Kelola Stress Dengan Baik Bersama Mindtera

Bismillah,

"Aduh, stress nih gila banyak kerjaan. Belum dikerjain semuanya udah nambah lagi kerjaan!" 
 
Pernah merasakan berada pada titik ini? 
Keadaan dimana merasa stress karena kerjaan yang banyak dan tenggat waktu yang sangat mendesak, duh rasanya mau pecah kepala. 


Stress tuh reaksi tubuh jika kita alami kondisi tertentu. Biasanya stress ini muncul ketika kita menghadapi suatu tekanan, ancaman atau kondisi lainnya yang membuat kita tidak nyaman dan cenderung capek. kadang bawaannya tuh suka ingin marah, putus asa dan kurang semangat. 


mindtera



Saya, kalau sedang merasakan stress biasanya suka alami beberapa perubahan fisik sebagai menunjukkan respon. Kenapa bisa terjadi? Karena ini memang terjadis secara alami dan membuat tubuh melepas hormon bernama adrenalin dan kortisol. Jika stress menyerang, jangan dianggaps sepele loh. 


Semua manusia bisa alami stress. Stress itu ada yang sementara dan dapat segera diatasi tapi ada juga stress yang berkepanjangan loh, dan ini bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental kalau tidak segera diatasi. Bisa juga membuat daya tahan tubuh menurun loh. Ketika daya tahan tubuh menurun, virus atau bakteri lebih cepat menyerang. Makanya pas lagi stress itu kok jadi semua terasa yah, bener gak sih?


Saya pribadi, jika merasakan stress suka langsung merasa saki badan, nyeri disekujur tubuh dan rasa sakit lainnya. Temen- temen merasakan hal yang sama juga gak sih ketika merasa stress? Suka ada rasa sakit dibagian tubuh jika sedang stress. 


Memang sih, setiap orang tuh beda - beda stress nya, tergantung sama penyebab dan juga daya tahan tubuh. Tapi nih ada empat hal yang bisa berubah dan juga bisa menjadi tanda pada tubuh ketika alami stress, diantaranya adalah : 


PERUBAHAN EMOSI 
Ini menjadi tanda yang paling umum yang akan terjadi kepada orang yang sedang dilanda stress. Seseorang jika alami stress itu biasanya mudah gusar, merasa frustasi dan juga suasana hati yang alami mood swing. Saya pribadi jika sedang alami stress tuh suka ga tenang pikiran, suka merasa rendah diri, insecure, kesepian, bingung dan kadang sampai sulit mengendalikan emosi, huhuhu. 


GEJALA FISIK 
Gejala fisik yang kentara tuh adalah lemas, pusing sampai migrain, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Kadang saya tuh sampai nyeri otot dan jantung yang berdebar lebih kencang, udah kayak ketemu mantan aja wkkwkw. 

Sulit tidur disertai dengan hati yang gundah itu sungguh tidak nyaman. 


PERUBAHAN PERILAKU  
Ketika merasakan stress dan tertekan, akan membuat orang alami perubahan perilaku. Bisa jadi nafsu makan yang menurun dan kadang suka merasa tidak fokus juga. Dalam pekerjaan juga ngaruh, suka merasa lemah dan kehilangan rasa tanggung jawab loh. Huhuh. 


Jadi jangan pernah remehkan stress, apalagi kalau sedang stress dalam urusan pekerjaan. Duh jangan sampai stress karena pekerjaan terus merambat kemana - mana deh. 


Gimana cara atasi stress? 
Hmm, pasti ujungnya nanyain gimana atuh cara atasi kalau kita dilanda stress? Banyak sih cara yang bisa dilakukan untuk atasi stress, salah satunya yang saya lakukan adalah menulis blog sebagai healing dan juga mengikuti sesi kelas Mindtera. 



Faktor apa saja sih yang membuat kita stress itu? 


Dalam sesi kelas bersama Mindtera dan Coach Dv Chan ini saya dibuka dengan beberapa hal atau faktor yang membuat kita tuh merasa stress, diantaranya adalah : 


Unspoken Feeling, Tight Deadline, Multitasking, Attachment, Failure, Lack of Private Space, Boredom, Stress, lack of Personal Growth, no being hard. And many more. 


Saya disuruh pilih mana saja yang membuat saya stress? Hmmm akhirnya saya pun pilih tiga alasan yang bikin saya stress. 





Oke, setelahnya saya diminta untuk melakukan sesuatu sebagai self awareness / perangkat mindfullness yang akan membantu keluar dari stress yang selama ini menjadi beban.
 

1. Review value hidup 
Yang pertama dilakukan adalah REVIEW VALUE HIDUP. Buatkan prioritas nih dalam hidup tuh apa saja yang paling kita prioritaskan. Apakah kesehatan, keluarga dan hal lainnya yang memang dianggap penting / prioritas. Kemudian setelah mendapatkan value hidup, luangkan waktu untuknya. 

2. Tentukan strategi untuk mengembalikan keseimbangan antara keduanya. Mungkin bisa dengan melakukan latih jeda atau journaling. 

3. Berkomitmen terhadap prioritas value dan juga strategi. Harus benar - benar menerapkan komitmen. 







Ada beberapa tips nih yang bisa kita lakukan ketika merasa bosan atau tidak produktif dalam mengerjakan pekerjaan, diantaranya adalah : 

  • Kita harus mengetahui tujuan besar yang ada dalam hidup, tujuan personal dan juga alasan bekerja. Harus benar - benar dipahami. 
  • Ketahui dan pahami target. Susunlah target, buatkan to do list untuk memantau dan rayakan setiap pencapaian, sekecil apapun. 
  • Productivity timer. Harus siapkan waktu untuk melakukan hobi, jangan waktu untuk bekerja saja, waktu untuk bekerja harus dengan menggunakan pomodoro technique ( 25 menit kerja, 5 menit istirahat ). 
  • Mencari tahu hal - hal yang membuat kita bahagia. Kenali kehidupan diluar pekerjaan, jadi jangan monoton dalam lingkup pekerjaan saja, dan fokuskan pada visi hidup. 


Setelah mengikuti sesi webinar ini saya merasa semangat kembali loh. Dan saya makin penasaran untuk mencoba aplikasi Mindtera (mungkin akan saya ulas kembali di blog deh kalau sudah coba kelas lain). 


Wah, pastinya ada yang penasaran kan sama Mindtera, apa sih Mindtera itu? 


 
Jadi minggu lalu tuh saya kenalan sama Mindtera dengan mengikuti sesi kelasnya bersama kawan - kawan blogger lainnya. Saya ikutan karena merasa tertarik sekali dengan temanya yaitu "Kelola Hidup Lebih Baik dengan Aplikasi Mindtera : Kelola Stress Dengan Berkesadaran". karena memang stress itu harus dikelola secara baik dan juga tepat. 

 
Mindtera adalah sebuah platform edukasi pengembangan diri untuk membantu kita semua dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dengan kurikulum pelatihan kecerdasan emosi, sosial & fisik yang terstruktur dan juga komperehensif.  

 



Mindtera itu mengembangkan potensi dan kualitas hidup dengan kurikulumnya, self-mind mastery. Yang mana ada empat pilar pembelajarannya. Diantaranya adalah : 

  1. Kecerdasan Emosi, kemampuan mengenal, menerima & mengelola ragam emosi dalam diri. 
  2. Kecerdasan Sosial, kemampuan membangun hubungan sosial yang sehat & berdaya. 
  3. Kecerdasan Fisik, kemampuan memahami koneksi antara tubuh dan pikiran manusia. 
  4. Pengembangan Diri, kemampuan untuk menyeimbangkan antara kehidupan profesional dengan personal.


Lengkap banget kan yah?

Yuk langsung saja download aplikasi Mindtera nya yaaa. 

Oiya nanti setelah saya mengikuti kelas di Mindtera saya akan ulas kembali ya lengkapnya. Makin penasaran nih sama Mindtera. 




With love,

Tian lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon