Sabtu, 30 Oktober 2021

Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Bismillahirrahmanirrahim, 

Sudah dua tahun yah anak - anak belajar secara daring di rumah, meskipun beberapa bulan terakhir ini sudah ada Pembelajaran Tatap Muka sepekan sekali, namun tetap saja masih banyak belajar onlinenya. 




Meskipun neng Marwah sudah kelas 7, namun tetap saja perlu menemaninya ketika belajar di rumah. Butuh banyak kewarasan ketika menemani anak belajar di rumah. Supaya belajar anak tetap optimal. Nah apa saja nih yang harus disiapkan dan dilakukan untuk temani anak belajar di rumah? 


Menumbuhkan suasana yang produktif 

Pembelajaran jarak jauh yang sudah dilakukan kurang lebih dua tahun ini bukan kayak suasana belajar, udah kayak suasana liburan aja. Jadi anak pun agak ogah - ogahan belajar. Nih biar engga keterusan dengan suasana liburan jadi saya harus membuat suasana menjadi produktif, suasana yang beneran belajar. 




Usahakan untuk menumbuhkan suasana produktif, untuk menyesuaikan situasi yang ada. Memang sih anak engga bisa merasakan belajar yang sama persis dengan di sekolah. Jadi ketika pembelajran harus bener - bener disiplin menggunakan seragam dan tetap duduk manis di meja belajarnya selama jam pelajaran online. 


Membuat jadwal 

Semenjak belajar daring di rumah, saya  membuat jadwal yang wajib dipatuhi neng Marwah. Jadwal yang meliputi jadwal mandi, sarapan dan juga belajar serta istirahat serta sholat. Tujuannya supaya anak tetap tertib. 


Setiap selesai belajar biasanya saya cek buku pelajarannya. Jadi tahu pelajaran apa saja yang dipelajari hari ini dan bisa mengulang kembali, supaya tambah paham. Bukan hanya menemani anak belajar pelajaran di sekolah namun juga ketika anak bimbel biasanya saya temani juga dan ajak diskusi tentang pelajaran yang ia pelajari, entah itu di sekolah atau di tempat bimbelnya. 


Butuh kesabaran yang lebih 

Kesabaran perlu di top up yang banyak untuk mendampingi anak belajar di rumah. karena ini merupakan hal baru, menemani anak belajar sepanjang waktu. Biasanya kan hanya menemani belajar untuk mengulang pelajaran dari sekolah saja, tapi sekarang kan harus kita yang menemani anak untuk memahami pelajaran. 

Jadi banyak berdoa supaya diberikan kesabaran yang berlebihan, aamiin. 



Memanfaatkan waktu 

Mumpung lebih banyak waktu di rumah barengan anak, jadi sebisa mungkin harus memanfaatkan waktu sebagai kesempatan belajar tanpa batas. Pergunakan waktu untuk berdiskusi dengan anak tentang banyak hal, bukan hanya urusan pembelajaran saja namun juga tentang banyak hal. 


Dan banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk mendampingi anak saat belajar di rumah. Yang paling penting adalah banyak komunikasi dengan anak. 



Gimana nih temen - temen ada pengalaman mendampingi anak belajar di rumah? Sharing yuk! 



With love,



Tian lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon