#BeraniBaik Untuk Orang Tua Bersama Dompet Dhuafa

Bismillahirrahmanirrahim, 


Setiap anak pasti ingin membahagiakan kedua orang tuanya. Menunjukkan rasa cinta dan kasih sayangnya serta berbakti pada kedua orang tua. Betul?

 

#beranibaik


Orang tua adalah segalanya untuk seorang anak, mereka yang sudah mendampingi dan mengantarkan kita pada masa sekarang ini, tentu saja ini semua atas izin dari Allah subhanahuwata'ala. 


Bapak & mamah adalah harta paling berharga untuk saya. Senyuman mereka yang selalu didamba, kebahagiaan mereka yang selalu menjadi tujuan, rasanya hati ini bahagia jika melihat mamah & bapak tersenyum bahagia. Tapi kini, hanya senyuman mamah yang bisa saya lihat. Senyuman bapak sudah tidak nampak lagi, sejak 28 Juni 2021 lalu. Pintu Surga saya sudah tertutup satu, hiks. 




Berbuat baik kepada orang tua itu adalah perintah Allah Subhanahuwata'ala, dijelaskan dalam QS An Nisa ayat 36 : 


"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua”. (QS. An Nisa: 36)


Ternyata, tidak semua orang punya kesempatan untuk bisa lebih lama berbakti kepada kedua orang tuanya, seperti yang saya alami. Saya tidak bisa lebih lama bisa berbakti kepada bapak, karena bapak sudah dipanggil Allah Azza Wa Jalla. Ini adalah ketentuan yang saya enggak bisa dan tidak boleh menolaknya, ini mutlak kuasa Allah Azza Wa Jalla.


Lalu gimana saya masih bisa berbuat baik dan berbakti pada bapak yang sudah meninggal? Apa masih bisa saya berbuat baik dan #beranibaik melakukan kebaikan untuk berbakti kepada bapak? 


Ada sebuah hadist nih yang mengatakan : 

“Diriwayatkan dari Ibn Abbas r.a.: Bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah saw: Sesungguhnya ibuku telah wafat, apakah bermanfaat baginya jika saya bersedekah atas namanya? Jawab beliau: “Ya”. Orang itu berkata: Sesungguhnya saya mempunyai kebun yang berbuah, maka saya mempersaksikan kepadamu bahwa saya telah menyedekahkannya atas namanya.” [HR. al-Bukhari]


Masya Allah ternyata bukan berarti saya enggak bisa menunjukkan bakti kepada almarhum bapak. Masih ada cara yang bisa saya lakukan untuk bapak yang sudah meninggal. Saya bisa bersedekah atas nama bapak, saya bisa wakaf atas nama bapak.


Apalagi kan sekarang tuh semua serba dimudahkan yah, termasuk mau bersedekah atau berwakaf pun dimudahkan. Masya Allah banget yah. 




Memang, sekarang tuh #BeraniBaik dan jangan ditunda lagi, karena kita enggak tahu sampai kapan ada usia, betul ga sih? Jadi kalau mau berbuat baik yuk lakukan sekarang juga. 

#BeraniBaik bersama Dompet Dhuafa 


Masya Allah banget ya sekarang ada Dompet Dhuafa yang bisa menjadi perantara kita semua dalam bersedekah. Ada program Dompet Dhuafa nih dalam kampanye #BeraniBaik yang bisa kita ikuti untuk meraup banyak pahala, jangan lupa niatkan amalan ini untuk orang tua supaya pahalanya mengalir kepada orang tua juga. 




Inilah program - program Dompet Dhuafa dalam kampanye #BeraniBaik


KADO AKHIR TAHUN UNTUK PAHLAWAN KELUARGA 

Ini adalah program berbagi kebahagiaan akhir dengan tahun dengan memberikan kado kepada mereka yang kurang beruntung. 


Apa saja yang bisa kita sedekah kan? Sembako dan peralatan sholat. Semua sedekah kita ini akan disalurkan kepada para porter stasiun, penggali makam, pemulung, lansia dhuafa, marbot mesjid dan lainnya. 




WAKAF UNTUK IBU 

Yuk berwakaf untuk perempuan terbaik yang paling kita cintai, sebagai hadiah dan bentuk bakti kita sebagai anak dengan mewakafkan atas nama ibu. 


Memang kita tidak akan pernah bisa membalas jasa seorang ibu, namun kita masih bisa mengalirkan pahala untuknya. 


KELUARGA TANGGUH 

Sejak pandemi menyerang bumi kita, banyak sekali mereka yang kurang beruntung kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), ada juga yang hanya dirumahkan tanpa ada upah dan tunjangan. 


Para UMKM juga banyak yang gulur tikar karena kebijakan pembatasan mobilitas ini. Yuk kita sedekah kan bantuan dengan uang tunai sebesar 2juta yang akan diberikan kepada para pejuang keluarga yang terdampak pandemi untuk modal usaha dan memenuhi kebutuhan sehari - hari mereka. 


INDONESIA SIAP SIAGA UNTUK BANJIR DI KALIMANTAN 

Banjir di Kalimantan sudah kurang lebih sebulan, ada sekitar 21 ribu orang di Sintang dan Katingan mengungsi karena terendam banjir. 


Ulurkan bantuan kita untuk penuhi kebutuhan darurat seperti makanan cepat saji, perlengkapan tidur, obat - obatan & hygiene kit dan air bersih. Yuk, niatkan membantu mereka yang terdampak karena bantuan dan uluran dari kita menjadi sumber kekuatan mereka. 


KADO AKHIR TAHUN UNTUK YATIM 

Ulurkan tangan kita untuk mengukir kenangan manis bersama mereka di dunia dan kita akan mendapatkan pahala kelak di akhirat.


Ini adalah program berbagi keceriaan dengan berbagi kado dengan anak - anak yatim dari berbagai daerah.  


Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan anak-anak yatim itu amat baik bagimu.” (QS Al Baqoroh,2:220). 


Masya Allah , semoga Allah mudahkan rezeki kita semua ya supaya kita bisa terus bisa #BeraniBaik , aamiin. 

Bismillah yuk BeraniBaik dari sekarang, demi meraup banyak pahala kelak, aamiin. 



See you,

Tian Lustiana 

18 komentar

  1. Alhamdulillah ya, dimudahkan banget dengan adanya Dompet Dhuafa. Aku juga sering pakai, karena gampang banget kalau mau donasi. Baru tau sekarang udah bisa wakaf juga. Mudah-mudahan selalu ada rejeki untuk sedekah nih.

    BalasHapus
  2. Dompet Dhuafa memang sangat membantu untuk menyalurkan donasi kita kepada orang-orang yang berhak mendapatkan bantuan. Alhamdulillah jaringannya pun luas, sdh ada di berbagai wilayah di Indonesia.

    BalasHapus
  3. Betul sekali. Dengan menjadi anak salih dan beramal jariyah, Insyaallah kita bisa tetap mengirim kebaikan bagi kedua orang tua yang sudah meninggal

    BalasHapus
  4. Kedua orang tua baru berpulang September kemarin, selang 2 hari saja. Sekarang upaya saya adalah berbuat baik dengan mengatasnamakan dan mendoakan keduanya, salah satu caranya dengan berwakaf. DD Makassar menjadi salah satu tujuan saya. Semoga Allah selalu memberi kesempatan untuk itu.

    BalasHapus
  5. Mau menyalurkan ZISWAF, Dompet Dhuafa aja

    karena Dompet Dhuafa paham banget, banyak yang ingin menyalurkan ZISWAF tapi gak tau caranya

    BalasHapus
  6. Duh, baca wakaf untuk ibu, masya Allah, masya Allah. Semangat berani baik ini ternyata banyak sekali bentuknya dan hal yang bisa kita lakukan ya mba.

    Turut berduka cita untuk saudara kita di Sintang dan Katingan. Terima kasih Dompet Dhuafa yang sudah menjangkau sejauh ini. Semoga berkah.

    BalasHapus
  7. Dompet Dhuafa dari dulu memang sudah menjadi tempat terpercaya dan amanah untuk kita bersedekah ya Mbak. Apalagi sekarang bisa berwakaf dan bersedekah dengan cara yang mudah.
    Ga ada alasan lagi untuk tidak berbuat baik untuk orang tua maupun sesama walaupun jarak yang sangat jauh ❤️

    BalasHapus
  8. Nice banget mba ada program Wakaf Untuk Ibu yaa, ak tertarik sama program ini, mau cari infonya lebih lanjut ah

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah Dompet Dhuafa masih terus berjaya ya di negeri ini, bisa menjadi tempat untuk menampung bersedekah, infaq, wakaf, dll dari seluruh masyarakat Indonesia yang ingin membantu sesama. Semua jadi mudah dan praktis, keren nih Dompet Dhuafa.

    BalasHapus
  10. MashaAllah. Alhamdulillah DOMPET DHUAFA bisa menjadi sarana bagi kita untuk tetap bersedekah atas nama orang tua. Selain tentu saja selalu mendoakannya. Apalagi sekarang semua bisa kita lakukan via internet. Sangat memudahkan.

    BalasHapus
  11. Dompet Dhuafa dalam berkarya untuk umat dirasakan manfaatnya di Indonesia khususnya, karena melalui program di dalamnya banyak kemanfaatan untuk masyarakat dan kaum dhuafa.

    BalasHapus
  12. Berbuat baik memang bisa dilakukan untuk siapa saja ya. Termasuk untuk orang-orang yang kita cintai, seperti orang tua. Dan caranya juga gak mesti ribet-ribet. Udah pake teknologi canggih yang sedang hits. Yakni dengan aplikasi kayak yang dimiliki Dompet Dhuafa. Praktis dan pastinya membawa banyak manfaat.

    BalasHapus
  13. Selalu salut dengan program Dompet Dhuafa ..karena memberi manfaat buat bnyak orang ..keren banget

    BalasHapus
  14. Dompet Dhuafa lewat berbagai programnya memudahlan kita dalam melakukan kebaikan. Apalagi di era digital seperti sekaranga ini semua serba efisien dan tepat sasaran. Semoga berkah untuk semuanya

    BalasHapus
  15. Dengan adanya Dompet Dhuafa ini memudahkan kita untuk melakukan kebaikan ya. Lebih tepat sasaran dan amanah juga.

    BalasHapus
  16. Dompet Dhuafa sejak lama dikenal dan insya Allah amanah dan tentunya membuat orang makin percaya berbagi via Dompet Dhuafa

    BalasHapus
  17. Salah satu bakti kita kepada orang tua yang sudah meninggal di samping mendoakan adalah bersedekah atau berwakaf atas nama mereka. Agar pahala terus mengalir kepada orang tua kita. Dan Dompet Dhuafa memudahkan kita melakukanya ya...

    BalasHapus
  18. Dompet Dhuafa udah menyebar luas dan Insya Allah amanah, dengan adanya Dompet Dhuafa kita jadi makin mudah untuk melakukan kebaikan :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon