Fasilitas Malaysia Healthcare

Februari 06, 2021

Bismillah, 

Apa yang temen - temen bayangkan atau pikirkan ketika mendengar nama "MALAYSIA"? 

Twin tower

Kuala Lumpur

Mesjid Jamek

Petaling Street

Pasar Seni

Penang

Melaka

Pengobatan 

Dan masih banyak lagi yah. 

Duh, saya jadi mendadak kangen ke Malaysia nih. Meski sudah beberapa kali ke Malaysia namun rasanya saya belum cukup puas untuk eksplor semuanya deh. Palingan kalau ke Malaysia itu ya ke Kuala Lumpur lagi, main kedaerah situ - situ aja. Padahal, Malaysia itu luas yah, banyak sekali yang belum saya sambangi. 

Karena main saya belum jauh untuk daerah Malaysia, ya tau ya sekitaran Dataran Merdeka, dan daerah kotanya Kuala Lumpur saja. Selain terkenal akan Twin Tower Petronas dan juga Batu Caves, ternyata Malaysia juga punya wisata medis loh. Saya yakin pasti temen - temen sudah tahu tentang wisata medis ini, iya kan? 

Saya sering banget mendengar kerabat yang sedang sakit mereka tuh biasanya mencari alternatif medis untuk kesembuhannya ya dengan berobat ke Malaysia. Jadi Malaysia itu bukan hanya untuk jalan - jalan dan kulineran yah namun juga terbaik untuk masalah pengobatan.



Temen - temen pernah mendengar "Malaysia Healthcare Travel Council" atau disingkat MHTC ? 

MHTC ini adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia pada tahun 2009 yang mana memiliki tugas sebagai perwakilan dari 69 Rumah Sakit swasta yang ada di Malaysia. Dan juga menjadi pusat informasi & fasilitator untuk pasien - pasien dari Indonesia yang ingin melakukan pengobatan dan juga membutuhkan informasi terkait pengobatan di Malaysia ( kuala lumpur, Penang, Melaka, Sabah, Serawak dan lainnya. 



Malaysia Healthcare Travel Council ini pusatnya di Kuala Lumpur, Malaysia dan juga punya perwakilan dibeberapa negara seperti Indonesia, China, Myanmar dan juga Vietnam. 

Saya dulu hanya tahu bahwa Rumah Sakit yang ada di Malaysia itu hanya di daerah Penang, ternyata menyebar ya. Bukan hanya di Penang, bahkan ada sampai di negara lain juga. Keren memang. 



Jadi bisa sambil jalan - jalan dong ya kalau melakukan pengobatan ke Malaysia? Iya dong, sambil berobat ya jalan - jalan dulu, biar tambah fit, bukankah begitu? 

Biasanya tujuan wisata jalan - jalan dan belanja daerah Kuala Lumpur yang suka saya sambangi adalah Pavilion, Bukit Bintang, Sungei Wang dan Pasar Seni.  

Fasilitas Malaysia Healthcare


Kenapa yah, Malaysia selalu menjadi tujuan untuk berwisata dan juga pengobatan? 

Karena MHTC ini  selalu mengedepankan kualitas, kemudahan akses dan juga harga yang terjangkau. Hmm, pantas saja yah MHTC ini diklaim sebagai medical tourism yang terbaik, bahkan di dunia loh. 

Hal lain yang bikin MHTC ini selalu menjadi idola adalah, meskipun ada pasien yang bukan dari Malaysia, namun untuk biaya pengobatan yang dibebankan pun sama loh dengan masyarakat Malaysia. Gak ada itu yang namanya biaya tambahan atau perbedaan fasilitas. 



Untuk MHTC, semua pasien itu sama. Sama - sama mendapatkan fasilitas yang sama dan biaya yang sama. Menurut yang sudah melakukan pengobatan di RS MHTC ini, biaya pengobatannya jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya dibeberapa negara lain loh, tentunya dengan fasilitas yang sama bagusnya. 

Keunggulan lainnya dari Malaysia Healthcare Travel Council ini adalah, setiap Rumah Sakit yang ingin atau akan bergabung dengan pemerintah Malaysia ini wajib untuk memiliki akreditas Internasional, wah jadinya standar Internasional kan yah. 



Apa saja layanan & fasilitas dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) ? 

Inilah layanan dari MHTC , diantaranya adalah : 

Medical Check up 

Untuk urusan medical check up ini, ada beberapa paket yang tersedia diantaranya paket pemeriksaan kesehatan umum yang dibagi dalam beberapa kategori usia. Selain itu ada juga check up khusus untuk jantung, payudara dan lainnya yang tentunya lebih lengkap dan juga akurat. 



Kardiologi (jantung)

Malaysia itu selalu menjadi Rumah Sakit yang ditunjuk atau rujukan untuk penyakit Jantung di kawasan Asia Tenggara. Kenapa menjadi Rumah Sakit rujukan? Karena para tenaga ahli kesehatannya itu profesional. Dokter Jantung, ahli bedah jantung dan juga didukung oleh alat check up jantung yang lengkap.  

Program kehamilan / bayi tabung 

Untuk yang belum dianugerahi buah hati, bisa banget nih sambil liburan ke Malaysia sambil melakukan program kehamilan. Karena Malaysia ini dipercaya banget untuk program kehamilan dan bayi tabung se Asia Tenggara. 

Pemeriksaan & Pengobatan Kanker

Rumah Sakit yang tergabung dalam MHTC ini memiliki para tenaga profesional dokter yang sudah ahli, para dokter onkologi yang profesional plus dilengkapi juga dengan fasilitas pengobatan kanker. 

Ortopedi

Yang mengalami masalah seputar tulang & sendi, langsung saja hubungi bagian ortopedi karena ada dokter spesialis yang akan atasi masalah tulang dan sendi, dokternya pun profesional. 

Layanan yang diberikan MHTC ini sangat bervariasi yah, sehingga bisa sekali mengatasi berbagai problem kesehatan. 

Fasilitas Malaysia Healthcare yang selalu menjadi alasan untuk tujuan pengobatan 

Penasaran kan sama fasilitas apa saja yang diberikan MHTC ini? 



➥ Teknologi medis yang terbaru dan canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan medis. 

➥ Praktisi kesehatan yang profesional dan berpengalaman. 

➥ Layanan / servis yang ditawarkan sangat beragam. 

➥ Bisa konsultasi dan rekomendasi untuk perawatan medis yang berkualitas secara gratis.

➥ Fasilitas MHTC ini sudah terakreditasi dan juga mampu menjamin keselamatan pasien.


Untuk urusan fasilitas ini, ga usah ragu dan bimbang karena kan Malaysia ini termasuk negara maju, untuk urusan kesehatan pun tentunya maju. Teknologi medis nya pun selalu terdepan, plus dengan tenaga kesehatan yang profesional dan berpengalaman. Bikin makin manteb hati untuk melakukan pengobatan di MHTC ini, betul? 

Bukan hanya berobat tapi juga bisa sambil berwisata, menikmati perjalanan ke Malaysia dengan menikmati kuliner dan sajian wisata lainnya yang mana bukan hanya sekedar wisata. 


Meskipun hanya wisatawan namun, MHTC ini pastikan bahwa para wisatawan juga berhak mendapatkan perawatan kesehatan selama di Malaysia, untuk urusan biaya , kenyamanan dan keramahan yang didapatkan pun dipastikan ga dibeda - beda kan. 

Penasaran kan jadinya ingin cobain juga medical tourism / healthcare travel. kebetulan saya sedang ada keluhan sakit nih dipersendian huhuh, jadi ingin cobain kesana juga. Apalagi untuk urusan biaya juga terjangkau. 

Semoga ada rezeki untuk kembali ke Malaysia, bukan sekedar untuk jalan - jalan dan menikmati kuliner nya namun juga sambil wisata medis juga. 

Untuk temen - temen yang juga ingin melakukan medical check up atau ada keluhan kesehatan yang ingin dicurhatkan pada ahlinya, langsung saja jangan ragu dan bimbang ke MHTC. Kepoin aja dulu sosial medianya dan website resminya yah. 

Instagram :  @medtourismmy.id 

Website resmi: www.malaysiahealthcare.org


Semoga kita semua sehat selalu yah, 

with love


Tian lustiana 



You Might Also Like

1 Comments

  1. kalau mendengar kata Malaysia, yang muncul pertama adalah kulinerannya, harga juga nggak terlalu mahal dan enak enak
    apalagi kalau udah ke Melaka atau Penang
    dulu yang aku tau pertama kali, Penang selalu jadi tujuan untuk check kesehatan dan ternyata memang sebagus itu ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut