Begini Cara Menaikkan Insight Instagram

Bismillahirrahmanirrahim, 

Untuk para Instagram user nih pastinya sudah tidak asing lagi dengan Engagement rate dong. Engagement Rate ini merupakan parameter kesuksesan sosial media marketing, so penting banget menaikkan engagement supaya bisa lebih menarik audiens. 


Tapi kadang si ER (engagement rate) suka turun, huhuh. Ternyata itu bisa saja disebabkan karena konten yang tidak menarik atau menggunakan hashtag yang asal. Mungkin juga membuat kontennya nggak pakai riset audiens yang tepat. 


Cara Menaikkan Insight Instagram


Wah, gimana dong kalau begini? Gimana ya caranya meningkatkan engagement rate di Instagram? 


Oke, nih yah. Sebelumnya teman - teman harus tahu dulu apa sih artinya dan bagaimana engagement rate instagram yang baik itu. 


Engagement Rate Instagram 

Engagement rate instagram (ER) ; Parameter untuk mengukur sejauh mana sih audiens itu berinteraksi dengan konten yang kita upload. Bagus atau tidaknya ER itu bisa dilihat dari beberapa metrik relevan, seperti berapa banyak jumlah likes, comment, shares, saved, follower  dan lainnya. 


Cara Menaikkan Insight Instagram


Bisa dibilang ER yang baik adalah teman algoritma IG yang baik, bestie gitu lah. Jadi semakin baik ER akun kita, maka akan semakin besar potensi konten - konten kita untuk dilihat banyak orang. Makanya penting banget ya gaes ER itu, apalagi untuk yang berjualan online. 


Engagement rate yang baik itu gimana sih? 

Adalah yang skala engagement nya berada pada kisaran 1% - 5 %, kalau tipe unggahan yang ER nya baik adalah carousel post, itu sekitar 1,01%. Semakin banyak follower maka ER nya akan semakin kecil. 


Banyak faktor yang mempengaruhi ER, bukan dari jumlah follower saja sih. Jadi harus mengoptimalkan berbagai metrik, bukan hanya menaikkan follower. 


Yuk kita tingkatkan ER !! 


Pahami dulu audiens dan amati juga insights 

Sebelum menaikkan ER, kita harus paham dulu audiens akun instagram kita. Audiens ini adalah follower kita yang akan melihat konten yang kita upload. 


Gimana caranya? Ga usah cek one by one profile followers kita, langsung saja manfaatkan fitur insight ya, ada analytic tools bawaan IG yang bisa kita cek demografi followers sekaligus bisa cek performa konten kita. 


Dalam insight itu kita bisa lihat detail seperti gender, cakupan usia, lokasi sampai waktu online nya pun terlihat loh. 


Cara Menaikkan Insight Instagram


Rajin posting konten yang menarik 

Harus rajin posting dengan mengunggah konten yang menarik. Postingan terbaru itu katanya akan mempengaruhi algoritma Instagram. Makanya rajin posting itu akan membantu mendapatkan ER yang bagus. 


Tapi, jangan juga terlalu sering posting karena takutnya dianggap spam oleh followers. Yang pasti harus teratur & konsisten. Harus membuat jadwal diwaktu yang tepat supaya follower bisa menikmati konten yang kita buat. 


Rajin saja belum cukup. Harus membuat konten yang menarik, kan percuma saja kalau rajin posting tapi kontennya tidak bagus dan tidak menarik perhatian audiens. Buat konten yang memberikan informasi yang mudah secara visual, dengan membuat infographis yang menarik dan juga relevan dengan trending topic. 


Harus punya konten yang unik dan punya ciri khas sesuai personal branding kita. Ini biasanya akan membuat audiens tertarik dan penasaran. 


Upload pas busy hour 

Supaya nggak jadi spam ke follower, buat aja jadwal yang teratur untuk upload konten. Tapi jangan salah jadwal uploadnya ya gaes, harus pas audiens sedang main Instagram. Jadi urusan waktu ini harus beneran diperhatikan ya gaes. Harus bisa melihat kapan sih audiens akun kita pada online. Jadi bisa dicek di insight yah. 


Untuk waktunya  kalau senin sekitar jam 11 pagi, selasa & rabu itu bisa upload dari jam 10 pagi sampai jam 1 siang. Kamis & Jumat bisa upload jam 10  - 11 pagi. Jangan upload ketika weekend, karena biasanya audiens jarang bermain sosial media, mereka pada sibuk dengan keluarganya. 


Hashtag yang relevan 

Jangan pakai hashtag sembarangan, ini bisa membuat ER turun. Jadi pilih hashtag yang relevan dengan konten yang kita unggah yah. Karena penggunaan hashtag ini bisa menaikkan ER loh. 


Interaksi dengan Audiens 

Penting loh melakukan interaksi dengan audiens, misalnya jika melemparkan pertanyaan pada postingan kita, harus langsung direspons.  Interaksi dengan audiens cara paling oke untuk membuat mereka tetap engaged dengan akun kita. Menjawab komentar audiens juga penting loh. 


Karena ternyata komentar yang disematkan di postingan kita itu mempengaruhi juga terhadap ER instagram, jadi postingan selain banyak like harus banyak komen. Apalagi kalau kita sedang melakukan kampanye di sosial media atau sedang berjualan di sosial media, ya lagi melakukan sosial media marketing gitu jadi kehadiran komen ini diperlukan yah. 


rajakomen


Apalagi sekarang ada rajakomen.com nih. Bisa banget kita manfaatkan untuk menaikkan ER Instagram. Penasaran apa sih rajakomen itu? temen - temen bisa baca nih postingan saya tentang rajakomen : 

Rajakomen.com Membantu Menaikkan Engagement Bisnis Online


Cara Menaikkan Insight Instagram


Pokoknya rajakomen.com ini bisa banget diandalkan untuk menaikkan ER Instagram. Bisa untuk bisnis atau akun Instagram pribadi. Asik kan? 



See you,

Tian lustiana 

1 komentar

  1. penggunaan hastagh berpengaruh juga ya
    kadang untuk postingan yang agak agak receh, aku jarang kasih hastagh.
    Dan sepertinya kalau tanpa hastagh, jangkauannya kecil

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon