Hoala & Koala , Animasi 3D yang Lahir ditengah Lesunya Dunia Musik Anak

Bismillah, 

Pernah mendengar anak usia 3 tahun menyanyikan lagu tentang percintaan orang dewasa?Miris ga sih? Saya pribadi sih miris banget, padahal kan anak - anak usia balita gitu belum saatnya mendengarkan lagu yang tidak seharusnya mereka dengar. 


Manfaat mendengarkan & Menonton lagu anak 


Padahal ada banyak manfaat dari mendengarkan lagu anak - anak untuk mereka yang masih balita, betul? 




Karena kan dengan mendengarkan dan menonton lagu khusus anak, mereka bisa merasakan manfaatnya untuk perkembangan otak, bahasa dan meningkatkan mood & kreativitas anak juga loh. 


Mencerdaskan otak anak, iya betul banget salah satu manfaatnya adalah mencerdaskan otak anak. Karena ada getaran musik dalam lagu yang kemudian bisa masuk ke jiwa anak via neuron pada otak, jutaan neuron nya bisa aktif dan bisa meningkatkan kecerdasan. Juga bisa memperkuat kemampuan kognitif anak serta daya ingat mereka. 


Alhamdulillah banget nih, ditengah dunia musik anak di Indonesia yang sedang mati suri, muncullah karakter musical yang bernama Hoala & Koala, pada akhir tahun 2020. Karakter ini didirikin oleh seseorang yang prihatin betapa lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. 


Kenalan sama Hoala & Koala 


Hoala & Koala? Apa itu? 

Jadi, Hoala & Koala ini adalah karakter yang divisualisasikan dengan animasi 3D. Karakternya tuh dibuat kayak anak - anak zaman now di era digital. Hoala & Koala ini soulmate yang sangat senang menyanyi. Hoala & Koala ini merupakan karakter fiktif yang memberikan kontribusi untuk dunia musik anak Indonesia. 




Menurut sang pendiri Hoala & Koala ini, karakter 3D yang digambarkan pada Hoala & Koala ini diharapkan menjadi karakter yang long lasting alias yang enggak akan lekang oleh waktu dalam memberikan kontribusinya di dunia  musik anak Indonesia. Gak khawatir bertumbuh dan suaranya berubah. 


Wah, jadi penasaran banget nih sama Hoala & koala ini, seperti apa yah? 

Ternyata, selain sepasang soulmate Hoala & Koala, ada juga karakter lain loh dalam animasi musik ini, tokoh yang sama - sama bisa bernyanyi. Tokoh - tokoh nya itu adalah tokoh ayah, ibu , miss jeruk dan tokoh lainnya yang tentunya bisa bernyanyi juga. 


Keren yah, semakin banyak dong variasi karakter dan suaranya, tentu saja lagu - lagunya ini  diharapkan bisa menghibur anak - anak Indonesia. Selain itu, bisa juga menghibur para orang tua yang kerap menemani anak nonton dan ikut mendengarkan lagu - lagu dari Hoala & Koala ini. 




Adakah orang tua, yang suka menemani anak nonton dan ikut bernyanyi? Saya suka banget, jadi saya pun merasa ikut terhibur loh. Jadi pas lagi nyuci piring suka keceplosan ikutan nyanyi lagu - lagu Hoala & Koala ini. 


Dimana nih bisa akses Hoala & Koala? 

Saat ini, Hoala & Koala ini sudah punya lima album dan 45 lagu anak - anak, bisa langsung cek saja di Youtube, Spotify dan iTunes juga ada. 


Hoala & Koala , Animasi 3D yang lahir ditengah lesunya dunia musik anak 

Memang yah, dunia musik anak tuh emang lesu, malah pakai banget. Musik anak - anak Indonesia tuh selama ini memang kurang mendapatkan perlakuan yang istimewa yah, jadi kesannya asal - asalan jadinya kurang diterima. Lagu anak Indonesia seperti kehilangan tempat jadinya yah? Huhuhu. 





Beda dengan Hoala & Koala yang dengan serius digarap seluruh musiknya, jadi penggarapan musiknya tuh beneran matang . Dalam pembuatan aransemen musik Hoala & Koala ini, banyak musisi Internasional yang ikut terlibat loh, keren sekali bukan? 


Karena menggarap musiknya dengan sangat istimewa dan serius, jadi banyak sekali loh alat musik istimewa yang digunakan untuk lagu - lagu anak Hoala & Koala ini, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, cello, harpa sampai instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung yang ikut masuk dalam lagu - lagu Hoala & Koala. 


Beneran, terasa sekali penggarapan yang sempurna ini ketika ikutan mendengarkan dan nonton lagu - lagu Hoala & Koala ini, saya jadi ikut happy loh. Duh, saya aja happy apalagi anak - anak yah, pasti mereka bakalan lebih happy deh. karena anak bisa nonton Hoala & Koala youtube lagu dan animasi anak , jadi mereka enggak bakalan merasa bosan. 





Ini merupakan sebuah pembuktian, bahwa musik anak atau lagu - lagu untuk anak itu enggak selamanya sederhana atau asal - asalan. Namun juga bisa dibuat dengan sangat profesional dan menarik, dilengkapi dengan kualitas vokal yang keren banget. 


Banyak yang patut diacungi jempol nih selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional serta instrumen yang digunakan, ada keunikan lain yang layak mendapatkan apreasiasi adalah dalam hal pemilihan genre. 


Hoala & Koala ini tidak hanya satu genre children pop yang diangkat, tapi juga punya variasi genre lain loh, seperti jazz, big band, swing, Jpop dan etnik. Sudah kebayang betapa kerennya Hoala & Koala ini kan? 


Semoga saja, kehadiran Hoala & koala ini bisa membuat dunia musik anak - anak bisa bangkit kembali dan bahkan menaikkan level dan pandangan umum terhadap lagu - lagu anak. 


Gimana? Sudah mendengarkan dan menonton Hoala & Koala ini bersama anak?



With love,


Tian lustiana 

1 komentar

  1. Ini mah selain menghibur si kecil juga bermanfaat buat bahan edukasi, apalagi si kecil seneng banget lihat animasi dan nyanyi lagunya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon