Senin, 24 Mei 2021

5 Tips Mengurangi Kecanduan Anak Terhadap Gadget


Bismillah,

Suka ngeluh tentang anak yang terlalu lama bermain gadget? Kesel sama anak yang fokusnya hanya sama gadget? Kecanduan gadget pada anak memang cukup meresahkan dewasa ini, karena tentu saja gawai ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tapi juga mental anak. Orang tua yang pusing melihat anaknya terlalu fokus pada gadgetnya, tentu menginginkan solusi terbaik pada masalah tersebut. 


Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Ciri-ciri anak kecanduan gadget Salah satunya yaitu kurang suka bepergian keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Bila ini sudah terjadi, tentu orang tua harus cepat mencarikan solusi agar anak teralihkan dari kecanduannya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh mama papa untuk membantu anak mengurangi ketagihannya pada gawai. 

1. Beri Pemahaman Pada Anak Akan Bahaya Gadget 

kecanduan gadget pada anak harus di atasi
kecanduan gadget pada anak harus di atasi dengan memberikan pemahaman kepada anak tentang bahayanya. Image credit: freepik.com

Mengurangi kecanduan gadget pada anak, tentu saja orang tua harus memberikan edukasi terkait bahaya gadget bagi anak kecil. Terutama anak SD yang seharusnya lebih banyak melakukan hal-hal menarik tanpa gadget. Untuk hal ini orang tua bisa mencari tahu lebih dalam bahaya gadget untuk jangka pendek dan jangka panjang. 

Karena biasanya si kecil tentu memiliki banyak pertanyaan saat diberi tahu tentang sesuatu. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus memiliki informasi yang cukup ketika mengedukasi anak perihal bahaya penggunaan gadget. 

Agar lebih fun, mama papa bisa memberi pemahaman anak perihal bahaya gadget menggunakan konten video. Ada banyak konten video edukasi yang bisa anda cari di internet ataupun platform YouTube. 

Mama papa juga bisa memberi pemahaman pada anak bahwa gadget bukan merupakan cermin gaya hidup yang sehat. Lebih baik melakukan kegiatan olahraga dibanding fokus pada gadget terlalu lama. 

 2. Ajak Anak Melakukan Kegiatan Bermanfaat

Cara mengalihkan perhatian anak dari gadget tentu saja dengan mengajaknya melakukan aktivitas bermanfaat dan menarik. Ada banyak aktivitas atau kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak baik di dalam rumah maupun di dalam rumah bersama orang tuanya. Contoh kecilnya adalah dengan mengajak anak untuk olahraga demi gaya hidup yang lebih baik. 

Atau bermain game edukasi tanpa gadget, seperti mengenalkan permainan tradisional misalnya. Pengalihan ini tentu saja tidak hanya meminimalisir penggunaan gadget pada anak, tapi juga membuat anak punya kegiatan yang lebih produktif.

Bermain bersama anak, tentu saja bisa membantu kedekatan mama papa dan anak-anaknya. Terlebih bagi orang tua yang punya banyak kegiatan di luar rumah, mengajak anak bermain bisa membuat keakraban kembali terjalin.

 

3. Kurangi Waktu Pemakaian Gadget

kurangi kecanduan gadget pada anak dengan membatasi waktu pemakaianya
kurangi kecanduan gadget pada anak dengan membatasi waktu pemakaianya, apalagi yang di usia 2 tahunan. Image credit: freepik.com

Terlalu lama di depan gadget membuat anak melupakan segala hal. Mulai dari makan, mandi hingga pelajaran sekolah. Nah untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak, mama papa harus tegas membatasi waktu pemakaian gadget. 

Sebaiknya anak usia 3 tahun kebawah tidak boleh menggunakan gadget terlebih dahulu kecuali di dengan pengawasan orang tua. Lalu untuk anak 4 tahun hingga 5 tahun keatas hanya diperbolehkan memakai gadget 2 jam dalam sehari. 

Nah pada anak SD dan SMP, orang tua perlu lebih bijak lagi dalam memberikan batasan waktu penggunaan gawai. Karena sekarang anak-anak melakukan sekolah online, yang mana tidak jauh dari penggunaan gadget maka berikan jadwal pemakaian dengan tegas. 

Misalnya anak hanya boleh menggunakan gadgetnya saat belajar dari saja, setelah itu simpan gadget si kecil. Anak diperbolehkan bebas mengakses gadgetnya, misalnya untuk bermain game atau nonton video saat weekend. Itu pun harus dibatasi waktunya misalnya hanya 2 sampai 3 jam pada siang hari. 

 

4. Hindari Penggunaan Gadget  Di Tempat-Tempat Tertentu

Ternyata penggunaan gadget di wilayah tertentu bisa meningkatkan kecanduan anak pada gawainya. Penyebab anak kecanduan gadget salah satunya karena terlalu banyak menggunakan gawai saat di kamar. Kamar merupakan tempat untuk istirahat yang sebenarnya harus dihindari untuk bermain gadget berlama-lama disana.

Apalagi jika anak hobi bermain gadget sambil tiduran baik tidur telentang maupun tengkurap. Ternyata posisi ini cukup berbahaya bagi kesehatan anak jika dilakukan terus-menerus. Tempat lain yang juga berbahaya saat penggunaan gadget yaitu meja makan. 

Karena meja makan tentu saja tempat untuk berkumpul dengan keluarga saat makan sambil bercengkrama dengan anggota keluarga lain. Kebiasaan bermain gadget di meja makan, bisa mempengaruhi sikap anak yang tidak menghargai lawan bicaranya malah sibuk dengan smartphone-nya.

 5. Berikan Contoh yang Baik

 

mengurangi kecanduan gadget pada anak bisa dimulai dari orang tua yang memberikan contoh yang baik.
mengurangi kecanduan gadget pada anak bisa dimulai dari orang tua yang memberikan contoh yang baik. Misalnya dengan lebih banyak wanita anak bercengkrama tanpa gadget di meja makan. Image credit: freepik.com

Sebelum Anda menasehati anak agar tidak kecanduan gadget, orangtua tentu harus memberikan contoh yang baik terlebih dahulu. Artinya jika anda tidak menginginkan kecanduan gadget pada anak terjadi, tentu mama papa juga tidak boleh melakukan hal serupa di depan anak.

Memang terkadang mama papa yang punya pekerjaan dengan mobilitas tinggi, jadi tidak bisa jauh dari gadget.  Solusinya adalah dengan tidak memakai gadget sama sekali saat di depan anak. Karena tentu saja anak akan menirukan perilaku orang tuanya. 

Demikian beberapa tips yang bisa mama papa lakukan untuk  mengurangi kecanduan gadget pada anak. Nah untuk lebih maksimal, orang tua juga bisa memanfaatkan Kiddo.id. Kiddo.id merupakan platform edukasi yang membantu untuk mengembangkan potensi anak. Platform ini juga memiliki banyak konten edukatif yang bisa membantu anak belajar banyak hal. 

Terlebih kini Kiddo.id meluncurkan fitur terbarunya yakni Milestone Tracker yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari fitur untuk pemantauan tumbuh kembang anak yang disesuaikan dengan usia dan  potensi anak dengan delapan kecerdasan majemuk. 

Terdapat pula fitur panduan aktivitas yang bisa disesuaikan dengan kelompok usia anak mulai 0 - 12 tahun. Serta dimaksimalkan pula dengan adanya jurnal perkembangan anak.

 

With love,

 

Tian Lustiana 

 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon