Senin, 16 Mei 2022

Cara Melakukan Self Healing

Bismillahirrahmanirrahim, 


"Butuh healing!" 

Sekarang tuh sering sekali mendengarkan istilah "healing". Orang yang mau liburan, bilang mau healing. Iya kan? Saya yakin pasti teman - teman juga sering sekali mendengarkan istilah "healing" ini. Banyak sekali mereka yang mengaku butuh self - healing . Pokoknya sekarang tuh, apapun juga pasti dikaitkan dengan self healing. 


apa itu self healing


Sebenarnya apa itu self healing itu? 

Self healing yang populer, ternyata erat kaitannya dengan kesehatan mental. Self healing itu sendiri artinya penyembuhan diri sendiri, bisa juga dikatakan sebagai upaya untuk mengobati luka batin. 


Self healing ; proses untuk menyembuhkan luka batin yang mengganggu emosi dan jiwa. Bisa juga dikatakan sebagai penyembuhan diri sendiri. Penyembuhan untuk orang yang tengah menghadapi masalah dan merasakan lelah secara emosional. 


Masalah luka batin ini, bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama dan juga dampaknya terasa pada kegiatan sehari - hari. Penyebab luka batin ini ada beberapa faktor, diantaranya kelelahan emosional yang disebabkan cemas, sedih berlebihan dan juga merasa gagal melakukan sesuatu. Juga adanya masalah lainnya, dimasa lalu. 


Jadi, self healing ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan ketika alami gangguan psikologis. Banyak teman saya yang melakukan self healing ini dengan berbagai cara, diantaranya bisa dengan cara relaksasi, meditasi dan juga yoga. Emosi yang positif juga bisa membuat hormon endorfin atau disebut hormon bahagia ini bekerja loh. Jadi harus bisa kelola emosi positif yah. 




Cara melakukan self healing 

Gimana nih cara melakukan self healing? Bisa dilakukan sendiri atau bisa juga bertemu dengan psikologi. Untuk teman - teman yang ingin melakukan self healing sendiri, bisa banget dengan melakukan beberapa cara self healing ini. Semoga bermanfaat yah. 


Lakukan me time 

Me time adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri. Me time bermanfaat untuk membuat diri lebih nyaman dan juga lebih rileks. Luangkan waktu untuk diri sendiri tanpa harus memikirkan orang lain, ini penting dan ada manfaat untuk kesehatan mental. 

Cara self healing ini membuat kita merasa diri sendiri merupakan pusat segala kehidupan, dan orang lain itu sebagai pelengkap kebahagiaan.




Talk to your self 

Bicaralah pada diri sendiri. Ya, bicara pada diri sendiri adalah salah satu cara untuk menyembuhkan luka batin. Cobain deh untuk bercermin dan bicara pada diri sendiri dengan jujur tentang apapun. Bicara pada diri sendiri bisa melampiaskan perasaan buruk. Ketika kita terbiasa memahami diri sendiri, maka akan selalu muncul rasa syukur atas hidup ini. 


Menulislah 

Menulis merupakan cara self healing yang bisa teman - teman coba. Dengan menulis kita bisa menjelaskan segala perasaan, bisa ungkapkan semua isi hati. Jangan mikirin ejaana, tanda baca dan lainnya, menulis saja lah apa yang ada dalam hati. Menulis di buku harian, jadi ketika luang bisa dibaca kembali. Dengan menulis bisa redakan emosi dan rasa stress. 

Teknik menulis ini bisa redakan emosi dan membantu penyembuhan diri sendiri. Lakukan menulis in setiap hari, luangkan waktu 15 - 20 menit setiap hari. Menulis ini bisa tingkatkan kesadaran diri dan juga memasuki alam bawah sadar. 




Berdamailah dengan keadaan 

Kadang peristiwa buruk suka terus kita ingat, maka berdamailah. Kita memang berhak marah namun juga jangan sampai terus - terusan marah dan menyalahkan diri, cobain deh untuk berdamai dengan keadaan dan terima setiap keadaan dengan lapang dan anggap saja untuk pembelajaran. 


Self compassion

Self compassion ini adalah memahami keadaan emosi atas derita yang kita alami. Self healing oke banget untuk memahami diri sendiri, dengan self compassion ini membuat kepedulian lebih meningkat dan juga membebaskan diri dari masa lalu yang menakutkan. 


Mindfulness & Meditasi 

Mindfulness cukup membantu untuk kelola pikiran, perasaan dan juga lingkungan dalam pikiran. Bisa dilakukan dengan cara sederhana, tutup mata dan hirup udara segar. Cara ini oke untuk fokus pada diri sendiri dan juga segala pikiran yang kita miliki. 

Meditasi juga bisa dilakukan dengan santai dan tenang, cari teknik dan cara meditasi yang paling nyaman. Berdoa minta Allah sembuhkan luka batin, aamiin. 


Cobalah self healing dengan duduk nyaman dan hembuskan napas. Cara ini memang sederhana namun efektif sembuhkan emosi. Coba cari tempat yang nyaman dan tenang untuk duduk dan juga atur napas. Hembuskan dan tarik perlahan, sambil dzikir supaya hati lebih tenang. Tutup mata dan tenangkanlah pikiran. Semakin tenang, maka semua permasalahan akan semakin sirna. Yang ada hanyalah kebahagiaan. Lakukan ibadah dengan tenang dan khusuk, ini juga bisa membantu self healing supaya lebih sempurna. 


Selain itu, bisa juga melakukan me time dengan baca buku atau nonton film sendirian. Yang penting nyaman dan hati bahagia. 

Kalau teman - teman punya cara lakukan self healing? Sharing yuk tipsnya! 

1 komentar

  1. Saya lagi ngerasa demotivasi jadi pas banget baca artikel ini. Saya termasuk orang yang sering teringat masa lalu yang menyedihkan lalu saya bisa sedih berkepanjangan padahal kalalu disadari hari itu saya nggak kenapa-kenapa. Memang self healing ini sepertinya harus dilakukan terus menerus. Saya juga lagi belajar mindfullness dan stoiksm untuk mengurangi overthinking saya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon