Minggu, 15 Mei 2022

Kursus Online untuk Anak

Bismillahirrahmanirrahim,


Semua orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak - anaknya. Iya kan? 

Rasanya, semua orang tua tuh ingin memiliki anak yang punya kemampuan yang oke dan juga bisa mengetahui bakat anak sejak dini, supaya bisa dikembangkan secara baik. 

Untuk mengetahui bakat anak, sejak dini harus mengasahnya dan salah satu caranya adalah dengan memasukkan anak les atau kursus. Namun sebelum memasukkan anak kursus baik online atau offline ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Jangan terburu-buru memasukkan anak kursus atau les! 

kursus online untuk anak


Kapan sih waktu yang tepat untuk mendaftarkan anak kursus ?

Memasukkan anak ke dalam kegiatan diluar jam sekolah itu bisa mengasah kemampuan bakat anak, jadi orang tua bisa pilih kursus yang anak sukai untuk melatih bakatnya. 

Untuk waktunya, kapan sih yang tepat? Hmm, sebenarnya tidak ada patokan yang jelas sih, Yang saya pahami itu adalah ketika anaknya mau dan siap untuk kursus, sudah cukup. Kalau anak tidak siap dan tidak mau ya jangan kita paksakan. 

Kursus yang akan anak kerjakan, harus sesuai dengan kondisi dan juga usia anak. Misalnya nih, untuk anak yang dibawah 6 tahun itu masih berada pada tahap perkembangan kognitif & motorik, jadi untuk usia itu butuh kegiatan bermain. 

Jika ingin mendaftarkan kursus atau les anak usia itu, maka cari kegiatan yang memang ada proses bermainnya, supaya anak tidak bosan. Untuk belajar berhitung, bisa dengan cara menyusun balok, dan lainnya. 

Nah, kalau anaknya berusia 6 tahun atau lebih, sudah bisa tuh diikutsertakan kelas online atau les pelajaran jika anak memang alami kesulitan belajar. 


Apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum mendaftarkan anak kursus? 

Sebagai orang tua, kita harus mendaftarkan anak les atau kursus online jika memang anak sudah siap. Sebagai orang tua juga kita harus paham dan tau tujuan les yang anak ikuti itu untuk apa. Harus banyak pertimbangan , kegiata apa saja yang memang sesuai dengan kemampuan anak. 


Jenis kursus online untuk anak apa saja nih yang direkomendasikan bagi yang pertama kali kursus atau les? 

Untuk awal - awal, baiknya anak ikutsertakan kursus yang sesuai dengan minat dan hobi nya. Jadi kegiatan ini tidak membuat anak terbebani. Biasanya boleh lah untuk mengikutisertakan anak les atau kursus calistung, kursus mengaji, menggambar, menari bahkan bernyanyi. 


kursus online untuk anak


BACA : Belajar Menulis dengan Fun bersama Kursus Les Calistung Ruangguru


KURSUS CALISTUNG (Membaca, menulis & berhitung). Kursus ini dianjurkan jika anak alami kesulitan untuk mengikuti pelajaran di sekolahnya, jadi dengan kursus calistung anak bisa lebih mengikuti pelajaran di sekolah, jadi untuk memudahkan anak. 

Sebagai orang tua juga wajib menyesuaikan tahapan perkembangan dan kebutuhan anak, jadi sebelum mendaftarkan les atau kursus, baiknya ikutsertakan dulu pada tes minat & bakat. Tes ini berguna untuk mengetahui kemampuan, minat dan juga bakat anak. Jadi kita bisa membantu untuk mengarahkan anak ke bidang yang memang ia minati. 



Apa saja sih manfaat les atau kursus untuk anak sejak dini? 

Banyak sekali. Salah satunya yang bisa menyesuaikan perkembangan kebutuhan anak. Bisa menggali minat anak sejak dini, jadi kita bisa paham variasi kemampuan dan kegiatan anak. Kursus untuk anak juga bisa asah kemampuan anak. 


Bingung mau mendaftarkan les atau kursus anak dimana? 

Saya rekomendasikan untuk mendaftarkan kursus online calistung, kursus mengaji, bahasa inggris dan juga sains nih untuk anak usia 4  -  7 tahun di Ruangguru. DI Ruangguru, oke banget untuk mengasah kemampuan konsentrasi anak dan juga meningkatkan kemampuan kognitif dengan metode literasi yang sangat seru. Sst, ada juga loh kelas gratisnya. Jadi bisa coba kelas gratisnya ! 


kursus online untuk anak


BACA: Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak di English Academy Ruangguru


Yuk langsung saja pilih kursus online sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.








20 komentar

  1. Sekarang udah masanya pembelajaran tatap muka pastinya anak harus mulai memahami kembali materi yang disampaikan semasa daring. Ini sih kalau tidak diimbangi dengan bimbel online akan sulit, mantep ruang guru memang andalan. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Kalau ruangguru sudah tidak diragukan lagi ya kualitasnya. Anak juga bakal tidak bosan ketika menerima materi les di ruangguru. Saya pernah install dan coba lihat-lihat materinya.

    BalasHapus
  3. Sekarang anak2 kita senang kursus online ... nah, Ruangguru itu pilihan yang tepat karena selalu memperbaiki kualitasnya.

    BalasHapus
  4. Saat ini anak juga butuh kursus ya untuk bisa membantu memahami pelajaran di sekolah
    Dan anak anak sekarang emang lebih suka ikut kursus online y mbak

    BalasHapus
  5. Pas banget nih lagi cari2 kursus online buat anakku tapi harus yang bkin anak betah dengan sistem pembelajaran ruang guru anak2 jadi semangat buat menyimak

    BalasHapus
  6. Waaaah, sekarang sudah ada kursus calistung untuk anak2 usia 4-7 tahun di Ruangguru ya? Keren sekaliiii :) Anak2 jadi sangat terbantu belajar membaca, menulis dan berhitung dengan cara mudah dan menyenangkan.

    BalasHapus
  7. Waa aku baru tau nih di Ruangguru ada kursus for kids,, yang science, math & english kayaknya menarik yaa mba, satu paket udah bisa belajar banyak anak-anak 😍 mau save infonya buat anakku ah, makasih mba sharingnya :)

    BalasHapus
  8. Kalau aku dari dulu suka les dan kursus Bahasa Inggris. Asik ya sekarang bisa kursus online karena mudah dan praktis.

    BalasHapus
  9. Ruangguru semakin komplit aja, ya. Anak saya ikut les di Ruangguru. Memang asik belajar di sana. Makanya anak saya betah

    BalasHapus
  10. mata pelajarannya yang benar-benar dibutuhkan anak nih, kalau udah suka dengan pelajaran ini pasti anak akan jadi senang belajar dan mudah memahami pelajarannya baik di sekolah maupun rumah nih :)

    BalasHapus
  11. Metode pembelajaran untuk anak-anak pra-sekolah ini kudu istimewa sih.. Soalnya rentang waktu konsentrasinya pun belum panjang yaa..
    Belajar di ruangguru dan tetap dibimbing oleh orangtuanya bisa menjadi pilihan terbaik.

    BalasHapus
  12. Dennise SihombingMei 30, 2022

    Keren nih kak ya ruangguru aware untuk kebutuhan kursus kids ya. Jujurly kita sebagai orangtua kemampuan saya kurang dalam proses mengajar anak-anak, suka gemes sendiri

    BalasHapus
  13. anak saya juga sejak beberapa bulan terakhir saya ikutkan kursus mengaji mbak di salah satu guru mengaji di kampung. sebenarnya pengen sih masukin dia ke kursus yang bersifat praktikal kayak piano gitu tapi kayaknya biayanya mahal ya. heu

    BalasHapus
  14. Wah, umur 4 tahun udah bisa ikut kursus calistung juga lewat ruang guru ya.. Mkasih infonya ya mba :D

    BalasHapus
  15. Aku belum.pernah coba kursus online buat anak karena selama pandemi kemarin kursus jg libur. Boleh juga aku trial ke anakku next nya sepertinya fun juga

    BalasHapus
  16. Setuju sekali mbak semua orang tua pasti ingin yang terbaik buat anak-anak ya. Keren nih ruang guru ada kursus buat anak-anak

    BalasHapus
  17. Semakin banyak kursus online untuk anak ya saat ini. Ruangguru juga menyediakan banyak sekali soft skill dan lainnya untuk anak ya.

    BalasHapus
  18. ruang guru ada kursus bahasa inggrisnya gak ya kak

    BalasHapus
  19. Pengen deh nyobain kursusin anak di ruang guru tapi sekarang masih les tatap muka di dekat rumah. Pengennya kursus privat ya biar enak tanya-tanya.

    BalasHapus
  20. Di era digital seperti sekarang memang banyak kursus online yang ditawarkan ya. Dan sebagai orang tua kita harus pintar-pintar memilih sesuai minat dan kebutuhan anak.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon