Sabtu, 12 Juni 2021

Tips Sukses Masuk PKN STAN

Bismillah

Waktu memang tidak terasa, cepat sekali berlalu yah. Untuk anak - anak sekolah saja sekarang sudah mau memasuki tahun ajaran baru. Mungkin ada yang masuk jenjang pendidikan baru yah. 


test masuk STAN

Untuk yang sedang menunggu hasil UTBK, masih deg - deg an yah? Atau hasilnya sudah keluar? Gimana, masuk perguruan tinggi favorite? Kalau belum masuk, tenang saja jangan patah semangat dan jangan putus asa, kan masih bisa masuk ke perguruan tinggi lainnya, betul? 

Mungkin bisa ikutan tryout untuk masuk ke STAN, siapa yang mupeng sama STAN? 


Skill Academy

Pendaftaran PKN STAN tahun 2021 sudah dibuka tuh. 

Kriterianya apa saja? 

Program reguler, adalah program penerimaan mahasiswa baru di seluruh wilayah Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementrian Keuangan, Kementrian / Lembaga lainnya atau juga di Pemerintah Daerah. 

Program Afirmasi, adalah program penerimaan mahasiswa baru yang khususnya untuk putra -  putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan juga NTT untuk isi formasi pegawai Kementrian Keuangan. 

Jadi, untuk yang bingung nih mau nerusin kuliah dimana dan punya prestasi bagus plus usianya masih dibawah 21 tahun, mendingan ikutan saja ke STAN siapa tahu lulus dan bisa menjadi pegawai Kementrian Keuangan. Aamiin. 

Ada beberapa tahapan seleksinya juga, jadi memang dibutuhkan effort yang luar biasa nih kalau mau masuk ke Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN ini. Tahapannya itu ada seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan juga seleksi lanjutan. 


tryout SKD PKN STAN

Berapa biayanya? 

Untuk biaya pendaftarannya 350ribu . Biaya itu sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar 50ribu yang mana sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 63 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. 

Untuk jadwalnya kapan? 

Pendaftaran online bisa langsung cek di https://sscasn.bkn.go.id/ mulai dari tanggal 9 - 30 April 2021 dan pendaftaran online di https://www.spmb.pknstan.ac.id/ mulai 12 april - 4 Mei 2021.

Bingung, mau jurusan apa masuk ke PKN STAN ? 

Jangan bingung, ada empat jurusan yang bisa dipilih, diantaranya : 

  1. Kepabeanan dan Cukai. Jurusan ini ada syarat - syarat khusus yang wajib dipenuhi, salah satunya adalah tinggi badan.  
  2. Pajak
  3. Akuntansi 
  4. Manajemen Keuangan 
Setiap jurusan ini punya program D1 yang kuliah setahun dan juga D3 yang kuliahnya 3 tahun. Nah, kalau yang D4 ini hanya boleh dipilih oleh mahasiswa dan mahasiswi PKN STAN yang sudah menyelesaikan program D3 dan masa kerja. 

Yang perlu dipersiapkan sekarang adalah harus siap menghadapi tahapan tes nya, yaitu tes tertulis, Tes Potensi Akademik (TPA) dan juga ada Tes Bahasa Inggris. 

Tips dan trick sebelum masuk ke PKN STAN

Rajin isi soal latihan
Pokoknya harus rajin mengerjakan latihan - latihan soal karena rata - rata soalnya itu setiap tahun agak mirip, jika rajin mengerjakan latihan soal nanti pola nya akan keliatan juga. 

Susun strategi 
Susun strategi ketika mengerjakan soal. Jangan asal ngerjain karena jumlah soalnya itu sangat banyak namun waktunya terbatas, jadi susun strategi untuk ,mengerjakan soal - soal yang mudah terlebih dahulu. 

Ikutan tryout STAN di Skill Academy 
Yuk, mumpung PKN STAN kembali dibuka, jangan sia - sia kan kesempatan untuk bisa bergabung dan belajar bersama di PKN STAN. Langsung saja ikutan Tryout SKD PKN STAN untuk membantu belajar. 

Ada sekitar 100 soal yang akan dikerjakan yang terdiri dari 35 soal tes intelegensi umum, 35 soal tes karakteristik pribadi dan ada 30 soal tes wawasan kebangsaan. 

Tidak hanya fokus sama soal loh, namun kelas ini juga lengkap dengan pembahasan yang bisa diakses setelah mengerjakan seluruh soal - soalnya. 

Kenapa harus ikutan Tryout SKD PKN STAN? 

Tim pembuat soal SKD PKN STAN nya itu adalah mereka yang ahli dan punya pegalaman dalam pembuata soal yang terdiri dari tim konten dan assesment Skill Academy dari Ruangguru. 

Kelas ini tuh terdiri dari tryout, sertifikat dan juga pembahasan soalnya. Plus ada bonus tambahan yaitu bisa ikutan career mentoring. Career Mentoring adalah wujud nyata dari komitmen Skill Academy untuk memberikan bimbingan dalam mendapatkan pekerjaan. 

Dibimbing oleh fasilitator handal yang akan memberikan pembahasan tentang pembuatan CV, surat lamaran, teknik menghadapi interview dan Linkeid branding juga, lengkap banget kan? 

Jadi gak usah ragu untuk latihan Soal PKN STAN yah, langsung saja ikutan Tryout Soal PKN STAN . 


With love,


Tian Lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon