Mudah Berjualan Online di BliBli

Bismillahirrahmanirrahim,


“Tian, Marwah Style nya jualan di e-commerce gak?”

Pertanyaan yang sering banget ditanyakan. Saya memang belum membuka e-commerce untuk bisnis online saya, entah kenapa tapi memang saya belum tertarik untuk mengembangkan sayap ke e-commerce. Jadi sejauh ini saya berjualan offline dan juga di whatsapp dan instagram. 





Karena sering banget pertanyaan itu mampir, saya pun jadi kepikiran nih untuk membuka Marwah Style di e-commerce. Tapi masih bingung mau berjualan di e-commerce yang mana, soalnya banyak sekali e-commerce. Iya kan? 



Berjualan di e-commerce itu memang banyak sekali manfaatnya, bisa membuat usaha saya berkembang lebih besar dan juga mempermudah pemasaran produk. 



Setelah saya cek berbagai informasi, tanya informasi ke yang lebih berpengalaman jualan online di e-commerce. Akhirnya saya pun memutuskan untuk mengembangkan Marwah Style ke e-commerce. Untuk berjualan di Blibli, buka toko online nya itu tidak seribet yang saya bayangkan loh, untuk yang tidak memiliki NPWP pun masih bisa untuk membuka toko online di Blibli. 



Bismillah, saya niatkan untuk berjualan di Blibli. Teman - teman sudah familiar dong sama Blibli ? Saya yakin, pasti teman - teman sudah pada tahu sama Blibli, dan mungkin sudah sering belanja di Blibli. 



Marwah Style goes to Blibli 


Saya pun langsung deh diberikan pengarahan untuk mulai bergabung menjadi bagian dari Blibli, salah satunya saya harus punya akun blibli untuk jualan online di Blibli. 



Oke, saya langsung buka akun Blibli Seller. Untuk mendaftar akun di Blibli Seller ini enggak ribet sama sekali. Dalam hitungan menit, saya langsung punya akun Blibli Seller, dan siap berjualan di Blibli, deh. 



Mudah Berjualan Online di BliBli



Sebagai pendatang baru di Blibli, saya merasa happy banget karena di Blibli ini ada training khusus loh untuk seller baru. Para seller baru akan diberikan banyak bekal ilmu melalui webinar Training seller Baru yang diadakan setiap hari kamis, pukul 10.00 WIB. 



Saya pun langsung mengikuti webinar ini, karena dalam webinar banyak dijelaskan tentang Blibli Seller Center, ada juga tips dan cara menambah produk baru, cara pengiriman pesanan, ketentuan pembayaran pesanan dan lainnya yang berkaitan dengan penjualan di Blibli Seller. Cara penyampaiannya informasi seputar berjualan di Blibli juga sangat detail dan jelas, para seller baru pun bebas bertanya loh. 




Bagaimana cara memulai berjualan di Blibli? 


Setelah bergabung bersama Blibli Seller, ini saatnya saya untuk berjualan. Masih bingung gimana cara memulainya? Tenang, saya diberikan pengarahan juga sama tim Blibli Seller ketika webinar, jadi akan saya jelaskan juga yah. Siapa tahu ada teman - teman yang butuh informasi ini dan akan memulai berjualan di Blibli juga. 



Untuk seller baru yang akan berjualan di Blibli, pastikan sudah menyelesaikan beberapa tahapan awal, diantaranya adalah : 




  1. Tahap yang paling pertama adalah membuka toko di : https://blib.li/BL05 . Jangan ragu dan bimbang langsung saja daftar sebagai seller Blibli. Langsung masukkan email dan daftar deh, mudah kok. Yang perlu diingat, buka toko di Blibli ini gratis dan juga bebas uang jaminan

  2. Lengkapi informasi tentang toko atau gudang. Teman - teman harus mendaftarkan lokasi atau alamat toko, supaya Blibli tahu area pengiriman asal produk itu dari mana. Langkah awal ini harus selesai dahulu sebelum masuk ke langkah selanjutnya. 

  3. Lengkapi dokumen pembayaran & legal. Lanjut ke tahapan kedua, lengkapi informasi pembayaran, seperti isi detail nomor rekening dan dokumen legal toko lainnya. Ingat, isi dengan teliti dan benar. 

  4. Waktunya upload foto produk. Saatnya berjualan di Blibli. Yuk tambahkan produk yang dijual. Ada beberapa cara untuk publish produk, secara satuan atau bisa secara massal (bulk). Teman - teman juga bisa menambahkan produk dengan sangat mudah via Aplikasi Blibli Seller, jadi download dulu aplikasinya yah. 



Verifikasi data di Blibli Seller Center


Jangan lupa untuk melakukan verifikasi data diri di Blibli Seller Center . Ini penting banget untuk melanjutkan proses berjualan di Blibli. Para seller wajib melakukan verifikasi data diri di Blibli Seller Center atau bisa juga di Aplikasi Blibli Seller. Prosesnya ini mudah kok, cukup selfie dengan KTP. Pastikan KTP dan wajahnya jelas yah, supaya tidak perlu ulang foto. Jika sudah ok, tunggu. Blibli akan melakukan verifikasi dengan memeriksa foto selfie nya, kurang lebih 10 menit. 



Mudah Berjualan Online di BliBli



Verifikasi ini penting, karena jika tidak dilakukan, maka tidak akan bisa akses menu produk dan pesanan. Bisa - bisa toko di nonaktifkan. 



Sistem pengiriman pesanan di Blibli 


Untuk pengiriman pesanan di Blibli berbeda - beda, tergantung dari tipe produk yang kita jual. Jadi pada tahap ini juga harus teliti yah, ketika proses upload produk pastikan kita sudah tahu dan pilih tipe pengiriman yang paling sesuai, ini akan mempengaruhi pengiriman pesanan. 





Ada beberapa tipe pengiriman pesanan. Jika produk yang kita jual adalah tipe regular, maka wajib mengirimkan pesanan dengan logistik  sesuai dengan yang tertera pada label pengiriman. Dan jika produk nya tipe shipment by seller, harus memastikan kita sudah menentukan area pengiriman beserta dengan ongkos kirim, jadi ketika pelanggan belanja akan bayar harga produk plus ongkos kirim. Untuk jelasnya, teman - teman bisa langsung mengunjungi website Blibli Seller disana ada learning guide article yang bisa dibaca. Penjelasannya sangat detail dan rinci. 



Apa sih keuntungan dan kelebihan  jualan di Blibli? 

Bergabung menjadi seller di Blibli ini tentu banyak sekali keuntungannya, diantaranya : 



  1. Upload produk secara instan. Produk yang akan kita upload akan langsung tayang secara instan, tidak usah menunggu lama. Jangan lupa berikan stok ya ketika di upload agar produk siap dibeli oleh para calon pelanggan.

  2. Gratis Ongkos kirim & Asuransi pengiriman. Berlaku untuk seluruh produk yang dikirimkan secara reguler dan no shipment. Ongkos kirim akan ditanggung tim Blibli, jadi seller tidak usah melakukan pembayaran ongkos kirim, asik bukan? Tentu saja ingin sangat menguntungkan kita sebagai seller.

  3. Ada bonus saldo Bliklan. Seller baru akan mendapatkan saldo Bliklan secara free / gratis hingga 5.400.000. Saldo ini bisa digunakan untuk meningkatkan traffic toko online kita. Bliklan ini adalah fitur pemasangan iklan produk yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk. 




  1. Kategori produk yang luas. Saya sebagai seller bisa dengan leluasa menjual berbagai produk di Blibli. Kategori produknya ini variatif, mulai dari rumah tangga sampai fashion dan elektronik pun ada. 

  2. Fasilitas foto produk gratis. Demi menjaga standar dan juga supaya kualitas foto produknya oke, maka Blibli memberikan fasilitas foto produk dengan resolusi tinggi. Lengkap dengan detail produk dan juga informasi yang lengkap kepada para calon pembeli. Ini tentu saja kabar baik untuk saya selaku seller nih, jadi tidak masalah jika belum punya foto produk yang mumpuni untuk dipajang. 

  3. Proses pengiriman yang mudah. Proses pengiriman ini sangat diperhatikan tim Blibli. Ada puluhan logistik yang bekerjasama dengan Blibli. Proses pengiriman menjadi lebih mudah dan juga dijamin oleh asuransi, so kita sebagai seller tenang dong karena produk kita sudah dijamin keselamatannya. 

  4. Ada layanan seller care. Layanan ini ada untuk membantu menyelesaikan masalah dalam bertransaksi.Seller bisa ajukan permasalahan dan akan di handle dengan baik dan diselesaikan permasalahannya. 


 

Untung banget kan berjualan di Blibli? Saya pribadi selaku newbie merasa terbantu sekali, apalagi ada pusat edukasi di website nya , jadi kapan dan dimana saja bisa saya pelajari. 


 

Dan ada satu lagi nih gengs, yang bikin Blibli beda dengan e-commerce lainnya. Sebagai seller baru saya merasa terbantu sekali nih dengan adanya Seller Assistant yang siap membantu pada seller baru untuk mengembangkan toko di Blibli. 


 

Untuk para seller baru yang buka toko online di Blibli dengan umur toko tidak lebih dari 3 bulan, bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan layanan khusus loh dari Blibli. Layanan khususnya apa, Tian? 


 

 


Layanan khusus ini adalah Program Seller Incubator. 


 

Apa itu seller incubator? 

 

Ini merupakan salah satu program untuk memberikan pelayanan khusus dari seller Assistant Blibli yang akan membantu para seller dalam meningkatkan performa penjualan dan juga rating toko. Jadi, selama tiga bulan seller baru akan mendapatkan pendampingan. 


 


Pendampingan tentang pengenalan sistem dan operasional toko di Blibli, tentang pemanfaatan fitur - fitur yang ada di Blibli dan juga partisipasi pada program yang ada di Blibli. 


 

Wah asik banget yah kalau bisa ikutan program seller incubator ini. Karena banyak banget untungnya loh, jadi bisa menambah dan kelola produk jadi lebih mudah dan juga cepat. Terus urusan promosi pun menjadi lebih efektif karena akan mendapatkan rekomendasi dari Seller Assistant dan juga bisa mendapatkan kesempatan untuk ikutan program campaign juga bisa konsultasi secara gratis dengan Seller Assistant dari Blibli. 


 

Buat seller baru yang ingin mengikuti program ini, kalau yang terpilih nanti akan langsung mendapatkan email notifikasi dari Blibli. Nanti akan ada Seller Assistant yang menghubungi untuk memberikan konfirmasi, jika bersedia mengikuti program ini maka akan mendapatkan pendampingan secara berkala dari Seller Assistant selama 3 bulan, asik kan? 


 

Makanya, langsung daftar menjadi seller di Blibli. Kemudian upload produk jualannya sebanyak mungkin dengan harga jual produk yang kompetitif supaya potensi untuk ikutan program ini besar. 


 

 

Teman - teman yang punya bisnis online, gimana nih tertarik membuka dan memperluas jaringan bisnisnya ke Blibli? Yuk buka toko online di Blibli Seller sekarang juga. Langkah mudah jualan online, ya dengan Blibli Seller. Sudah mudah, gratis pula loh buka toko nya. 


 

 

Kepoin saja dulu sosial media nya di instagram @blibliseller dan juga tiktok @blibliseller. Disana banyak sekali informasi seputar Blibli Seller. Untuk para seller baru, harus sering baca - baca di website Blibli Seller Center nya, disana banyak sekali edukasi yang sangat bermanfaat untuk para seller baru. 




 

Semoga tulisan saya ini membantu ya untuk teman - teman yang ingin mengembangkan usaha nya dan sukses berjualan online di Blibli, aamiin. Oiya jangan lupa juga untuk belanja di toko online saya di Blibli yah, jangan lupa Marwah Style. Hehe. 








47 komentar

  1. Wah mudah ya kalau mau jualan di blibli, banyak juga keuntungannya. Selain itu, ada berbagai fitur yang memudahkan juga, bisa dijadikan freelancer di rumah nih buat yang membutuhkan uang tapi sibuk dengan pekerjaan utama. Terima kasih infonya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa-sama - sama kak. yuhu banyak sekali fitur yang memudahkan para seller

      Hapus
  2. Alhamdulillah, selamat mbak Marwah Style udah bisa dibeli lewat blibli. Dengan menjangkau pasar yang makin luas, semoga makin laris dagangannya. Ternyata jadi seller di Blibi prosesnya mudah ya, banyak pula keuntungannya

    BalasHapus
  3. Jualan di marketplace pun ada ilmunya ya, Mbak. Jadi tepat banget kalau pilih marketplace yang ada pendampingan untuk seller barunya seperti di Blibli. By the way untuk dapat saldo Bliklan senilai 5,4jt itu syaratnya apa ya, Mbak? Atau semua seller baru pasti akan mendapatkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, ada ilmunya dan asik kalau di Blibli dikasi ilmunya juga .

      Gabung dulu mbak jadi blibli seller, ada syarat dan ketentuan yang mudah kok

      Hapus
  4. yay marwah style ada di blibli. moga makin laris manis ya. seneng sekarang ols dipermudah untuk berjualan di marketplace. kita para pelanggannya jg merasa nyaman krna merk favorit sudah ada di marketplace langganan :)

    BalasHapus
  5. Suami saya nih yang senang belanja di blibli...
    Fitur-fitur di blibli memudahkan dan menguntungkan banget ya untuk para seller...

    BalasHapus
  6. Wah ternyata menjadi seller di Blili mudah yaa apalagi banyak keuntungannya. Semoga dagangannya laris dan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
  7. Dulu aku tuh langganan di Blibli mba, terutama kalo beli elektronik. Terus lama mgga belanja disana lagi, untung baca artikel ini jadi tau ternyata banyak fitur yang menarik. Termasuk bisa jualan disna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me too, kalau beli elektronik enakan di blibli emang, aman dan ada free ongkir

      Hapus
  8. Udah sering belanja di blibli tapi belum pernah buka toko di sana. Untuk dokumen legal toko butuh apa aja ya Teh? senangnya join blibli seller bisa dapat pelatihan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memudahkan sekali, andaipun belum ada npwp masih bisa join blibli seller kok

      Hapus
  9. Saya juga nyoba nih buka di Blibli, baru upload foto dikit. Asik nih program gratis ongkirnya krn biasanya ini yang dicari pembeli

    BalasHapus
  10. Halo mba Tian. Kebetulan saudara aku pengen punya toko online. Tapi belum tahu harus memulai atau membuka dimana. Dengan mmabaca tulisan ini, jadi ide untuk membuka toko online sesuai yang mba ulas :) Makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAma - sama, terimakasih kembali mbak Alida

      Hapus
  11. Baru tqu mak Tian punyqnolshop di blibli pankapan aku kepoin deh. Ternyata gampang ya jd seller di blibli. Bqnyk juga keuntungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak silakan dikepoin Marwah style ya hehehe barangkali mau bikin family set juga bisa wkwkwkw

      Hapus
  12. Mudah ya ternyata. Kirain ribet syaratnya. Memang jualan di market place tu banyak untungnya. Produk kita akan semakin mudah dikenal. Apalagi di blibli ada fasilitas iklan gratisnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mudah dan dapet fasilitasnya juga

      Hapus
  13. Semangat akupun lagi mencoba ini di blibli. Lancar ya jualannya mak. Saling mendoakan kitaa

    BalasHapus
  14. Semudah itu ternyata. Ini kesempatan bagus jangan disia-siakan. Siapa tahu dengan jualan di Blibli keberuntungan ada di sana. Jualan laris manis aamiin....

    BalasHapus
  15. Ternyata berjualan di Blibli gak seribet yang dibayangkan ya, praktis kok asal ikuti step by stepnya. Dan yang menggiurkan adalah.. bisa dapat bonus Bliklan dengan nominal sebanyak itu. Wow!

    BalasHapus
  16. Semoga toko nya di bliblie maki laris manis ya. Baru tau aku kalo onlineshop bisa juga buka toko disana, kirain khusus brand-brand besar.

    BalasHapus
  17. Wah keren jd seller gk kyk dibiarkan jualan sendiri tapi ada pendampingan juga ya?
    Ada fasilitas foto gratis biar produk kita keliatan menarik di etalase yaa
    Aku blm pernah nyoba jualan di Blibli, kalau beli sering hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada pendampingan juga, jadi bisa belajar banyak

      Hapus
  18. MashaAllah~
    Kini Marwah Style sudah hadir di blibli.
    Ikut senang, teh..
    Yakin kalau bersama blibli, semua urusan jual-beli online lancar plus memanfaatkan banyak benefits menjadi seller di blibli.

    BalasHapus
  19. Mudah ya ternyata jualan diBlibli. Semoga byk umkm atau reseller yg terbantu dg adanya aplikasi blibli ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga makin jaya ya umkm nya

      Hapus
  20. Wah sukses ya mba toko onlinenya di Blibli semoga Marwah Style laris manis ya happy banget kalau marketplace gini memperhatikan selulernya dikasih pelatihan juga ya..

    BalasHapus
  21. Mengembangkan bisnis online dengan mulai jualan di ecommerce tuh beneran membantu banget sih Mak. Biasanya penjualan jadi meningkat signifikan karena efektifitas pembelian dan urusan ongkir serta pengiriman yang udah terjamin kualitasnya.

    BalasHapus
  22. Jadi kalau mau daftar akun di Blibli Seller ini ternyata nggak ribet sama sekali ya kak. Hanya dalam hitungan menit eh udah jadi deh.

    BalasHapus
  23. kirain buka toko di marketplace sekelas blibli musti yang produknya udh besar penjualannya, ternyata yang baru merintis pun bisa ya. Lumayan perna beberapa kali belanja di blibli lancar pelayaanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa banget, asalkan ada niat jualan online hehe dan ada produknya

      Hapus
  24. Sukses terus ya Mba untuk toko onlinenya di Blibli. Aku jadi kepikiran untuk mulai jualan lagi deh kayanya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon