banget deh..

    BalasHapus
  6. Memang remaja lagi proses pertumbuhan yaah, jadi walo lagi diet nutrisi harus tetap terpenuhi. Semangat terus dietnya yah Neng Marwaah

    BalasHapus
  7. Nah itu dia, ngemil manis2 kebanyakan gula jadi bikin makin melar deh. Untung lho ada Lemonilo, pilihan sehat dengan banyak pilihan rasa ya. Cocok nih tipsnya buat anak yang mau remaja, biar dietnya ngga sembrono.

    BalasHapus
  8. Anakku pada doyan Lemonilo. Jadi aku selalu sedia Lemonilo di rumah. Tapi karena anakku pada doyan makan buah, jadi pada saat mereka nyari cemilan, tetap buah dulu yang aku dahulukan. Buahnya juga buah yang mereka sukai. Kayak buah naga, mangga, salak, pisang, melon. Yang lainnya kayak strawberry malah kurang, asem katanya :D
    Kalau udah dikasih buah masih kurang, baru kubuatin yang lain, Mie Lemonilo itu misalnya.

    BalasHapus
  9. Wah jam segini lihat penampakan Mie Lemonilo yang selain sehat juga banyak pilihannya. Aku paling demen mie Lemonilo goreng, anakku suka Lemonilo pedas korea dan Bapake suka mie Lemonilo kuah . Jadi nyetok semua ...meski tetap.perhatikan juga kebutuhan nutrisi lainnya

    BalasHapus
  10. Masa2 remaja memang masil labil berat badannya, apalagi masa pertumbuhan, yang terpenting mah dikasih edukasi tentang makanan yang penuh dengan nutrisi, kek Lemonilo ini.
    Nanti juga ada masanya si remaja ga nyaman dan ga pede dengan berat badan kalo memang berlebih, hihiii. Seruu mendampingi anak remaja dan ceritanya.

    BalasHapus
  11. Lemak, gul, dan garam nih tak hanya remaja, yang udah lebih sepuh juga butuh menguranginya, kalau bisa malah menjauhinya hehe.
    Aku juga suka banget nih mbak ma mie Lemonilo krn anak2ku makan mi instannya itu, biasanya kami tambahin sayuran kek sawi, pokcoy, dan juga lauk telur :D

    BalasHapus
  12. perkara cemilan berat ini anak anakku yang .. ndilalah kok kurus kurus ya ngga semontok emaknya ini - bikin deg degan emang

    lemonilo ni penyelamat aku juga, kadang digoreng kadang direbus kadang digoreng keriiing gitu kayak mie apa tuh yang kering

    BalasHapus
  13. no sugar ini penting banget, karena aku pun kalau jajan diluar tuh no sugar biar lebih menikmati. Dulu sebelum kenal si Lemonilo aku masih nyetok mie instan lain tapi sekarang stokku jadi mienya Lemonilo

    BalasHapus
  14. Makan mie lemonilo tu makan enak tanpa harus feeling guilty ya, Mak.. Hihi.. Anakku tu suka banget sama mie lemonilo, tapi aku ngga khawatir meski makannya cukup sering. :)

    BalasHapus
  15. Tidak sedikit remaja yang insecure jika wajahnya berjerawat. Mereka wajib baca artikel ini.

    BalasHapus
  16. Akutu gak pernah kebagian Lemonilo kari ayam, karena anakku yang bungsu suka banget. Ya aku juga ngijinin sih karena tahu kalo Lemonilo itu aman, tanpa pengawet, jadi aman lah untuk dikonsumsi sering sering.
    Eh tapi kami tiap hari makan buah juga, karena emang suka semua

    BalasHapus
  17. Iya nih mengatur menu untuk remaja itu kadang bingung karena mereka masih dalam pertumbuhan tapi pada takut gemuk karena omongan lingkungan

    BalasHapus
  18. Beruntung banget nih generasi zaman now. Kalau pengen banget makan mie instan, bisa makan Lemonilo aja. Ada banyak variannya pula. Jadi gak perlu merasa bersalah misal lagi pengen makan mie..ya tinggal makan aja.

    BalasHapus
  19. Diet sehat yang menyenangkan adalah tetap diijinkan makan mie.
    Dan bersama mie sehat Lemonilo, kita tetap bisa makan dengan nyaman karena rasanya tetap nikmat.

    BalasHapus
  20. nah remaja ini kan masih perlu makan banyak dan sehat yaa. tp emang asupannya perlu dijaga jg sih. olahraga buatku yg penting dan kurangin ngemil kekiniannya

    BalasHapus
  21. Aku juga lagi diet nih Mbak. Tapi ya tetep harus makan sehari 3x. Hanya saja porsinya kecil-kecil. Kalau skip makan maag kumat. Aku juga paling suka mie lemonilo. Semua rasa suka. Emang aman sih. Bahannya alami. Mienya pakai mie sayur. Aman juga buat lambung saya. Semangat diet, Mbak dan Neng MArwah.

    BalasHapus
  22. Anak keduaku juga berusaha diet nih Mbak, selain jaga pola makan, juga jumlah asupan makanannya ya, sekarang ditambah olahraga juga...Lemonilo menggoda sekaliii...

    BalasHapus
  23. Nah aku malah sebaliknya nih kak ..anakku gak aku bolehin diet hehe takut sakit.. Tapi kalo semua kebutuhan nutrisi terpenuhi ya gak khawatir untuk diet ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon