Kamis, 18 Februari 2021

Pentingnya Ilmu Komunikasi

Bismillah, 

Pada kehidupan manusia, komunikasi ini peranannya sangat penting. Baik itu untuk hubungannya dengan manusia lain ataupun untuk dirinya sendiri. Makanya kan dalam kuliah ada pelajaran teori komunikasi, pembelajaran tentang ilmu komunikasi dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari - hari. 

Komunikasi yang efektif itu akan membantu kita dalam memecahkan masalah yang tengah dihadapi. Masalah yang kita hadapi dalam hidup sosial, profesional atau masalah pribadi dalam rumah tangga pun bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik. 


skill academy

Kenapa masalah sering kali muncul dalam kehidupan ini? Karena kurang komunikasi, karena buruk komunikasinya. Terbukti komunikasi yang baik dan efektif adalah solusi atasi masalah dan problematika bahkan komunikasi yang baik bisa mencegah datangnya masalah. 

Manfaat belajar ilmu komunikasi itu apa saja?

Komunikasi bisa memperbaiki cara pandang pada diri sendiri 

Belajar komunikasi, membantu kita untuk lebih kenali diri sendiri. Masalah proses pembelajaran bisa kita dapat dari komunikasi intrapersonal dan juga dari interaksi dengan orang banyak. 

Paham tentang komunikasi dan belajar tentang komunikasi bisa memberikan dampak pada persepsi terhadap diri sendiri, bisa membantu kita untuk lebih menghargai diri sendiri. 

Bukan hanya itu, mempelajari komunikasi juga bisa memperbaiki cara pandang pada diri sendiri. Banyak riset yang mengatakan bahwa komunikasi yang efektif bisa membantu membentuk rasa percaya diri. 



Komunikasi juga bisa memperbaiki cara pandang orang lain pada diri kita

Semua manusia, akan lebih senang dan bahagia ketika berkomunikasi positif dengan orang lain. Jika kita berkomunikasi baik dengan orang lain yang memiliki ilmu maka kita akan terpengaruh juga, dan tentu saja ini akan membuat orang memandang kita lebih baik juga. 

Komunikasi meningkatkan pengetahuan tentang hubungan antar manusia 

Komunikasi bukan hanya mengajarkan tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan juga efektif dengan orang lain namun juga mengajarkan bagaimana untuk membangun  hubungan dengan orang lain dan juga dijelaskan tipe komunikasi yang sesuai dengan kondisi & situasi yang tengah dihadapi. 

Dan masih banyak lagi manfaat ilmu komunikasi ini untuk kehidupan kita semua. Nah, karena ilmu komunikasi ini penting, dan kalau disuruh mengingat pelajaran pas kuliah dulu, jujur saya sama sekali lupa dan gak bisa inget lagi. hehe. 

Makanya saya ikutan deh kelas komunikasi online skill academy. Ya, saya kursus komunikasi online skill academy, jadi saya bisa belajar seputar ilmu komunikasi lagi nih. 

kursus online komunikasi skill academy

Temen - temen sudah pada tahu kan sama Skill Academy? 

Skill academy ini merupakan inovasi paling baru dari Ruangguru. Di Skill Academy ini banyak sekali yang bisa kita pelajari, mulai dari hobi sampai hobi semua keterampilan ada disini. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dan juga ekonomis. 

Setiap materi disampaikan oleh pemateri yang expert pada bidangnya. Termasuk yang memberikan materi tentang pelatihan komunikasi online Skill Academy. Salah satu materi yang menjadi perhatian saya tuh adalah "Tingkatkan kemampuan komunikasi untuk menunjang karir". 


pelatihan online komunikasi skill academy

Karena kan masalah komunikasi ini sangat dibutuhkan, terutama di dunia kerja, untuk lingkungan eksternal ataupun lingkungan internal perusahaan. Kelas online ini memiliki 11 video yang akan membahas pentingnya berkomunikasi dengan efektif di dunia kerja, ada 10 sikap berkomunikasi untuk menunjang proses komunikasi dengan rekan kerja, ada juga cara melakukan komunikasi efektif dengan rekan internal & eksternal, hambatan - hambatan dalam melakukan komunikasi dan juga cara atasi hambatan itu. 

Dalam kursus online ini pun akan mempelajari cara melibatkan emosi dalam berkomunikasi untuk menghasilkan pesan yang jelas, juga bisa mendapatkan ilmu tentang cara melakukan negosiasi. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi sebagai sales, sampai gimana caranya menjadi komunikator yang baik sebagai sales. Tentunya ini akan sangat menunjang pekerjaan dan juga bisnis saya. 

Apalagi kan kalau belajar online di Skilla Academy ini enak, bisa belajar kapan dan dimana saja. Yuk temen - temen yang mau belajar bisa langsung saja ke Skill Academy dan cari pembelajaran yang paling pas dan juga dibutuhkan. 


With love,


Tian Lustiana 

21 komentar

  1. Seru bangettt ikutan kelas online d sini
    Pematerinya keren dan sangat berkualitas!

    Modul ilmu yg diberikan juga beragam dan luar biasa.

    Aakkk, makasii Skill Academy😍

    BalasHapus
  2. Menurut saya, komunikasi pun akan menunjukkan siapa diri kita sebenarnya terntunya dengan cara yang tidak membuat orang sakit hati dan merasa direndahkan ya, nice Mbak

    BalasHapus
  3. Skill Academy oke punya nih. Skill berkomunikasi pun menjadi materi pada pelatihan online ya. Kerennya lagi dapet sertifikat pula kalo udah kelar ikutan pelatihan ini. Mantap.

    BalasHapus
  4. Iya, setuju. Ilmu komunikasi punya peranan yang cukup penting. Menarik ya..bahkan bisa dipelajari lewat kursus online kaya skill academy
    Aku jadi ingat, salah satu pembelajaran dasar dalam ilmu komunikasi salah satunya public speaking yg pasti sangat berguna di kehidupan keseharian

    BalasHapus
  5. Waaaah heboh ya pada menuntut ilmu di skill academy!

    Semoga pada sukses menambah wawasan pengetahuan selama pandemi walau hanya dari rumah saja

    BalasHapus
  6. Ilmu komunikasi penting banget ya mbak buat kehidupan kita, soalnya kebanyakan sumber masalah juga berasal dari miskom. Seneng banget sekarang mau belajar ilmu komunikasi juga ada di Skill Academy Ruang Guru, gampang ga usah repot keluar rumah.

    BalasHapus
  7. poin belajar bisa kapan saja dan dimana saja ini yang paling aku suka mba. Maklum aja, emak-emak..mana bocah lagi belajarnya di rumah.. kadang kesulitan klo harus nambah ilmu, tapi yang mesti ke luar rumah. Untung ya, ada Skill Academy.

    BalasHapus
  8. ilmu komunikasi itu semacam modal dalam bentuk karir apapun yang ada di dunia ini ya.. kalo di upgrade skillnya wah beneran deh pasti menghasilkan banhget

    BalasHapus
  9. I can't agree more mba.. kit amemang harus selalu mengasah ilmu komunikasi kita karena itu akan selalu terpakai dan bermanfaat

    BalasHapus
  10. Thats why teh aku pas kuliah ambil jurusan komunikasi, karena penting banget emang hehe. Btw aku pernah ikut course skill academy juga, tapi yang kelasnya berhubungan sama kerjaan. Mayan banget upgrade ilmu selama pandemi.

    BalasHapus
  11. Skill Academy pasti makin diminati di masa pandemi begini. Habis apa-apa maunya online kan. Tak terkecuali belajar skill baru, kalau ada yang online kenapa enggak!

    BalasHapus
  12. Betul sekali, Kak
    Sampai ada yang sudah dewasa, komunikasi sama orang aja ga tahu mana tempat yang sewajarnya. Menegur hal pribadi di tempat umum. Cari musuh aja.

    BalasHapus
  13. Bener banget emang, ilmu komunikasi itu penting ya Mbak. Dalam berumahtangga aja kalau komunikasi kurang baik ya jadinya gak harmonis.
    Btw Skill Academy emang banyak banget ya jenis kursusnya. Tinggal pilih yang kita butuhin :)

    BalasHapus
  14. kemampuan komunikasi memang sangat penting ya mbak, bisa mendukung kita dalam berinteraksi dengan orang lain
    beruntung sekarang kita bisa belajar komunikasi di Skill Academy ini

    BalasHapus
  15. Setuju banyak masalah terjadi karena kurang komunikasi, kurang pintar cara komunikasi. Duh, aku pengen banget ikutan Skill Academy ini jadinya.

    BalasHapus
  16. Update skill pas banget ke academy ini ya Mba. Aku pengen ih ambil beberapa kelas yang aku suka, tapi mau nabung dulu hehehe. Soalnya banyak yang dimau

    BalasHapus
  17. Betul banget, komunikasi yang baik adalah koentji terciptanya relatinship yang harmonis. Namun jika komunikasi buruk, dapat dipastikan segala problematika akan muncul..

    BalasHapus
  18. Adanya skill academy ini sangat membantu banget apalagi dengan adanya ilmu komunikasi itu juga sangatlah terpenting banget

    BalasHapus
  19. Aku seneng banget sama cara berkomunikasi ini.
    Ternyata ada banyak pilihan kata yang membangun daripada yang menjatuhkan. Belajar lagi di Skill Academy, manfaatnya banyak banget untuk kehidupan.

    BalasHapus
  20. ilmu komunikasi tuh emang penting banget ya mak tiaaannn.. wah ternyata ada juga kursus online di Skill Academy tentang ilmu komunikasi yaaaa

    BalasHapus
  21. Menarik banget kelas ilmu komunikasinya ya, jadi pengen ikutan. Skill komunikasi itu perlu tahu ilmunyabiar bisa nyambung kalau diajak berkomunikasi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon